12 Aplikasi untuk Membuat Flowchart untuk Memudahkan Kerjamu

Ditulis oleh Siti Hasanah

Ketika kamu mengembangkan ide, alur kerja, ataupun desain sebuah proyek, keberadaan aplikasi pembuat flowchart akan membantu menyederhanakan proses pembuatannya. Aplikasi ini, meskipun tak nampak seperti investasi prioritas, dapat membantu tak hanya untuk mengeksplorasi kreativitas bisnis dan brainstorming, tapi juga kemungkinan biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan whiteboard.

Memang tidak semua aplikasi pembuat flowchart memiliki kualitas yang sama, tapi yang terbaik semuanya akan memiliki fitur inti yang sama, seperti template dasar dan objek yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk membantumu memilih aplikasi pembuat flowchart yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, artikel ini sudah merangkum 10 aplikasi terbaik untuk membuat flowcart. Yuk, simak.

1. GitMind

Capture Git MInd

GitMind adalah perangkat online gratis yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat flowchart, bagan organisasi, diagram UML, diagram tulang ikan, diagram pohon, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini hadir dengan banyak pilihan template flowchart yang bisa Anda pilih.

Antarmuka dari aplikasi ini sangat bersih sehingga mudah dipelajari dan dikuasai. Bentuk flowchart yang paling umum dan paling sering digunakan pun dirancang dan diatur agar penempatannya mudah Anda akses saat membutuhkannya. Anda hanya perlu menjalankan fungsionalitas drag and drop yang sederhana untuk mulai membuat struktur flowchart.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengekspor gambar Anda ke berbagai format file, seperti PDF, PNG, JPEG, dan SVG. Anda pun dapat mengatur kata sandi untuk flowchart Anda dan membagikannya dengan tim. Semua fungsi ini menjadikan GitMind sebagai alat pembuat flowchart yang hebat bagi para pemula.

2. Microsoft Visio

Microsoft Visio
*

Sepertinya aplikasi ini sudah sangat terkenal. Microsoft Visio merupakan alat yang popular untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram, denah rumah (floor plan) desain teknik, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini memungkinkan anggota tim untuk bisa mengerjakan diagram secara bersamaan.

Kamu dapat mengkoneksikan flowchart dan diagram yang kamu buat ke data real-time sehingga perubahan apapun yang terjadi dalam data yang mendasarinya akan terlihat melalui pemformatan bentuk yang diterapkan. Versi web Microsoft Visio bisa digunakan di browser apapun di mana saja.

Pada bagian kegunaan dan fitur, MS Visio mempunyai pilihan diagram dan template grafik yang bervariasi. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi pengguna karena mereka memiliki banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan setiap kebutuhan yang unik dan berbeda.

3. yED Graph Editor

yED Graph Editor

yED Graph Editor merupakan aplikasi desktop gratis, bagus, dan lintas platform yang dapat digunakan untuk membuat diagram dengan cepat juga efektif. Aplikasi ini dapat digunakan di semua platform utama seperti Windows, Unix/Linux juga Mac OS X.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis diagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat diagram secara manual ataupun mengimpor data eksternal untuk manipulasi atau analisis. yED juga bisa digunakan untuk membuat bagan organisasi, mind map, diagram swimlane, ERD, dan masih banyak lagi.

Fitur utama aplikasi ini termasuk antarmuka pengguna yang intuitif, impor data eksternal dari spreadsheet Excel, ekspor bitmap serta grafik vector, dan pengaturan otomatis elemen diagram. YEd mudah bagi pemula untuk digunakan, namun juga menyediakan kontrol yang dibutuhkan para ahli.

4. Pencil

Pencil

Pencil merupakan aplikasi open-source gratis yang mudah untuk digunakan untuk pembuatan prototipe antarmuka pengguna grafis yang juga dikenal dengna nama Graphical User Interface (GUI). GUI umumnya digunakan untuk membuat mockup yang popular dikalangan pengguna PC.

Aplikasi ini memiliki banyak bentuk bawaan untuk menggambar berbagai jenis antarmuka pengguna mulai dari desktop ke platform seluler di antaranya fitur shape, elemen flowchart, bentuk desktop/web UI, bentuk Android dan iOS GUI.

Pencil juga mendukung pembuatan diagram, mengekspor ke berbagai format output termasuk Inkscape SVG dan Adobe PDF, dokumen teks OpenOffice/LibreOffice, dan penautan antar halaman. Tak hanya itu, Pencil juga terintegrasi dengan OpenClipart.org agar memudahkan mencari Cliparts di Internet.

5. Gliffy Diagram

Gliffy Diagram

Aplikasi ini merupakan pilihan lain untuk membuat flowchart yang berbasis web yang sangat mudah dipelajari. Kamu akan langsung bisa mendapatkan sebuah flowchart, diagram Venn atau apa pun yang terlintas di benakmu hanya dengan memindahkan shape dari panel kiri dan pindahkan ke template.

Terdapat beragam jenis bentuk dan ikon untuk dipilih, dan menambahkan sendiri bentuk buatanmu akan semudah memindahkan bentuk dari panel yang ada di komputermu. Grid bawaan aplikasi ini membuat semua elemen berada di tempatnya dan rapi sehingga diagram flowchart bisa cepat dibuat.

Fitur yang tampak menonjol adalah versi yang terintegrasi dengan Jira dan Confluence, perangkat lunak manajemen bug yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat diagram menggunakan informasi dari layanan tersebut.

6. Cacoo

Cacoo

Meskipun tidak terlalu menonjol, Cacoo merupakan aplikasi pilihan lain yang lengkap. Cacoo menampilkan antarmuka pengguna yang sederhana dan beragam template. Aplikasi ini tidak mempunyai bentuk flowchart standar tapi ada template yang dapat kamu gunakan sebagai permulaan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram