ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400, Tipis Tapi Pakai Prosesor Seri H

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Maraknya konten visual, membuat kebutuhan perangkat yang mendukung pembuatan konten visual meningkat. Contohnya adalah perangkat laptop. Perangkat yang satu ini banyak digunakan oleh para kreator dalam membuat konten seperti video, grafis, dan lainnya. 

Hanya saja, tentu tidak semua laptop dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Ada beberapa laptop yang sekadar dihadirkan untuk mendukung belajar, ada juga yang fokus untuk kerja, dan fokus untuk kebutuhan bisnis. 

Untuk mendukung kebutuhan kreator, tentunya laptop yang dikhususkan untuk para kreator merupakan laptop yang paling baik dipilih. Contohnya seperti ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini resmi diluncurkan ASUS Indonesia pada 18 Agustus 2022. Laptop ini hadir sebagai solusi bagi para kreator yang butuh laptop untuk mendukung pembuatan konten. 

Namun, bukan sekadar menawarkan perrforma kencang untuk menjalankan aplikasi pendukung pembuatan konten, laptop ini menawarkan sesuatu yang jarang dimiliki laptop lain di kelas harga yang sama, layar. Apa yang spesial dari layar ini? Kenapa pula laptop ini jadi pilihan bagus bagi para kreator? Beberapa alasan berikut ini bisa jadi jawabannya. 

1. Menawarkan Pengalaman Visual Terbaik 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Alasan paling masuk akal dan daya tarik besar dari laptop untuk para kreator adalah tampilan alias visual dari layarnya. Tentu para kreator, terutama ilustrator, akan lebih betah bekerja dengan layar yang bagus. 

Karena itu, seperti kata Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir sebagai sebuah laptop yang memberikan pengalaman visual terbaik sekaligus melindungi kesehatan mata penggunanya. Terlebih, menurutnya, harga laptop ini terjangkau jika menilik spesifikasi yang ditawarkan. 

Visual yang baik dari laptop ini berasal dari teknologi ASUS OLED. Ini adalah panel layar OLED yang banyak digunakan di laptop ASUS. Bahkan, ASUS menerapkannya pada perangkat laptop di bawah Rp10 juta. Contohnya pada ASUS VivoBook Slate 13 OLED T3300 dan ASUS VivoBook 15 OLED K513EA

Semua laptop ASUS OLED tak hanya hadirkan panel OLED yang luar biasa. Namun, dihadirkan pula berbagai fitur yang membuat mata penggunanya lebih nyaman. 

Contohnya adalah sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland yang berpengaruh pada pengurangan paparan sinar biru pada mata. Efeknya mata jadi lebih sehat saat melihat laptop dalam tempo lama. 

Ada juga fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA. 

Selain itu,  ASUS OLED juga mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Layarnya juga sudah lolos sertifikasi PANTONE Validated Display. 

Sertifikasi PANTONE Validated Display berarti perangkat tersebut sudah punya layar yang bagus dalam menampilkan warna yang lebih kaya dan akurat. Alhasil, perangkat tersebut sangat cocok digunakan untuk kreator dan ilustrator. Satu hal yang baik tentu yang dimiliki Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Visual yang keren ini berpadu dengan rasio layar 16:10 beresolusi 2.8K (2880x1800). Layar 16:10 membuat ruang kerja semakin luas dan berpengaruh langsung pada produktivitas dibandingkan rasio layar 16:9. Selain itu, jelas jarang sekali layar 2,8K ditemukan di kelas harga sang laptop. 

2. Prosesor Kelas Gaming 

amd ryzen 5000

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah laptop dengan ukuran lumayan tipis. Biasanya tipe laptop ini seperti ini akan mengandalkan dapur pacu yang lebih hemat daya. 

Namun, justru menariknya di sektor ini. Kerjasama ASUS dengan AMD dapat hadirkan sebuah laptop yang punya performa tinggi. Hal ini karena Vivobook Pro 14 OLED (M3400)  dibekali prosesor seri H yang biasanya ada di laptop gaming. 

Prosesor yang digunakan di laptop ini adalah  AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Prosesor berperforma tinggi yang menggunakan arsitektur Zen3 melalui pemrosesan 7nm. Karena dibuat dengan 7nm, prosesor ini tidak sekadar tawarkan performa tapi juga daya tahan baterai yang panjang.

Ada dua varian prosesor yang digunakan. Yang paling tinggi adalah AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Kemudian ada juga ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang memakai  AMD Ryzen™ 7 5600H Mobile Processor. Keduanya hadir dengan dukungan grafis AMD RadeonTM. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H didukung RAM DDR4 16GB Dual Channel dan penyimpanan 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. 

Sementara, varian AMD Ryzen™ 7 5600H hadir dengan dua varian, ada yang pakai RAM DDR4 16GB, ada juga yang menawarkan RAM DDR4 8GB. Kedua varian ini juga dibekali 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. 

3. Hadirnya Sistem Pendingin untuk Performa Lebih Optimal 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Karena memakai prosesor khusus gaming, tentunya laptop akan menawarkan performa kencang. Namun, ini bisa berimbas pada bodi laptop yang bisa hangat di permukaan. 

Untuk mengatasi ini, ASUS hadirkan sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. 

Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik serta memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram