Carisinyal / Inilah Aplikasi Android Terbaik untuk Mendeteksi Plagiarisme

Inilah Aplikasi Android Terbaik untuk Mendeteksi Plagiarisme

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Membuat sebuah karya tulis memang tidak semudah kelihatannya. Bukan hanya sekedar berpaku untuk menyelesaikan sebuah tulisan, nyatanya yang lebih penting adalah bagaimana menciptakan sebuah konten yang berkualitas, unik, dan orisinil.

Sayangnya, kebanyakan di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar, cenderung lebih sering menyalin atau copy-paste tulisan dari satu sumber ke sumber lainnya, baik berupa penulisan esai, maupun sejenis makalah penelitian.  Hal ini pun menjadi sesuatu yang sulit dihindari mengingat copy-paste merupakan jalan pintas yang dirasa paling mudah dilakukan untuk menyelesaikan tugas esai yang melelahkan.

Hal-hal inilah yang menghadapkan kita kepada sebuah rintangan besar yang disebut plagiarisme. Dan yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa sebuah tulisan tersebut adalah orisinil dan bukan merupakan hasil jiplakan. Karena jika tidak, akan sangat tidak etis dan merugikan bagi penulis aslinya.

Masalah plagiarisme sendiri tidak hanya sebatas menjiplak salinan teks saja, tetapi bisa juga berupa eksekusi ide yang mirip dengan ide pribadi orang lain. Bahkan, adapula yang mengadopsi gaya penulisan tertentu dari penulis tertentu sehingga membuat kesalahpahaman dan kecurigaan apakah tulisan tersebut merupakan hasil jiplakan atau tidak.

Jadi, apakah penjiplakan itu disengaja atau tidak? Yang pasti akan menjadi masalah besar jika Anda ketahuan melakukan plagiarisme. Untuk menghindari hal tersebut, selalu pastikan untuk menggunakan aplikasi untuk mendeteksi plagiarisme atau biasa disebut plagiarisme checker. Aplikasi pendeteksi plagiarisme ini sudah banyak tersedia di Android dan bisa dengan mudah digunakan di smartphone Anda.

Jika Anda adalah blogger, mahasiswa, atau penulis, maka sangat penting bagi Anda untuk memilih aplikasi pendeteksi plagiarisme yang bagus dan dapat diandalkan. Lantas, seperti apakah aplikasi pemeriksa plagiarisme yang bagus dan recommended?

Berikut adalah karakteristik yang harus diperhatikan saat menggunakan aplikasi plagiarisme.

  • Keamanan adalah masalah paling penting saat menggunakan aplikasi. Anda mungkin sering mendengar  banyak yang kehilangan informasi vital mereka setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga, tidak terkecuali dengan aplikasi pendeteksi plagiarisme. Karena itu, selalu cari aplikasi yang aman bagi data privasi Anda.
  • Pilihlah aplikasi yang menawarkan banyak fungsi. Pemeriksa plagiarisme perlu memiliki karakteristik ini. Misalnya, terdapat fitur yang menawarkan gaya rujukan dan kutipan.
  • Cari keunikan dalam aplikasi, salah satunya cari aplikasi yang menawarkan fungsi mengunduh laporan plagiarisme. Akan menjadi nilai plus jika aplikasi memiliki rincian plagiarisme yang diperiksa.
  • Pilih aplikasi yang menyediakan laporan komprehensif.
  • Carilah aplikasi yang mendukung berbagai format file. Program pemeriksa plagiarisme Android harus dapat mendukung format docx., Doc., Dan txt, dll.
  • Aplikasi pemeriksa plagiarisme yang baik harus dapat menyoroti kesalahan lain seperti kata yang salah eja, dll. Beberapa aplikasi juga memiliki opsi teknologi pencarian yang dalam. Jika aplikasi menggunakan beberapa warna untuk menyoroti kesalahan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil poin.
  • Carilah aplikasi yang menawarkan layanan gratis. Gunakan versi trial, lalu putuskan apakah Anda ingin beralih ke versi berbayar.

Berikut ini adalah aplikasi pemeriksa plagiarisme terbaik di Android yang bisa Anda coba.

1.  C.A App

C A App Plagiarism Checker

Jika Anda mencari aplikasi pemeriksa plagiarisme yang bagus, cobalah gunakan C.A. App yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Aplikasi ini dapat bekerja untuk semuanya, baik itu itu konten web, makalah penelitian, atau hanya sebuah esai. Anda hanya perlu copy-paste dari konten asli dan aplikasi ini akan langsung memeriksa plagiarisme untuk Anda. Kelebihan lainnya yang tidak kalah penting adalah aplikasi ini mendukung sebagian besar format file.

2. Copyleaks

Copyleaks

Aplikasi Android pemeriksa plagiarisme selanjutnya adalah Copyleaks. Fitur keren dari aplikasi ini adalah dapat memindai dokumen dan kemudian langsung memeriksa indikasi plagiarismenya. Copyleaks juga cukup mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru.

Sama seperti aplikasi lainnya yang disebutkan di atas, Copyleaks juga mendukung banyak format dokumen. Bagi para siswa dan blogger yang sedang membutuhkan alat pemeriksa plagiarisme yang praktis, maka Copyleaks patut dicoba.

3. Plagly

Plagly

Plagly Plagiarism Checker adalah pemindai plagiarisme gratis yang umum digunakan untuk memeriksa materi secara keseluruhan termasuk dengan tanda baca dan sintaksis. Untuk versi desktop, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara langsung tanpa perlu mengunduh. Namun untuk aplikasi seluler, tentu saja Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Cara kerja aplikasi ini sangat efektif untuk mendeteksi kesalahan yang sering muncul dan langsung memperbaikinya dalam beberapa detik. Selain itu, terdapat juga fitur proofreading yang menyarankan modifikasi bagian teks, kata-kata, atau frasa, sehingga memperluas tulisan Anda.

Plagly Plagiarism Checker juga berfungsi membandingkan hasil tulisan Anda dengan miliaran tulisan serupa lainnya sehingga validitasnya teruji. Tidak heran, karena aplikasi ini menggunakan AI dan analisis data untuk menguji aplikasi secara real-time dan menghasilkan hasil dengan cepat

4. Pemeriksa Plagiarisme Prepostseo

Prepostseo

Download Prepostseo

Jika Anda menginginkan tools yang lebih canggih, maka cobalah aplikasi Prepostseo. Tidak seperti aplikasi  pemeriksa plagiarisme biasanya, Prepostseo tidak hanya memeriksa plagiarisme dari konten yang diperlukan tetapi  juga dapat memparafrasekan kalimat yang dijiplak.

Jadi, selain berfungsi untuk memeriksa tulisan dari plagiarisme, aplikasi ini juga memiliki tools lainnya yang berguna untuk memeriksa tata bahasa, tanda baca, keyword, dan juga mampu membuat parafrase sehingga membantu Anda untuk membuat konten yang berkualitas.

Dan hal yang membuat aplikasi ini menjadi sangat efisien adalah teknologi AI. Algoritma aplikasi yang disempurnakan menjadikannya yang terbaik diantara banyak perangkat lunak sejenisnya.

5. Plagiarism Detection

Plagiarism Detection

Plagiarism Detection merupakan program desktop yang terkenal dan menawarkan pemeriksaan plagiarisme dalam berbagai bahasa. Pengembangannya menjadi aplikasi Android membuat jangkauannya lebih luas. Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai format file seperti doc, Docx, HTML, dan juga pdf. Fitur-fitur inilah yang  membuat aplikasi ini cocok dan digemari oleh para mahasiswa dan blogger.

Dengan adanya internet, banyak sekali sumber informasi dan data yang tersebar dengan luas dan bebas. Namun seiring dengan hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan kelangkaan ide-ide asli. Meniru ide seseorang dan menjadikannya seolah-olah milik sendiri tentu tidak dibenarkan. Oleh karena itu, pihak-pihak seperti pemilik situs web, blogger, tenaga pengajar harus waspada dalam hal plagiarisme demi menjaga reputasi organisasi ataupun institusi.

Maka dari itu, peran dan guna dari aplikasi pengecekan plagiarisme menjadi kebutuhan penting. Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi pendeteksi plagiarisme yang dapat diandalkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *