Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2019

Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20 adalah dua ponsel di kelas harga yang sama. Kedua ponsel ini dijual di rentang harga Rp2 jutaan dan keduanya memiliki varian RAM terkecil yakni RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Dengan mengusung RAM yang hampir serupa dan harga yang tidak jauh berbeda, tentu cukup menarik untuk menilik dan membandingkan kedua ponsel ini.

Salah satu yang menarik dari perbandingan antara Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20 adalah baterainya. Kedua ponsel ini sama-sama menawarkan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Lantas, seperti apa perbandingan di antara kedua ponsel ini? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.250.000

Spesifikasi selengkanya…

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

  • Chipset: Exynos 7904 Octa (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.799.000

Spesifikasi selengkapnya…

Desain

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Sebenarnya saya agak sedikit malas bicara soal desain di antara kedua ponsel ini. Kenapa? Karena desain kedua ponsel ini tidaklah menarik. Keduanya memiliki desain yang sedikit mirip satu sama lain. Posisi kamera dan sensor sidik jari juga posisinya cukup persis. Hanya saja, bodi desain Asus Zenfone Max Pro M2 sedikit lebih terang.

Asus Zenfone Max Pro M2 datang dengan bahan polikarbonat yang kemudian dikustomisasi memakai Dynamic Optical Finish dengan 16 layers Wave sebagai finish design-nya. Teknologi ini membuat desain Asus Zenfone Max Pro M2 memang terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Bandingkan dengan Samsung Galaxy M20 yang bagian belakang bodinya terlihat biasa. Dan sangat jelas kalau Samsung Galaxy M20 juga hadir dengan bodi polikarbonat. Karena itu, sektor bodi desain, terutama bagian belakang dari Samsung Galaxy M20, tidaklah terlalu istimewa.

Body Samsung Galaxy M20

Yang menarik dari Samsung Galaxy M20 barangkali adalah frame bodinya yang cukup menyatu. Selain itu, Samsung Galaxy M20 tampak lebih membulat di keempat sudutnya. Notch kecil di bagian layar juga jadi salah satu kelebihan tersendiri dari Samsung Galaxy M20. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-U Display.

Terlepas dari itu, secara jujur, saya tidak menyukai desain bodi keduanya. Meskipun Asus Zenfone Max Pro M2 tampak lebih mengkilap tetapi karena sering adanya goresan yang membekas di bodi ponsel ini membuat saya urung mengunggulkan desainnya. Karena itu, di sektor ini, kedua ponsel sama-sama kurang bagus, alias tak ada pemenangnya di bagian ini.

Layar

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Asus Zenfone Max Pro M2 (atas) vs Samsung Galaxy M20 (bawah)

Asus Zenfone Max Pro M2 datang dengan layar IPS LCD 6,3 inci full HD+ 1080 x 2280 piksel. Layar ponsel ini  hadir dengan kerapatan 403 ppi. Untuk rasio bodi ke layar, Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki screen-to-body ratio sebesar 82%.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy M20? Samsung Galaxy M20 juga sama-sama hadir dengan dimensi layar 6,3 inci. Layarnya juga sama-sama mengusung rasio 19.5:9 dan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layar ponsel ini juga hadir dengan kerapatan 409 ppi dan memiliki rasio screen-to-body ratio sebesar 83,6%.

Yang cukup menarik dari Samsung Galaxy M20 adalah panel yang digunakannya. Ponsel ini tidak memakai panel IPS LCD, tidak juga memakai panel Super AMOLED. Samsung Galaxy M20 justru hadir dengan panel PLS TFT. Panel layar ini adalah panel yang dikembangkan Samsung untuk menyaingi panel IPS LCD.

Lantas, apakah panel IPS LCD ini lebih baik dibandingkan PLS TFT atau sebaliknya? Untuk membuktikannya, saya membandingkan kedua panel layar ini lewat Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20. Saya memakai satu gambar yang sama dan tingkat kecerahan layar maksimal alias 100%. Berikut hasil perbandingannya.

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs Samsung Galaxy M20 (kanan)

Terlihat dari perbandingan di atas, kalau layar Asus Zenfone Max Pro M2 tampak lebih terang jika dibandingkan PLS TFT punya Samsung Galaxy M20. Tampilan layar Samsung Galaxy M20 tampak lebih soft dan sedikit agak gelap.

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs Samsung Galaxy M20 (kanan)

Jika diambil dari sudut pandang yang berbeda (ketika kamera dekat dengan layar Asus Zenfone Max Pro M2), layar IPS LCD Asus Zenfone Max Pro M2 sedikit mengalami penurunan kecerahan tetapi gambar masih tetap jelas. Sementara PLS TFT punya Samsung Galaxy M20 terlihat gelap dan kurang jelas.

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs Samsung Galaxy M20 (kanan)

Saat dilihat dari sudut pandang sebaliknya (ketika kamera dekat dengan layar Samsung Galaxy M20), terlihat kalau PLS TFT cukup bisa menampilkan gambar jelas tetapi tidak seterang IPS LCD Asus Zenfone Max Pro M2 pada posisi sebaliknya. Sementara di posisi ini, tampilan layar IPS LCD Asus Zenfone Max Pro M2 tampak terang tetapi gambar tidak terlalu jelas memperlihatkan bentuk bunga di gambar.

Tentu akan lebih menarik jika membandingkan lebih detail dan lebih banyak gambar di antara kedua panel layar ini. Namun berdasarkan pengujian sederhana ini, secara pribadi, saya lebih suka layar yang terang yakni layar IPS LCD Asus Zenfone Max Pro M2. Alasannya karena gambar terlihat lebih terang dan jelas.

Performa

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Untuk bagian ini, sebenarnya sudah diketahui siapa pemenangnya. Samsung Galaxy M20 yang berbekal chipset Exynos 7904 kurang bisa bersaing dengan chipset Snapdragon 660 yang ada di Asus Zenfone Max Pro M2. Exynos 7904 ini lebih pantas bersaing dengan Snapdragon 632 atau Snapdragon 6363 karena performanya berada di antara kedua chipset ini.

Antutu Samsung Galaxy M20

Seperti terlihat pada gambar di atas, kalau Samsung Galaxy M20 hanya memiliki nilai Antutu sekitar 107 ribuan. Angka tersebut menunjukan kalau performa ponsel ini cenderung menengah ke bawah. Diajak bermain gim masih cukup layak, bahkan bisa mendapatkan fps tinggi untuk beberapa gim seperti Modern Combat 5. Sayangnya, Exynos 7904 cukup kewalahan dalam menjalakan gim PUBG Mobile.

Nah, kalau gambar di atas adalah nilai Antutu dari Snapdragon 660 yang jadi chipset andalan Asus Zenfone Max Pro M2. Nilai 128 ribuan tentu nilai yang cukup baik di kelas harganya. Performa beberapa gim dengan chipset Snapdragon 660 memang tergolong lancar. Perbedaan poin sekitar 28 ribu poin jelas membuat Asus Zenfone Max Pro M2 menang dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Kamera

Kamera Belakang Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 hadir dengan kamera ganda 13 MP + 5 MP. Kameranya ini memiliki bukaan f/1.9 dan juga sudah mendukung PDAF. Sementara kamera keduanya bukanlah kamera depth sensor. Kameranya ini adalah kamera ultrawide yang memiliki bukaan f/2.2.

Tentu cukup menarik untuk membandingkan kualitas kamera dari kedua ponsel ini. Terlebih secara angka, kamera Samsung Galaxy M20 tampak sedikit lebih unggul. Namun angka sensor bukanlah satu-satunya penentu bagus tidaknya sebuah foto. Karena itu, mari bandingkan kualitas kamera belakang dari kedua ponsel ini.

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Terlihat dari dua perbandingan foto di atas, hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2 lebih unggul dibandingkan dari kamera belakang Samsung Galaxy M20. Kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2 lebih bisa menangkap foto dengan detail yang baik, terutama untuk tulisan. Bandingkan dengan tangkapan Samsung Galaxy M20 yang mengalami blur pada bagian tulisan.

Bisa dibilang, hasil tangkapan Asus Zenfone Max Pro M2 lebih bagus dan lebih detail jika dibandingkan dengan hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy M20. Namun, Samsung Galaxy M20 punya satu keunggulan tersendiri, yakni kamera ultrawide. Kamera ini mampu menangkap gambar lebih luas dibandingkan kamera normal. Berikut hasil tangkapan kamera ultrawide dari Samsung Galaxy M20.

Hasil tangkapan kamera belakang wide Samsung Galaxy M20

Hasil tangkapan kamera belakang wide Samsung Galaxy M20

Pengujian lainnya saya coba dengan menangkap foto dengan efek bokeh. Sebagai catatan tambahan, meskipun kamera belakang Samsung Samsung Galaxy M20 tidak memiliki efek kamera bokeh, tetapi di kamera belakangnya terdapat fitur Live Focus yang berfungsi untuk memberikan efek foto blur. Mari langsung lihat saja perbandingan foto bokeh kedua ponsel ini.

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy M20

Menilik gambar di atas, hasil foto Asus Zenfone Max Pro M2 lebih tajam dan lebih karya warna dalam menangkap objek. Latar fotonya juga memiliki efek blur yang baik. Samsung Galaxy M20 tampak kesulitan dalam menangkap gambar bokeh dengan baik. Terlebih hasil fotonya juga tampak lebih muram dan seolah memiliki warna yang terbatas.

Bagian pengujian terakhir adalah menguji kamera depannya. Kamera depan kedua ponsel ini memiliki sensor yang berbeda. Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki kamera depan 13 MP dan memiliki fitur HDR. Sementara Samsung Galaxy M20 hadir dengan kamera belakang 8 MP yang juga memiliki fitur HDR. Berikut perbandingan hasil foto selfie kedua ponsel ini.

Hasil selfie Assus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Samsung Galaxy M20

Hasil selfie Samsung Galaxy M20

Hasil selfie Assus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Samsung Galaxy M20

Hasil selfie Samsung Galaxy M20

Menilik hasil selfie-nya, Asus Zenfone Max Pro M2 menunjukan kualitas foto selfie yang cukup baik, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.  Terlihat di foto di atas, garis wajah dan bulu di badan tampak lebih detail ketika foto diambil memakai Asus Zenfone Max Pro M2. Untuk sektor ini, sudah jelas Asus Zenfone Max Pro M2 menang banyak.

Baterai

Fitur Baterai Samsung Galaxy M20

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal, Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20 sama-sama mengusung baterai berkapasitas 5.000 mAh. Di perbandingan ini, hasilnya seimbang karena sepengalaman saya memakai kedua ponsel ini, keduanya mampu bertahan cukup lama.

Dengan penggunaan normal, Asus Zenfone Max Pro M2 bisa bertahan sampai 2 harian waktu aktif. Baterainya bisa dibilang cukup lama. Samsung Galaxy M20 juga bisa bertahan sampai 2 harian, malah terkadang jika tidak terlalu banyak digunakan. Yang cukup menarik fakta kalau Samsung Galaxy M20 dengan daya 5% bisa mendapatkan pemakaian selama 2 jam.

Untuk pengisian daya baterai, baik Asus Zenfone Max Pro M2 maupun Samsung Galaxy M20 sama-sama memiliki pengisian baterai dengan durasi yang seimbang. Kedua ponsel ini bisa diisi sampai penuh dari daya kisaran 10% dengan menempuh selama kurang lebih 120 menit saja.

Harga

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 yang hadir dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB awalnya dijual kisaran Rp2,7 jutaan. Kini harganya menjadi Rp2,5 jutaan saja. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 RAM 3 GB masih dijual dengan harga Rp2,7 jutaan meskipun ada beberapa toko online yang menjual lebih murah.

Menilik harganya ini, Samsung Galaxy M20 tampak lebih unggul karena memiliki banderol harga yang lebih murah. Namun, tentu harga murah bukan segalanya karena Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki lebih banyak keunggulan dan selisih harganya juga hanya berkisar Rp200 ribuan saja.

Simpulan

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs Samsung Galaxy M20 (kanan)

Berdasarkan hasil perbandingan di atas, sudah sangat jelas kalau Asus Zenfone Max Pro M2 unggul di berbagai sektor. Bisa dibilang, Samsung Galaxy M20 kalah telak dari Asus Zenfone Max Pro M2. Performa, kualitas layar, dan juga kamera, semuanya dimenangkan oleh Asus Zenfone Max Pro M2.

Samsung Galaxy M20 mungkin bisa unggul di satu bagian, yakni mengusung port USB Type-C sementara Asus Zenfone Max Pro M2 masih memakai port micro USB. Namun, keunggulan ini tidak terlalu berpengaruh karena tetap saja Asus Zenfone Max Pro M2 lebih menang banyak. Jadi kesimpulan di antara kedua ponsel ini, Asus Zenfone Max Pro M2 tergolong unggul.