carisinyal web banner retina

7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Memindai Dokumen

Ditulis oleh Linda

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan untuk mengonversi dokumen fisik menjadi format digital menjadi semakin penting. Berbagai kegiatan seperti pengarsipan, berbagi dokumen, dan penyimpanan data memerlukan efisiensi maksimal.

Aplikasi scanner yang dapat dioperasikan melalui smartphone Android telah menjadi solusi yang praktis dan mudah digunakan. Dengan hanya berbekal kamera ponsel dan aplikasi scanner, berbagai jenis dokumen dapat dengan mudah diubah menjadi format digital dalam waktu yang singkat.

Aplikasi scanner untuk Android menawarkan berbagai kemudahan dalam proses digitalisasi dokumen. Pengguna hanya perlu memfokuskan kamera mereka pada dokumen yang ingin di-scan, dan aplikasi akan melakukan sisanya. Berikut ini, Carisinyal akan merekomendasikan beberapa pilihan aplikasi scanner Android terbaik.

1. CamScanner

Dikembangkan oleh CamSoft Information, aplikasi ini merupakan solusi canggih untuk pemindaian dokumen menggunakan kamera ponsel atau tablet Anda. CamScanner tidak hanya memungkinkan Anda untuk memindai dokumen yang dicetak, tapi juga foto yang telah dicetak.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengkonversi teks pada dokumen yang telah dipindai menjadi teks digital yang dapat diedit.

Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya, sebab dengan CamScanner, Anda tidak perlu lagi repot mengetik ulang teks dari dokumen cetak. Semua pekerjaan itu dapat di-handle secara otomatis oleh aplikasi. Ini menjadikan CamScanner alat yang sangat praktis, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencari aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa.

Setelah proses pemindaian selesai, dokumen dapat langsung disimpan ke dalam memori internal perangkat Anda atau ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Box, dan berbagai platform lainnya. Ini menawarkan kemudahan dalam mengorganisir dan menyimpan dokumen penting Anda di mana saja dan kapan saja.

2. SwiftScan

SwiftScan, yang tersedia secara gratis di PlayStore, adalah aplikasi scanner yang multifungsi dari Maple Media LLC. Aplikasi ini tidak hanya efektif untuk memindai dokumen tetapi juga bisa digunakan untuk memindai kode QR, menawarkan sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan digitalisasi Anda.

Dengan rating yang impresif, yaitu antara 4.6 dan 4.8 dari skala maksimal 5, SwiftScan telah menunjukkan kualitas dan keandalannya di mata pengguna.

Fitur-fiturnya yang beragam menjadikannya pilihan yang tepat bagi banyak orang. Anda dapat memindai dokumen dengan kualitas tinggi, membagikan file hasil scan melalui email, atau bahkan menguploadnya ke berbagai layanan penyimpanan cloud.

3. Adobe Scan

Adobe, perusahaan raksasa di bidang software, sudah tidak asing lagi di kalangan para profesional dan penggemar teknologi karena konsistensinya dalam mengembangkan aplikasi yang membantu meningkatkan produktivitas kerja. Adobe Scan, salah satu dari serangkaian aplikasi mereka, adalah alat pemindaian yang dirancang khusus untuk perangkat mobile.

Aplikasi ini tidak hanya mampu memindai berbagai jenis dokumen, tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan filter, mengorganisir dokumen dengan mengatur urutan halaman, dan bahkan menghapus konten yang tidak diinginkan dari dokumen tersebut.

Salah satu fitur utama Adobe Scan adalah kemampuannya untuk menyinkronkan dokumen yang telah dipindai ke Adobe Cloud. Ini memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut aman dan dapat diakses dari perangkat manapun, memudahkan pengguna untuk bekerja secara fleksibel dari lokasi manapun.

Dengan semua keunggulan ini, Adobe Scan tidak hanya membantu dalam mengelola dokumen tetapi juga dalam memaksimalkan efisiensi penggunaan waktu dan sumber daya.

4. TurboScan

TurboScan, sesuai dengan namanya, adalah aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi memindai dokumen ke perangkat yang Anda gunakan dengan kecepatan yang optimal.

Aplikasi ini menonjol berkat fitur utamanya yang bernama SureScan3x, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindaian tiga gambar sekaligus dari satu halaman dengan kualitas yang sangat tinggi.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melakukan scan berulang kali hingga mencapai kualitas gambar yang diharapkan. Kelebihan lain dari TurboScan adalah kemampuannya untuk mengkonversi dokumen yang telah dipindai menjadi berbagai format file populer, seperti PDF, JPG, JPEG, dan PNG.

Hal ini sangat praktis karena mengeliminasi kebutuhan untuk menggunakan situs atau aplikasi tambahan dalam proses konversi file, menjadikan TurboScan alat yang sangat efektif dan multifungsi dalam pengelolaan dokumen digital.

5. Microsoft Lens

Microsoft Lens memudahkan pengguna untuk memindai berbagai jenis dokumen mulai dari catatan kuliah, dokumen penting seperti KTP atau paspor, hingga kartu nama.

Keunggulan aplikasi ini tidak hanya terbatas pada fungsi pemindaian, tapi juga pada kemampuannya untuk langsung mengintegrasikan hasil scan ke dalam aplikasi Microsoft lainnya seperti OneNote dan OneDrive.

Salah satu fitur andalan dari Microsoft Lens adalah kapasitasnya untuk mendukung pemindaian dokumen dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Jerman, Spanyol, dan Cina. Ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja dalam lingkungan multibahasa atau sedang belajar bahasa tersebut.

Microsoft Lens bukan hanya sekedar aplikasi scanner, tapi juga sebuah alat yang sangat membantu dalam mengelola dokumen dalam berbagai bahasa, untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam berkarier atau belajar.

6. Simple Scan

Simple Scan adalah aplikasi yang mengadopsi prinsip kesederhanaan dalam setiap aspek penggunaannya. Ini terlihat dari betapa ringannya aplikasi ini bekerja di berbagai jenis perangkat, menawarkan pengalaman yang mulus dan tidak memberatkan sistem.

Kepraktisan Simple Scan tidak berhenti hanya pada penggunaannya yang mudah saja; aplikasi ini juga memberikan fleksibilitas dalam memilih format file untuk ekspor hasil scan. Anda bisa memilih untuk mengekspor dokumen sebagai file ZIP atau PDF, sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini membuat Simple Scan menjadi solusi yang efisien dan mudah digunakan untuk semua kebutuhan pemindaian Anda.

7. Clear Scan

Jika Anda menghadapi masalah dengan keterbatasan memori di smartphone tetapi memerlukan sebuah aplikasi scanner, Clear Scan bisa menjadi solusi ideal untukmu. Aplikasi ini terkenal karena ukurannya yang ringan, tidak membebani penyimpanan internal perangkat.

Clear Scan juga dikenal dengan kecepatannya dalam memproses data dari penyimpanan cloud, membuatnya mudah untuk menyimpan hasil scan dalam format PDF atau JPG sesuai dengan preferensi kamu. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur editing dasar yang bisa sangat berguna untuk melakukan penyesuaian kecil pada dokumen atau gambar yang telah kamu scan.

Anda bisa menikmati fitur-fitur standar dari Clear Scan secara gratis. Namun, jika kamu membutuhkan lebih banyak fitur lanjutan, versi pro dari aplikasi ini tersedia di Play Store mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah biaya.

Aplikasi scanner Android telah merevolusi cara kita mengelola dan berbagi dokumen. Tidak hanya untuk kebutuhan profesional, tetapi juga aplikasi ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan terus berkembangnya teknologi, kita dapat mengharapkan fitur-fitur baru yang akan membuat proses digitalisasi dokumen semakin cepat dan mudah.

Untuk siapa saja yang mencari solusi praktis untuk digitalisasi dokumen, aplikasi scanner Android adalah jawabannya. Kepraktisan, kecepatan, dan keamanan yang ditawarkan menjadikan mereka alat yang indispensable dalam dunia modern.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram