carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / Ini Dia 10 Aplikasi Uninstaller Terbaik untuk PC dan Laptop

Ini Dia 10 Aplikasi Uninstaller Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 30 Januari 2021

Kamu mungkin punya PC yang sudah banyak terinstal oleh beragam aplikasi. Banyaknya aplikasi ini bisa membuat laptopmu lemot, serta memakan ruang di hardisk yang seharusnya bisa menampung file-file penting yang lebih dibutuhkan. Nah, untuk menghapus aplikasi, perlu melakukan proses yang dinamakan uninstal.

Windows sendiri memiliki program uninstaller bawaan, yakni "Add or remove programs". Akan tetapi, proses ini biasanya masih menyisakan beberapa file sehingga program bisa dikatakan belum terhapus dengan sepenuhnya.

Apalagi, bisa jadi ada aplikasi yang nakal dan sulit di-uninstall dengan cara normal. Nah, untuk mengatasinya, diperlukan aplikasi uninstaller yang mampu melakukan proses uninstal dengan jauh lebih baik ketimbang fitur bawaan Windows. Yuk cari tahu mengenai 10 aplikasi uninstaller terbaik yang bisa kamu coba berikut ini!

1. Geek Uninstaller

geek uninstaller

Karena aktivitas men-uninstal aplikasi itu harus bisa dilakukan semua orang, maka Geek Uninstaller menawarkan sisi antarmuka yang sebegitu mudahnya. Dijamin kamu yang selama ini terbiasa pakai uninstaller biasa dari Windows pasti akan bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Tidak hanya itu saja, bahkan Geek Uninstaller juga mendukung penghapusan aplikasi yang diunduh melalui Windows Store, dan sama sekali tidak ada file yang tersisa setelah di-uninstall. Terkadang, ketika sebuah aplikasi diinstal melalui proses yang tidak benar (proses instalasi yang di-cancel mendadak, atau laptop habis baterai saat proses instalasi sedang berlangsung), maka aplikasi tersebut akan "berulah" dan sulit untuk dihapus.

Nah, tidak perlu galau karena aplikasi Geek Uninstaller ini akan "memaksa" agar aplikasi yang berulah tadi bisa dihapus, sehingga kamu pun bisa dapat ruang lebih lega di hardisk kamu.

Banyak banget deh fitur yang dimiliki Geek Uninstaller ini, dan yang pasti dia lebih teliti dalam menghapus aplikasi ketimbang program uninstaller bawaan Windows. Kendati demikian, ada satu hal lagi yang dijamin bakal buat kamu tercengang – aplikasi ini hanya berukuran 2,52 MB saja dalam bentuk .zip! Bahkan, kamu pun tidak perlu melakukan instalasi karena Geek Uninstaller ini sifatnya portable.

Tenang saja, aplikasi ini gratis, lho! Namun, mereka pun menyediakan versi Pro dengan beragam fitur tambahan, salah satunya adalah kemampuan meng-uninstall banyak program dalam sekali klik. Versi Pro ini bisa dibeli seharga $24,95 atau sekitar Rp350 ribuan, dan kamu bisa memilikinya selamanya (bukan biaya subscription). Yuk miliki Geek Uninstaller melalui link ini!

2. Advanced Uninstaller Pro

advanced uninstaller pro

Kalau kamu ingin coba aplikasi yang fiturnya lebih banyak, Advanced Uninstaller Pro ini dijamin enggak akan membuat kamu menyesal. Soalnya, berbeda dengan Geek Uninstaller, aplikasi ini sudah menyediakan fitur batch removal secara gratis!

Tidak hanya itu, kamu pun bisa memilih opsi untuk secara otomatis memindai file-file yang masih tersisa setelah proses peng-uninstalan selesai. Nantinya, Advanced Uninstaller Pro ini akan menampilkan data statistik ada berapa file atau data registri yang gagal dihapus.

Dari segi desain tampilannya pun, aplikasi ini tampak lebih menarik dan mempunyai fitur navigasi yang mudah dioperasikan. Oh iya, sekali pun aplikasi ini bisa dinikmati sepenuhnya dengan gratis, kamu pun bisa memilih opsi berbayarnya.

Ada semacam extension alias tambahan bernama Daily Health Check yang akan menambah fungsionalitas pada aplikasi. Misalnya saja, kamu jadi bisa melakukan manajemen aplikasi startup (aplikasi yang otomatis berjalan saat baru menyalakan PC). Juga, kamu pun bisa melakukan penghapusan file sementara atau temporary files, gunanya untuk membuat PC kamu berjalan dengan lebih cepat.

Tidak seperti Geek Uninstaller Pro yang bisa dibeli lewat sistem one-time payment, versi berbayar dari Advanced Uninstaller Pro ini menyediakan sistem berlangganan. Harga termurahnya adalah $9.10 untuk 30 hari, lalu seharga $10,15 untuk 1 tahun, dan yang termahal adalah $15,60 untuk 2 tahun. Yuk unduh secara gratis (atau beli versi berbayarnya) melalui link ini!

3. Wise Program Uninstaller

wise program uninstaller

Wise Program Uninstaller ini juga punya beberapa fitur unik yang tak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Dengan melakukan klik kanan pada salah satu program, kamu bisa memilih untuk menuju entri registrinya di RegEditor.

Selain itu, tersedia juga fitur context menu, sehingga kamu tetap bisa melakukan uninstal program pakai aplikasi ini, tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Caranya, tinggal lakukan klik kanan pada program lalu pilih menu "Uninstall with Wise Program Uninstaller".

Untuk memudahkan kamu dalam melakukan proses penginstalan, aplikasi ini juga sangat membantu karena memiliki beberapa opsi atau metode penghapusan aplikasi. Misalnya, selain "Safe Uninstall", kamu juga bisa melakukan "Custom Uninstall".

Ini berguna apabila ada program yang terinstal tapi tidak terdeteksi dalam daftar, sehingga kamu bisa melakukan browse dan menyeleksi aplikasi secara manual. Download aplikasinya di sini secara gratis.

4. IObit Uninstaller Free

iobit uninstaller

IObit Uninstaller Free ini nampaknya selangkah lebih maju dari kebanyakan aplikasi lainnya. Soalnya, kamu tidak hanya mampu melakukan penghapusan program secara menyeluruh, kamu pun bisa diingkatkan atas adanya update dari aplikasi-aplikasi yang terinstal.


Aplikasi uninstaller ini juga dicanangkan dapat melakukan penghapusan aplikasi dengan lebih cepat ketimbang uninstaller bawaan, juga memastikan bahwa tidak ada file yang tersisa setelah aplikasi di-uninstall. Menariknya lagi, kamu pun bisa menghapus berbagai plugin dari browser yang mungkin tak sengaja kamu instal.

Terkadang, saat kita berselancar di dunia maya, kita tidak sengaja mengaktifkan notifikasi ataupun menginstal aplikasi toolbar yang tidak kita inginkan. IObit Uninstaller Free ini berguna untuk memblokir notifikasi tersebut supaya perhatianmu tidak terganggu, serta menghapus hal-hal bloating seperti toolbar dan plugin. Dapatkan IObit Uninstaller Free sekarang juga di sini!

5. Revo Uninstaller Free & Pro

revo uninstaller pro

Ada kalanya kamu malas untuk mencari-cari aplikasi yang ingin dihapus pada sebuah daftar. Kalau kamu ingin cara baru mencari aplikasi, gunakan saja Revo Uninstaller. Aplikasi ini hadir dengan bantuan fitur unik bernama Hunter Mode.

Sesuai namanya, kamu seolah sedang "berburu" aplikasi yang ingin dihapus, seperti saat sedang berburu rusa di hutan. Saat mode ini diaktifkan, cursor akan berubah bentuk menjadi seperti bidikan pistol. Kamu tinggal perlu mengarahkan bidikan ini ke shortcut di desktop, jendela program yang terbuka, ataupun logo di system tray.

Nah, saat kamu sudah "membidik" sebuah program, kamu akan diberikan pilihan untuk melakukan uninstal, dan ada juga beberapa opsi lainnya. Misalnya, kamu bisa mengatur agar aplikasi yang dibidik tidak lagi langsung menyala saat PC baru dinyalakan. Atau, apabila aplikasi tersebut sedang berjalan, kamu pun bisa melakukan kill process seperti saat menggunakan Task Manager.

6. Comodo Programs Manager

comodo

Sejatinya, aplikasi uninstaller memang ditujukan untuk lebih memudahkan penggunanya ketimbang uninstaller bawaan. Oleh karena itu, Comodo Program Managers pun hadir untuk kamu.

Mungkin kamu pernah tidak sengaja meng-uninstall aplikasi. Jangan takut, karena Comodo Program Managers bisa mengembalikan kondisi seperti semula dengan pengaturan yang sama persis. Hal ini karena Comodo Program Managers selalu menyimpan backup secara otomatis sebelum proses uninstal dimulai.

Supaya PC kamu tidak kenapa-napa, Comodo Program Managers juga bisa memantau perubahan yang disebabkan oleh sebuah aplikasi ke PC kamu. Hal ini sungguh berguna supaya aplikasi yang ternyata membahayakan bisa segera terdeteksi, dan bisa langsung diatasi secepatnya dengan cara diunsintal. Kamu bisa mendapatkan Comodo Program Managers melalui link ini.

7. Puran Uninstaller

puran uninstaller

Lagi-lagi, ada aplikasi uninstaller untuk PC yang pas untuk kamu, namanya Puran Uninstaller. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang tergolong biasa saja, karena aplikasi ini punya fitur uninstalling yang jempolan. Tidak hanya bisa meng-uninstall secara biasa, kamu bisa memilih Force Uninstall untuk aplikasi yang bandel.

Aplikasi ini juga punya sistem penyortiran yang berguna. Kamu bisa memisahkan mana yang aplikasi dari Microsoft, dan mana aplikasi yang kamu instal sendiri. Penyortiran ini terpisah dari apakah kamu mau mengurutkan dari ukuran terbesar dulu, tanggal instalasi yang paling baru, dsb. Pokoknya, saat diaktifkan, aplikasi Microsoft akan selalu tampil paling atas.

Kamu pun bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan aplikasi tertentu secara online, hanya dengan sekali klik. Dan, kalau kamu meragukan keaslian dari aplikasi yang pernah diinstal, kamu pun bisa melakukan verifikasi terhadap digital signature.

Perlu diketahui, aplikasi "bodong" cukup berseliweran di mana-mana. Aplikasi ini bukan yang asli, dan akan berusaha menyerap data personal yang terkandung dalam PC kamu. Dengan melakukan verifikasi, kamu bisa memastikan kalau aplikasi yang kamu instal itu aman. Tertarik? Tunggu apalagi! Dapatkan aplikasinya di sini!

8. UninstallView

uninstallview

UninstallView merupakan aplikasi pengganti dari MyUninstaller. Mengingat aplikasi MyUninstaller sudah cukup tua dan fiturnya tergolong obsolete, sang developer akhirnya memutuskan untuk menggantinya dengan UninstallView. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini sekalipun hanya pakai Windows XP, baik itu 32 bit maupun 64 bit.

Dilihat dari tampilannya sekilas, aplikasi ini mungkin tampak mudah dioperasikan. Tapi sebenarnya, opsi-opsi peng-uninstall-an yang ada di sini adalah opsi yang bisa ditemukan saat menggunakan uninstaller bawaan. Artinya, UninstallView tidak akan menghapus registry key secara default.

Kamu harus melakukan pengaturan terlebih dahulu, dengan cara memodifikasi file UninstallView.cfg. Sebenarnya cara ini tidak begitu sulit, tapi tetap saja tidak intuitive atau simpel seperti aplikasi lain pada daftar ini.

Keunikannya, beberapa aplikasi tertentu bisa di-uninstall secara diam-diam melalui opsi quite installation. Saat opsi ini dipilih, sama sekali tidak ada jendela antarmuka yang muncul. Pokoknya, tahu-tahu aplikasi sudah terhapus.

Itu tadi hanya salah satu fitur uniknya saja, masih banyak yang lainnya. Contohnya, kamu juga bisa memilih durasi proses penghapusan aplikasi – cepat, sedang, dan lambat. Secara default, durasi yang dipilih adalah lambat.

Tapi uninstalasi lambat ini dapat menghapus aplikasi dengan cara paling menyeluruh, tanpa menyisakan file. Sedangkan kalau memilih opsi durasi cepat, bisa saja ada beberapa file yang terlewatkan.

UninstallView juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan penghapusan program secara remoteYa, kamu bisa meng-uninstall aplikasi di PC kantor sekalipun kamu sedang ada di rumah memakai laptop, cocok untuk yang sedang work from home.

9. ZSoft Uninstaller

zsoft

Selanjutnya adalah ZSoft Uninstaller yang memiliki ukuran yang begitu kecil, mengunduhnya pun tidak akan memakan waktu lebih dari 5 detik (kecuali jika internet kamu sedang bermasalah). Dengan desainnya yang sederhana, aplikasi ini sebenarnya tidak menampilkan informasi dengan cara yang mudah.

Misalnya saja, pada daftar aplikasi, kamu tidak dapat melihat informasi mengenai ukuran ataupun tanggal saat sebuah aplikasi diinstal. Akan tetapi, rupanya kamu bisa melakukan analisis terhadap program yang ada di PC kamu, lho!

Analisis ini bisa dilakukan guna melakukan proses penghapusan aplikasi sepenuhnya dan memerlukan PC untuk melakukan restart. Selain itu juga, kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang tidak perlu agar tidak muncul dalam daftar. Biasanya, aplikasi yang di-hide ini adalah aplikasi yang memang tidak boleh di-uninstall, seperti driver dan program penting lainnya.

Fitur-fiturnya yang dasar turut hadir, seperti menghilangkan registry setelah meng-uninstall aplikasi, mencari file yang tertinggal, dan menemukan temporary files. Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui link ini.

10. OESIS Endpoint Assessment

OESIS Endpoint Assessment

Terakhir, adalah produk software uninstaller bernama OESIS Endpoint Assessment. Sebenarnya ini bukanlah aplikasi yang dikhususkan untuk meng-uninstall program saja, melainkan merupakan aplikasi untuk melakukan monitoring terhadap program yang terinstal.

Saat pertama dijalankan, aplikasi ini akan otomatis memindai PC agar bisa menampilkan ada program apa saja yang terinstal. Dan, kalau aplikasi yang kamu cari tidak ditampilkan di daftar, tinggal lakukan saja deep product discovery. Program-program ini juga akan dilabeli berdasarkan tipe dan kategorinya.

Namun perlu diketahui, OESIS Endpoint Assessment bukanlah aplikasi yang ditujukan untuk pemula karena ada beberapa metode tertentu yang mengharuskan penggunanya mengerti sedikit soal pemograman dan coding.

Nah, itu dia 10 aplikasi terbaik yang bisa melakukan proses uninstall dengan menyeluruh dan kaya akan fitur. Kamu pun akhirnya tidak perlu bingung lagi kalau ada software ngadat yang susah di-install, karena hampir semua aplikasi di atas menyajikan fitur Force Uninstall. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram