10 Aplikasi Edit Foto Polaroid Terbaik untuk PC & Laptop

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Istilah polaroid mengacu pada kamera polaroid yang biasa digunakan untuk memotret dan langsung mencetaknya saat itu juga. Ya, kamera polaroid juga bisa dibilang kamera instan, memerlukan kertas setiap kali memotret dan langsung mencetak hasilnya sehingga bisa langsung dipajang.

Foto polaroid memang punya sisi estetik yang spesial dari pada foto cetak biasa. Maka tak heran jika alat khusus mencetak foto ini cukup mahal. Tentu, tidak semua orang mampu menjangkau barang seperti ini. Akan tetapi ada cara lain untuk dapatkan efek foto polaroid, yakni dengan gunakan aplikasi PC.

Ya, hanya dengan menggunakan aplikasi polaroid, Anda juga bisa memiliki foto ala polaroid. Tanpa butuh waktu lama apalagi proses yang sulit. Untuk itu berikut ini adalah 10 rekomendasi aplikasi yang bisa Anda coba. Apa sajakah itu? Yuk, langsung disimak!

1. GIMPShop

GimpShop adalah salah satu aplikasi polaroid untuk PC yang cukup kaya akan opsi pengeditan gambar. Jadi selain mengubah foto ke dalam bentuk Polaroid, anda juga bisa sekalian mempercantiknya lewat tools yang tersedia.

Untuk format polaroid sendiri, pertama Anda perlu membuat kanvas dasar berukuran sama dengan foto polaroid. Lalu tinggal letakkan saja foto terpilih pada kanvas. Gaya polaroid pun siap.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara bebas melalui beberapa sumber di Internet. Dengan kapasitas 194MB aplikasi ini tergolong cukup untuk pemasangan berbasis PC, sehingga tidak perlu khawatir akan memakan banyak ruang.

2. Microsoft Word

Selain membuat karya tulisan, siapa sangka word juga bisa menjadi media yang tepat untuk membuat format polaroid. Caranya pun cukup mudah hanya dengan mengandalkan fitur-fitur di dalamnya.

Agar membentuk polaroid segi empat, terlebih dahulu Anda perlu membuat bidangnya dari menu shapes. Kemudian import foto pilihan ke dalam Word dan atur ukurannya hingga serupa dengan gaya polaroid.

Jangan lupa tambahkan juga list pada bidang segi empat agar mudah dipotong nantinya. Efek shadow pada bagian bawah foto juga bisa ditambahkan supaya editan tampak seperti polaroid sungguhan. Cara ini efektif sekali bagi Anda yang tidak ingin menginstal aplikasi baru jika memang sudah miliki Microsoft Office.

3. PhotoScape

Jika ingin mencoba kesan editing yang lebih profesional namun tetap dalam versi ringan, Anda bisa coba fitur lengkap dari aplikasi ini. PhotoScape merupakan aplikasi berbasis PC yang cukup populer berbekal easy to use software sehingga tidak perlu keterampilan khusus untuk meng-edit foto.

Membuat foto polaroid juga mudah sekali karena Anda hanya perlu memilih format frame tanpa harus membentuk manual. Mode ini bisa Anda temukan di menu Frame dan pada bagian beranda awal. Lalu selebihnya tinggal atur detail foto sesuai keinginan.

Sama sekali tidak sulit bukan? Download aplikasinya pun juga sama. Anda bisa dapatkan secara gratis dari berbagai sumber internet sehingga lebih ekonomis. Download aplikasinya dengan klik tautan ini.

4. Canva

Canva
*

Meskipun hanya bisa dilakukan secara online, tapi Canva sama efektifnya dengan aplikasi polaroid untuk PC lainnya. Setelah login dengan akun yang diminta, Anda bisa langsung mengetikkan ‘Polaroid’ pada kolom search.

Atau cara lain juga bisa dengan terlebih dulu membuat kanvas polos. Kemudian pilih ‘elements’ dan ketik polaroid pada kolom pencarian. Nantinya akan muncul template bingkai dalam berbagai model menarik.

Pilih salah satu yang cukup original. Setelah itu upload dulu foto yang anda inginkan, import, dan atur seluruh sisinya agar pas sempurna. Hasilnya pun bisa Anda download dalam ekstensi PNG, JPG, hingga PDF. Dan yang paling penting, semua fasilitas ini gratis! Yuk akses layanan ini pada tautan Canva.com!

5. Poladroid

Polaroid adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda install secara gratis terutama untuk PC bersoftware Windows. Aplikasi ini tergolong punya bobot yang cukup ringan bagi desktop menjadikan sistemnya mudah dioperasikan.

Meskipun cukup sederhana, menariknya Polaroid justru memberikan hasil maksimal berkualitas mumpuni. Settingan di dalamnya tidak merubah karakter asli foto, sehingga setelah dicetak pun akan terlihat persis seperti kertas foto polaroid aslinya.

Setelah masuk ke aplikasi, Anda akan langsung diminta drag atau drop foto pilihan ke bagian yang diperintahkan. Lalu tinggal tunggu respon berikutnya sampai proses print hanya dalam waktu sebentar. Unduh aplikasinya secara gratis melalui link ini.

6. Photo Pos Pro

Berbicara tentang aplikasi polaroid untuk PC rasanya belum lengkap kalau belum mengikutkan Photo Pos Pro. Boleh dibilang aplikasi ini menjadi saingan Photoshop karena tampilan, tools, dan menunya yang hampir mirip.

Dengan begitu tentu ada sedikit proses yang lebih kompleks dibandingkan aplikasi sederhana lainnya. Karena sebelum menempelkan foto, harus ada kanvas dengan ukuran standar polaroid terlebih dulu. Kemudian dibentuk dan diatur sedemikian rupa agar tampak betulan sama.

Aplikasi berkapasitas sebesar 61,9 MB ini terbilang cukup ramah bagi PC bahkan untuk memori 2GB sekalipun. Pastikan software berbasis Windows agar kompatibel. Anda bisa download melalui website resminya secara gratis dengan klik di sini.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram