carisinyal web banner retina

Tutorial Cara Mengirim Pesan Broadcast Melalui WhatsApp

Ditulis oleh Linda
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

WhatsApp telah menjadi alat komunikasi penting bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. Dengan fitur-fiturnya yang intuitif dan mudah digunakan, aplikasi ini tidak hanya memudahkan pengiriman pesan secara personal, tapi juga memberikan kemampuan untuk mengirimkan pesan secara massal melalui fitur broadcast.

Fitur broadcast WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa perlu membuat grup. Ini sangat berguna untuk menyebarkan informasi penting atau promosi kepada banyak orang tanpa mengganggu privasi mereka. Di artikel ini Carisinyal akan memberikan tutorial lengkap tentang cara menggunakan fitur broadcast di WhatsApp.

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp

Masih menggunakan cara manual dengan mengirim pesan ke satu persatu kontak? Lupakan cara tersebut dan manfaatkan fitur broadcast yang ada di WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah mengirim broadcast WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp melalui smartphone.
  • Tekan ikon tiga titik vertikal, lalu pilih “New Broadcast”.
BC 1
  • Pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast. Batas maksimal jumlah kontak yang bisa dikirimi pesan broadcast adalah 256 nomor.
  • Setelah selesai memilih kontak, tekan ikon checklist (centang) yang ada di pojok kanan bawah layar.
BC 2
  • Ketik atau copy paste pesan yang hendak dikirim.
  • Tekan ikon pesawat kertas atau send untuk mengirim pesan broadcast tersebut.
BC 3

Tips Menggunakan Fitur Broadcast di WhatsApp

BC WA

Apabila Anda baru pertama kali mengirim pesan broadcast di WhatsApp, berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti untuk memanfaatkan fitur tersebut secara lebih bijaksana:

  • Personalisasi Pesan: Meskipun Anda mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang, usahakan untuk membuat pesan tersebut terasa personal.
  • Gunakan untuk Informasi Penting: Fitur ini sangat berguna untuk menyebarkan informasi penting atau mendesak kepada banyak orang sekaligus.
  • Perhatikan Privasi: Pastikan untuk tidak menyalahgunakan fitur broadcast dengan mengirim spam kepada kontak Anda.

Fitur broadcast di WhatsApp adalah alat yang sangat efektif untuk mengirim pesan massal secara efisien dan personal. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola broadcast list untuk kebutuhan komunikasi Anda.

Ingatlah untuk selalu menggunakan fitur ini dengan bijak dan menghormati privasi setiap kontak. Dengan cara ini, WhatsApp tidak hanya menjadi alat komunikasi yang kuat tapi juga menjaga hubungan yang baik dengan semua kontak yang Anda miliki.

FAQ

Fitur broadcast yang disediakan WhatsApp ini memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke beberapa kontak sekaligus. Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai broadcast WhatsApp beserta jawabannya.

1. Broadcast WhatsApp Maksimal Berapa?

Maksimal jumlah kontak yang dapat ditambahkan ke dalam daftar broadcast adalah 256 kontak.

2. Broadcast Digunakan untuk Apa?           

Broadcast di WhatsApp biasanya digunakan untuk mengirimkan informasi, pengumuman, promosi, atau pesan penting lainnya kepada sejumlah besar penerima secara simultan.

3. Apakah WhatsApp Bisnis Bisa Broadcast?

Ya, WhatsApp Bisnis juga memiliki fitur broadcast.

4. Apakah WhatsApp Broadcast Gratis?

Ya, mengirim broadcast di WhatsApp, baik menggunakan versi standar maupun WhatsApp Bisnis, tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram