carisinyal web banner retina

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik 2022

Masih ingat beberapa waktu yang lalu kami sempat membahas tentang game untuk perangkat Android Wear yang terbaik? Nah, jika Anda memiliki smartwatch tersebut sebaiknya manfaatkan semaksimal mungkin. Pasalnya, Android Wear tidak hanya kompatibel untuk bermain game saja, melainkan ada sejumlah aplikasi keren lainnya yang bisa dikendalikan melalui smartwatch ini.

Ketika Anda memiliki perangkat Android Wear, apa saja aplikasi yang harus diinstall untuk memaksimalkan fungsi perangkat tersebut? Simak ulasan mengenai aplikasi untuk Android Wear yang wajib dimiliki dari Carisinyal berikut ini, yuk!

1. Wear OS by Google Smartwatch

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 1

Wear OS by Google Smartwatch merupakan sistem operasi yang diluncurkan Google untuk smartwatch atau wearable device lainnya. 

Aplikasi ini dapat menghubungkan ponsel dengan smartwatch milikmu. Asisten Google akan memandu Anda secara proaktif, dan membantu mempermudah segala aktivitas hanya dari sebuah jam tangan.  

Dengan begitu, Anda bisa mengecek pesan yang masuk, mendapatkan info kesehatan bahkan memeriksa status penerbangan. Anda bisa mengunduh aplikasi Wear OS by Google Smartwatch di sini.

2. Galaxy Wearable

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 3

Rekomendasi aplikasi lainnya adalah Galaxy Wearable. Galaxy Wearable merupakan sebuah aplikasi mendasar untuk siapa saja yang menggunakan Samsung Smartwatch. 

Dengan memasang aplikasi ini, Anda bisa mengelola semua fitur di jam tangan hanya menggunakan ponsel. Caranya, menautkan aplikasi Galaxy Wearable dengan ponsel menggunakan bluetooth. Setelah terhubung, Anda bisa mengoptimalkan semua fitur yang terdapat di aplikasi ini. 

Aplikasi Galaxy Wearable memudahkan Anda mengganti tampilan jam tangan, mengatur notifikasi dan sebagainya. Dapatkan aplikasi ini di sini

3. Facer Watch Faces

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 5

Facer Watch Faces merupakan aplikasi yang dapat mengkostumisasi tampilan smartwatch Anda. Setidaknya terdapat 100.000 desain tampilan jam tangan yang bisa Anda peroleh secara gratis maupun berbayar. 

Menariknya, Anda juga dapat mengubah tema tampilan jam menggunakan desain sendiri serta mempublikasikan kepada dunia luar. Cukup mudah untuk menggunakan aplikasi ini, antara lain :

  1. Unduh aplikasi “Facer” di sini
  2. Selanjutnya hubungkan aplikasi ini dengan ponsel menggunakan bluetooth. 
  3. Setelah terhubung, Anda bisa mulai menjelajahi tema-tema jam tangan. 
  4. Ketuk salah satu tema yang Anda inginkan, kemudian lihat pratinjau sebelum menerapkan di jam tangan. 
  5. Apabila, Anda menyukainya, silakan ketuk sekali lagi dan otomatis tema jam pun berubah. 

Facer Watch Faces saat ini menjadi aplikasi unggulan yang banyak peminatnya. Apalagi Anda bisa merancang dan mendesain tema secara langsung di smartwatch. Hebat, bukan?

4. Camera Remote

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 7

Aplikasi lain yang cukup recommended untuk perangkat wearable adalah wear camera remote. Kemampuan aplikasi ini lebih canggih daripada Google camera. 

Mengapa demikian? Karena wear camera remote dapat Anda gunakan untuk mengambil gambar/video dari jarak jauh. Jadi, Anda tidak perlu meminta bantuan orang lewat untuk memotret. 

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan viewfinder, self timer, radio babysitter dll. Anda bisa menggunakan camera remote untuk memata-matai atau mengawasi hewan peliharaan dari mana saja. 

Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk melihat benda yang sulit terjangkau dengan kamera ponsel. Bahkan Anda juga bisa membuat timelapse dengan apik. 

Dapat dikatakan, aplikasi ini paling fungsional untuk mengontrol kamera ponsel. Sayangnya, camera remote belum mendukung Tizen OS, seperti Samsung Gear S2 atau S3.  Unduh aplikasi camera remote di sini. 

5. Navigation Pro

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 9

Navigation Pro merupakan aplikasi penunjuk arah yang berguna bagi pengguna smartwatch. Pasalnya, Anda bisa menampilkan navigasi yang akurat dari jam tangan, sehingga cocok digunakan saat bersepeda, atau mengemudi. 

Ada banyak fitur yang terdapat di aplikasi ini, seperti output suara, speedometer, navigasi autostart dan lainnya. Bahkan aplikasi ini dapat memberikan alternatif rute yang berbeda.  Apalagi, navigation pro juga telah tersedia dalam 102 bahasa. Unduh aplikasi Navigation Pro sekarang juga di sini, untuk dapat menikmati semua fitur yang ada. 

6. Message For Wear OS

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 11

Berikutnya adalah Message For wear OS. Sesuai dengan namanya, aplikasi Message For Wear OS  berguna untuk menerima atau membalas pesan dari WhatApps, FB atau chatting room lainnya. 


Anda bisa menulis pesan menggunakan teks standar dari input suara. Selain itu, Anda juga bisa membuka Youtube langsung dari jam tangan menggunakan pola getaran yang telah diatur sebelumnya. 

Aplikasi ini kompatibel untuk semua tipe dan merek smartwatch Wear OS. Seperti Sony Smartwatch 3, Motorola Moto 360, Ticwatch, Huawei Watch dan lainnya. Untuk mencoba aplikasi ini, silakan unduh di sini sekarang juga. 

7. Calculator For Wear OS

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 13

Aplikasi calculator untuk Android Wear cukup berguna saat melakukan perhitungan. Apalagi jika Anda sedang bepergian, maka aplikasi ini akan sangat membantu. 

Fitur yang terdapat dalam aplikasi pun sangat lengkap, mulai dari perhitungan dasar hingga fungsi ilmiah seperti trigonometri, akar kuadrat dll.

Namun sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus memastikan bahwa ponsel kompatibel dengan Android Wear. Penasaran seperti apa kecanggihan aplikasi Calculator For Wear OS? Silakan unduh di sini

8. Wear OS App Manager & Tracker

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 15

Aplikasi App Manager & Tracker dapat membantu Anda mengelola software yang terdapat di Android Wear. Anda bisa mengetahui berapa ruang penyimpanan yang terpakai atau memberikan izin saat hendak mengunduh atau memasang aplikasi lain. 

Melalui aplikasi ini, Anda akan mendapat notifikasi saat aplikasi tengah diperbarui atau terhapus dari jam tangan. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini

9. Photo Gallery For Wear OS

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 17

Dari aplikasi Photo Gallery For Wear OS, Anda bisa menikmati foto di smartwatch dengan cara yang mudah. Pasalnya, ketika smartwatch terhubung dengan ponsel, maka secara otomatis semua folder foto dapat Anda lihat dari jam tangan.  

Bahkan Anda juga bisa berbagi atau menghapus foto-foto melalui jam tangan, loh. Namun, untuk folder video, Anda hanya akan terlihat dalam ikon kecil. Sementara, untuk melihat video yang ada Anda membutuhkan aplikasi lain. Download aplikasi Photo Gallery For Wear OS hanya di sini.

10. Navigation Wear

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 19

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Navigation Pro yang telah diulas sebelumnya. Aplikasi ini juga dapat menunjukkan navigasi maps melalui smartwatch. 

Namun tidak semua tipe dan merek smartwatch yang kompatibel dengan aplikasi ini. Navigator Wear hanya kompatibel dengan merek Samsung Wear OS, Fitbit atau Garmin smartwatch. 

Apabila perangkat wearable Anda kompatibel dengan aplikasi ini, maka klik di sini untuk mengunduh dan memasangnya. 

11. Watch Face

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 21

Bosan dengan tema atau tampilan jam tangan yang begitu-begitu saja? Nah, jangan kuatir. Ada aplikasi yang sempurna bagi pengguna smartwatch. Anda dapat menikmati 30.000 tema unik yang tersedia setelah memasang aplikasi ini. 

Di samping itu, banyak pilihan font yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik jam tangan. Apalagi ada banyak fitur yang aplikasi ini tawarkan untuk menambah kesan elegan. Klik di sini untuk mengunduh aplkasi ini. 

12. Document For Wear OS

16 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik [year] 23

Aplikasi terakhir yang cukup recommended untuk Android Wear adalah Document For Wear OS.  dengan memasang aplikasi ini, maka Anda bisa melihat PDF atau dokumen yang lain. 

Berikut beberapa langkah saat membuka sebuah dokumen, seperti :

  1. Membuka dokumen yang baru dari jam tangan pintar Anda
  2. Kemudian bukalah lampiran PDF
  3. Pilihlah menu “Bagikan dengan Dokumen Wear”
  4. Setelah berhasil, Anda bisa membuka file apa saja secara langsung.

Apabila smartwatch Anda kompatibel dengan aplikasi ini, silakan unduh di sini.

13. Wear OS Center

Wear OS Center

Ini adalah toko aplikasi yang bersifat sementara untuk smartwatch. Dengan kata lain, fungsi dari Wear OS Center hampir sama dengan Google Play Store. Aplikasi cerdas ini akan membantu Anda menemukan sejumlah aplikasi di PlayStore yang kompatibel dengan smartwatch. Pasalnya, PlayStore masih belum optimal dalam menyortir aplikasi khusus Android Wear.

Wear OS Center memang terhubung dengan PlayStore. Jadi, ketika sewaktu-waktu Anda ingin mencari aplikasi yang sudah mendukung Android Wear, maka Anda bisa mengandalkan bantuan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Wearable Software ini.

14. Wear Mini Launcher

Wear Mini Launcher

Satu lagi aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol Android Wear. Adalah Wear Mini Launcher yang berfungsi untuk mengatur tampilan aplikasi yang terlihat di layar smartwatch Anda. Ketika Anda butuh untuk membuka aplikasi secepat mungkin, maka Anda harus menginstall aplikasi ini.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan melalui Wear Mini Launcher adalah mengatur kecerahan layar smartwatch, mengubah mode WiFi, dan masih banyak lagi. Lakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda melalui Wear Mini Launcher.

15. Runtastic Running & Fitness

Runtastic Running & Fitness

Sudah menjadi rahasia umum jika smartwatch Android Wear dikenal dapat menjadi fasilitas penunjang untuk berolahraga. Oleh karena itu, Anda wajib menginstall aplikasi untuk Android Wear yang siap membantu Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar, yaitu Runtastic Running & Fitness.

Meskipun Android Wear sudah kompatibel terhadap Google Fit, tapi aplikasi Runtastic Running & Fitness bisa menjadi satu-satunya aplikasi kebugaran yang dapat diandalkan. Anda pun dapat menggunakan smartwatch untuk mengontrol aplikasi ini langsung di tangan Anda. Hitung jarak, waktu, kecepatan, ketinggian, dan kalori yang terbakar saat Anda berlari dengan menggunakan Runtastic Running & Fitness.

16. IFTTT

IFTTT

Sebagian dari Anda mungkin belum familiar dengan aplikasi untuk Android Wear yang satu ini. IFTTT adalah aplikasi yang mengerjakan sesuatu secara otomatis untuk memudahkan penggunanya. Misalnya, ketika Anda mengunggah foto di Instagram, maka foto tersebut akan langsung di back up ke Dropbox.

Tak hanya itu saja, IFTTT juga kompatibel pada aplikasi Twitter, Google Drive, Weather, dan lainnya. Anda juga dapat terus update mengenai informasi terbaru melalui The New York Times lewat aplikasi ini. Dapatkan aplikasi yang sangat bermanfaat ini untuk membuat Android Wear Anda menjadi lebih optimal dan bermanfaat.

Smartwatch adalah sebuah jam pintar yang tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan waktu saja. Maksimalkan fungsi Android Wear sebagai jam pintar dengan menginstall aplikasi untuk Android Wear di atas. Alhasil, jam tangan Anda akan lebih modern dan lebih pintar. Yuk, tunggu apalagi, segera pilih aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram