carisinyal web banner retina

10 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di HP Android

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Aplikasi-aplikasi yang ada di Android ternyata dapat dinikmati oleh banyak kalangan, termasuk saudara-saudara penyandang tunanetra. Aplikasi-aplikasi ini ada yang dibuat khusus untuk mereka dan bertujuan agar para penyandang tunanetra dapat menjalani kehidupan lebih mandiri dan lebih percaya diri.

Aplikasi-aplikasi ini menggunakan teknologi ponsel pintar untuk beroperasi. Misal ada aplikasi untuk mengidentifikasi atau mengenali nilai mata uang rupiah.

Aplikasi itu dalam kerjanya menggunakan kamera ponsel lalu info yang didapat diproses ke dalam bentuk suara. Dengan hal tersebut, tunanetra dapat dengan mudah mengetahui nominal mata uang yang mereka pegang.

Ada juga aplikasi yang juga menggunakan GPS operator. Aplikasi tersebut dapat menjadi asisten pemandu bagi tunanetra yang sedang berada di jalan karena aplikasi tersebut dapat membaca arah dan tempat di sekelilingnya. Hal itu juga pastinya sangat bermanfaat bagi mereka, bukan?

Nah, terkait hal ini Carisinyal akan memberitahu pembaca sekalian mengenai aplikasi-aplikasi Android yang bermanfaat bagi penyandang tunanetra. Aplikasi apa sajakah itu? Langsung cek detailnya berikut ini.

1. Be My Eyes

be my eyes_

Aplikasi untuk tunanetra yang bisa dicoba di Android adalah Be My Eyes. Sekadar info, Be My Eyes telah memenangkan beberapa penghargaan, lho. Salah satunya adalah Google Play Awards untuk kategori Best Accessibility Experience.

Tidak heran, karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk saudara tunanetra.

Dalam aplikasi Be My Eyes, saudara tunanetra akan terhubung dengan banyak volunteer yang akan siap membantu mereka dalam menjalankan aktivitas harian, seperti bepergian, berkegiatan di dapur, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna dan volunteer terhubung lewat panggilan suara atau video. 
Nantinya, volunteer akan dapat menyaksikan suasana tempat teman tunanetra berada lewat gambar yang tampak di video. Setelahnya, volunteer akan membimbing saudara tunanetra dengan suara. Unduh aplikasi Be My Eyes di sini.

2. Lazarillo GPS for Blind

Lazarillo

Aplikasi ini dapat menjadi seorang asisten penunjuk jalan bagi seorang tunanetra. Dengan mengandalkan GPS, aplikasi ini memberitahu penggunanya tempat-tempat yang ada di sekitarnya.

Tentu, pemberitahuannya akan disampaikan lewat suara. Misalnya, jika di sekitaran tempat tersebut terdapat jalan yang sedang ditapaki atau ada persimpangan jalan, maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi.

Lazarillo dapat berjalan di belakang layar sehingga aplikasi tetap akan bekerja walaupun pengguna sedang menggunakan aplikasi relevan yang lain. Hanya saja penggunaan GPS yang terus menerus akan cepat menguras daya baterai ponsel. Unduh sekarang aplikasi ini di sini.

3. Supersense

supersense_

Aplikasi Supersense juga dapat diandalkan untuk membantu aktivitas saudara tunanetra. Ada fitur scanner atau pemindai yang akan memberitahu posisi benda-benda seperti kursi, tempat sampah, tempat tidur, baju dan masih banyak lagi. 

Anda dapat membantu teman tunanetra untuk memindai benda-benda tersebut via kamera yang terdapat di ponsel Android.

Tak hanya itu, Supersense juga dapat membantu membacakan dokumen-dokumen penting untuk saudara tunanetra. Anda dapat membagikannya langsung ke aplikasi Supersense. Nanti, aplikasinya akan membacakan dokumen tersebut secara otomatis. Unduh aplikasi Supersense di sini.

4. Sullivan+

Sullivan+_

Sullivan+ menawarkan beberapa fitur yang dapat memudahkan saudara tunanetra dalam mengidentifikasi benda-benda, memilih warna pakaian dan membaca dokumen menggunakan text recognition.

Aplikasi ini pun memungkinkan saudara tunanetra mengetahui siapa saja orang yang ditemui. Ya, Sullivan+ dilengkapi dengan face recognition yang bisa mendeteksi kehadiran seseorang di sekitar saudara tunanetra. 

Aplikasi Sullivan+ pun memiliki sensor cahaya yang akan membantu saudara tunanetra untuk mengetahui letak saklar guna menyalakan atau mematikan lampu ruangan. Unduh Sullivan+ secara gratis lewat link berikut.

5. Lookout

lookout_

Google juga menyediakan aplikasi khusus yang dapat digunakan oleh mereka yang memiliki gangguan penglihatan dan tunanetra.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aktivitas harian dengan mudah. Tersedia berbagai mode yang dapat digunakan untuk membantu membaca teks, dokumen, menyortir surat, dan masih banyak lagi.

Pengguna pun dapat mendeteksi uang kertas lewat kamera dengan mudah, lho. Selain itu, mode identifikasi makanan pun tersedia.

Pengguna aplikasi Lookout bisa memindai jenis makanan apa yang akan dikonsumsi dengan menggunakan mode label makanan. Anda dapat mendeteksinya lewat barcode yang ada pada kemasan makanan tersebut. Coba aplikasi Google Lookout dengan cara mengunduhnya di sini.

7. Cash Reader

cash reader_

Sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan untuk para saudara tunanetra yang ingin mengetahui jumlah uang tertentu. Cash Reader akan membantu pengguna memindai uang yang dipegang di tangan.

Anda hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian meletakkan kamera di hadapan uang yang ingin dipindai. Setelah selesai terpindai, aplikasi akan menyebutkan jumlah uang dalam bentuk suara. Ada pula tulisan-tulisan dengan huruf besar yang tampak di layar ponsel.

Jika mode silent ponsel Anda sedang aktif, aplikasi Cash Reader tetap dapat memindai uang. Akan tetapi, setelah selesai dipindai, jumlah uang akan disampaikan lewat getaran ponsel. 

Cash Reader mendukung pemindaian ragam mata uang. Mulai dari Rupiah, Rupee, Dolar AS, Peso, dan masih banyak lagi. Download Cash Reader di sini.

8. MyEyes

my eyes_

Lewat aplikasi MyEyes, pengguna dapat mengidentifikasi objek dengan mudah. Pembacaan teks melalui fitur text recognition pun tersedia.

Tak lupa, ada fitur pendeteksi wajah yang dapat membantu pengguna untuk mengenali siapa saja orang yang ada di sekitar, bahkan berdasarkan jenis kelaminnya juga.

Aplikasi MyEyes pun menyediakan fitur pendeteksi objek dalam foto dan gambar, serta warna pada benda-benda tertentu. Unduh aplikasi MyEyes secara gratis dengan cara menekan link berikut.

9. Kibo

kibo_

Kibo adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh saudara tunanetra dan penderita rabun jauh. Aplikasi ini membantu pengguna untuk mengenali benda-benda apa saja yang ada di sekitar.

Selain itu, Kibo juga dapat diandalkan untuk mendeteksi benda, membaca teks lewat suara dengan bahasa yang dapat disesuaikan, membaca buku lewat audio, dan masih banyak lagi. Coba aplikasinya dengan cara mengunduhnya lewat link ini.

10. Ayobaca.in

AyoBaca

Ayobaca.in adalah sebuah aplikasi baca buku yang bisa digunakan oleh saudara kita yang tunanetra. Di aplikasi tersebut, Anda dapat berkontribusi untuk membacakan buku-buku (menjadi semacam audiobook) yang nantinya bisa didengarkan oleh mereka yang tunanetra.

Dengan adanya aplikasi ini, lebih banyak orang kini dapat menjelajahi cerita-cerita atau ilmu pengetahuan yang ada di dalam buku.

Selain itu, dengan berkontribusi menjadi pembaca buku di Ayobaca.in, Anda secara tidak langsung sudah membantu mereka yang berkebutuhan khusus ini untuk membaca buku. Aplikasi Ayobaca.in dapat diunduh di sini.

Dengan teknologi yang semakin maju, semoga ke depannya semakin banyak lagi aplikasi yang dikhususkan bagi mereka dan bermanfaat dalam kehidupannya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram