Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Aplikasi-aplikasi yang ada di Android ternyata dapat dinikmati oleh banyak kalangan, termasuk saudara-saudara penyandang tunanetra. Aplikasi-aplikasi ini ada yang dibuat khusus untuk mereka dan bertujuan agar para penyandang tunanetra dapat menjalani kehidupan lebih mandiri dan lebih percaya diri.

Aplikasi-aplikasi ini menggunakan teknologi ponsel pintar untuk beroperasi. Misal ada aplikasi untuk mengidentifikasi atau mengenali nilai mata uang rupiah. Aplikasi itu dalam kerjanya menggunakan kamera ponsel lalu info yang didapat diproses ke dalam bentuk suara. Dengan hal tersebut, tunanetra dapat dengan mudah mengetahui nominal mata uang yang mereka pegang.

Ada juga aplikasi yang juga menggunakan GPS operator. Aplikasi tersebut dapat menjadi asisten pemandu bagi tunanetra yang sedang berada di jalan karena aplikasi tersebut dapat membaca arah dan tempat di sekelilingnya. Hal itu juga pastinya sangat bermanfaat bagi mereka, bukan?

Nah, terkait hal ini Carisinyal akan memberitahu pembaca sekalian mengenai aplikasi-aplikasi Android yang bermanfaat bagi penyandang tunanetra. Aplikasi apa sajakah itu? Langsung cek detailnya berikut ini.

10 Aplikasi untuk Tunanetra yang Populer di Android

1. Ayobaca.in

AyoBaca

Yang pertama ada Ayobaca.in. Ayobaca.in adalah sebuah aplikasi baca buku yang bisa digunakan oleh saudara kita yang tunanetra. Di aplikasi tersebut, kamu dapat berkontribusi untuk membacakan buku-buku (menjadi semacam audiobook) yang nantinya bisa didengarkan oleh mereka yang tunanetra.

Dengan adanya aplikasi ini, lebih banyak orang kini dapat menjelajahi cerita-cerita atau ilmu pengetahuan yang ada di dalam buku. Selain itu, dengan berkontribusi menjadi pembaca buku di Ayobaca.in, kamu secara tidak langsung sudah membantu mereka yang berkebutuhan khusus ini untuk membaca buku. Aplikasi Ayobaca.in dapat diunduh di sini.

2. TapTapSee

TapTapSee

Aplikasi untuk tunanetra selanjutnya adalah aplikasi TapTapSee yang dirancang untuk tunanetra agar dapat mengidentikasi objek-objek yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana aplikasi ini bisa membantu?

Pengguna hanya perlu mengetuk layar ponsel pintar mereka sebanyak dua kali untuk menangkap foto apapun dari berbagai sudut. Kemudian aplikasi akan mengidentifikasi objek yang difoto dan mengatakannya (fitur Talkback perlu diaktifkan).

Dengan adanya aplikasi ini, mereka yang tunanetra dapat mengenali lebih mudah objek yang mereka temukan. Aplikasi ini juga mempunyai fitur lain seperti notifikasi auto-focus, mengidentifikasi gambar dari Camera Roll, membagikan identifikasi melalui pesan, email, media sosial, serta fitur-fitur lainnya yang bermanfaat. Download aplikasi ini di sini.

3. MAS Jawa T-Netra

T-Netra

Aplikasi ini hampir mirip dengan TapTapSee. Hanya saja, aplikasi ini dikhususkan untuk mengidentifikasi nilai mata uang rupiah agar saudara-saudara kita yang tunanetra mudah mengenali nominal mata uang rupiah yang mereka pegang.

Aplikasi untuk tunanetra ini mudah dioperasikan. Cukup buka aplikasi lalu foto uangnya, maka akan ada feedback berupa suara yang menyebutkan nilai mata uang tersebut.

Aplikasi ini tampaknya dikembangkan oleh para mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang tergabung dalam Android Study Group Diponegoro University (tertera di bawah judul aplikasi). Terima kasih telah menyediakan aplikasi ini untuk penyandang tunanetra. Dapatkan aplikasi bermanfaat ini di sini.

4. Talking Notification Girl

Talk Girl

Penyandang tunanetra dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui banyak notifikasi yang masuk dalam ponsel pintar mereka. Notifikasi yang masuk seperti pesan, email, telepon, dan lain-lain akan dibacakan oleh aplikasi sehingga penyandang tunanetra bisa lebih mudah mengenali apa yang masuk ke ponsel mereka.

Seorang pengguna mengungkapkan di kolom ulasan bahwa aplikasi ini juga dapat membacakan pesan yang masuk secara lengkap. Hanya saja pesan yang masuk di WhatsApp sepertinya belum bisa terdeteksi oleh aplikasi. Walaupun demikian, aplikasi ini bisa sangat membantu, bukan? Download aplikasi ini di sini.

5. Lazarillo GPS for Blind

Lazarillo

Aplikasi ini dapat menjadi seorang asisten penunjuk jalan bagi seorang tunanetra. Dengan mengandalkan GPS, aplikasi ini memberitahu (dengan suara) penggunanya tempat-tempat yang ada di sekitarnya. Misalnya, jika di sekitaran tempat tersebut terdapat jalan yang sedang ditapaki atau ada persimpangan jalan, maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi.

Lazarillo dapat berjalan di belakang layar sehingga aplikasi tetap akan bekerja walaupun pengguna sedang menggunakan aplikasi relevan yang lain. Hanya saja penggunaan GPS yang terus menerus akan cepat menguras daya baterai ponsel. Unduh sekarang aplikasi ini di sini.

6. CODA (Color Detector for Blind)

CODA

Selanjutnya ada aplikasi untuk tunanetra yang dapat mengidentifikasi warna sebuah objek. Aplikasi ini dikhususkan bagi penyandang tunanetra agar mereka mampu hidup lebih mandiri dan lebih percaya diri dalam berkegiatan sehari-hari.

Selain mengenali, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang mampu menjelaskan warna suatu benda atau objek yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Cukup membantu, bukan? Dapatkan aplikasi ini di sini.

7. Talk FREE – Text to Voice – Read Aloud

Talk

Aplikasi ini dapat mengatakan apa yang diketik dalam ponsel dalam banyak bahasa. Talk FREE juga bahkan bisa membacakan berita untuk penggunanya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi penyandang tunanetra agar dapat mendapatkan informasi berita terbaru melalui ponsel pintar mereka.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini termasuk mengubah tulisan jadi suara, membaca halaman situs web, fitur Play / Pause / Stop, meng-export audio ke dalam format WAV, support banyak bahasa (beberapa memerlukan koneksi internet). Satu juta orang lebih sudah mencoba aplikasi ini karena pastinya bermanfaat. Silahkan download di sini.

8. Penerjemah Suara dan Teks Inggris – Indonesia

Penerjemah

Jika penyandang tunanetra sedang membutuhkan asisten penerjemah bahasa Inggris, maka bisa mencoba aplikasi yang satu ini. Pengguna hanya perlu mengucapkan sesuatu dalam bahasa Indonesia maka aplikasi akan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dalam bentuk suara juga.

Walaupun aplikasi sejenis sudah ada seperti Google Translate yang juga memiliki fitur yang hampir sama, namun penyandang tunanetra bisa mencoba aplikasi penerjemah yang satu ini jika suatu saat diperlukan. Aplikasi ini dapat diunggah di sini.

9. AMRv2

AMRv2

AMRv2 juga adalah aplikasi untuk tunanetra yang berguna sebagai pengenal nilai mata uang. Walaupun sudah disebutkan satu di awal, namun aplikasi ini bisa menjadi pilihan lain bagi penyandang tunanetra dalam mengetahui nominal mata uang rupiah.

Cara kerja sama, cukup arahkan kamera ke atas uang dan suara yang menyebutkan nilai mata uang akan muncul. Aplikasi ini dapat diunggah di sini.

10. Audex: Accessibility Redefined

Audex

Penyandang tunanetra yang menggunakan ponsel pintar dapat menggunakan aplikasi Audex ini. Aplikasi ini menyediakan feedback audio untuk banyak hal saat menggunakan ponsel pintar, seperti mengklik, menyentuh, menggeser layar ponsel, membuka atau menutup windows dan menu, scrolling, dan masih banyak lagi. Download aplikasi Audex ini di sini.

Itulah daftar 10 aplikasi untuk tunanetra yang dapat diunduh di ponsel Android. Aplikasi-aplikasi tersebut benar-benar bisa bermanfaat dan membantu para penyandang tunanetra. Dengan teknologi yang semakin maju, semoga ke depannya semakin banyak lagi aplikasi yang dikhususkan bagi mereka dan bermanfaat dalam kehidupannya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang mengetahui. Baca juga artikel lainnya seperti mengenai 10 Aplikasi Android yang Paling Berguna untuk Sehari-hari.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment