carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Inilah 5 Aplikasi Penjualan Excel Paling Praktis untuk UMKM

Inilah 5 Aplikasi Penjualan Excel Paling Praktis untuk UMKM

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 14 Mei 2021

Mengelola bisnis bukanlah sekedar menjual barang dan mendapat profit dari produk yang dijual. Manajemen berantakan adalah celah bagi bisnis untuk terhambat bahkan bisa sampai gagal. Pebisnis skala kecil menengah memang belum membutuhkan sistem yang kompleks untuk mendata penjualan dan pembukuan, namun jika dilakukan secara manual, tetap akan menyulitkan.

Di masa digital seperti sekarang ini sistem pendataan penjualan berbasis teknologi lebih disukai dibandingkan dengan sistem manual yang tidak praktis. Dikarenakan hal tersebut, sekarang ini sudah banyak aplikasi penjualan Excel yang dibuat agar pendataan penjualan lebih rapi dan terkendali. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan manfaat lebih yang bisa kita ambil. Ini penjelasan singkatnya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Penjualan Excel untuk Bisnis

Pebisnis tidak hanya harus menguasai strategi bisnis, tapi juga harus jeli dan teliti dengan laporan keuangan dari bisnisnya. Ini akan berpengaruh terhadap laporan keuangan nantinya. Untuk membantu pendataan laporan keuangan, sudah banyak aplikasi yang diciptakan oleh berbagai pengembang.

Tentunya aplikasi-aplikasi ini memudahkan kerja manusia sehingga diharapkan bisa meminimalisasi error yang sering terjadi. Itu saja manfaatnya? Tenang. Masih banyak manfaat lain yang bisa kita ambil dari aplikasi penjualan ini. Seperti ini contohnya.

1. Menghemat Waktu

Keuntungan menggunakan aplikasi penjualan Excel salah satunya adalah efisiensi waktu. Semua pencatatan keuangan termasuk transaksi akan diproses dengan lebih cepat. Pencatatan fraktur, laporan arus kas, input transaksi dan melacak faktur bisa dilakukan secara otomatis.

Dengan kerja lebih cepat kamu bisa mengalokasikan waktu untuk memikirkan hal lainnya, misalnya strategi bisnis, evaluasi kerja dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan lebih produktif lagi.

2. Memudahkan Dalam Mengelola Keuangan

Bagi seorang pebisnis, mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah. Perlu ketelitian dan keteraturan dalam pendataannya. Fitur aplikasi-aplikasi penjualan Excel menawarkan pengelolaan keuangan yang lebih tertata sehingga kamu akan dimudahkan ketika akan melacak persentase laporan keuangan.

Bahkan kamu bisa melacak informasi keuangan di beberapa waktu ke belakang. Dan tentu saja prosesnya lebih cepat dan praktis. Jika dibandingkan dengan pendataan manual, mencari data dalam aplikasi akan lebih mudah.

3. Catatan Lebih Lengkap dan Akurat

Manfaat lain dalam menggunakan aplikasi penjualan Excel adalah memudahkan kamu dalam melakukan pencatatan penjualan. Semua data akan terekam dengan akurat dan lengkap.

Kamu tidak perlu mencatat di dalam buku satu per satu atau menggunakan kalkulator untuk menghitung total penjualan. Aplikasi penjualan biasanya mempunyai fitur penghitungan yang membuat kerja administrasi menjadi lebih mudah.

4. Mempermudah Menganalisa Penjualan

Nah, ini yang penting. Aplikasi penjualan menyediakan data real time dan memberikan laporan keuangan secara menyeluruh sehingga akan memudahkan kamu dalam menganalisa performa bisnismu.

Aplikasi penjualan juga mampu membantumu mengatur aktivitas dan kinerja karyawan, termasuk mengatur stok bahan baku produksi, merekam data pembayaran dan memproyeksikan keuntungan.

Ketika kamu sudah bisa menganalisa bisnis dan paham alur bisnismu, kamu bisa mempertimbangkan langkah ke depannya untuk membuat bisnis lebih besar.

5. Membantu Monitoring Bisnis

Seorang pebisnis haruslah paham seluk beluk bisnisnya mulai dari hal yang bersifat teknis sampai hal yang bersifat administratif. Pasalnya kamu akan mengetahui perkembangan bisnismu jika semua seluk beluk bisnis dikuasai.

Dengan beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi akan mempermudah kamu memonitor bisnismu termasuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan operasional bisnis. Kamu pun akan bisa mempelajari ritme bisnismu.

Aplikasi Penjualan Excel yang Praktis

Di bidang bisnis, Excel merupakan program yang atau aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengolah data dan angka terbaik yang ada di dunia. Selain itu, Excel tidak hanya tersedia di Windows saja. Perangkat macOS, iOS dan Android bisa menggunakan Excel.

Microsoft Excel sangat membantu dalam mengolah dan merekam data. Dengan bantuan formulanya, mengolah data menjadi lebih mudah. Nah berikut ini ada beberapa aplikasi penjualan Excel yang bisa kamu gunakan untuk mengatur pendataan bisnis dan pengolahan data lainnya.

1. Aplikasi Kasir Toko

Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk mengelola transaksi pembelian dan penjualan. Selain itu, terdapat banyak fitur lainnya yang bisa mengontrol bisnis seperti data stok penjualan, operasional toko, laporan penjualan dan pendapatan termasuk cetak label dan barcode.


Aplikasi Kasir Toko ini mempunyai interface yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bisa kamu jalankan secara portable. Jadi, kamu bisa gunakan USB atau media penyimpanan data lainnya jika tak ingin menginstal aplikasinya di perangkat komputermu. Aplikasi Kasir Toko bisa kompatibel diinstal pada komputer dengan OS Windows XP, dan Windows yang lebih baru.

2. Aplikasi Penjualan Barang

Ada satu aplikasi yang juga tak kalah sederhana dan praktis dari yang pertama. Aplikasi ini cocok untuk pebisnis yang baru mengelola bisnisnya seperti minimarket, koperasi sekolah, toko atau pun warung. Menu pengaturan User Account untuk Aplikasi Penjualan Barang ini terbilang praktis.

Fitur di dalamnya terdiri dari laporan data transaksi penjualan, grafik penjualan otomatis, fitur pencarian barang, dan bukti transaksi. Tersedia pula fitur yang mendukung pembuatan barcode serta perhitungan diskon dan potongan belanja yang bisa dikostumisasi. Aplikasi kasir dengan format Microsoft Excel ini kompatibel untuk semua komputer OS Windows.

3. KasirKU V.1

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang telah dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman VBA Excel. Ukuran dari aplikasi ini terbilang ringan dan diberi fitur yang mampu mendukung pengerjaan pendataan penjualan dengan ringkas dan mudah dipahami.

Aplikasi KasirKU V.1 dilengkapi dengan fitur import dan eksport file, laporan harian, mingguan dan bulanan, serta transaksi tunai. Ada fitur cetak label pengiriman yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat label untuk layanan antar agar terlihat rapi dan profesional.

Bagi bisnis berskala kecil, aplikasi dan fitur di dalamnya sudah bisa mengcover kebutuhan akan sistem pendataan penjualan sederhana.

4. Kasir Sederhana

Sebagaimana aplikasi penjualan Excel pada umumnya, aplikasi ini pun dibuat untuk mempermudah pengelolaan bisnis dan perekamanan data penjualan. Di dalamnya terdapat perintah perhitungan yang biasa digunakan dalam perhitungan Excel.

Selain fitur penting seperti laporan penjualan, daftar stok barang, piutang, dan lain-lain, aplikasi Kasir Sederhana ini dilengkapi dengan pengecekan laporan yang bisa dibuat dalam bentuk print out.

5. Buku Warung

Selain pada komputer atau laptop, kamu juga bisa menginstal aplikasi penjualan di ponselmu. Salah satunya adalah aplikasi Buku Warung.

Nah, aplikasi satu ini ibaratnya sebuah ‘diary’ para pebisnis UMKM. Aplikasi Buku Warung ini bisa digunakan untuk mencatat pembukuan usaha UMKM untuk melihat keuntungan penjualan transaksi bisnisnya.

Kamu bisa mencatat rekaman pemasukan dan pengeluaran usahamu, hutang piutang pelanggan dan tentu saja mencatat laporan keuangan secara otomatis.

Aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan online. Selain itu, aplikasi ini bisa kamu gunakan di lebih dari satu perangkat ponsel. Sehingga kamu tidak perlu membuat akun lain untuk mengaksesnya. Yang terpenting adalah data di dalamnya akan tersimpan dengan aman.

Oh ya, Buku Warung bisa kamu unduh gratis. Bagi pebisnis yang bergerak di bidang fashion, makanan, jasa, bahkan kost dan rental cocok menggunakan aplikasi ini.

Nah, itulah beberapa aplikasi penjualan Excel yang praktis dan mudah digunakan. Karena ditargetkan untuk bisnis berskala UMKM, fitur di dalam aplikasi-aplikasi tersebut tidak dibuat rumit dan cenderung sangat sederhana. Sehingga kamu bisa dipahami oleh orang awam sekaligus.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis, aplikasi penjualan seperti ini akan sangat membantu. Pasalnya kamu bisa membuat pembukuan yang rinci dan rapi serta lengkap dan akurat. Proses monitoring dan controlling bisnismu bisa dilakukan dengan tenang sekarang.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram