carisinyal web banner retina

7 Aplikasi Terbaik untuk Scan Foto di Android dan iOS

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Melakukan pemindaian atau scan berkas fisik biasanya tidak menggunakan kamera biasa, tapi aplikasi scan khusus. Salah satu alasannya adalah karena gambar yang dihasilkan lebih terang dan tajam.

Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk memindai tulisan yang berada di atas kertas atau foto lama yang punya kualitas rendah, memindai kode QR, hingga mengekstrak teks.

Jika Anda merasa perlu, Carisinyal sudah menyiapkan beberapa rekomendasi aplikasi scan foto terbaik yang bisa digunakan. Daftar aplikasi ini juga bisa didapatkan dengan mudah dan gratis melalui Google PlayStore atau AppStore. Nah, silakan simak beberapa daftarnya berikut ini.

1. CamScanner - QR, PDF, Barcode

aplikasi scan terbaik

Aplikasi pertama untuk memindai atau scanning yang cukup direkomendasikan adalah CamScanner. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik untuk melakukan pemindaian berbagai dokumen. Misalnya kartu identitas, atau semua jenis dokumen fisik lainnya.

Sebelum disimpan, Anda bisa memilih beberapa filter yang bisa digunakan agar tampilannya lebih cerah dan tajam. Bahkan, CamScanner menyediakan format yang akan digunakan seperti PDF atau JPEG sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan scan pada bentuk tanda tangan yang ada di atas kertas untuk kemudian dipindahkan ke kertas yang lain secara digital. CamScanner juga bisa memindai kode QR dengan cukup responsif. Tidak hanya melakukan foto langsung, Anda juga bisa menggunakan foto atau gambar yang sudah tersimpan di galeri HP Anda.

Masih banyak fitur yang ditawarkan oleh CamScanner ini, misalnya scanning Whiteboard, Book, Translate, hingga CountCam. Anda bisa mengunduh aplikasi CamScanner ini secara gratis melalui Google PlayStore atau AppStore secara gratis.

2. Tiny Scanner - PDF Scanner App

aplikasi scan terbaik

Tiny Scanner menjadi aplikasi scan selanjutnya yang cukup direkomendasikan. Aplikasi ini mampu memindai atau scanning berbagai jenis dokumen fisik, misalnya buku, kartu nama, hingga paspor. Jenis format yang akan disimpan juga bisa disesuaikan baik itu JPG atau PDF sesuai kebutuhan.

Selain mengubah dokumen fisik menjadi digital, Tap Scanner juga mampu mengubah tulisan langsung pada dokumen fisik menjadi teks berkat OCR. OCR (Optical Character Recognition) mampu memindai dan mengekstrak teks dari gambar sehingga bisa langsung disalin secara digital.

Untuk kebutuhan lain, Tiny Scanner juga bisa digunakan untuk memindai kode QR. Responsnya juga cukup baik dan bisa membaca dengan tepat isi dari kode QR tersebut.

Sama seperti aplikasi CamScanner, aplikasi Tiny Scanner ini juga bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis melalui Google PlayStore atau AppStore.

3. Adobe Scan: PDF Scanner, OCR

aplikasi scan terbaik

Beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Adobe untuk pengeditan. Adobe juga menyediakan aplikasi untuk melakukan pemindaian atau scanning yaitu Adobe Scan. Di dalamnya tentu saja memiliki beberapa fitur yang cukup menarik dan berguna.

Adobe Scanner memiliki fungsi utama yaitu untuk memindai dokumen fisik menjadi digital, baik dalam bentuk PDF atau JPG. Beberapa dokumen fisik yang bisa di-scan juga cukup beragam, misalnya buku, papan tulis, kartu nama, sertifikat, hingga ijazah.

Hal yang paling Saya suka dari Adobe Scanner ini adalah fitur pengeditannya yang cukup banyak. Anda bisa menyesuaikan tampilannya agar tulisan dalam dokumen menjadi lebih tajam dan terlihat dengan jelas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya yang tidak kalah menarik seperti mengubah tata letak, menghapus noda, lipatan, atau tulisan tangan. Bahkan, aplikasi ini menyediakan fitur OCR untuk memindai dan mengekstrak teks pada dokumen fisik menjadi teks digital yang bisa langsung disalin.

Adebo Scan: PDF Scanner , OCR ini bisa didapatkan dengan mudah melalui Google PlayStore atau AppStore. Yang pasti, Anda bisa mendapatkannya dengan gratis tanpa biaya apapun, kecuali berlangganan premium.

4. PhotoScan by Google Photos

aplikasi scan terbaik

Tidak hanya Adobe, nama besar lainnya yang memiliki aplikasi scanner atau pemindai adalah Google yaitu PhotoScan by Google Photos. Menurut Saya, aplikasi ini memiliki antarmuka yang paling sederhana. Pasalnya, Anda bisa langsung memindai atau melakukan scan sesaat setelah membuka aplikasinya.

Setelah itu, akan ada empat titik yang muncul di layar. Tugas Anda hanya mengarahkan lingkaran di bagian tengah layar menuju empat titik itu. Nantinya, aplikasi ini akan mengambil lima kali jepretan dan menggabungkannya. Hal ini membuat hasil scan jadi jauh lebih tajam dan jernih tanpa adanya glare yang mengganggu.

Sebagai salah satu aplikasi dari Google, tentu Anda bisa mendapatkan PhotoScan by Google Photos ini secara cuma-cuma. Anda bisa mencarinya di Google PlayStore atau AppStore kesayangan Anda.

5. Genius Scan - PDF Scanner

aplikasi scan terbaik

Jika Anda perlu memindai atau melakukan scan pada dokumen fisik dalam jumlah banyak, Genius Scan ini menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, HP ini mampu melakukan pemindaian dalam jumlah yang banyak dengan cepat.

Menariknya, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke dokumen fisik yang akan di-scan, kemudian muncul kotak berwarna kuning. Tahan posisi HP agar tanda kuning diam beberapa detik saja, kemudian aplikasi akan memotret secara otomatis. Lakukan hal ini sesuai yang Anda inginkan.

Setelah selesai melakukan pemindaian, ANda bisa menggabungkan dan menyimpan hasilnya tersebut dalam bentuk PDF. Sebelum itu, Anda juga bisa melakukan peninjauan dengan mengubah ukuran atau format hingga filter agar tulisan di dalam dokumen bisa terbaca dengan jelas.

Seperti aplikasi lainnya, Anda bisa mendapatkan aplikasi Genius Scan - PDF Scanner dengan mudah melalui Google PlayStore atau AppStore. Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis, kecuali membeli paket premium untuk fitur yang lebih lengkap.

6. SwiftScan: Scan PDF Documents

aplikasi scan terbaik

Aplikasi lainnya untuk melakukan scanning atau pemindaian dokumen fisik dalam jumlah banyak adalah SwiftScan: Scan PDF Documents. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memotret lebih banyak. Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke dokumen fisik Anda kemudian usahakan jangan bergerak dan aplikasi akan memotret secara otomatis.

Sebelum menyimpan, Anda juga masih bisa mengedit hasil scan-nya terlebih dahulu, seperti ukuran atau filter (hanya untuk paket berbayar). Setelah itu, Anda bisa menyimpan hasil scan-nya dalam format apapun.

Menariknya, Aplikasi SwiftScan ini memungkinkan Anda untuk membagikan file dokumen yang telah disimpan secara langsung. Baik itu ke teman melalui Gmail atau penyimpanan cloud jenis apapun.

Untuk mendapatkan aplikasi SwiftScan: Scan PDF Documents ini bisa melalui Google PlayStore atau AppStore. Aplikasi ini juga tidak memungut biaya apapun alias gratis, kecuali untuk mode premium yang menawarkan berbagai fitur yang lebih banyak.

7. PDF Scanner app - TapScanner

aplikasi scan terbaik

PDF Scanner app atau TapScanner menjadi aplikasi scan terbaik selanjutnya yang punya fitur beragam. Aplikasi ini mampu memindai berbagai jenis dokumen fisik, seperti kartu nama, ijazah, hingga sertifikat. Tidak hanya teks, Anda juga bisa memindai kode QR untuk melihat arti dari kode tersebut.

Di sisi lain, aplikasi TapScanner ini tidak hanya menawarkan fitur untuk memindai dokumen fisik saja, tapi juga foto atau gambar yang sudah usang. Sebelum disimpan, Anda bisa mengatur beberapa hal melalui fitur gratis yang diberikan.

Untuk mendapatkan aplikasi PDF Scanner app - TapScanner ini cukup mudah untuk semua jenis HP. Anda bisa mendapatkannya melalui aplikasi Google PlayStore atau AppStore. Harganya juga gratis, kecuali jika Anda ingin membuka mode Pro yang ditawarkan.

Nah, itulah beberapa aplikasi scan atau pemindai terbaik yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa didapatkan secara gratis, kecuali untuk paket premium atau pro. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram