ASUS Zenfone 8 dan 5 Hal Menarik yang Dibawanya

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Pada Jumat (15/10/2021), ASUS Indonesia resmi mengumumkan kehadiran ASUS Zenfone 8 di tanah air. Ponsel ini adalah anggota terbaru dari keluarga smartphone Zenfone yang mengutamakan keringkasan dan kecepatan. ASUS Regional Director Asia Tenggara, Jimmy Lin, mengungkapkan tujuan di balik kehadiran Zenfone 8 di Indonesia.

"Kami sangat senang Zenfone 8 akhirnya bisa hadir di Indonesia dan menjadi perwujudan misi ASUS dalam menghadirkan smartphone berkualitas tinggi. Sesuai dengan sebutannya, The Incredible Mini, dengan luas layar 5,9 inci," kata Jimmy Lin

"ASUS ingin memberikan pengalaman baru bagi pasar Indonesia dalam kemudahan berselancar di sosial media & berkomunikasi dengan satu tangan. Serta ditambah dengan performa terbaik yang ada saat ini, Zenfone 8 akan menjadi sebuah terobosan bagi pasar Indonesia,” jelasnya.

Jimmy Lin menambahkan, Zenfone 8 adalah perangkat ringkas dengan tampilan premium serta dirancang dengan kenyaman untuk dipegang dan dibawa. Masih menurut Jimmy Lin, desain yang sleek, eksklusif, serta material terbaik pun dilahirkan ke dalam Zenfone 8.

Hal itu guna menjadikan Zenfone 8 sebagai juara di segmen smartphone mini, untuk mendukung gaya hidup dinamis masa kini.

5 Hal Menarik yang Dibawa ASUS Zenfone 8

Jimmy Lin telah memaparkan garis besar keunggulan-keunggulan ASUS Zenfone 8. Poin-poin di bawah ini memperjelasnya secara menyeluruh. Diikuti pula dengan hal-hal menarik lain yang dipunyai smartphone flagship ini.

1. Performa Tangguh

Zenfone 8 adalah Zenfone terkuat yang pernah ada. Hal tersebut tidaklah keliru mengingat ponsel ini ditenagai oleh chipset paling kencang pada 2021, yaitu Qualcomm Snapdragon 888. Chipset yang dibikin dengan fabrikasi 5 nm ini disebut-sebut memiliki kinerja CPU 25% lebih kencang ketimbang generasi sebelumnya, yaitu Snapdragon 865.

Keberadaan arsitektur Cortex X1 dan Cortex A78 pada core performa CPU Snapdragon 888 jadi salah satu alasannya. Kemudian, Snapdragon 888 juga diklaim punya kinerja grafis 35% ketimbang sang pendahulu. Rahasianya terletak pada penggunaan GPU terbaru, yakni Adreno 660.

Perpaduan antara Snapdragon 888, RAM LPDDR5 6400 Mbps, serta memori penyimpanan berjenis UFS 3.1, membuat Zenfone 8 dapat menangani berbagai tugas tanpa kendala. Tidak hanya itu, berbekal chipset tersebut Zenfone 8 dapat terhubung dalam koneksi super cepat 5G dan WiFi 6e secara stabil.

2. Ketahanan Baterai

Bentuk Zenfone 8 memang ramah kantong. Meski demikian, smartphone ini mampu membawa baterai dengan kapasitas yang mumpuni, yaitu 4000 mAh. Baterai dengan kapasitas tersebut diklaim dapat menjamin Zenfone 8 menemani aktivitas penggunanya sehari penuh.

Terlebih sistem terbaru dalam ponsel ini memungkinkan pengguna untuk memilih mode penggunaan baterai didasarkan pada masa pakai atau kinerja. Namun, menyetel mode tersebut tidaklah sesulit yang diperkirakan, karena semua berjalan secara otomatis menyesuaikan gaya pemakaian pengguna.

Ada juga Advanced Mode yang memungkinkan pengguna menyempurnakan parameter kinerja baterai sesuai dengan selera mereka. Soal pengisian daya, Zenfone 8 dibekali teknologi HyperCharge 30W. Pengguna kini tidak perlu menunggu lama saat mengecas baterai HP ini dari kosong hingga penuh.

Zenfone 8 pun dibekali sistem perawatan baterai agar baterai tetap sehat dan mempunyai umur yang panjang. Sistem tersebut terdiri atas berbagai opsi pengisian daya. Mulai dari pengisian daya stabil, pengisian daya terjadwal, hingga penerapan batas atas untuk pengisian daya.

Selain itu, ada pula sistem manajemen aplikasi yang bekerja secara canggih. Sistem tersebut bekerja dengan membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, tetapi sedang tidak aktif. Metode ini mampu menghemat penggunaan daya hingga 67%.

3. Pengalaman Visual

Secara desain, layar 5,9 inci pada Zenfone 8 adalah ukuran yang sempurna untuk pengoperasian satu tangan. Mode Satu Tangan dalam antarmuka ZenUI yang serba baru, memberi pengguna kontrol penuh dan nyaman hanya dengan menggunakan ibu jari. Pengguna dapat menyesuaikan ketinggian jendela tampilan berdasarkan preferensi mereka.

Caranya dengan menyapu layar ke arah bawah dari sisi tepi untuk mengurangi ukuran jendela tampilan. Jika sudah pas, semua kontrol akan mudah dijangkau. Pengalaman visual yang menyenangkan tidak hanya hadir berkat ukuran layar. Namun, juga karena panel yang digunakan adalah AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan jeda respons 1 ms.

Berbekal panel tersebut, scrolling layar Zenfone 8 terasa halus, tidak ada patah-patah, apalagi blur. ASUS juga bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka di dunia, Pixelworks. Upaya ini dilakukan guna menghadirkan efek alami ketika seseorang melihat tampilan yang muncul dari layar Zenfone 8.

Maka tidak heran jika tampilan layar Zenfone 8 dapat menghasilkan warna sesuai standar DCI-P3 sebesar 112% yang artinya mendekati kenyataan. Warnanya pun akurat dengan penyimpangan atau Delta-E kurang dari satu. Sertifikat HDR10+ tersemat pada layar smartphone ini.

Sertifikat tersebut merupakan sebuah jaminan bahwa layar Zenfone 8 dapat menciptakan detail yang baik sekalipun dalam pemandangan gelap. Keindahan dan kecanggihan layar HP ini dibalut dengan kaca proteksi Gorilla Glass Victus yang konon tahan terhadap benturan, ketika ponsel dijatuhkan dari ketinggian hingga dua meter.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram