Carisinyal / Aplikasi Android Terbaik / 10 Aplikasi Wajib Setelah Melakukan Root di Android 2019

10 Aplikasi Wajib Setelah Melakukan Root di Android 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Untuk Anda yang gemar utak atik smartphone Android mungkin sudah sangat tidak asing lagi dengan kata root. Tak jarang orang melakukan root untuk lebih leluasa dan lebih bebas dalam mengakses sistem, command, bahkan semua file yang ada di Android. Namun, setelah melakukan root Anda perlu memiliki 10 aplikasi wajib setelah melakukan root di Android.

Aplikasi-aplikasi ini akan membantu dan menunjang smartphone Android yang telah dilakukan root. Bahkan untuk modifikasi Android setelah diroot juga Anda membutuhkan aplikasi berikut ini lho. kira-kira mana aplikasi tercanggih setelah root dan adakah aplikasi root only? Simak berikut bahasannya.

10 Aplikasi Wajib Setelah Melakukan Root di Android

1. Dumpster Photo & Video Restore

Dumpster Photo & Video Restore

Tak sengaja foto dan video Anda terhapus begitu saja? Tenang dan tak perlu khawatir. Untuk masalah seperti ini bisa Anda atasi dengan salah satu aplikasi wajib setelah melakukan root. Aplikasi tersebut bisa dikenal dengan Dumpster Photo & Video Restore.

Sesuai dengan nama aplikasinya, Dumpster Photo & Video Restore mampu mengembalikan foto dan juga video yang tak sengaja terhapus di smartphone. Aplikasi ini berfungsi layaknya recycle bin di PC. Ketika Anda tak sengaja menghapus file, maka secara otomatis file tersebut akan masuk ke dalam Dumpster.

Tinggal klik pada Dumpster dan kemudian pilihlah foto juga video yang akan Anda restore. Secara instant foto dan video tersebut akan kembali. Mudah bukan? Download aplikasi Dumpster Photo & Video Restore di sini.

2. Flashify

aplikasi wajib setelah melakukan root Flashify

Aplikasi Flashify memang hanya diperuntukan untuk Anda yang sudah melakukan root pada smartphone Android. Flashify, masuk ke dalam salah satu aplikasi wajib setelah melakukan root. Pasalnya, aplikasi ini menyodorkan fitur dimana para penggunanya mendapatkan kemudahan dalam melakukan flash boot juga recovery.

Tak hanya itu saja, Flashify juga menyiapkan fitur Loki Patch jika Anda membutuhkannya. Di sisi lain, aplikasi Flashify juga menyajikan fitur otomatis untuk melakukan sinkronisasi cloud antar perangkat lainnya.

Bahkan pengguna Flashify ini mampu melakukan flash dimanapun, kapanpun juga lho. Anda bisa melakukan flash melalui email juga dapat melakukannya dari file explorer. Mudah dan cukup berguna bukan? Download aplikasinya di sini.

3. Greenify

Greenify

Kesal dengan baterai smartphone yang cukup menguras dan cepat lowbat? Greenify, masuk ke dalam salah satu aplikasi wajib setelah melakukan root. Tak jarang orang yang telah melakukan root pada Android juga mudah kehabisan baterai dan merasa lelah untuk bolak balik melakukan charge HP.

Namun, dengan kehadiran aplikasi Greenify Anda tidak perlu khawatir dengan smartphone Android yang mudah habis baterainya. Aplikasi ini akan membuat baterai bertahan lama dengan mengontrol dengan fitur hibernasi.

Fitur hibernasi ini akan mematikan dan mengurangi kapasitas baterai ketika Anda sedang tidak menggunakan HP. Bahkan Greenify juga mampu membuat HP ataupun tablet Anda menghindar dari masalah lemot. Mau menggunakan Greenify? Klik di sini untuk langsung download aplikasinya.

4. Link2SD

Link2SD

Merasa ribet dan kesulitan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card? Teknologi semakin canggih begitupun dengan aplikasi. Salah satu aplikasi wajib setelah melakukan root ini juga harus Anda pertimbangkan untuk kemudian Anda gunakan pada HP Anda.

Pasalnya, aplikasi Link2SD akan memudahkan para penggunanya khususnya Anda yang telah melakukan root, dalam melakukan pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal / SD Card. Link2SD akan memberikan link dan kemudian Anda bisa langsung pindahkan secara mudah.

Anda juga bisa melakukan reinstall, reboot, juga convert. Hanya dengan satu aplikasi Anda sudah bisa mengatur aplikasi yang ada. Berminat untuk menggunakannya? Klik di sini untuk mendownload aplikasi.

5. Quick Reboot

Quick Reboot

Aplikasi wajib setelah root kini datang dari Quick Reboot. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk para pengguna smartphone Android yang telah diroot. Jika smartphone Android Anda belum melakukan root, maka Anda tidak dapat menginstall aplikasi Quick Reboot.

Quick Reboot menyuguhkan dan menjamin dalam hal reboot yang cepat tanpa lelet. Anda bisa memilih normal reboot ataupun Fast Reboot untuk smartphone Android dengan sistem UI/apps. Untuk lebih aman lagi, aplikasi Quick Reboot menyisipkan fitur Safe Mode. Anda bisa mengaktifkannya.

Tak hanya itu saja, melakukan restart dengan cepat tanpa lamban bisa dilakukan dengan aplikasi Quick Reboot. Tertarik untuk menjajal aplikasi wajib setelah reboot satu ini? Klik di sini untuk langsung download aplikasinya.

6. ROM Toolbox Lite

ROM Toolbox Lite

Fitur LifeHacker, XDA-Developers, Droid-Life, Android Central, RootzWiki, Android Police, DroidForums, dan fitur lainnya telah tersemat pada aplikasi wajib setelah root satu ini. Dalam aplikasinya, ROM Toolbox Lite juga menyuguhkan dan menjajikan kecepatan pada HP tanpa perlu khawatir masalah lemot.

Anda bisa mengatur dan mengontrol ROM pada smartphone Android yang telah diroot. Selain mengatur ROM, para pengguna aplikasi ROM Toolbox Lite juga mampu untuk mengontrol setiap aplikasi yang terpasang dan yang digunakan pada HP. Tertarik untuk menggunakannya? Klik di sini untuk langsung download aplikasinya.

7. SDFix

SDFix

Anda pengguna smartphone Android dengan OS Kit Kat juga Lollipop? Jika iya, mungkin Anda membutuhkan aplikasi wajib setelah root dari SDFix. Pasalnya, aplikasi ini dibuat hanya untuk menangani masalah pada smartphone Android OS Kit Kat dan Lollipop yang sudah diroot.

SDFix melayani dan membantu Anda dalam mengatasi masalah pada SD Card. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba aplikasi SDFix untuk menangani permasalahan SD Card pada Android Kit Kat dan Lollipop.

Namun, jika Anda tidak memiliki masalah apapun pada HP Android, pihak aplikasi SDFix tidak menganjurkan Anda untuk menginstall aplikasi ini. Anda membutuhkan aplikasi SDFix? Hanya klik di sini dan siap perbaiki masalahnya.

8. Servicely

Servicely

Anda pernah memiliki permasalahan ketika telah menutup aplikasi Facebook namun tetap muncul pada layar? Servicely, sebuah aplikasi wajib setelah melakukan root yang akan membantu Anda menangani masalah seperti yang dicontohkan sebelumnya.

Tentu saja ketika Anda sudah menutup aplikasi yang digunakan, namun aplikasi tetap dalam keadaan on hal itu akan sangat menguras kapasitas baterai Anda bukan? Maka dari itulah Servicely muncul untuk menanganinya.

Aplikasi Servicely akan hanya berfungsi dan hanya dapat digunakan oleh para pengguna smartphone Android yang telah diroot. Jika Anda tidak memiliki masalah dan HP Anda belum menyentuh root, tidak disarankan untuk menginstallnya. Untuk mendapatkan aplikasi Servicely cukup klik di sini.

9. SuperSU

SuperSU

Terbilang cukup banyak pengguna smartphone Android yang elah melakukan root menggunakan aplikasi SuperSU. Aplikasi wajib setelah melakukan root ini mengunggulkan dalam hal kemudahan mengatur juga mengontrol aplikasi-aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, SuperSU juga hanya akan dapat bekerja pada smartphone Android yang telah diroot. Aplikasi SuperSU menawarkan berbagai macam fitur lengkap juga fitur-fitur yang tentunya dibutuhkan oleh para pengguna smartphone Android Rooted. Mau juga menggunakan aplikasi SuperSU? Klik di sini dan langsung download aplikasinya.

10. Tasker

Tasker

Last but not least, aplikasi wajib setelah root yang bisa Anda gunakan kali ini dinamai dengan aplikasi Tasker. Aplikasi ini menyuguhkan trigger seperti App, Time, Day, Location, Hard/Soft State, Event, Shortcut, Widget, Timer, dan juga Plugins.

Aplikasi wajib setelah melakukan root yang satu ini bisa Anda gunakan baik untuk smartphone Android yang telah diroot ataupun yang belum melakukan root. Namun, aplikasi Tasker ini akan lebih leluasa lagi digunakan ketika HP Anda telah diroot. Pasalnya beberapa fitur tidak akan bekerja untuk smartphone Android yang belum melakukan root. Berminat menggunakannya? Cukup klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

Aplikasi Rekomendasi Lainnya

Bukan hanya 10 aplikasi di atas saja yang harus Anda miliki setelah melakukan root pada Android. Pasalnya, ada beberapa aplikasi rekomendasi lainnya yang harus ada di dalam HP yang sudah diroot. Ingin tahu aplikasinya? Berikut simak ulasannya di bawah ini.

11. Undeleter Recover Files & Data

Undeleter Recover Files & Data

Terkadang, ketika Anda menghapus sebuah file pada HP yang sudah diroot maka file yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan. Untuk mengatasi kehilangan data seutuhnya maka hadirlah sebuah aplikasi khusus bernama Undeleter Recover Files & Data. Aplikasi ini hanya bisa bekerja untuk HP yang sudah diroot dan mampu untuk mengembalikan file yang sudah dihapus.

Nah, aplikasi ini sebenarnya memiliki cara kerja dan fungsi yang mirip dengan Dumpster. Sebab, di Undeleter Recover Files & Data juga ada beberapa fitur bagus untuk mengembalikan berbagai file berupa MP, JPEG/JPG, PNG, MNG, JNG, GIF, MP4, AVI, MKV, MP3, dan lain-lain. Jadi, file yang sengaja dihapus bisa dikembalikan dengan mudah.

12. GMD GestureControl Lite

GMD GestureControl Lite

Ada lagi aplikasi yang bisa Anda gunakan setelah HP diroot, GMD GestureControl Lite. Ini merupakan sebuah aplikasi di mana tampilan Android Anda akan berbeda dari Android lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa membuat sebuah gesture multitouch yang unik.

Jadi, para pengguna tidak perlu repot banyak klik sana-sini untuk membuka aplikasi tertentu, cukup gerakan gesture jari saja dan aplikasi yang Anda butuhkan bisa segera terbuka dengan sendirinya. Bagus dan unik, kan? Bisa download aplikasinya di sini.

13. WiFi Key Recovery

WiFi Key Recovery

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan root pada HP adalah, bisa menggunakan WiFi Key Recovery. Untuk apa aplikasi ini? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk melihat password WiFi di mana pun dan kapan pun.

Dengan kehadiran aplikasi ini, tentu saja Anda tidak perlu repot menanyakan password WiFi. Terlebih jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sering mengerjakan tugas di cafe, pastinya Anda harus menanyakan password WiFi terlebih dahulu, kan? Namun, jika Anda menggunakan aplikasi ini maka tak perlu repot menanyakan password WiFi lagi.

14. Root Checker

Root Checker

Setelah Anda melakukan root pada HP, mungkin beberapa orang tidak akan paham apakah HP Androidnya berhasil diroot atau tidak. Untuk mengetahui keberhasilan root di HP maka Anda bisa mengeceknya dengan aplikasi Root Checker. Dengan begitu, Anda bisa langsung tahu keberhasilan root dan juga akses root. Mau coba? Bagi Anda yang sudah melakukan root, bisa download Root Checker.

15. System App Remover

System app remover

Meski HP Android sudah diroot tapi akan selalu ada yang namanya bloatware atau aplikasi yang nggak penting. Bloatware ini tentu saja akan memengaruhi performa dari ponsel Anda. Dan yang pastinya, bloatware akan mempersempit kapasitas yang ada pada HP. Untuk menghilangkannya, Anda tidak bisa melakukan uninstall seperti aplikasi biasa.

Biasanya, Anda harus melakukan root terlebih dahulu kemudian memasang aplikasi khusus menghapus bloatware. Nah, aplikasi bagus untuk menghapus bloatware adalah System App Remover. Dengan aplikasi ini, Anda akan dimudahkan untuk melakukan uninstall pada setiap bloatware yang Anda rasa tidak terlalu penting. Bagus, kan?

Nah itu dia 10 aplikasi wajib setelah root di Android. Semua aplikasi tersebut cukup berguna juga bermanfaat untuk Anda gunakan pada HP Anda. Mana yang jadi favorit Anda?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar