Carisinyal / Microsoft Office / 13 Aplikasi untuk Presentasi Terbaik Selain Powerpoint

13 Aplikasi untuk Presentasi Terbaik Selain Powerpoint

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Powerpoint adalah salah satu software yang selalu diandalkan untuk membuat presentasi yang berkualitas. Software besutan Microsoft tersebut memang populer di seantero dunia. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak aplikasi sejenis lainnya yang juga bisa diandalkan ketika Anda hendak membuat presentasi?

Carisinyal akan memberikan informasi mengenai aplikasi untuk presentasi yang menarik. Bahkan, aplikasi yang akan kami review di sini sangat layak untuk menggantikan keberadaan Microsoft Powerpoint. Penasaran aplikasi apa saja yang bisa dipakai untuk presentasi? Mari simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Visme

Visme

Visme menawarkan semua alat yang Anda butuhkan untuk presentasi. Tak hanya sekedar aplikasi untuk presentasi biasa, Visme juga memberikan infografis, visualisasi data, laporan, demo produk, dan resume. Anda pun bisa menggunakan template yang memang disediakan oleh aplikasi ini.

Tak hanya itu saja, tampilan background HD dan layout yang disajikan oleh Visme tampak sangat profesional. Aplikasi ini dikemas dalam jutaan gambar gratis, ribuan ikon vektor, alat grafik, dan ratusan jenis font. Anda bisa membuat konten visual dengan Visme dengan menambahkan animasi, interaktivitas penuh, dan audio. Tunggu apalagi, segera download Visme sekarang juga.

2. Haiku Deck

Haiku Deck aplikasi untuk presentasi

Aplikasi presentasi berbasis Cloud ini sering dianggap sebagai alternatif mobile untuk Prezi dan Powerpoint. Haiku Deck menawarkan 27 jenis template yang berbeda dan 35 juta stok foto. Anda bisa melihat dan mengedit setiap slide Haiku Deck dengan iPhone maupun iPad. Ekspor presentasi yang Anda buat dengan Haiku Deck ke PDF, Powerpoint, dan Keynote juga lebih mudah dengan aplikasi ini.

Walaupun pilihan kustomisasi di aplikasi ini terbatas, tapi Carisinyal mengklaim bahwa visual yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup kuat. Anda bisa mencoba free trial dari Haiku Deck sebelum berlangganan dengan membayar USD $5 per bulan.

3. Emaze

Emaze

Sebuah alat presentasi sederhana yang menggunakan HTML5 ini bisa berjalan pada setiap browser maupun perangkat yang berbeda, termasuk Chromebook atau merk tablet lainnya. Emaze dirancang khusus untuk para pengguna yang ingin membuat presentasi mudah hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Emaze menawarkan tampilan profesional dalam bentuk template 2D dan 3D. Ingin membuat presentasi dalam bentuk video? Tentu saja Emaze sanggup melakukannya. Anda pun bisa mengakses hasil presentasi Anda secara online karena ini adalah aplikasi berbasis Cloud. Buat presentasi dengan visualisasi yang canggih dengan Emaze.

4. Prezi

Prezi

Ingin software berbasis Cloud untuk presentasi nonlinear? Mungkin aplikasi untuk presentasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Adalah Prezi sebuah aplikasi yang bisa melihat dan mengedit hasil presentasi dari perangkat apapun. Semua hasil presentasi yang Anda buat akan tersimpan di Cloud, tapi Prezi juga bisa digunakan secara offline.

Prezi menyediakan alat editing gambar yang cukup canggih. Berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain juga terasa lebih mudah dengan aplikasi menarik ini. Prezi adalah aplikasi presentasi yang ideal untuk mahasiswa, dosen, pembicara, dan staff perusahaan.

5. Keynote

Keynote

Jika Windows mengandalkan Microsoft Powerpoint, di perangkat Apple Anda bisa mengandalkan Keynote. Ini adalah aplikasi yang diharapkan oleh Apple, karena Keynote terlihat cerdas, canggih, dan intuitif. Keynote dikemas dengan fitur pendukung yang kuat, mulai dari kemampuan membuat grafik interaktif, menambahkan refleksi, dan memberikan frame pada gambar.

Ada lebih dari 30 efek sinematik untuk teks dan objek yang disediakan oleh Keynote. Selain itu, mengedit dan melihat hasil presentasi yang Anda buat menjadi lebih mudah dengan menggunakan iPhone atau iPad. Perlu Anda ketahui bahwa harga dari aplikasi Keynote ini adalah USD 19,99. Namun, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis jika Anda menggunakan Mac.

6. LibreOffice

LibreOffice

Ada lagi aplikasi bagus yang bisa Anda akses secara online untuk membuat sebuah presentasi yang keren dan unik, LibreOffice. Dalam aplikasinya ini, LibreOffice menyuguhkan fitur dan tools yang unik dan menarik sehingga membuat presentasi Anda tidak membosankan.

Tak hanya itu saja, bahkan LibreOffice rajin untuk melakukan upgrade dalam fitur-fitur yang lebih menarik. Untuk fitur terbaru yang baru dipasang adalah kehadiran ePUB Export File. Yang lebih bagsunya lagi, LibreOffice juga bisa bekerja lebih smart dengan join-nya Spreadsheets lho. Mau coba? Bisa kunjungi websitenya di sini.

7. Slides

Slides

Berikutnya, ada perangkat lunak berbasis Cloud yang menawarkan alternatif solid dan user-friendly untuk Powerpoint. Slides akan melengkapi presentasi yang Anda buat dengan Powerpoint sehingga tampak lebih menarik. Slides adalah sebuah editor yang memungkinkan Anda untuk menambahkan background, menggunakan berbagai desain dan tema, serta memudahkan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Akses hasil presentasi Anda di Slides dengan segala jenis perangkat yang tersedia. Aplikasi yang cocok untuk pemula ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk diakses secara offline. Slides mengenakan biaya USD $6 per bulan untuk setiap penggunanya.

8. Slidedog

Slidedog

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat harus beralih ke setiap slide, website, pemutar video, dan PDF saat Anda sedang melakukan presentasi di depan banyak orang? Nah, dengan aplikasi untuk presentasi yang satu ini orang-orang yang sedang menyimak presentasi Anda tidak harus melihat ke layar dekstop Anda saat Anda harus beralih ke jenis file yang berbeda.

Slidedog adalah aplikasi presentasi multimedia yang memungkinkan Anda untuk melakukan presentasi secara lebih baik dengan menggabungkan slide Powerpoint, presentasi Prezi, klip video, file PDF, dan halaman web. Tertarik untuk mencoba Slidedog? Download aplikasi cerdas ini sekarang juga.

9. Slidebean

Slidebean

Tak punya waktu untuk merancang presentasi sendiri? Nah, Anda bisa mengandalkan Slidebean, salah satu alternatif pengganti Powerpoint yang lebih cerdas dan intuitif. Yang harus Anda lakukan kala menggunakan Slidebean adalah menginput konten yang akan digunakan untuk presentasi, maka aplikasi ini akan mengerjakan presentasi Anda sesuai desain dan format yang Anda inginkan.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Nah, Untuk mencoba Slidebean, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar USD $10 untuk setiap bulannya.

10. Zoho Show

Zoho Show

Ini adalah aplikasi presentasi tradisional yang berbasis online. Adalah Zoho Show yang merupakan software online yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengakses presentasi dari browser atau perangkat apapun yang terkoneksi dengan internet.

Dengan Zoho Show, Anda bisa meletakkan animasi dan transisi yang eye-catching untuk bahan presentasi Anda. Dengan aplikasi ini, Anda pun mampu mengimpor file dengan format .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .odp, dan .sxi. Alat ini juga mendukung Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain, bahkan orang lain juga bisa meninggalkan komentar di hasil presentasi yang Anda buat dengan Zoho Show.

11. Focusky

focusky

Ingin membuat presentasi yang kreatif dan tidak membosankan? Kalau begitu Anda bisa coba membuatnya di Focusky. Ini merupakan sebuah aplikasi offline di mana penggunanya bisa membuat aplikasi yang elegan dan tetap menarik.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat presentasi lebih bagus, misalnya dengan memanfaatkan mind-mapping dan juga beragam macam efek 3D yang modern. Tak hanya itu saja, bahkan ada juga efek transisi dan animasi yang membuat presentasi Anda semakin menarik. Yuk buat presentasi terbaik di Focusky!

12. Academic Presenter

Academic Presenter

Kemudahan dalam membuat presentasi yang menarik juga ditawarkan oleh aplikasi Academic Presenter. Aplikasi yang satu ini juga bisa dioperasikan secara offline. Keunggulan fitur yang ada pada aplikasi ini adalah, Anda bisa membuat grafik yang menarik dalam sebuah presentasi. Bahkan, Anda bisa membagikan hasilnya secara online baik berupa blog, email, dan lainnya.

13. Projeqt

Projeqt

Mau membuat presentasi yang dilengkapi dengan cerita real-time? Projeqt adalah salah satu software yang bisa diandalkan untuk hal tersebut. Anda dapat mengambil materi yang berasal dari RSS Feed, tweets, dan gambar yang ada di Flickr. Gunakan pula video yang terdapat di Youtube dan Vimeo sebagai materi untuk presentasi Anda.

Projeqt bisa diakses dari berbagai jenis perangkat, sehingga Anda bisa mengedit dan melihat hasil presentasi buatan sendiri dengan perangkat lainnya. Projeqt juga dapat mengimpor file Powerpoint dan PDF. Berapa biaya yang harus dibayar untuk bisa menggunakan Projeqt? Projeqt bisa dipakai secara gratis, lho. Namun sayangnya, saat ini Projeqt sudah tidak bisa diakses lagi.

Merasa stuck atau bosan ketika membuat materi presentasi dengan Powerpoint? Itu tandanya Anda harus mencoba salah satu aplikasi untuk presentasi di atas. Dengan berbagai aplikasi tersebut, Anda bisa membuat presentasi yang lebih menarik dan tidak membosankan lagi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Thanks for information,so helping me

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *