carisinyal web banner retina

5 Aplikasi untuk Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Menghitung 1000 hari orang meninggal sudah menjadi tradisi yang penting dalam beberapa budaya. Untungnya, ada aplikasi yang dapat membantu kita mengingat dan menghormati momen-momen ini dengan mudah. Berikut saya rekomendasikan daftar aplikasinya.

1. The Day Before

the-day-before-1

Jika Anda mencari aplikasi penghitung hari, The Day Before jadi salah satu yang terbaik. Aplikasi ini memberi saya beberapa opsi untuk 'menghitung hari' tanpa repot, tanpa ribet. Tinggal masukkan saja informasi berupa tanggal, bulan dan tahun. Aplikasi akan menghitung secara otomatis.

Saya coba gunakan fitur "Days Passed" untuk menghitung 1000 hari anggota keluarga yang sudah tiada. Hasilnya, aplikasi mampu membantu menghitung hari, bahkan hingga beberapa tahun ke depan. Selain "Days Passed", ada pula format tahunan, bulanan, mingguan, dan "Tanggal/Bulan/Tahun" (DD/MM/YY) yang bisa saya gunakan.

Bukan cuma untuk menghitung 1000 harian saja, aplikasinya dapat dipakai untuk menghitung hari jadi pernikahan, atau kelahiran anak. The Day Before menyajikan tema tertentu, lengkap dengan gambar latar dan format untuk tulisannya. 

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Namun, ada iklan yang tampil di dalamnya. Hanya saja, selama saya memakainya, iklannya tidak begitu mengganggu.

Link Download The Days Before

The Day Before di Google Play Store

The Day Before di Apple App Store

Hal yang saya suka dari The Day Before:

  • Aplikasinya praktis dan gratis
  • Ada banyak pilihan untuk format tanggal
  • Menyediakan gambar latar sesuai tema
  • Antarmuka simpel
  • Bisa kustomisasi gambar latar dan judul event

Hal yang perlu diperhatikan dari The Day Before:

  • Aplikasi menampilkan iklan
  • Jumlah gambar latar default hanya sedikit

2. DaysCounter - CloudDroid

dayscounter

Aplikasi satu ini hadir dengan fitur kustomisasi yang lebih spesifik dibanding The Day Before.  Ya, aplikasinya tidak menyajikan template yang sudah jadi. Saya harus membuatnya dari nol. Formatnya bisa harian, bulanan, atau tahunan.

Saya suka aplikasi ini karena fitur kustomisasinya lebih fleksibel. Saya bisa tambahkan judul event, mengubah font dan warnanya, memilih gambar latar, membuat pengingat, dan menambahkan deskripsi event-nya. Bahkan, pilihan untuk font-nya saja lebih banyak.

DaysCounter juga menghadirkan fitur "Picture Dim" dengan slider untuk efek pudar pada gambar latar. Karena pakai slider, saya bisa ubah ketebalan background sesuai kebutuhan.

DaysCounter dari CloudDroid ini juga termasuk dalam jajaran aplikasi penghitung hari yang tidak ribet. Hanya ada dua pilihan untuk jenis event-nya: past (event yang sudah lewat) dan future event (event yang akan datang).

Link Download DaysCounter

DaysCounter CloudDroid di Google Play Store.

Hal yang saya sukai dari DaysCounter:

  • Fitur kustomisasi lebih fleksibel
  • Banyak pilihan gambar latar dan font
  • Bisa buat reminder
  • Ada efek untuk memudarkan background, buat tulisan lebih jelas
  • Gratis dan bebas iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari DaysCounter:

  • Tak ada template event yang sudah jadi

3. Days Matter

daysmatter

Menghitung 1000 harian pun lebih mudah dengan aplikasi Days Matter. Sesuai namanya, hari penting dapat dihitung menggunakan kalkulator hari. Atau, Anda bisa gunakan fitur event reminder seperti pada gambar. Saya coba buat pengingat dengan tanggal, bulan dan tahun yang spesifik. 

Days Matter memberi saya pilihan untuk memasukkan hari-hari penting ke dalam buku tahunan. Termasuk 1000 harian yang saya masukkan dalam buku "Memorial Day". Bisa dibilang, fitur buku tahunan ini jadi nilai plus dari Days Matter, karena kita bisa simpan dan cek hari-hari penting di buku tersebut.

Adanya fitur sharing juga membantu saya untuk membagikan momen penting dengan orang terkasih. Aplikasinya memungkinkan saya untuk membagikan event tertentu dalam bentuk foto. Tentu, Days Matter memberi opsi untuk berbagi ke aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

Oh iya, saya juga temukan fitur yang lebih advanced. Salah satunya adalah fitur untuk meng-highlight hari penting di dalam aplikasi ini. Fiturnya masuk dalam layanan Pro dari Days Matter yang tentu saja berbayar. 

Days Matter juga membantu untuk menambah wawasan. Caranya dengan memberikan informasi seputar peristiwa penting yang terjadi di dunia pada hari tertentu.

Link Download Days Matter

Days Matter di Google Play Store

Hal yang saya suka dari Days Matter:

  • Ada kalkulator hari
  • Fitur Days Matter Book membantu menyimpan informasi dan hari penting
  • Opsi berbagi hari penting lewat foto
  • Bisa ganti background untuk event pakai foto dari galeri HP
  • Ada informasi peristiwa penting di hari tertentu
  • Tak ada iklan dan gratis

Hal yang perlu diperhatikan dari Days Matter:

  • Ganti font dan event color masuk dalam fitur berbayar

4. Countdown Widget

days-countdown

Countdown Widget bukanlah aplikasi baru. Namun, hingga kini, penggunanya terus bertambah. Saya mengerti alasannya. Aplikasi ini punya tampilan dan fitur yang lebih minimalis dibanding Days Matter dan dua aplikasi lainnya. Countdown Widget membantu saya membuat widget berisi hitungan hari. Tentu saja untuk hari-hari penting.

Walau simpel, aplikasi ini masih menyediakan pilihan tema berbeda untuk widget-nya. Ada pula pilihan untuk menghitung event tertentu dengan waktu, baik itu dalam bentuk jam, harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Di aplikasinya, saya juga dapat memilih hari tertentu dalam seminggu untuk dimasukkan dalam countdown atau tidak.

sElain tema, aplikasi Countdown Widget ini menyediakan fitur untuk mengganti font dan juga memberi efek drop shadow atau bayangan pada widget. Sekadar info, fitur ini masuk dalam layanan premium dari aplikasinya.

Kalau Anda cari aplikasi penghitung hari yang simpel; tak banyak fitur yang terlalu sophisticated, Countdown Widget cocok untuk Anda. Karena ini adalah aplikasi widget, tentu Anda bisa tambahkan ikonnya ke home screen di HP.

Link Download Countdown Widget

Countdown Widget di Google Play Store

Hal yang saya sukai dari Countdown Widget:

  • Aplikasinya punya tampilan simpel
  • Fitur tak begitu ribet, cocok untuk pengguna yang awam
  • Bisa tarik widget ke home screen
  • Ada opsi untuk mengubah tema widget berdasarkan warna

Hal yang perlu diperhatikan dari Countdown Widget:

  • Beberapa fitur masuk dalam layanan premium
  • Banyak menampilkan iklan yang cukup mengganggu

5. Date Calculator - ng labs

date calculator

Date Calculator bermanfaat untuk menghitung 1000 harian juga. Aplikasi ini hadir dengan tampilan yang amat sangat simpel. Namun, Date Calculator ini multifungsi. Selain bisa menghitung hari dengan detil, di aplikasi ini juga ada hitungan berdasarkan waktu.

Cara pakai aplikasinya juga sangat mudah. Pilih saja fitur "Date to Date Calculator". Kemudian masukkan tanggal, tahun dan bulan wafatnya, serta hari di mana Anda menggunakan aplikasinya. Nantinya, Date Calculator akan langsung memunculkan informasi dalam bentuk hitungan hari, tahun, bulan, minggu, serta jam.

Yang menarik, saya temukan juga fitur penghitung usia, hari kerja dan tahun kabisat di aplikasi ini. Karena 'hanya' berupa kalkulator hari, sayangnya di sini kita tidak bisa ganti font apalagi memberi background.

Link Download Date Calculator

Date Calculator di Google Play Store

Hal yang saya sukai dari Calculator Date:

  • Fiturnya simpel dan tidak ribet, cocok untuk siapa saja
  • Ada kalkulator umur dan tahun kabisat
  • Bisa ganti tema berdasarkan warna

Hal yang perlu diperhatikan dari Calculator Date:

  • Tak ada fitur pengganti font, hanya tema saja
  • Tidak bisa dijadikan widget untuk ditambah ke home screen

Demikian daftar rekomendasi aplikasinya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat dengan mudah menghitung dan mengingat momen-momen penting dalam peringatan 1000 hari setelah seseorang meninggal. Semoga membantu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram