15 Aplikasi untuk Bisnis Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini

Dunia bisnis mengharuskan Anda untuk bergerak serba cepat. Anda juga harus mengandalkan berbagai teknologi digital modern untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik. Sebagai pebisnis, tahukah Anda jika Anda beberapa aplikasi wajib untuk Android yang harus dimiliki oleh pebisnis? Nantinya aplikasi ini tersebut akan sangat membantu Anda dalam menjalankan berbagai pekerjaan.

Ingin tahu beberapa aplikasi untuk pebisnis yang terbaik dan bisa diinstall di perangkat Android? Carisinyal sudah merangkum beberapa aplikasi bisnis yang terbaik untuk Anda. Simak saja daftar selengkapnya di bawah ini.

1. SHAREit

SHAREit

Bagi para pebisnis, bertukar dokumen itu sudah hal biasa. Nah, agar proses mengirim dan menerima dokumen lebih cepat 200 kali lipat daripada bluetooth yang hanya 20M/s, maka Anda bisa manfaatkan aplikasi SHAREit. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengirim berbagai macam dokumen, mulai dari foto, video, hingga office. Soal format pun sangat lengkap, jadi Anda bisa dengan nyaman mengirim video dan foto dalam format apapun. Sangat lengkap, kan?

2. WhatsApp Business

whatsapp business Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama WhatsApp, bukan? Nah, aplikasi WhatsApp biasa yang umum semua orang gunakan merupakan aplikasi chat biasa. Namun, jika Anda memiiliki toko online ataupun perusahaan, sebaiknya gunakan WhatsApp Business yang berisikan segudang fitur khusus untuk memajukan usaha Anda.

Di aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa membuat profil bisnis supaya Anda bisa melakukan komunikasi yang lancar dengan para konsumen. Siapapun yang terbiasa menggunakan WhatsApp biasa akan mudah mengoperasikan aplikasi ini, karena keduanya masih memiliki antarmuka pengguna yang serupa.

Selain itu, Anda pun bisa memiliki akun bisnis dan personal secara terpisah pada satu HP yang sama, asalkan nomor HP yang didaftarkan berbeda. Jenis HP manapun bisa menggunakan aplikasi ini, namun jika Anda ingin memiliki dua akun pada satu HP sebaiknya gunakan jenis HP yang sudah mendukung Dual SIM.

Fitur lain yang juga dihadirkan adalah WhatsApp Web, Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan browser pada PC tanpa harus menginstal aplikasi apapun.

3. Google Meet

google meet

Jika Anda seorang pelaku usaha yang memiliki banyak karyawan, tentu membutuhkan aplikasi video meeting supaya produktivitas tetap berjalan walau terkendala jarak. Nah, inilah yang kemudahan yang ditawarkan oleh Google Meet – sebuah aplikasi video call besutan Google yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Anda hanya perlu memiliki akun Google dan aplikasi Google Meet sudah siap digunakan. Mengundang banyak orang juga hanya semudah membagikan link, dan siapapun yang mengklik link tersebut dapat langsung join selama mereka terhubung dengan akun Google atau GMail.

Dibandingkan dengan sejumlah aplikasi video call lainnya, Google Meet termasuk salah satu yang teraman berkat enkripsi koneksi yang dimilikinya. Bagi pengguna PC yang belum menginstal aplikasi juga tetap mampu menjadi host ataupun ikut serta dalam video meeting karena Google Meet juga mendukung akses browser. Tertarik?

4. ZOOM

zoom

Zoom juga merupakan salah satu aplikasi yang dapat menguntungkan pelaku usaha. Sebagai aplikasi gratis yang mendukung pertemuan video call, Zoom cukup populer berkat kecepatan koneksinya yang stabil serta mampu menampung banyak partisipan dalam sekali waktu.

Aplikasi Zoom juga memungkinkan Anda untuk melakukan screen sharing pada aplikasi HP serta beragam file yang disimpan di web ataupun Google Drive.

Untuk Anda yang ingin memutar kembali sesi video call, Zoom juga memiliki fitur perekaman supaya Anda bisa menyimpan sesi percakapan menggunakan format MP4 dalam bentuk video ataupun M4A dalam bentuk audio saja.

5. LinkedIn

LinkedIn

Yang namanya pebisnis pasti butuh koneksi. Nah, jika Anda membutuhkan koneksi baru, maka Anda wajib mendownload dan menggunakan aplikasi LinkedIn. Sebab, dengan aplikasi LinkedIn, Anda bisa terkoneksi dengan semua client Anda.

Bukan hanya memberikan koneksi saja, di LinkedIn, Anda juga bisa melihat perkembangan dari koneksi Anda mengenai posisi / jabatannya saat ini, bahkan Anda juga bisa membaca artikel-artikel berkualitas di LinkedIn. Siapa tahu Anda bisa menemukan banyak inspirasi dari artikel yang ada di LinkedIn, bukan?

6. Google My Business

Google My Business

Ingin bisnis atau usaha Anda terlihat di hasil pencarian Google atau Google Maps? Kelola informasi seputar bisnis Anda di Google My Business. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menampilkan informasi mengenai usaha yang Anda kelola jadi bisa dilihat oleh banyak orang. Di aplikasi ini, Anda bisa memperbarui informasi mengenai bisnis Anda, mulai dari jam operasi, nama, alamat, dan kategori usaha tersebut.

Tak hanya itu saja, Google My Business juga bisa mengelola dan merespon ulasan dari pelanggan. Nah, tertarik untuk memperluas bisnis Anda dengan Google My Business? Install dan gunakan aplikasi ini secara gratis.

7. Asana

Asana

Di urutan teratas ada sebuah aplikasi untuk pebisnis yang bisa melakukan tugas layaknya seorang manajer, yaitu Asana. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada semua staff yang berada di dalam naungan Anda.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram