Carisinyal / Review / Compare: Asus Zenfone Max Pro M2 vs Xiaomi Mi 8 Lite

Compare: Asus Zenfone Max Pro M2 vs Xiaomi Mi 8 Lite

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Mei 2019

Asus Zenfone Max Pro M2 dan Xiaomi Mi 8 Lite adalah dua ponsel dari dua vendor atau merek berbeda. Kedua ponsel ini dihadirkan pada akhir 2018 sehingga membuat kedua ponsel ini bisa dibilang tergolong bersaing. Faktor harga yang sama saat pertama kali dirilis, yakni Rp3 jutaan, serta penggunaan Snapdragon 660 di kedua ponsel ini membuat kedua ponsel ini sering dibanding-bandingkan.

Kini (saat artikel ini dibuat) dengan harga baru, yakni di bawah Rp3 jutaan, Xiaomi Mi 8 Lite dan Asus Zenfone Max Pro M2 masih tergolong cukup bersaing meski tentu hadir ponsel lain yang lebih baru. Namun kedua ponsel ini tentu tidak bisa lepas untuk diperbandingkan.

Nah, jika kebetulan Anda memang sedang bingung memilih antara Asus Zenfone Max Pro M2 atau Xiaomi Mi 8 Lite, maka sebaiknya Anda tidak usah bingung. Kenapa? Karena pada kesempatan kali ini, saya akan membandingkan dua ponsel ini. Mana di antara kedua ponsel ini yang layak dipilih? Simak ulasan perbandingannya berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.250.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkanya…

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

Xiaomi Mi 8 Lite

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: 3350 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.700.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkapnya…

Desain

Desain jadi faktor pertama yang saya bandingkan antara kedua ponsel ini. Jika Anda membaca artikel Review Xiaomi Mi 8 Lite, Anda bisa melihat kalau saya memuji desain bodi dari Xiaomi Mi 8 Lite ini. Dengan desain yang mengilap karena bahan penggunaan kaca, membuat Xiaomi Mi 8 Lite terlihat lebih premium. Desain bodinya tergolong kinclong habis dan cukup menarik perhatian.

Lain cerita dengan Asus Zenfone Max Pro M2. Ponsel ini berbalut bahan polikarbonat yang dipoles sedemikian rupa agar tampilan bodi belakangnya terlihat mengkilap sehingga terlihat kekinian. Bisa dibilang, hal ini adalah cara Asus untuk menghadirkan ponsel yang tampak mewah dan menarik meskipun bodinya bukan dari kaca.

Desain bodi Asus Zenfone Max Pro M2 ini memang bisa dikatakan baik tetapi bodinya ini gampang kotor dan tampak terlihat tergores jika memakai kasing terlalu lama. Seiring berjalannya waktu, desain bodi bagian belakang Asus Zenfone Max Pro M2 akan terlihat kurang menarik.

Xiaomi Mi 8 Lite

Lain cerita dengan Xiaomi Mi 8 Lite yang keseluruhan bodi belakangnya terbuat dari kaca yang menarik dan cukup kokoh. Feel saat memegang ponsel ini terasa sekali premium. Rasanya seperti memegang ponsel kelas mewah. Namun, hal ini bukan berarti Xiaomi Mi 8 Lite sempurna. Penggunaan bodi kaca ini rentan meninggalkan sidik jari sehingga jika ingin terlihat kinclong harus sering dibersihkan pakai lap.

Soal desain ini, Xiaomi Mi 8 Lite bisa dibilang terbilang unggul karena tampil lebih menarik. Desain bodinya terlihat mewah sehingga akan membuat pengguna yang menggenggam ponsel ini lebih percaya diri jika dibandingkan memegang Asus Zenfone Max Pro M2.

Layar

Xiaomi Mi 8 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs  Xiaomi Mi 8 Lite (kanan)

Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan layar IPS LCD dengan dimensi layar 6,36 inci. Layarnya ini memiliki screen-to-body ratio sebesar 82,5%. Layarnya hadir dengan rasio 19:9 dengan resolusi 1080 x 2280 piksel. Layarnya sendiri memiliki kerapatan 403 ppi.

Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki spesifikasi layar yang identik dengan Xiaomi Mi 8 Lite. Layar pada ponsel ini hadir dengan layar IPS LCD 6,3 inci full HD+ 1080 x 2280 piksel. Layar ponsel ini juga hadir dengan kerapatan 403 ppi. Untuk rasio bodi ke layar, Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki screen-to-body ratio sebesar 82%. Tidak jauh berbeda.

Selain itu, Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki notch yang pendek di tengah. Yang membedakan, notch pada kedua ponsel ini sedikit berbeda. Notch pada Asus Zenfone Max Pro M2 terlihat trapesium sementara Xiaomi Mi 8 Lite memiliki sudut melengkung.

Meskipun tampilan layarnya identik, tampilan layar kedua ponsel ini menurut saya berbeda. Asus Zenfone Max Pro M2  hadir dengan tampilan warna dan kecerahan yang lebih baik jika dibandingkan Xiaomi Mi 8 Lite. Warna yang dihasilkan Asus Zenfone Max Pro M2 terlihat lebih tajam sementara layar Xiaomi Mi 8 Lite tampak lebih warm. 

Performa

Xiaomi Mi 8 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2

Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) vs Xiaomi Mi 8 Lite (kanan)

Xiaomi Mi 8 Lite dan Asus Zenfone Max Pro M2 sama-sama mengusung Snapdragon 660 sebagai dapur pacunya. Hanya saja, Snapdragon 660 yang digunakan kedua ponsel ini sedikit berbeda. Asus Zenfone Max Pro M2 memakai Snapdragon 660 dengan kecepatan maksimal 1,9 GHz. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan Snapdragon 660 dengan kecepatan maksimal 2,2GHz.

Perbedaan kecepatan prosesor di Snapdragon 660 antara kedua HP ini menghasilkan performa yang sedikit berbeda. Hal ini terlihat dari nilai Antutu yang didapatkan oleh kedua ponsel. Asus Zenfone Max Pro M2 mendapatkan skor Antutu dengan skor 128 ribuan. Skor ini tentu masih cukup lumayan tinggi di kelas harganya.

Antutu Xiaomi Mi 8 Lite

Sementara Xiaomi Mi 8 Lite memiliki nilai Antutu yang mencapai 140 ribuan. Dengan skor Antutu yang lebih tinggi ini, apakah performa Xiaomi Mi 8 Lite sedikit lebih baik? Ternyata perbedaan nilai Antutu 10 ribu poin tidak menjamin yang lebih tinggi dapat menghadirkan performa yang lebih baik.

Selama pemakaian keduanya, saya tidak menemukan kendala berarti. Performa kedua ponsel ini tidak terlalu jauh meskipun sama-sama mengusung RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Keduanya memiliki performa yang cukup gegas dan baik. Performa di sektor gim juga tidak terlalu jauh karena kedua ponsel memakai GPU yang sama, yakni Adreno 512 yang tidak diturunkan performanya.

Menilik data tersebut, secara angka Xiaomi Mi 8 Lite memang tampak lebih unggul. Tetapi dalam hal pemakaian, keduanya sama saja. Yang membedakan barangkali hanya soal user experience. Xiaomi Mi 8 Lite  hadir dengan MIUI 10 berbasis Android Oreo. MIUI ini memberikan pengalaman navigasi yang menyenangkan meskipun harus diselipi iklan.

Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan OS Android murni. Kehadiran OS Android murni di ponsel ini membuat Asus Zenfone Max Pro M2 bisa dibilang miskin fitur. Tidak ada fitur yang cukup menarik di antara kedua ponsel ini. Berdasarkan dari hal ini, saya bisa bilang, kalau di sektor performa, Asus Zenfone Max Pro M2 dan Xiaomi Mi 8 Lite tergolong seimbang.

Kamera

Xiaomi Mi 8 Lite

Xiaomi Mi 8 Lite memiliki kamera belakang dengan kombinasi kamera ganda. Kombinasi tersebut terdiri dari kamera utama dengan sensor 12 MP dan satu kamera lagi hadir dengan sensor 5 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Asus Zenfone Max Pro M2 juga hadir dengan kombinasi kamera ganda yang sama, yakni 12 MP dan 5 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. 

Meskipun secara spesifikasi, kedua sektor kameranya sama, Xiaomi Mi 8 Lite dan Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki hasil tangkapan yang berbeda. Beberapa kali hasil tangkapan menunjukan kalau Xiaomi Mi 8 Lite memiliki kualitas hasil foto yang cenderung seimbang dengan Asus Zenfone Max Pro M2. Bisa dilihat perbandingan hasil tangkapan kameranya berikut ini.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil Kamera Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Terlihat dari hasil gambar di atas, jika diperhatikan sekilas, hasil foto tidak terlalu jauh berbeda. Hasil foto dari Xiaomi Mi 8 Lite tampak sedikit realistis atau mencoba seperti aslinya. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 seolah memberi efek cahaya sehingga terkesan membuat hasil foto lebih terang.

Pengujian lainnya saya coba dengan menangkap foto dengan efek bokeh. Bagaimana hasilnya? Berikut contoh tangkapan kamera belakang kedua HP ini untuk mendapatkan efek bokeh.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 8 Lite

Efek bokeh kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Efek bokeh kamera belakang Asus Zenfone Max Pro M2

Menilik gambar di atas, hasil foto Asus Zenfone Max Pro M2 tampak lebih baik untuk foto bokeh. Efek blur latarnya cukup rapi. Beda cerita dengan Xiaomi Mi 8 Lite yang efek blurnya masih terasa kurang rapi tetapi untuk kualitas tangkapan foto sama-sama bagus seperti Asus Zenfone Max Pro M2.

Selanjutnya, saya coba bandingkan hasil selfie alias kamera depan dari kedua ponsel ini. Bagaimana hasilnya? Berikut contoh hasil tangkapan selfie kedua ponsel ini.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 8 Lite

Selfie dari kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil selfie Assus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Asus Zenfone Max Pro M2

Selfie dari kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite

Selfie dari kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite

Hasil selfie Assus Zenfone Max Pro M2

Hasil selfie Asus Zenfone Max Pro M2

Menilik hasil selfie-nya, Asus Zenfone Max Pro M2 menunjukan kualitas foto selfie yang tidak konsisten. Hasil foto selfie tergolong bagus di outdoor dan cenderung terang tetapi gagal mendapatkan fokus yang baik di indoor.

Sementara Xiaomi Mi 8 Lite menghasilkan foto selfie yang bisa lebih diterima. Hasilnya tergolong tidak kasar dan minim noise Kualitas kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite yang lebih baik cukup wajar karena Xiaomi Mi 8 Lite memakai sensor 25 MP sementara Asus Zenfone Max Pro M2 hanya hadir dengan sensor 13 MP.

Untuk kamera depan, Asus Zenfone Max Pro M2 kalah telak dari Xiaomi Mi 8 Lite. Hanya saja, untuk kamera depannya, hasil foto Asus Zenfone Max Pro M2  dan Xiaomi Mi 8 Lite tergolong seimbang.

Baterai

Untuk sektor baterai, rasanya tidak berlebihan jika menyebut Asus Zenfone Max Pro M2 sebagai pemenangnya. Betapa tidak, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan baterai berkapasitas 3.350 mAh. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Selama saya memakai kedua ponsel, Xiaomi Mi 8 Lite memang lebih cepat habis konsumsi baterainya dalam sehari meski tidak terlalu boros. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 malah bisa bertahan sampai 2 harian waktu aktif.

Namun, dengan kapasitas baterai yang lebih besar, pengisian daya Asus Zenfone Max Pro M2 lebih lama. Rata-rata untuk pengisian daya dari kisaran 10% ke penuh bisa mencapai 2 jam lebih. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite lebih cepat. Tes pengisian daya Xiaomi Mi 8 Lite dari baterai hanya 1%, bisa terisi sampai 100% dengan waktu tempuh 100 menit saja.

Harga

harga Xiaomi Mi 8 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2

Xiaomi Mi 8 Lite saat pertama kali keluar, hadir dengan harga Rp3,7 jutaan. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 RAM 4 GB hadir dengan harga kisaran Rp3,2 jutaan. Namun di harga barunya (saat artikel ini dibuat). Kedua ponsel memiliki harga yang tidak jauh berbeda.

Xiaomi Mi 8 Lite dengan garansi resmi Xiaomi Indonesia kini dijual kisaran Rp2,7 jutaan. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 varian RAM 4 GB dijual dengan harga Rp2,8 jutaan saja.

Simpulan

Xiaomi Mi 8 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2

Berdasarkan hasil perbandingan di atas, bisa disimpulkan kalau Xiaomi Mi 8 Lite memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Asus Zenfone Max Pro M2. Keunggulan dari Xiaomi Mi 8 Lite di antaranya adalah performa yang baik, kamera depan yang lebih baik, pengisian daya baterai yang cepat, serta desain yang lebih mewah. Satu poin tambahan lagi, Xiaomi Mi 8 Lite memiliki USB Type-C.

Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 unggul di beberapa sektor. Keunggulan dari Asus Zenfone Max Pro M2 adalah layarnya yang lebih tajam, daya tahan baterainya yang awet, serta kamera penggunaan OS Android murni yang meskipun miskin fitur tetapi tidak iklan yang ditawarkan. Selain itu, Asus Zenfone Max Pro M2 unggul karena masih menghadirkan port audio jack 3,5 mm. Di antara kedua ponsel ini, manakah yang membuat Anda tertarik untuk membelinya?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar