Carisinyal / Tips Game Android / Tips Trik dan Cara Bermain Game Swing Copters yang Benar

Tips Trik dan Cara Bermain Game Swing Copters yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Maret 2020

Sang pembuat game Flappy Bird, Dong Nguyen, kembali lagi dengan judul game terbarunya yang diberi nama Swing Copters. Sama halnya seperti game pertamanya, game Swing Copters juga menyuguhkan grafis yang sederhana dan gameplay yang sangat sulit.

Dalam game ini kita harus mengendalikan sebuah makhluk berbentuk helikopter kecil yang bergerak liar ke kanan dan ke kiri. Kita harus menerbangkannya melewati halangan dua buah besi yang dilengkapi dengan palu yang menggantung.

game Swing Copters

Ketika baru memainkannya Anda pasti akan merasa kebingungan dan kesulitan. Ya, game ini memang membutuhkan adaptasi yang tidak mudah. Maka dari itu berikut Carisinyal akan mengulas tips trik untuk dapat meraih poin tertingi dalam game Swing Copters seperti dikutip dari Gamezebo dan Android Pit.

Swing Copters Lebih Sulit dari Flappy Bird

Jika Anda merasa akan mudah mendapatkan poin di Swing Copters karena sebelumnya sudah menjadi master Flappy Bird, Anda salah besar. Ya, Swing Copters hadir dengan gameplay yang lebih sulit, bahkan dapat dibilang sangat sulit untuk dikuasai.

Setelah bermain game ini Anda pasti akan menganggap gameplay dari Flappy Bird tidak ada apa-apanya. Maka dari itu persiapkanlah mental Anda dengan baik agar tidak mudah emosi dan tidak membahayakan smartphone ataupun orang-orang di sekitar Anda.

Rileks

Sama halnya seperti tips bermain Flappy Bird, ketenangan menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan. Pastikan Anda berada dalam kondisi yang rileks dan nyaman ketika memainkannya. Dengan begitu Anda bisa fokus dan tidak mudah frustasi atau kehilangan kontrol ketika bermain.

Gunakan Perangkat Berlayar Besar

Bermain di perangkat yang memiliki layar besar akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan layar kecil. Dengan layar yang besar, Anda dapat melihat rintangan di atas dengan mudah sehingga memiliki banyak waktu untuk bereaksi ke arah yang tepat.

Memulai Permainan

game Swing Copters start

Setelah mengulas tips non-teknis, mari kita mulai membahas tips dalam permainannya. Ketika Anda memulai permainan, si Copter akan langsung menukik tajam ke arah sebelah kanan. Maka dari itu kendalikanlah Copter ke arah kiri untuk kemudian langsung diseimbangkan dengan mengarahkannya kembali ke kanan.

Namun ingat jangan mengetuk layar terlalu sering seperti bermain Flappy Bird. Pasalnya, Copter akan mudah kehilanagn kontrol sehingga sulit untuk dikendalikan. Cukup lakukan sekali ketukan di waktu yang tepat untuk membuatnya seimbang.

Fokus di Tengah Layar

game Swing Copters tengah

Setelah berhasil menyeimbangkannya, kini mulailah untuk mengendalikan Copter agar selalu berada di tengah-tengah rintangan. Jangan terlalu memperhatikan palu-palu yang bergelantungan di awal permainan ini karena belum banyak rintangan yang berpola zig-zag.

Menghindari Palu

Setelah sukses melewati beberapa rintangan, barulah kini Anda harus menyusun strategi agar tidak terhempas oleh palu-palu tersebut. Ayunan palu tersebut menjadi rintangan tambahan yang membedakan game ini dengan Flappy Bird, karena di Flappy Bird semua rintangannya diam tak bergerak.

Oleh karena itu, mempelajari pergerakan dari palu merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam game ini. Hal ini mutlak dilakukan karena hampir mustahil kita selalu berada di tengah-tengah lubang ketika melewatinya.

Trik untuk menghindari palu tersebut adalah dengan berada pada sisi yang berlawanan dengan ayunannya sesaat sebelum melewatinya. Artinya, bergeraklah ke sisi yang palunya sedang mengayun keluar. Dengan begitu ketika Anda melewati lubang, maka palu tersebut sudah mengayun ke arah dalam.

Sebagai contoh, jika palu yang berada di sebelah kanan sedang mengayun ke arah luar, maka bergeraklah ke arah kanan sebelum melewati lubang. Setelah itu palu akan mengayun ke dalam dan Anda akan memiliki ruang yang kosong di bagian sebelah kanan lubang yang mudah untuk dilewati.

Sesuaikan Ritmenya

game Swing Copters palu

Ketika sudah mulai bisa menghindari palu dan melewati lubang dengan mudah, kini Anda hanya tinggal menyesuaikan ritmenya. Secara umum, kita biasanya harus mengetuk layar setiap setengah detik ketika mendekati palu. Ketika melewatinya, biasanya jumlah ketukan akan bertambah hingga 3 atau 4 ketukan perdetik.

Jumlah ketukan tersebut tentunya akan berbeda tergantung jarak ayunan palu dan posisi yang Anda tempati. Namun semakin sering Anda bermain, maka Anda Anda akan semakin mudah mendapatkan ritmenya tanpa perlu lagi menghitung ketukannya.

Melakukan satu ketukan ke ketukan yang lain dengan rentang yang agak lama berguna untuk membuat Copter berubah arah dengan drastis. Namun hal tersebut biasanya menjadikannya susah dikendalikan dan akan langsung menabrak sisi layar.

Sebaliknya, Anda juga jangan terlalu cepat ketika melakukan ketukan. Anda mungkin akan berpikir jika mengetuk layar dengan  sangat cepat akan memudahkan Copter untuk terus seimbang dan berada di tengah. Sayangnya, hal tersebut hanya akan berlangsung sesaat karena selanjutnya Anda biasanya akan langsung kehilangan kontrol.

Hal tersebut terjadi karena ketika kita melakukan dua ketukan dengan sangat cepat, maka Copter akan mendapatkan “lateral speed” yang sangat besar. Sebelum kita memiliki waktu untuk bereaksi, Copter biasanya sudah menubruk tembok terlebih dahulu.

Satu-satunya situasi di mana Anda diperbolehkan untuk melakukan tindakan di atas adalah ketika Anda sudah merasa kehilangan kontrol namun ingin meraih satu poin tambahan lagi. Ya, permainan Anda memang akan tamat namun setidaknya Anda mendapatkan satu poin berharga untuk mengalahkan perolehan poin pemain lain.

Satu Jari atau Dua Jari?

Bermain Swing Copters dapat dimainkan dengan satu ataupun dua jari. Anda dapat menggunakan dua jari di sebelah kanan dan kiri untuk menyeimbangkan Copter secara bergantian. Anda juga dapat menggunakan satu jari saja dengan berpindah dari sebelah kanan dan kiri.

Tidak ada teknik yang terbaik karena semuanya bergantung kepada kebiasaan dan kenyamanan Anda dalam memainkannya. Yang terpenting adalah Anda harus selalu mengetuk tepat waktu, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat.

Istirahat Sejenak

Game semacam Flappy Bird dan Swing Copters memang sengaja dibuat untuk membuat frustasi para pemainnya. Karena sulit untuk ditaklukan, maka para pemain juga biasanya akan bermain secara terus menerus sebelum mencapai poin tertinggi.

Oleh karena itu, jangan pernah terbawa emosi ketika bermain game ini. Jika Anda sudah berkali-kali gagal, istirahatlah sejenak untuk menenangkan keadaan. Ingat, semakin tenang Anda memainkannya, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendulang banyak poin.

Itulah beberapa tips dan trik mudah agar Anda dapat menguasai Swing Copters dengan cepat. Game ini sangat sederhana sehingga tidak ada cheat khusus untuk mendapatkan poin tertinggi. Cukup latihan yang banyak dan bermain dengan sabar.

Jika Anda belum memiliki game Swing Copters ini, silahkan men-download secara langsung melalui Google Play Store di sini. Berikut adalah trailer yang dibuat oleh sang pengembang dari game ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *