Carisinyal / Aplikasi Android Wear / 10 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik 2019

10 Aplikasi untuk Perangkat Android Wear Terbaik 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Masih ingat beberapa waktu yang lalu kami sempat membahas tentang game untuk perangkat Android Wear yang terbaik? Nah, jika Anda memiliki smartwatch tersebut sebaiknya manfaatkan semaksimal mungkin. Pasalnya, Android Wear tidak hanya kompatibel untuk bermain game saja, melainkan ada sejumlah aplikasi keren lainnya yang bisa dikendalikan melalui smartwatch ini.

Ketika Anda memiliki perangkat Android Wear, apa saja aplikasi yang harus diinstall untuk memaksimalkan fungsi perangkat tersebut? Simak ulasan mengenai aplikasi untuk Android Wear yang wajib dimiliki dari Carisinyal berikut ini, yuk!

10 Aplikasi untuk Android Wear Terbaik

1. Citymapper

aplikasi untuk android wear Citymapper

Memiliki teknologi yang memudahkan seperti Android Wear tentu harus digunakan secara maksimal. Contohnya melalui salah satu aplikasi untuk Android Wear ini, Citymapper. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam hal bepergian. Entah berwisata, traveling, atau hanya sekedar berjalan-jalan.

Citymapper menyediakan beragam fitur kemudahan. Contohnya dengan adanya fitur FIND THE BEST ROUTE. Fitur ini akan menunjukkan berbagai macam transportasi yang akan memudahkan Anda saat sedang berwisata, mulai dari transportasi darat, laut, udara, bahkan uber pun hadir di Citymapper. Anda tertarik? Klik di sini untuk mendownload aplikasi Citymapper.

2. Google Pay

aplikasi untuk android wear Google Pay

Wisata Anda akan lebih mudah dengan Google Pay. Aplikasi untuk Android Wear yang satu ini tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembelian segala macam barang. Tidak perlu mengeluarkan lembaran uang, cukup gunakan aplikasi Google Pay di Android Wear pun sudah cukup.

Tak perlu khawatir semua data pribadi akan bocor, pasalnya Google Pay akan merahasiakan mulai dari saldo Anda sampai kepengeluaran Anda. Cara kerja Google Pay ini pun terbilang mudah layaknya Anda menggunakan kartu kredit ataupun ATM. Bagaimana, Anda ingin juga menggunakan aplikasi ini? Cukup klik di sini dan Anda bisa langsung download aplikasinya.

3. Strava Training

Strava

Jika memiliki teknologi Android Wear tentu bukan hanya kemudahan dalam berwisata yang akan didapatkan, namun juga Anda bisa dengan mudahnya mengontrol kesehatan Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa manfaatkan aplikasi untuk Android Wear satu ini, Strava Training.

Aplikasi ini dapat melakukan tracking segala aktivitas Anda. Strava Training akan menunjukkan seberapa banyak kalori Anda yang telah terbakar, seberapa jauh Anda telah berjalan dan informasi detail lainnya yang menyangkut tubuh Anda. Anda tertarik menggunakannya? Download aplikasi Strava Training di sini.

4. Uber

Uber

Mungkin Anda sudah tidak aneh dengan aplikasi yang satu ini. Namun jangan dikira aplikasi Uber hanya bisa digunakan di smartphone saja. Pasalnya, Anda juga bisa menjajal Uber sebagai salah satu aplikasi untuk Android Wear lho. Seperti yang diketahui, Uber merupakan salah satu aplikasi transportasi.

Jika Anda merasa repot untuk mengeluarkan handphone dari dalma tas, cukup pesan transportasi Uber melalui Android Wear saja. Cara kerjanya pun tidak jauh berbeda. Tentu pemesanan Uber akan lebih mudah bukan? Namun, Anda hanya bisa memanfaatkan Uber dengan Android Wear di luar negeri. Download aplikasi Uber dengan klik di sini.

5. Tripadvisor

TripAdvisor

Nah, sama halnya dengan Uber. Tripadvisor juga bukanlah satu-satunya aplikasi yang hanya bisa Anda kontrol melalui smartphone. Untuk Anda penggemar jalan-jalan, mungkin membutuhkan salah satu aplikasi untuk Android Wear ini. Pasalnya, Tripadvisor akan memberikan informasi mengenai penginapan.

Penginapan-penginapan yang ada di Tripadvisor tentunya telah direview oleh para pelancong yang pernah bersinggah. Jadi, Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan keinginan, selera dan juga budget Anda tentunya. Mau? Download aplikasi Tripadvisor di sini.

6. Spotify

Spotify

Menikmati musik dengan Android Wear? Tentu Anda bisa melakukannya. Namun, Anda harus menginstall aplikasi untuk Android Wear, Spotify, terlebih dahulu. Spotify merupakan salah satu aplikasi musik yang bisa Anda akses dimanapun kapanpun.

Aplikasi Spotify ini bisa Anda dengarkan secara offline maupun online. Untuk mendengarkan lagu offline, tentu Anda bisa mendownload lagunya terlebih dahulu. Namun, jika merasa kerepotan mendownload, Anda bisa mendengarkan lagu secara online. Mudah bukan? Klik di sini untuk download Spotify.

7. 1Weather

1weather

1Weather adalah aplikasi untuk Android Wear yang terbaik dalam hal menyampaikan informasi ramalan cuaca setiap hari. Melalui smartwatch yang selalu melekat di pergelangan tangan, Anda bisa melihat informasi cuaca saat ini sampai dengan ramalan cuaca di waktu yang akan datang.

Tidak hanya menyampaikan informasi cuaca di lokasi Anda saat itu saja, tapi 1Weather juga dapat menginformasikan ramalan cuaca di tempat lain. Aplikasi gratis yang bisa diperoleh di Play Store ini ternyata sudah diinstall sebanyak hampir 50 juta kali oleh pengguna Android.

8. Find My Phone

Find My Phone Aplikasi untuk Android Wear

Walaupun terlihat sangat sepele, tapi keberadaan aplikasi Find My Phone ini akan sangat membantu Anda. Ya, sering kita lupa di mana tempat meletakkan smartphone kita. Sudah mencari ke seluruh penjuru rumah, tapi smartphone tersebut masih belum ditemukan. Oleh karena itu, keberadaan aplikasi Find My Phone di Android Wear Anda akan sangat membantu.

Find My Phone akan melakukan panggilan ke ponsel Anda dan ada beragam cara untuk memperoleh feedback dari telepon Anda. Misalnya, ketika aplikasi ini menghubungi smartphone, maka smartphone tersebut akan mengaktifkan lampu senter, menyalakan nada alarm, menghidupkan layar, mengaktifkan getaran, dan masih banyak tindakan yang lainnya.

9. Google Keep

Google Keep

Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini juga harus ada dalam Android Wear Anda. Pasalnya, Google Keep adalah salah satu aplikasi catatan yang paling kompatibel untuk perangkat smartwatch. Dengan sinkronisasi antara smartwatch dengan akun Google Keep Anda, maka Anda bisa membaca catatan-catatan yang sebelumnya.

Apakah pengguna juga bisa membuat catatan di Google Keep melalui Android Wear? Bisa saja jika Anda menggunakan perintah suara “Ok Google” Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di smartphone maupun di Android Wear.

10. PixtoCam for Android Wear

Pixtocam

Siapa bilang Android Wear Anda tidak bisa menjadi viewfinder untuk kamera smartphone Anda? Dengan menginstall PixtoCam, maka Anda bisa melihat apa yang ditangkap oleh kamera smartphone melalui smartwatch di pergelangan tangan Anda. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di perangkat Android Wear.

Di samping itu, dari smartwatch Anda dapat mengontrol kamera tersebut, seperti mengambil gambar, zoom, menggunakan flash, mengatur timer, dan banyak lagi. PixtoCam juga sangat membantu Anda untuk melakukan foto selfie tanpa harus memegang ponsel. Cukup letakkan ponsel di posisi yang tepat, lalu Anda bisa melihat tampilan wajah Anda melalui Android Wear.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain daftar di atas, kami juga memiliki rekomendasi aplikasi lainnya yang wajib Anda gunakan di Android Wear. Aplikasi-aplikasi ini juga tidak kalah menarik dengan aplikasi sebelumnya. Apa sajakah itu?

11. Wear OS Center

Wear OS Center

Ini adalah toko aplikasi yang bersifat sementara untuk smartwatch. Dengan kata lain, fungsi dari Wear OS Center hampir sama dengan Google Play Store. Aplikasi cerdas ini akan membantu Anda menemukan sejumlah aplikasi di PlayStore yang kompatibel dengan smartwatch. Pasalnya, PlayStore masih belum optimal dalam menyortir aplikasi khusus Android Wear.

Wear OS Center memang terhubung dengan PlayStore. Jadi, ketika sewaktu-waktu Anda ingin mencari aplikasi yang sudah mendukung Android Wear, maka Anda bisa mengandalkan bantuan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Wearable Software ini.

12. Wear Mini Launcher

Wear Mini Launcher

Satu lagi aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol Android Wear. Adalah Wear Mini Launcher yang berfungsi untuk mengatur tampilan aplikasi yang terlihat di layar smartwatch Anda. Ketika Anda butuh untuk membuka aplikasi secepat mungkin, maka Anda harus menginstall aplikasi ini.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan melalui Wear Mini Launcher adalah mengatur kecerahan layar smartwatch, mengubah mode WiFi, dan masih banyak lagi. Lakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda melalui Wear Mini Launcher.

13. Wear OS by Google Smartwatch

Wear OS by Google Smartwatch

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memng dibuat dan dikembangkan oleh Google. Tentunya, aplikasi ini punya banyak fitur menarik untuk Android Wear Anda. Wear OS by Google Smartwatch diklaim mampu dapat melakukan sinkronisasi terhadap HP Anda.

Jadi, setelah Anda mengoneksikan HP dan Android Wear dengan aplikasi ini, maka secara otomatis semua akses di HP Anda bisa dilakukan di smartwatch Anda. Bagusnya lagi, aplikasi ini juga dapat melihat pesan, mengecek kesehatan, hingga mengakses Google Assistant. Sangat lengkap, ya?

14. Runtastic Running & Fitness

Runtastic Running & Fitness

Sudah menjadi rahasia umum jika smartwatch Android Wear dikenal dapat menjadi fasilitas penunjang untuk berolahraga. Oleh karena itu, Anda wajib menginstall aplikasi untuk Android Wear yang siap membantu Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar, yaitu Runtastic Running & Fitness.

Meskipun Android Wear sudah kompatibel terhadap Google Fit, tapi aplikasi Runtastic Running & Fitness bisa menjadi satu-satunya aplikasi kebugaran yang dapat diandalkan. Anda pun dapat menggunakan smartwatch untuk mengontrol aplikasi ini langsung di tangan Anda. Hitung jarak, waktu, kecepatan, ketinggian, dan kalori yang terbakar saat Anda berlari dengan menggunakan Runtastic Running & Fitness.

15. IFTTT

IFTTT

Sebagian dari Anda mungkin belum familiar dengan aplikasi untuk Android Wear yang satu ini. IFTTT adalah aplikasi yang mengerjakan sesuatu secara otomatis untuk memudahkan penggunanya. Misalnya, ketika Anda mengunggah foto di Instagram, maka foto tersebut akan langsung di back up ke Dropbox.

Tak hanya itu saja, IFTTT juga kompatibel pada aplikasi Twitter, Google Drive, Weather, dan lainnya. Anda juga dapat terus update mengenai informasi terbaru melalui The New York Times lewat aplikasi ini. Dapatkan aplikasi yang sangat bermanfaat ini untuk membuat Android Wear Anda menjadi lebih optimal dan bermanfaat.

Smartwatch adalah sebuah jam pintar yang tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan waktu saja. Maksimalkan fungsi Android Wear sebagai jam pintar dengan menginstall aplikasi untuk Android Wear di atas. Alhasil, jam tangan Anda akan lebih modern dan lebih pintar. Yuk, tunggu apalagi, segera pilih aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar