carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Menunjang Pekerjaan Arsitek

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 15 November 2020

Bagi Anda arsitek yang sedang melakukan pekerjaan arsitektur, tidak ada salahnya untuk memakai aplikasi khusus arsitek. Aplikasi semacam itu bisa membantu pekerjaan arsitektur Anda, terutama dalam menggambar desain bangunan.

Aplikasi untuk arsitek sendiri bisa Anda pakai di laptop atau komputer Anda. Setiap aplikasi tersebut sudah dilengkapi fitur dan kelebihannya masing-masing.

Dari sejumlah aplikasi untuk arsitek yang ada, beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di artikel ini. Langsung saja cek daftarnya di bawah ini.

1. SketchUp

SketchUp

* sumber: apkpure.com

Sempat dibeli haknya oleh Google, aplikasi ini bisa membantu Anda dalam membuat gambar bangunan 3 dimensi. Fiturnya sendiri tidaklah terlalu canggih. Walau begitu, aplikasi ini mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya unggul serta layak dipakai.

Salah satunya adalah mampu dipadukan dengan Vray. Perpaduan SketchUp dengan render tersebut bisa membuat Anda menghasilkan gambar bangunan yang begitu realistik. SketchUp sendiri bisa Anda unduh di situs resminya di sini.

2. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture

* sumber: knowledge.autodesk.com

Aplikasi yang satu ini lazim dipakai oleh para arsitek profesional. Hal ini disebabkan oleh kelebihan alikasi ini yang membantu arsitek dalam membuat gambar yang detail.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa bikin gambar bangunan 2D yang yang detail dan teliti. Gambar tersebut akan sangat berguna untuk kontraktor dan para tukang ketika hendak merealisasikan desain bangunan yang sudah Anda buat. Kalau Anda berminat memakai aplikasi ini, silahkan datangi saja situs resminya di sini.

3. 3D Studio Max

3D Studio Max

* sumber: www.youtube.com

Selain SketchUp, masih ada satu aplikasi lain yang bisa membantu membuat gambar 3D. 3D Studio Max adalah yang kami maksud. Aplikasi ini bisa bikin gambar 3D yang detail dan teliti, seperti halnya SketchUp.

Adapun pembeda antara aplikasi ini dengan SketchUp adalah penggunaannya. 3D Studio Max tak hanya dipakai untuk kalangan arsitek saja, tetapi juga oleh animator, pembuat game, dan juga untuk kepentingan rendering.

Mengapa bisa begitu? 3D Studio Max mempunyai fitur editing yang bisa dipakai untuk kepentingan apa pun, mulai dari arsitektur, animasi, hingga rendering software. Versi terbaru aplikasi ini sudah dirilis. Kalau Anda mau coba free trial-nya, silahkan saja langsung ke sini.

4. Revit Architecture

Revit Architecture

* sumber: adsknews.autodesk.com

Aplikasi yang telah diakuisisi oleh Autodesk ini membantu Anda dalam membuat rancangan yang detail sekaligus berkualitas. Lewat aplikasi ini, Anda bisa bikin desain bangunan dan komponennya dalam 3D.

Setelah itu, Anda bisa membubuhi keterangan di dalamnya dalam format 2D. Tak hanya untuk kepentingan arsitektur, aplikasi ini bisa Anda pakai untuk kepentingan desain grafis serta structural engineering. Untuk mengunduh aplikasinya, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

5. Archicad

Archicad

* sumber: www.pinterest.com

Mengusung konsep all in one, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bikin gambar dalam format 2D atau 3D. Tak hanya bagi kalangan profesional, aplikasi ini juga bisa dipakai desainer pemula atau para mahasiswa jurusan arsitektur.

Aplikasi ini juga lazim dipakai oleh para biro arsitek yang ada di luar negeri. Hal ini tak lepas dari beberapa kelebihannya. Mulai dari mampu menggambar dalam format 2D atau 3D, sampai tampilannya yang begitu user friendly.

Aplikasi ini juga memingkinkan para arsitek bekerja di lingkungan Building Information Modelling/Management (BIM). Archicad bisa dipakai untuk platform Windows maupun macOS. Silakan kunjungi situs resminya di sini, bila Anda tertarik untuk memakai aplikasi satu ini.

6. Chief Architect

Chief Architect

* sumber: www.chiefarchitect.com

Ini adalah aplikasi lainnya yang bisa membantu Anda bikin gambar 2D sekaligus 3D. Terutama, dalam membuat desain rumah, interior rumah, serta desain kamar mandi dan dapur.

Salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi ini adalah fitur otomatisasi. Fitur itu bisa mempermudah Anda dalam proses mendesain rumah, serta merenovasinya secara cepat dan sesuai rencana.

Anda bisa coba versi free trial aplikasi ini dulu, sebelum mantap menggunakannya. Silahkan datangi situs ini, untuk mencoba versi free trial atau langsung memiliki aplikasi tersebut secara utuh.

7. Punch! Home Design

Punch! Home Design

* sumber: www.youtube.com

Aplikasi asal Amerika ini kombinasi LightWorks dan NexGen di dalamnya. Kehadiran LightWorks bikin aplikasi ini mampu membantu menghasilkan desain secara cepat. Meskipun Anda sedang mengerjakan project arsitektur berjumlah besar.

Sementara itu, kehadiran NexGen pada aplikasi ini bisa membantu Anda menghasilkan gambar desain yang amat sempurna sekaligus realistik. Ada beberapa fitur menarik yang ada di aplikasi ini.

Sample home designs dan cost estimator adalah keduanya. Sample home designs yang bisa membantu Anda menemukan templat desain yang tepat. Sedangkan cost estimator yang bisa menghitung anggaran pembangunan rumah rancangan Anda.

Aplikasi ini harus ditebus dengan biaya mahal, bila Anda ingin memilikinya. Namun, harga yang ditawarkan sebanding dengan kelebihan aplikasi tersebut. Jika Anda tertarik mendapatkannya, langsung saja kunjungi situs resminya di sini.

8. Softplan

Softplan

* sumber: softplan.com

Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga punya cost estimator yang bisa menghitung anggaran pembangunan rumah rancangan Anda. Dalam aplikasi ini, fitur tersebut bisa berjalan secara real time.

Aplikasi ini juga bisa melakukan dokumentasi terhadap project bangunan yang sedang Anda kerjakan. Softplan tergolong mudah digunakan oleh siapa saja, baik yang pemula maupun profesional. Softplan bisa Anda dapatkan di situs ini.

9. Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

* sumber: www.vectorworks.net

Aplikasi ini hanya cocok dipakai untuk Anda yang profesional. Hal ini lantaran Vectorworks punya fitur yang rumit dan hanya bisa dipakai oleh kalangan arsitek profesional.

Sebelum memakainya, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Mempelajari aplikasi satu ini tergolong lama. Namun, bila Anda berhasil, Anda bisa memakai aplikasi ini secara optimal.

Jika Anda bisa menaklukkan aplikasi ini, Anda bisa bikin gambar bangunan secara presisi, creative modelling, serta algorithmic design. Selain menggambar bangunan, aplikasi ini juga bisa membantu Anda merancang arsitektur lanskap. Vectorworks Architecture bisa didapatkan lewat situsnya di sini.

10. Microstation

Microstation

* sumber: communities.bentley.com

Aplikasi yang dikelola oleh Bentley System ini bisa membantu Anda membuat desain bangunan 2D atau 3D. Aplikasi berbasis CAD ini memiliki stabilitas tinggi yang tidak dimiliki aplikasi lain. Setiap desain yang dihasilkan bisa disimpan dalam berbagai format. Mulai dari CAD, DGN, hingga OBJ dan SKP.

Cara menggunakannya sendiri tidaklah terlalu sulit. Microstation cocok dipakai oleh arsitek profesional, desainer, dan engineer profesional. Untuk free trial atau mendapatkan langsung aplikasi ini, silahkan datangi saja langsung situs resminya di sini.

Bagi Anda arsitek yang sedang melakukan pekerjaan arsitektur, tidak ada salahnya untuk memakai aplikasi khusus arsitek. Aplikasi semacam itu bisa membantu pekerjaan arsitektur Anda. Terutama, dalam menggambar desain bangunan.

Aplikasi untuk arsitek sendiri bisa Anda pakai di laptop atau komputer Anda. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Masing-masing aplikasi punya kelebihannya masing-masing. Anda tinggal pilih saja yang bisa membantu pekerjaan arsitektur Anda nanti.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram