Carisinyal / 10 Aplikasi Untuk Mengedit Video di PC dan Android

10 Aplikasi Untuk Mengedit Video di PC dan Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Desember 2019

Anda suka mengedit video? Atau suka bernarsis ria di video? Kini ada kabar gembira buat Anda, karena Carisinyal akan menyajikan beberapa aplikasi untuk mengedit video terbaik yang ada saat ini. Nah, kami tak hanya menyajikan software video yang bisa di download di PC saja tetapi juga akan menyajikan beberapa aplikasi pilihan untuk mengedit video di smartphone Android Anda.

Software Edit Video untuk PC

Pertama-tama kita akan membahas bermacam-macam software editing video di PC terlebih dahulu. Berikut adalah daftar software-nya:

1. Adobe Premiere

aplikasi edit video

Aplikasi yang pertama adalah Adobe Premiere. Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan capture dari Cacodemon menjadi beberapa file yang lebih banyak, memudahkan Anda untuk membuat tittle dengan pilihan 3 titles. Tak hanya itu, pada software ini Anda akan disuguhkan timeline dengan 99 kolom audio dan 99 kolom video.

Adobe Premiere memiliki tampilan yang sangat keren dan Anda bisa langsung mengekspor video yang terdapat pada harddisk. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit file video yang berbeda dengan beberapa ukuran yang berbeda, bahkan dengan ketelitian hingga 0.01 detik.

Software editing video ini memiliki berbagai macam efek yang bisa diatur sesuai keinginan. Software ini tidak mudah crash, dan bisa bekerja secara maksimal pada PC yang memiliki RAM di atas 4 GB. Anda juga bisa memotong video pada time line menjadi 2 bagian dan juga melakukan time reverse.

Adobe Premiere ini mendukung video High Definition serta memiliki fitur auto save project, 3 video preview, dan efek zooming. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang paling sering digunakan pada produk broadcasting karena fiturnya yang lengkap.

Adapun kekurangan dari software Adobe Premiere ini adalah tutorialnya yang sangat sulit dan harga lisensinya yang sangat mahal. Selain itu, aplikasi ini juga tidak akan berjalan maksimal pada komputer yang hanya memiliki spesifikasi rendah.

Download

2. Ulead Video Studio

aplikasi edit video ulead

Softawre edit video terbaik selanjutnya adalah Ulead Video Studio. Software ini memiliki overlay yang berperan untuk menggabungkan tiap-tiap klaim menjadi satu bagian dengan timeline mode yang bisa Anda atur sampai pada framenya. Software ini menyediakan bermacam-macam model transisi yang bisa disesuaikan dengan keperluan video.

Ulead Video Studio memiliki kemampuan mengolah suara seperti dubbing dan juga merekam suara dengan berbagai variasi format seperti MPA, WAV, CDAe, dan MP3. File output yang dapat dihasilkannya juga bermacam-macam seperti NTSC, DVD, VCD, MPEG, MP4, streaming windows media format, dan lainnya.

Secara keseluruhan, software ini mampu mengolah maupun mengedit video dengan mudah dan dapat memberikan hasil yang terbaik dan memuaskan. Kekurangan paling menonjol yang dimilikinya adalah hasil rendernya yang terbilang masih di bawah Sony Vegas terutama untuk VCD.

Download

3. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro memiliki interface untuk editing yang lebih mudah dan bersahabat. Anda cukup melakukan drop and drag tanpa menelusuri file untuk menyisipkan file video. Aplikasi untuk mengedit video ini juga sangat simpel sehingga Anda dapat memahami semua fitur-fiturnya tanpa memerlukan waktu yang lama.

Jika Anda mengedit video DVD, maka cukup dengan menarik file DVD dan langsung bisa diolah menggunakan aplikasi ini. Fitur unggulan lainnya adalah dapat melakukan burning hasil editan langsung ke dalam bentuk VCD. Namun, Sony Vegas Pro hanya memiliki efek standar sebagai salah satu kekurangannya.

Download

4. Windows Movie Maker

aplikasi edit video movie maker

Windows Movie Maker merupakan salah satu aplikasi video editing legendaris buatan Microsoft. Kelebihannya yang dimilikinya adalah output video yang tidak terlalu besar, dapat dimasukkan ke dalam media sosial atau internet, memiliki tampilan yang simpel dan mudah dipelajari, serta bisa langsung dijadikan ke dalam bentuk DVD atau VCD melalui Nero.

Umumnya Windows Movie Maker ini sudah terdapat pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows di dalamnya. Adapun kekurangan dari software ini adalah proses penyimpanan video yang terbilang sangat lama. Anda juga harus mengubah video dalam bentuk WMV terlebih dahulu sebelum diedit, dan pola permainan animasinya masih sedikit.

Download

5. Video Edit Magic

Video Edit Magic

Aplikasi berikutnya adalah Video Edit Magic, yang compatible dengan semua sistem operasi Windows. Aplikasi ini memiliki kebutuhan resource hardware yang lebih rendah sehingga lebih mudah diinstal di berbagai jenis komputer. Bahkan, software Video Edit Magic ini juga bisa dimasukkan ke dalam flashdisk.

Adapun kekurangan dari software ini adalah layoutnya yang bisa dibilang kurang bersahabat sehingga bisa membuat pengguna baru kebingungan menggunakannya. Fitur dan plugginnya juga tidak terlalu lengkap, sehingga software ini memiliki proses transision effect yang sangat sederhana.

Download

6. Cyberlink Power Director

aplikasi untuk mengedit video cyberlink

Aplikasi selanjutnya adalah Cyberlink Power Director. Software ini cukup banyak digunakan karena memiliki kelebihan tool yang bagus untuk mengubah efek. Performa yang disuguhkannya juga cukup baik dengan utilisasi multicore CPU.

Selain itu, Cyberlink Power Director juga menyediakan template DVD, berbagai efek artistik, kompatibel dengan OS Windows XP ke atas, serta memiliki fitur penggunaan serta pencarian gambar dari Flickr. Anda juga dapat langsung membagikan hasil editingnya secara online ke internet.

Download

Aplikasi Editing Video untuk Android

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, aplikasi edit video tak hanya tersedia untuk PC atau komputer, tetapi juga tersedia untuk perangkat Android. Nah, bagi Anda yang suka narsis bervideo, berikut ini daftar aplikasi editing video yang bisa Anda download untuk smartphone Android Anda:

1. Viddy

Aplikasi editing video di Android yang pertama adalah Viddy. Viddy sebenarnya merupakan sebuah aplikasi video sharing. Namun, Anda juga bisa mengedit video yang akan dibagikan pada teman Anda dengan mudah melalui aplikasi ini. Cukup mirip dengan Instagram namun ini khusus untuk video.

Download

2. Magisto

Magisto merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercantik video yang Anda buat. Aplikasi ini terbilang sederhana, tapi Anda bisa melakukan filtering, trim, dan transisi dengan menggunakan aplikasi ini. Anda juga bisa menyisipkan musik latar maupun efek suara pada video yang Anda miliki.

Download

3. Qik Video

Satu lagi aplikasi editing video yang tak kalah menariknya yang bisa Anda nikmati melalui Android adalah Qik Video. Aplikasi ini sebenarnya lebih mengutamakan video call, karena termasuk ke dalam aplikasi besutan Skype. Anda bisa merekam dan mengedit video call pada aplikasi ini dengan 13 efek warna yang bisa digunakan.

Download

4. VidTrim

Aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk mengedit video di Android adalah VidTrim. Aplikasi ini memiliki banyak fitur video editing dan menyediakan converter serta berbagai macam efek yang bisa dipilih sesuka hati.

Download

Itulah berbagai macam aplikasi untuk mengedit video yang bisa Anda gunakan di PC dan juga perangkat Android. Jika Anda juga ingin mengedit berbagai macam foto yang Anda miliki dengan mudah, silahkan simak tutorialnya di sini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *