carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Anti Ribet, Ini Dia 4 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Anti Ribet, Ini Dia 4 Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Mungkin kamu pernah membaca berita tentang para pelanggan IndiHome yang mengeluh karena sulit dan ribetnya proses berhenti berlangganan internet milik perusahaan pemerintah itu. Banyak pelanggan yang merasa kesulitan dengan prosedur yang diterapkan jika ingin berhenti berlangganan internet ini.

Untungnya pihak Telkom selaku pemilik IndiHome menanggapi keluhan para pelanggan tersebut. Pihaknya mengaku akan menyelesaikan permasalahan tersebut dan membuat kebijakan agar proses pemberhentian berlangganan IndiHome lebih mudah. Kamu berencana untuk melakukan hal serupa? Nah, coba simak uraian berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Berhenti Berlangganan IndiHome

Sumber: IndiHome

Dalam situs resmi IndiHome dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat sebuah kontrak diputus secara sepihak oleh Telkom. Biasanya, pelanggan meninggal dunia, atau karena Telkom tidak mampu menyediakan layanan tersebut.

Namun, kamu tidak harus menunggu hal tersebut terjadi. Pada dasarnya kita bisa mengajukan pengakhiran kontrak berlangganan kepada pihak Telkom. Dan Telkom sendiri mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan yang ingin berhenti berlangganan IndiHome. Ini dia syaratnya:

  • Siapkan fotokopi KTP atas nama pemilik IndiHome. Berkas ini harus dipersiapkan jika kamu akan mengurus pemutusan kontrak secara luring (offline).
  • Bagi yang ingin mengurus pemutusan kontrak langganan IndiHome secara daring (online), siapkan fotokopi KTP dalam bentuk scan.
  • Lakukan pelunasan tagihan bulan terakhir. Jika kamu sudah melakukan pelunasan tagihan, serahkan struk pembayaran tagihan bulan terakhir tersebut.
  • Lakukan pula pelunasan tagihan bulan berjalan.
  • Pengembalian perangkat.
  • Materai 6.000 beserta stempel resmi dari kantor. Ini berlaku untuk pelanggan instansi atau kantor.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Secara Daring dan Luring

Secara umum pengajuan pemberhentian kontrak layanan IndiHome bisa dilakukan melalui dua cara, yakni secara daring dan luring. Jika semua persyaratan terpenuhi kamu tinggal mengajukan pemutusan kontrak berlangganan IndiHome. Nah, ada pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan pemberhentian kontrak.

1. Datang Langsung ke Plaza Telkom

Sumber: https://twitter.com/telkomcare

Bagi kamu yang lebih suka interaksi langsung face to face, cara pertama ini adalah yang paling tepat. Kamu bisa langsung mendatangi Plaza Telkom dan menyerahkan berkas persyaratan yang diperlukan. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkapnya:

  • Bawa semua persyaratan yang diperlukan termasuk peralatan milik Telkom yang dipinjamkan selama kontrak berlangsung ke kantor Telkom.
  • Ambil nomor antrian yang tersedia.
  • Tunggu sampai namamu dipanggil. Setelah kamu mendapat giliran, kamu akan diberi formulir yang harus kamu isi. Formulir tersebut berisi identitas dan alasan berhenti berlangganan IndiHome.
  • Selanjutnya, formulir tersebut akan difotokopi dan diberi materai.
  • Kamu akan diminta untuk menandatangani formulir tersebut di atas materai 6.000.
  • Lalu, kamu akan diminta sejumlah biaya untuk mengajukan pemberhentian layanan tersebut.
  • Terakhir, Kamu akan diarahkan ke loket pembayaran IndiHome. Setelah ini CS akan menyelesaikan proses pemberhentian langganan.

Sebaiknya selalu bawa uang lebih ketika kamu akan melakukan pengajuan pemutusan kontrak langganan IndiHome. Ini untuk mengantisipasi nominal yang harus kamu bayar saat melakukan proses tersebut.

2. Melalui Twitter dan Mention CS

Sumber: https://unsplash.com

Kamu aktif dalam media sosial? Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berhenti berlangganan IndiHome dengan mention customer service (CS) IndiHome. Layanan ini tidak terikat waktu. Pelanggan bisa mengakses media sosial yang dimiliki IndiHome 24 jam.

Untuk mengajukan permohonan pemberhentian kontrak layanan internet kamu harus sudah mempunyai akun Twitter. Setelah itu, kamu bisa masuk ke akun Twitter Telkom Indonesia, yaitu @Telkomcare. Follow akun tersebut dan buat tweet yang berisi permintaan untuk berhenti berlangganan IndiHome. Nah, berikut ini adalah langkah lengkapnya.

  • Login melalui akun Twitter-mu.
  • Follow akun Twitter Telkom Care.
  • Tweet dan mention akun @Telkomcare dengan pesan yang berisi pesan mengenai pengajuan untuk mengakhiri kontrak berlangganan IndiHome.
  • Tunggu balasan dari admin. Setelah itu percakapan akan dilanjut melalui DM.
  • Pada percakapan DM, admin akan meminta beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk berhenti berlangganan IndiHome, seperti nomor IndiHome, nomor telepon, KTP, email, dan KK. File tersebut akan diminta sebagai validasi data pengguna data pengguna.
  • Tunggu konfirmasi lebih lanjut dari admin Telkomcare.
  • Ikuti prosedur yang diberikan oleh admin yang berkaitan mengenai persyaratan permohonan berhenti berlangganan.

Pengajuan melalui Twitter ini akan diproses selama 1x24 jam. Jadi kamu masih bisa menggunakan koneksi internet sambil menunggu masa propagasi sistem IndiHome berakhir. Jika dalam 24 koneksi internet kamu masih menyala, sebaiknya kamu hubungi CS IndiHome-nya.

3. Menelepon Call Center 147

Sumber: https://pixabay.com

Setiap perusahaan penyedia layanan pasti mempunyai Call Center sebagai media untuk menyampaikan keluhan atau hal yang ingin kamu sampaikan yang berkaitan dengan IndiHome seperti mengajukan memutuskan berhenti berlangganan IndiHome. Begini langkah-langkahnya.

  • Sebelum kamu menelpon Call Center 147, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan syarat mengajukan berhenti berlangganan. Di atas sudah dijelaskan apa saja hal yang harus kamu persiapkan.
  • Hubungi Call Center 147. Layanan ini adalah layanan berbayar. Kamu akan dikenakan biaya Rp 1.000/menit. Pastikan kamu sudah mengisi pulsa telponmu.
  • Tambahkan kode area +147 ketika kamu menelpon Call Center.
  • Jika semua syarat dan ketentuan pengajuan berhenti berlangganan sudah terpenuhi, layanan kamu akan segera dinonaktifkan. Setelah itu tim IndiHome akan mendatangi rumahmu untuk mengambil peralatan IndiHome yang terpasang.

4. Melalui Fanpage Facebook

Sumber: https://unsplash.com

Selain menggunakan Twitter, kamu pun bisa menggunakan Facebook untuk mengajukan pemberhentian kontrak berlangganan layanan internet. Ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Pertama-tama, login melalui akun Facebook-mu.
  • Cari fanspage Telkom Care. Setelah itu kirim pesan.
  • Tunggu sampai pesan kamu mendapat respon dari admin Telkom Care.
  • Setelah mendapat respon, admin Telkom Care akan meminta beberapa berkas sebagai validasi identitas pelanggan. Jangan lupa persiapkan nomor HP, KTP dan nomor IndiHome.
  • Kemudian, admin akan memintamu untuk melunasi tagihan bulan lalu dan tagihan yang sedang berjalan.
  • Jika semua prosedur sudah lengkap terpenuhi, maka layanan IndiHome akan segera dimatikan.
  • Segera kembalikan peralatan IndiHome yang dipinjamkan selama menjadi pelanggan IndiHome. Jika dalam waktu lama kamu tidak mengembalikan peralatan tersebut, tim IndiHome akan mengambil perangkat modemnya.

Sebagai informasi, Telkom memberikan reward bagi pengguna berupa poin pada setiap transaksi. Nah, jika kamu mempunyai banyak poin Telkom, kamu bisa sekalian menukarkannya di Plaza Telkom.

Penukaran poin ini bisa berupa barang atau kupon berhadiah yang diundi setiap satu bulan atau satu tahun sekali. Hadiah yang diberikannya pun beragam tergantung dari jumlah poin yang kamu miliki.

Nah, itulah beberapa cara berhenti berlangganan IndiHome yang bisa kamu coba saat kamu tidak mau lagi menggunakan IndiHome. Mengenai pengajuan berhenti berlangganan internet IndiHome, kamu bisa mengajukan berhenti berlangganan meskipun baru berlangganan tiba bulan bahkan kurang. Pemutusan kontrak berlangganan akan disetujui jika alasan yang diberikannya valid. Semoga informasinya bermanfaat.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram