carisinyal web banner retina

Pengalaman Audio Berkelas di Samsung Galaxy A52 dan A72

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR SAMSUNG permanen

Menikmati konten bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Dengan semakin canggihnya teknologi, menikmati konten kini bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Ponsel pintar adalah perangkat yang paling umum digunakan untuk mengakses beragam konten yang tersedia secara daring. Cukup terhubung ke jaringan internet yang memadai, setiap orang kini bisa menciptakan momen 'me-time' yang menyenangkan.

Untuk memberikan pengalaman terbaik saat menikmati konten, pabrikan ponsel pintar dunia seperti Samsung telah menghadirkan beragam produk berkualitas yang unggul di sisi visual maupun audio. Sebut saja di antaranya Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Galaxy A52 dan A72 hadir dengan tampilan dan audio yang unggul di kelasnya. Keduanya sama-sama menampilkan layar Super AMOLED yang luas dan tajam, cemerlang, cepat (90Hz), dan cerah (HBM 800 nit). Tampilannya yang berkualitas ini disempurnakan dengan audio yang tak kalah bagus.

Untuk memberikan output suara yang bagus, Galaxy A52 dan A72 dibekali dengan hybrid stereo speaker yang jernih dan nendang. Fitur pengeras suara stereo hybrid ini menjadikan Galaxy A52 dan A72 sebagai salah satu perangkat terbaik di kelasnya untuk menikmati konten.

Hybrid Stereo Speaker Galaxy A52 dan A72

Pengalaman Audio Berkelas di Samsung Galaxy A52 dan A72 1
Sumber: Samsung

Baik Galaxy A52 maupun A72 sebenarnya hanya dibekali dengan sebuah speaker khusus yang mengarah ke bawah. Akan tetapi, Samsung telah meningkatkan pengaturannya sehingga menawarkan performa yang lebih baik. Ini merupakan salah satu peningkatan yang bagus di generasi ponsel ini.

Peningkatan pengaturan speaker pada Galaxy A52 dan A72 adalah adanya sebuah lubang suara yang diamplifikasi yang bertindak sebagai saluran lainnya. Hal inilah yang membuatnya disebut dengan pengaturan speaker stereo hybrid.

Fitur hybrid stereo speaker pada Galaxy A52 dan A72 menjadikan kualitas audio keduanya salah satu yang paling unggul di kelasnya masing-masing. Salah satu buktinya ditunjukkan oleh hasil uji lab speaker GSM Arena.

Dalam pengujian tersebut Galaxy A52 berhasil membukukan skor maksimum -27 LUFS dalam mode default (Dolby Atmos dalam keadaan mati dan Equalizer diatur ke normal). Skor untuk Galaxy A72 adalah dalam mode yang sama adalah -26,4 LUFS.

Skor yang diraih oleh Galaxy A52 dan A72 ini masuk ke dalam tingkat kenyaringan suara yang bagus. Di sisi lain, sejumlah pesaing Galaxy A52 dan A72 hanya memiliki skor pada tingkat biasa saja.

Bukti ini memperkuat posisi Galaxy A52 dan A72 sebagai perangkat yang dapat diandalkan dengan baik untuk konsumsi multimedia. Dikombinasikan dengan tampilan yang juga berkualitas bagus, keduanya adalah opsi yang tidak boleh dilewatkan saat memilih ponsel kelas menengah yang bagus untuk menikmati konten.

Dolby Atmos dan Beragam Opsi Audio

Pengalaman Audio Berkelas di Samsung Galaxy A52 dan A72 3
Sumber: Samsung Members Community

Samsung Galaxy A52 dan A72 tidak hanya tentang pengeras suara hybrid-nya yang membuat perbedaan mencolok dalam konsumsi multimedia. Namun, keduanya juga menawarkan implementasi Dolby Atmos yang memungkinkan Anda mendapatkan setelan audio terbaik sesuai keinginan.

Galaxy A52 dan A72 menawarkan serangkaian opsi audio yang cukup kaya fitur. Implementasi Dolby Atmos-nya termasuk preset untuk film, musik, dan suara (voice). Jika Anda tidak ingin melakukan penyetelan mandiri, Anda bisa memilih opsi otomatis.

Pengalaman Audio Berkelas di Samsung Galaxy A52 dan A72 5
Sumber: GSM Arena

Bagi Anda yang hobi bermain game, Anda bisa mengaktifkan opsi Dolby Atmos for gaming untuk mendapatkan suara Dolby Atmos yang realistis secara otomatis saat Anda bermain game. Fitur ini akan mengoptimalkan suara-suara tertentu dalam permainan, seperti langkah kaki, sehingga pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan.

Dengan adanya opsi audio yang kaya fitur pada Galaxy A52 dan A72, Anda bisa merasakan pengalaman audio yang imersif sesuai dengan kebutuhan. Menonton acara favorit, mendengarkan musik pilihan, atau bermain game populer, semuanya memiliki preset yang bisa Anda atur sesuai keinginan.

Adapt Sound untuk Suara yang Sempurna

Pengalaman Audio Berkelas di Samsung Galaxy A52 dan A72 7
Sumber: GSM Arena

Salah satu alasan lain mengapa audio Galaxy A52 dan A72 menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya adalah adanya fitur Adapt Sound. Ini memberi Anda suara yang sempurna yang hanya disetel untuk telinga Anda. Adapt Sound bekerja kapan saja Anda memakai headset.

Fitur ini Samsung hadirkan karena mereka tahu kalau telinga manusia itu unik. Telinga Anda bisa saja lebih atau kurang sensitif terhadap frekuensi suara tertentu dibanding telinga orang lain. Pendengaran Anda bervariasi sesuai usia, dan bahkan mungkin berbeda antara telinga kiri dan kanan.

Karena alasan inilah Samsung menghadirkan fitur Adapt Sound pada Galaxy A52 dan A72, sesuatu yang mungkin tidak ditemui di banyak produk kompetitor. Anda dapat memilih sebuah preset Adapt Sound yang paling cocok dengan usia Anda, atau mencoba tes pendengaran untuk mendapatkan suara yang dipersonalisasi sepenuhnya

Misalnya usia Anda 25 tahun, maka Anda bisa memilih preset Under 30 years old yang bekerja dengan cara meningkatkan frekuensi tinggi. Lalu ada preset 30 to 60 years old untuk meningkatkan frekuensi tinggi atau menengah, dan Over 60 years old untuk meningkatkan seluruh frekuensi. Jika tidak ingin ada peningkatan frekuensi, Anda bisa memilih opsi Off (no boost).

Di samping Adapt Sound, audio Galaxy A52 dan A72 juga memiliki pengaturan equalizer terdepan. Dengan demikian, Anda dapat menyetel profil audio yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda pribadi.

Dengan banyaknya kesan positif terhadap kualitas audio Samsung Galaxy A52 dan A72, dan kualitas perangkat secara keseluruhan, dari sejumlah situs teknologi dunia, Anda tidak perlu ragu lagi memilih salah satunya jika Anda menginginkan pengalaman audio terbaik di ponsel kelas menengah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk secara keseluruhan, Anda bisa mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia (klik di sini untuk Galaxy A52 dan di sini untuk Galaxy A72). Siap merasakan pengalaman audio berkelas dengan Galaxy A52 atau A72?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram