Carisinyal / Aplikasi Buku / 10 Aplikasi Perpustakaan Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Perpustakaan Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2019

Zaman sekarang semuanya serba mudah. Berkirim pesan singkat, melakukan panggilan video, berbagi momen di media sosial sampai membaca buku favorit Anda bisa langsung dilakukan melalui gadget kesayangan Anda. Ya, Anda tak harus selalu pergi ke perpustakaan atau toko buku untuk membaca buku-buku yang Anda suka. Mengapa? Karena sekarang sudah banyak aplikasi perpustakaan yang bisa Anda pakai.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai 10 aplikasi perpustakaan yang bisa Anda unduh dan gunakan dengan mudah dan cepat dalam satu genggaman. Aplikasi apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. iPusnas

iPusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan developer Aksamaraya untuk meluncurkan aplikasi perpustakaan yang dinamakan iPusnas. Aplikasi ini adalah perpustakaan digital yang dibekali fitur berupa media sosial, sehingga Anda dapat melakukan komunikasi dan interaksi dengan sesama pengguna.

Selain itu, ada fitur lainnya berupa ePustaka yang merupakan salah satu fitur andalan aplikasi ini. ePustaka adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menjadi anggota dari banyak perpustakaan digital yang ada.

Ada juga fitur feed untuk memantau aktivitas pengguna lainnya, koleksi buku untuk menjelajahi buku-buku berbentuk elektronik yang akan dibaca, ada fitur eReader yang bisa membantu Anda membaca eBook dengan mudah dan cepat hingga fitur rak buku untuk menyimpan buku-buku elektronik milik Anda. Silakan download aplikasi iPusnas dari Perpustakaan Nasional melalui link ini.

2. iJakarta

aplikasi perpustakaan iJakarta

Selain Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta juga bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk mengembangkan iJakarta, aplikasi perpustakaan yang juga dibekali dengan fitur media sosial untuk mendapat teman baru dan berdiskusi mengenai buku-buku yang Anda baca.

Serupa dengan iPusnas, aplikasi iJakarta juga diperkaya fitur seperti ePustaka, feed, koleksi buku-buku elektronik, rak buku virtual untuk menyimpan koleksi buku Anda sampai eReader yang bisa membantu gadget Anda untuk membaca buku elektronik dengan mudah. Yuk, download aplikasi perpustakaan iJakarta dari PT. Woolu Aksara Maya dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta di sini sekarang juga.

3. ePerpus

aplikasi perpustakaan eperpus

Selanjutnya, ada aplikasi ePerpus yang dikembangkan oleh Gramedia Digital Nusantara. Aplikasi ini bisa digunakan oleh anggotanya untuk membaca dan meminjam buku, majalah atau pun koran digital untuk kebutuhan perusahaan.

Nah, Anda dapat meminjam buku, koran dan majalah tersebut kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan aplikasi ini. ePerpus sendiri memuat banyak buku dari penerbit dan pengarang jempolan. Selain dari Gramedia sendiri, ada dari Mizan, Elex Media Komputindo, John C. Maxwell dan lain sebagainya.

Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini? Silakan download aplikasi ePerpus besutan Gramedia Digital Nusantara secara gratis di sini.

4. iSantri

iSantri aplikasi perpustakaan

Para santri yang ada di Indonesia juga bisa menikmati mudahnya membaca buku lewat perpustakaan digital, lho. Ya, melalui aplikasi iSantri yang diluncurkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, Anda dan para santri dapat membaca buku dan meminjamnya dengan mudah.

Aplikasi iSantri ini punya banyak fitur yang serupa dengan aplikasi iJakarta atau iPusnas, yakni koleksi banyak buku yang bisa dibaca dan dipinjam, ePustaka, feed, rak buku dan eReader.  Download langsung saja aplikasi iSantri dari Kementrian Agama Republik Indonesia secara gratis melalui link ini.

Oh ya, selain aplikasi iPusnas iJakarta dan iSantri, developer yang sama yakni PT. Woolu Aksara Maya juga meluncurkan aplikasi perpustakaan untuk tiap wilayah seperti iJogja, iJateng, iPekan (Pekanbaru) sampai iBadung. Ada juga aplikasi perpustakaan untuk Bank Indonesia yang dinamakan iBi.

5. Handy Library

handy library

Aplikasi Handy Library memungkinkan Anda untuk memindai ISBN dan memperoleh detail dari sebuah buku, membacanya dan bahkan meminjamkannya secara online. Selain itu, aplikasi Handy Library juga punya fitur seperti mencari buku dengan mudah untuk mendapatkan judul, penulis hingga kode ISBN-nya secara online.

Anda bisa menambahkan dan menyimpan bukunya di Handy Library, melacak buku-buku yang Anda pinjam, mengelola wish list, menulis catatan hingga mencari buku sesuai dengan keyword seperti judul, kode ISBN dan nama penulisnya serta masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya di aplikasi besutan Lokyluck ini.

Aplikasi Handy Library mendukung lebih dari 10 bahasa, lho. Di antaranya Inggris, Perancis, Spanyol, Indonesia, Turki, Polandia, Vietnam hingga Rusia. Silakan klik link ini untuk mengunduh Handy Library secara cuma-cuma.

6. AnyBooks

anybooks

Dengan aplikasi AnyBooks, Anda dapat men-download berbagai macam buku dengan genre yang berbeda. Mulai dari fantasi, cerita horor, romance, biografi, sejarah dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga punya kamus bawaan yang bisa membantu memperkaya kosa kata bahasa Inggris.

AnyBooks juga memungkinkan Anda untuk membaca buku yang sama di mana saja dan kapan saja dengan fitur sinkronisasi yang dimilikinya. Anda juga bisa memberikan review mengenai buku yang sudah Anda baca sebelumnya. Jika Anda ingin mencoba aplikasi perpustakaan AnyBooks yang canggih ini, silakan langsung unduh aplikasinya lewat link ini.

7. Buku Sekolah Elektronik

buku sekolah elektronik

Selain aplikasi yang sudah kami bahas di atas, Anda juga dapat mengunduh aplikasi perpustakaan Buku Sekolah Elektronik yang bisa digunakan oleh si buah hati tercinta. Aplikasi ini berisi buku sekolah digital dengan format PDF.

Ada lebih dari 5000 buku yang bisa Anda atau anak Anda baca di aplikasi ini. Mulai dari 1000 buku dengan kurikulum 2016 dan 1400 buku dengan kurikulum 2013, ada 180 komik pendidikan, buku cerita, buku pra sekolah, pengetahuan agama Islam, bahasa Inggris, bahasa Jawa dan juga bahasa Sunda.

Ada pula kamus offline hingga konversi antarsatuan. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunduh aplikasi ini? Jika iya, silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi Buku Sekolah Elektronik dari Toto Sugito.

8. T-Perpus

T Perpus

Selain ePerpus, Gramedia Digital Nusantara juga mengembangkan aplikasi lainnya, yakni T-Perpus. Aplikasi ini memungkinkan Anda dan para pengguna lainnya untuk mengakses dan membaca ribuan ebook kapan saja dan di mana saja.

Anda dapat memilih kategori buku yang diinginkan, meminjamkannya dan juga menemukan ragam judul buku favorit dengan mudah dan cepat. Anda dapat men-download T-Perpus secara gratis dan link ini.

9. Aplikasi Perpustakaan Islam

Aplikasi perpustakaan islam

Anda yang muslim pun dapat mempelajari ilmu agama dengan mudah melalui perpustakaan digital. Salah satunya adalah Aplikasi Perpustakaan Islam. Di dalam aplikasi ini ada Al Quran digital, waktu sholat, tafsir Ibnu Kathir, tafsir Al-Jalalain, kamus, resep makanan halal, panduan makanan halal, buku hadith shahih Muslim, Bulughul Maram dan masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang bisa Anda gunakan.

Nah, jika Anda tertarik untuk memakai aplikasi ini, silakan klik link ini untuk mengunduh Aplikasi Perpustakaan Islam sekarang juga.

10. Wattpad

Wattpad

Siapa, sih yang tidak mengenal aplikasi Wattpad? Dengan aplikasi yang satu ini kita tidak hanya bisa membuat dan menerbitkan buku sendiri, tapi juga membangun perpustakaan digital secara gratis. Ada lebih dari ribuan buku yang ditulis oleh pengguna Wattpad, serta buku-buku dengan berbagai genre dari penulis ternama lainnya yang bisa Anda baca. Yuk download aplikasi Wattpad melalui link ini.

Nah, sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai aplikasi perpustakaan yang bisa diunduh secara gratis melalui HP  Android yang Anda punya. Jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi perpustakaan yang menarik lainnya, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Oh iya, bagi Anda yang hobi menulis dan ingin mengasah bakat menulis atau pun yang baru memulai menulis, coba gunakan 10 Aplikasi untuk Penulis ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar