Carisinyal / Aplikasi Edukasi / 10 Aplikasi Android Terbaik untuk Para Siswa dan Pelajar

10 Aplikasi Android Terbaik untuk Para Siswa dan Pelajar

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2018

Belajar secara online lewat aplikasi Android memang salah satu penunjang para siswa dalam belajar segala materi yang ada. Selain aplikasi untuk belajar ternyata masih ada beberapa aplikasi untuk penunjang lainnya loh. Maka dari itulah Carisinyal merangkumnya dalam 10 aplikasi untuk para pelajar yang sangat berguna.

Aplikasi-aplikasi ini cukup membantu untuk para pelajar seperti siswa SMP, SMA, bahkan Mahasiswa agar belajar lebih mudah. Penasaran apa saja aplikasi yang memudahkan para pelajar dalam menunjang kualitas belajarnya? Simak berikut ulasannya.

10 Aplikasi Terbaik untuk Para Pelajar

1. Smart Ruler

aplikasi untuk para pelajar Smart Ruler

Penggaris menjadi salah satu dalam daftar aplikasi untuk para pelajar yang sangat berguna khususnya untuk para pelajar yang sering kelupaan membawa penggaris ataupun para mahasiswa teknik yang memang membutuhkan penggaris. Aplikasi Smart Ruler ini merupakan aplikasi praktis dan gratis yang menyediakan penggaris dalam smartphone. Kok bisa?

Tentu saja bisa, aplikasi ini akan menampilan penggaris dalam layar smartphone Anda. Terlihat seperti penggaris pada umumnya, smart ruler akan menampilkan setiap garis pada setiap cm, mm, bahkan bisa mencapai meter. Mudah bukan? Jika Anda membutuhkan aplikasi satu ini, Anda bisa langsung ke PlayStore atau klik di sini untuk mendownload aplikasinya secara gratis.

2. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Zaman yang serba online saat ini mungkin kertas dan buku sudah tidak menarik dan kebanyakan beralih dengan menggunakan ebook. Untuk membaca ebook biasanya berupa format PDF. Maka dari itulah aplikasi untuk belajar yang sangat berguna lainnya datang dari Adobe Acrobat Reader dimana aplikasi ini dapat membaca ebook dalam format PDF.

Tidak hanya dapat membaca ebook, bahkan penggunanya dapat membuat catatan pada ebooknya dengan menggunakan aplikasi ini. Anda juga dapat dengan mudah membagikan ebook secara langsung ke teman-teman yang membutuhkan ebook.

Namun, jika Anda merasa repot harus membaca ebook dengan layar smartphone, penggunanya juga dapat dengan mudah langsung melakukan cetak / print ebook yang ada dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader ini. Mudah bukan? Untuk mendownloadnya Anda bisa klik di sini.

3. ColorNote Notepad Notes

ColorNote Notepad Notes

Untuk para siswa baik SMP, SMA, dan juga Mahasiswa yang sering lupa akan tugas atau hal lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi ColorNote Notepad Notes sebagai catatan pengingat. Salah satu aplikasi untuk para pelajar ini memudahkan para siswa untuk mencatat apapun dan menaruhnya di lockscreen smartphone-nya.

Para penggunanya juga bisa dapat meletakan catatan pada kalender agar tidak kelupaan ketika ada tugas ataupun janji dengan guru / dosen. Jika Anda memiliki banyak catatan dengan aplikasi ini, Anda tak perlu bingung mencari satu persatu note yang telah Anda buat.

Pasalnya, aplikasi ColorNote Notepad Notes menyediakan fitur pencarian untuk mencari note yang telah Anda buat. Mudah, sederhana, juga praktis dan gratis. Anda butuh aplikasi ini? Cukup klik di sini dan Anda bisa langsung mendownloadnya.

4. CamScanner -Phone PDF Creator

Camscanner

Aplikasi untuk para pelajar lainnya datang dari CamScanner -Phone PDF Creator. Aplikasi yang memang dapat menunjang produktivitas pelajar ini memang cukup berguna. Untuk para siswa yang tidak memiliki alat scanner pada mesin printer dapat dengan mudah melakukan scanning file atau buku apapun dengan menjepretnya seperti sedang berfoto dengan smartphone.

Kemudian hasilnya akan muncul seperti layaknya hasil scanner. Para penggunanya juga dapat menyimpan dalam format PDF ataupun JPEG/JPG. Selain itu juga, CamScanner akan memudahkan penggunanya dalam melakukan print secara langsung tanpa harus repot mendownload atau menginstall aplikasi lainnya. Mudah bukan? Anda hanya cukup klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

5. Periodic Table 2018

Periodic Table 2018

Aplikasi ini mungkin sangat dibutuhkan untuk para pelajar SMP, SMA jurusan IPA, dan Mahasiswa yang mengambil jurusan Kimia juga setara. Tidak perlu repot membawa kertas table periodik ke dalam kelas. Bahkan para siswa tidak perlu repot harus membeli table periodik lagi jika selalu kehilangan dan lupa membawa tabel periodik.

Hanya dengan smartphone Android, para siswa akan dimudahkan dalam melihat tabel periodik. Tak hanya sebuah tabel saja, bahkan informasi di setiap tabel pun dijelaskan oleh aplikasi Periodic Table 2018 ini lho.

Desain yang sederhana dengan perpaduan warna yang jelas dan tegas membuat para siswa dengan mudah membaca tabel tersebut. Font yang disediakan pun tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Anda merasa butuh dengan salah satu aplikasi untuk para pelajar ini? Klik di sini untuk mendownloadnya.

6. Microsoft

Microsoft Office

Microsoft selaku pembuat dan pengembang office menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi kebanyakan orang, termasuk juga para pelajar. Dengan kumpulan aplikasi dari Microsoft ini, tentunya akan memudahkan pelajar dalam menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Pada aplikasi besutan Microsoft Corporation ini tersedia berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi Word, Excel, Power Point, Outlook, Note, One Drive, sampai dengan Microsoft Translation. Jadi, kalau Anda membutuhkan semua aplikasi tersebut, bisa langsung download di sini.

7. Calculator

Calculator

Google inc meluncurkan sebuah aplikasi yang juga cocok untuk menunjang produktivitas siswa SMP, SMA dan Mahasiswa. Calculator terkadang dibutuhkan untuk para pelajar terutama untuk pelajar dengan jurusan yang membahas masalah hitung menghitung. Bukan hanya sekedar kalkulator biasa yang hanya tambah, kurang, bagi, dan kali lho.

Aplikasi untuk para pelajar, Calculator besutan Google ini dilengkapi dengan hitungan untuk trigonometri dan hitungan scientific lainnya. Cocok untuk mahasiswa teknik bukan? Jadi para siswa tak perlu membeli kalkulator scientific dengan harga ratusan ribu, hanya dengan aplikasi Calculator juga bisa menghitung secara scientific kok. Tertarik? Klik di sini untuk mendownloadnya.

8. Dictionary – Merriam-Webster

Meriam Webster

Bisa jadi aplikasi untuk para pelajar satu ini dibutuhkan untuk mahasiswa dengan jurusan yang ada kaitannya dengan bahasa inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan siswa lainnya seperti anak SMP, SMA, dan Mahasiswa lainnya membutuhkan aplikasi Dictionary – Merriam-Webster.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan sebuah kamus bahasa inggris yang cukup baik untuk menunjang produktivitas para pelajar. Dibandingkan membeli kamus berupa buku yang tebal dan mahal, kamus online gratis ini lebih praktis dan akan slelau terus diupdate jika ada kata baru. Anda berminat untuk menggunakannya? Klik di sini untuk mendownloadnya.

9. Google Translate

Google Translate

Jika Merriam Webster memusingkan untuk siswa karena kamus yang berupa bahasa inggris, Anda bisa mendownload aplikasi Google Translate di smartphone. Aplikasi untuk para pelajar ini cukup baik sekedar untuk menerjemahkan perkata dan juga cukup membantu para siswa.

Aplikasi yang dibesut oleh Google ini bahkan memiliki berbagai macam terjemahan dari berbagai bahasa dan Negara. Cukup lengkap dan praktis. Penggunanya hanya membutuhkan kuota internet yang tidak terlalu besar pula. Butuh aplikasi ini? Cukup klik di sini dan Anda bisa langsung mendownloadnya.

10. RAR

RAR

Mengapa aplikasi RAR dimasukan ke dalam salah satu daftar aplikasi untuk menunjang produktivitas anak sekolah? Sebab, dengan aplikasi RAR, anak sekolah bisa dengan mudah mengompres dokumen pelajaran, baik dari format RAR ke bentuk dokumen ataupun sebaliknya.

Pasalnya, banyaknya dokumen pelajaran, terkadang membuat file menjadi berantakan. Belum lagi jika para pelajar saling tukar catatan dalam bentuk dokumen, tidak mungkin mereka mengirimkan dokumen satu persatu.

Maka dari itu, solusinya adalah, mereka harus membuat dokumen yang banyak tersebut untuk dijadikan dalam satu format saja, yakni RAR. Jadi, Kami menyarankan anak sekolah juga perlu download aplikasi RAR ini.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Tidak hanya 10 aplikasi di atas yang bisa membantu para pelajar dalam menunjang segala produktivitasnya. Pasalnya, beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan ini juga sangat berguna untuk pelajar. Apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

11. U-Dictionary

U-Dictionary

Memang aplikasi kamus sebelumnya sudah ditawarkan, namun di aplikasi U-Dictionary ada fitur yang sedikit berbeda. Dengan aplikasi U-Dictionary, pelajar bukan hanya sekedar bisa melakukan terjemahan secara mudah.

U-Dictionary ini diklaim mampu untuk menerjemahkan secara langsung meskipun hanya berupa foto. Ya, pengguna U-Dictionary bisa langsung memotret jika ada kata atau kalimat yang tidak dimengerti untuk kemudian diterjemahkan oleh U-Dictionary. Sangat canggih, kan?

12. New Timetable (Widget)

New Timetable (Widget)

Pelajar biasanya memiliki jadwal pelajaran yang cukup padat, belum sekolah dan juga kursus. Ditambah lagi jika ada PR dan bahkan mereka juga harus menyisihkan waktu bermain untuk sekedar refreshing. 

Nah, untuk membagi waktu yang padat, para siswa bisa, nih, coba mengatur jadwal keseharian mereka dengan memanfaatkan aplikasi New Timetable (Widget). Dengan aplikasi ini, para siswa bisa menandakan jadwal setiap harinya. Jadi, New Timetable (Widget) sangat berguna untuk mengatur waktu para siswa.

13. myHomework Student Planner

myHomework Student Planner

Saking padatnya kegiatan para siswa, terkadang mereka juga suka lupa dengan PR atau tugas-tugas sekolah yang menumpuk. Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti itu, maka Kami sarankan agar para siswa mendownload aplikasi myHomework Student Planner.

Dalam aplikasinya, myHomework Student Planner ini siap mengingatkan segala jenis kegiatan yang harus dilakukan, termasuk sebagai reminder untuk mengerjakan PR. Jadi, para siswa nggak perlu khawatir lupa ngerjain PR, kan?

Itulah kumpulan aplikasi untuk para pelajar yang sangat berguna sebagai penunjang produktivitasnya. Mana aplikasi yang Anda butuhkan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar