Carisinyal / TikTok / Cara Ampuh Supaya Video Masuk Halaman FYP di TikTok

Cara Ampuh Supaya Video Masuk Halaman FYP di TikTok

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hari ini gini gak tahu TikTok? Kebangetan kalau misalnya kamu benar-benar tidak tahu dengan aplikasi yang tengah naik daun ini. TikTok adalah salah satu jejaringan sosial yang dikembangkan sebagai pembuat video pendek, memungkinkan penggunanya untuk merekam video menyanyi, menari, tutorial, dan lain sebagainya.

Hal yang membuat aplikasi asal Tiongkok ini berbeda dan banyak digandrungi masyarakat global karena misinya untuk mendorong para pengguna TikTok menjadi seorang kreator yang kreatif dalam membuat video dalam durasi kurang dari satu menit.

Dikenal dengan nama Douyin di negara kelahirannya, penggunaan aplikasi ini terbilang mudah dan siapa saja bisa menggunakannya. Senada dengan artikel bertajuk “TikTok: Why The Enormous Success?” dari Forbes, Tiktok merupakan aplikasi yang nyaman dan jauh lebih mudah digunakan untuk mengedit dan mengunggah konten dibandingkan aplikasi lain seperti Instagram atau Snapchat.

Selain itu, alasan TikTok menarik bagi banyak orang karena aplikasi ini terbilang unik terkhusus bagi generasi muda-mudi saat ini, yang sebagian besar waktu terpaku pada ponsel pintarnya. Terakhir, TikTok telah menyematkan algoritma kecerdasan buatan (AI) yang canggih untuk mempelajari preferensi pengguna dan kemudian memberikan rekomendasi video yang cocok atau disesuaikan kepada para pengguna.

Selain dapat melihat video sesuai preferensi, TikTok juga menyuguhkan video-video singkat yang lagi viral atau populer di masyarakat mulai dari video lipsync, tantangan, menarik, curhat, bahkan peristiwa alam. Biasanya video yang sesuai preferensi pengguna maupun populer dapat ditemukan dan ditonton di laman For You Page (FYP).

Mengenal Lebih Jauh Soal FYP di TikTok

TikTok Cover

FYP merupakan halaman rekomendasi yang akan muncul pertama kali pada aplikasi TikTok atau setiap kali pengguna menjalankan perangkat lunak tersebut. Di laman ini pengguna aplikasi TikTok bisa melihat dan menonton video yang lagi hits atau sesuai preferensi.

Tahukah kamu? Kini banyak sekali kreator TikTok yang berlomba-lomba untuk menjadikan video unggahannya masuk FYP. Dengan masuknya suatu video di FYP, maka akan mendorong banyak orang untuk melihat video tersebut tanpa harus mencarinya di menu pencarian.

Dengan demikian, tak jarang bila video seseorang masuk di laman FYP maka hal tersebut akan membuat sang kreator atau orang yang ada di dalam video tersebut menjadi viral.  Tidak hanya itu, sekali video dari suatu akun TikTok masuk laman FYP, berpeluang besar di video selanjutnya bisa kembali masuk FYP.

Untuk menjadikan video pada laman FYP di TikTok tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena diperlukannya niat, konsep, dan persiapan yang matang saat membuat video TikTok. Ada beberapa faktor penentu sebuah video nangkring di FYP di antaranya setelan akun, informasi video, dan interaksi pengguna.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana agar video milikmu masuk halaman FYP di TikTok, sebaiknya kamu perlu melakukan langkah-langkah dari Carisinyal berikut ini.

Cara Agar Video Masuk FYP di TikTok

Sebelum Carisinyal membeberkan langkah apa saja yang perlu kamu perhatikan agar video milikmu nongkrong di halaman FYP TikTok, perlu diingat kalau langkah-langkah ini tidak menjamin videomu masuk FYP tetapi hanya saja kamu bisa menerapkan dan kemudian melihat hasilnya. Yuk, langsung saja simak langkah-langkahnya!

  • Membuat Video dengan Musik/Lagu Viral
TikTok Gadgetplus.id
*Sumber: https://gadgetplus.id/

Sebuah video TikTok tidak lepas dari yang namanya backsound atau suara pengiringAgar video milikmu dapat ditemukan pengguna lain dengan mudah dan bahkan masuk FYP, disarankan juga untuk menyematkan musik atau video yang lagi booming atau tren. Misalnya, kamu bisa menggunakan musik dari DJ Desa, lagu “Masih Ting-Ting” dari Ayu Ting-Ting, “Say So” dari Doja Cat, “Genius” dari Labrinth, Sia, and Diplo (LSD), dan lain sebagainya. 

Akan tetapi, bila kamu bingung menemukan musik atau lagu apa yang sedang tren, tenang TikTok menyuguhkan banyak pilihan lagu dan yang paling penting kamu tidak perlu khawatir soal copyright. Saat kamu menggunakan musik atau lagu pada videomu, TikTok akan membaca kontenmu dan menawarkan ke laman FYP pengguna lain yang selera musiknya sama seperti kamu.

  • Mencontoh Video Tren atau Challenge
TikTok Freepik
*Sumber: https://www.freepik.com/

Langkah yang bisa kamu aplikasikan supaya video milikmu masuk di laman FYP TikTok adalah dengan mengikuti atau mencontoh video tren atau challenge, yang diikuti oleh banyak orang. Setelah menemukan video tren atau challenge cobalah untuk memodifikasi gerakan atau menambahkan ide baru sehingga ada ciri khas kamu sendiri, sehingga tidak terkesan meniru dan membosankan.

Untuk mencari tren atau challenge, kamu bisa mencarinya di halaman pencarian video. Di halaman tersebut kamu bisa menemukan video tren atau challenge apa saja yang lagi booming di FYP. Perlu diingat, bahwa yang namanya tren pasti sering berganti seiring berjalannya waktu.

Sebagai contoh video challenge yang pernah ramai di TikTok mulai dari goyang ubur-ubur, kopi dangdut, papa muda, video zoom face bagaikan langit, dan masih banyak lagi.

  • Membuat Caption yang Menarik
TikTok Good Housekeeping
*Sumber: https://www.goodhousekeeping.com/

Seperti halnya pada media sosial lain, kamu perlu membubuhkan sebuah caption atau deskripsi pada video milikmu saat diunggah di aplikasi video yang satu ini. Membuat caption tentunya menjadi salah satu langkah supaya video nangkring di laman FYP TikTok. Lalu, caption seperti apa yang harus dibuat?


Kamu bisa membuat caption yang menarik, unik, dan sangat disarankan isi caption nyambung, sesuai atau yang benar-benar merepresentasikan dari video yang akan kamu unggah di TikTok. Disebabkan apabila tidak nyambung atau tidak sesuai dengan konten video, kemungkinan besar video milikmu tidak banyak dilirik.

Selain itu, supaya caption berbeda dari yang lain cobalah untuk menciptakan caption dalam bentuk pertanyaan. Hal ini memungkinkan akan menggiring banyak pengguna TikTok lain ikut nimbrung, menjawab pertanyaan dan berinteraksi di kolom komentar videomu. Apabila ada yang bertanya balik, jangan lupa untuk membalasnya kembali. Hal ini memberikan peluang pada videomu untuk muncul di laman FYP TikTok.

Contoh caption, “Menurut kalian itu manusia atau kuyang?”, “Bener gak sih goyang Ting-ting itu seperti ini?”, “Pernah ngalamin kejadian seperti ini gak?” dan lain sebagainya yang sesuai dengan konten video. Tidak perlu menggunakan bahasa formal dan panjang, cukup gunakan beberapa kata yang mewakili video tersebut.

  • Memilih Hashtag yang Tepat Saat Mengunggah Video
TikTok Xtramagazine Hashtag
*Sumber: https://xtramagazine.com/

Selain caption, adapun hashtag yang juga menjadi bumbu pelengkap sebelum videomu diunggah di aplikasi TikTok. Kegunaan TikTok sendiri yaitu untuk membantu para pengguna TikTok lainnya dalam menemukan atau melakukan pencarian sebuah video.

Pun bisa dikatakan kalau pengaruh penggunaan hashtag juga sangat tinggi dan sekaligus dapat menjadikan video milikmu berbaris di laman FYP aplikasi TikTok. Dalam pemilihan hashtag, sebaiknya kamu jangan asal mengambil atau memilih hashtag. Pastikan kamu memakai hashtag yang tengah trending.

Tidak lupa kamu juga harus memperhatikan akan relevansi hashtag dengan video milikmu, jadi tidak hanya sekedar trending. Ada hashtag wajib yang harus atau hukum wajib kalau ingin videomu menjadi viral atau terpampang di laman FYP TikTok, yaitu dengan memakai hashtag #foryoupage, #foryou, dan #FYP.

Dipercaya kalau penggunaan hashtag tersebut dalam video milikmu akan meningkatkan kepopuleran video tersebut. Selebihnya, kamu bisa memakai hashtag lain yang lagi tren dan tidak perlu mencantumkan banyak hashtag.

  • Merekam Video dengan Kualitas Layak
TikTok Business of Apps
*Sumber: https://www.businessofapps.com/

Untuk yang satu ini sebenarnya opsional, akan tetapi bila kualitas dari sebuah video bagus dan tajam alias tidak buram memungkinkan pengguna atau penonton akan merasa anteng dan nyaman untuk menonton. Kamu bisa menggunakan ponsel pintar yang memiliki resolusi lensa yang tinggi untuk merekam video dengan kualitas yang baik.

Kamu juga bisa mengeditnya lewat perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi pengolah video untuk menghasilkan video dengan kualitas yang bagus, aturlah pencahayaan dan kalau memungkinkan hindari keramaian agar videomu tidak bocor atau mengandung kebisingan.

  • Memahami Sistem Kerja Algoritma TikTok
TikTok RecurPost
*Sumber: https://recurpost.com/

Meski terdengar ribet atau teknis tapi yang satu ini patut diperhatikan agar videomu masuk ke FYP di TikTok. Dalam memilih sebuah video yang melintas di laman FYP, aplikasi jejaring ini mengimplementasikan sebuah Algoritma.

Sistem kerjanya ketika TikTok hendak mencoba menunjukkan video yang baru saja diunggah ke beberapa pengguna lain, maka akan melihat terlebih dahulu respon dari pengguna lain tersebut. Apabila respon dari pengguna tersebut positif dan baik pada videomu seperti memberikan komentar, like, hingga membagikan video, TikTok pun akan menunjukkan video milikmu kepada lebih banyak pengguna TikTok lain.

Singkatnya, ciptakan unggahan video milikmu dapat mendorong pengguna lain untuk menyukai video, mengomentari atau merespon video, menonton video hingga usai, dan membagikan video. Ada banyak faktor dalam Algoritma TikTok yang dapat diaplikasikan di antaranya penggunaan alunan musik atau suara yang lagi viral, durasi video, dan lain-lainnya.

  • Memperhatikan Jadwal Mengunggah Video di TikTok
TikTok Xtramagazine
*Sumber: https://xtramagazine.com/

Untuk soal yang satu ini kamu bisa riset lebih dalam di Google, namun kebanyakan menjelaskan kalau waktu unggahan sebuah konten di suatu media sosial memiliki waktu terbaiknya sendiri-sendiri untuk mendapatkan engagement dari pengguna atau masyarakat/netizen. Begitupun dengan TikTok yang mempunyai waktu terbaik untuk mengunggah video

Pembagian waktu biasanya terlihat dari seberapa banyak orang menggunakan aplikasi di suatu masa. Dengan mengetahui jam yang tepat, kamu bisa memanfaatkan waktu supaya video milikmu dapat ditonton oleh publik. Misalnya, di TikTok waktu terbaik yaitu mengunggah di pukul 12.00 – 13.00 siang, pukul 16.00 sore dan jam prime time (19.00 – 23.00 malam).

Itulah tadi pembahasan mengenai ulak-ulik cara supaya video milikmu masuk laman FYP di TikTok. Perlu diingat langkah-langkah di atas kembali lagi ke pribadi masing-masing tergantung niat, pembuatan konsep, dan tentunya kreatif. Bila videomu pernah atau berhasil masuk laman FYP di TikTok, coba komen di kolom komentar bagaimana cara videomu masuk FYP!

Oh iya, selain tips dan cara agar videomu masuk FYP TikTok, kami juga punya tips lain seputar TikTok, salah satunya adalah Cara Download Video di TikTok. Cara tersebut bisa menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi lho!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *