carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Yuk, Ketahui 5 Cara Cek IMEI untuk Semua Tipe Lenovo Ini

Yuk, Ketahui 5 Cara Cek IMEI untuk Semua Tipe Lenovo Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Apa yang pertama kali kamu lakukan ketika membeli sebuah ponsel baru? Cek spesifikasi dan fitur di dalamnya? Itu bukan langkah yang salah, kok. Tapi ada juga hal penting yang harus kamu lakukan, yaitu cek IMEI ponsel.

IMEI bagi perangkat ponsel adalah sebuah tanda pengenal yang berisi asal usul ponsel. Dari sanalah kita dapat mengetahui apakah sebuah perangkat asli atau rakitan.

Ini juga berlaku ketika kamu membeli ponsel dari merek Lenovo. Jangan langsung tergiur dengan spesifikasinya yang bagus dan harga murah yang ditawarkannya. Lakukan cek menyeluruh pada perangkatmu sebelum kamu membayar. Nah, bagaimana cara cek IMEI Lenovo dan apa sih sebenarnya nomor IMEI itu?

Sekilas Tentang IMEI dan Struktur Nomornya

IMEI adalah akronim dari International Mobile Equipment Identity. Mirip sebuah KTP pada manusia. IMEI berisi kode-kode unik yang berbeda-beda. Kode IMEI digunakan pada perangkat ponsel GSM, telepon seluler iDEN dan WCDMA serta beberapa telepon satelit.

Nomor IMEI hanya digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan ia tidak ada hubungan permanen atau pun semi permanen dengan pelanggan. Pasalnya nomor IMEI sudah ada sebelum pelanggan membelinya dan kode-kode di dalamnya tidak bisa diotak-atik oleh siapa pun.

Nomor IMEI pada ponsel digunakan oleh jaringan GSM berisi keterangan yang valid mengenai semua informasi ponsel. Dari nomor IMEI kita bisa menghentikan jaringan yang digunakan pada perangkat ponsel saat ponsel itu hilang atau dicuri.

Ketika sebuah perangkat hilang atau dicuri, pemilik bisa mengontak CEIR (Central Equipments Identity Register) dan membuat daftar hitam perangkat ponsel sesuai dengan nomor IMEI-nya.

Ketika ponsel itu dilaporkan telah hilang dan berganti kepemilikan, maka nomor akan ditandai tidak valid dan nomor tidak disetujui. Setelah itu, ponsel tidak bisa lagi digunakan bahkan jika kamu mengganti unit kartu SIM.

Struktur Nomor IMEI

Nomor IMEI berisi 14-16 digit angka. Format yang digunakan adalah AA-BBBBBB-dan-D. Dua kode AA ini fungsinya untuk Pengidentifikasi Badan Pelaporan. Kode tersebut menunjukkan kelompok yang disetujui jaringan GSM untuk mengalokasikan kode alokasi tipe.

Sementara itu, kode BBBBBB adalah sisa dari kode alokasi tipe. CCCCCC adalah urutan serial model ponsel dan kode D merupakan Luhn cek digit seluruh model ponsel, sebuah algoritma yang menunjukan validitas nomor ID.

Setiap IMEI muncul dengan 16 digit angka yang masing-masing mempunya identitas tersendiri. Format terbaru untuk nomor IMEI berbentuk kode AA-BBBBBB-CCCCCC-D.

Kode A adalah identitas untuk produsen, kode B merupakan angka model telepon, kode C adalah angka identitas dan kode D adalah angka yang digunakan untuk mengkonfirmasi semua angka IMEI. Struktur nomor IMEI bisa diterjemahkan sebagai berikut:

  • AA adalah kode negara.
  • BBBB adalah kode Final Assembly.
  • CC adalah kode manufaktur.
  • DDDDDD adalah nomor serial
  • E adalah kode tambahan.

Cara Cek IMEI Lenovo

Lalu, bagaimana dengan cara cek IMEI di ponsel Lenovo? Nah, itulah yang akan kita bahas lebih lanjut melalui artikel ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI pada sebuah perangkat Lenovo.

1. Cek IMEI pada Kotak Kemasan

Ketika kita membeli sebuah ponsel baru, pasti selalu ada kotak kemasan, bukan? Nah, pada kotak kemasan tersebut terdapat beberapa hal seperti logo produk, kode produksi dan keterangan singkat mengenai produk tersebut.

Selain itu, pada kotak kemasan terdapat stiker putih yang berisi angka dan barcode. Salah satu deretan angka tersebut adalah nomor IMEI. Kamu bisa cek nomor IMEI pada situs-situs pengecekan IMEI online dan melihat informasi di dalamnya.

2. Cek IMEI Menggunakan Kode

Selain itu, untuk mengecek IMEI sebuah ponsel, kamu bisa memasukan kode *#06# pada dial number. Dengan memasukan nomor tersebut, selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai nomor IMEI ponsel Lenovo. Jika tidak ada informasi yang ditampilkan, maka bisa dipastikan bahwa ponsel Lenovo itu bukan buatan pabrik Lenovo.

3. Cek Dari Pengaturan Ponsel

Menu pengaturan pada ponsel ibarat pusat pengendali di mana semua kontrol yang berhubungan ponsel seperti pengaturan layar, telepon, panggilan, aplikasi, dan kontak ada di sana. Pada ponsel yang lebih canggih, menu pengaturan lebih lengkap termasuk fitur tambahan yang diciptakan khusus untuk ponsel dengan tipe tertentu.


Nah, ada satu tambahan lagi. Pada menu pengaturan ponsel terdapat opsi untuk mengecek IMEI. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar mendapat informasi mengenai nomor IMEI sebuah ponsel:

  • Buka ponsel Lenovo, kemudian masuk ke menu Pengaturan Telepon.
  • Pilih Tentang Perangkat. Opsi ini biasanya berada di urutan paling bawah.
  • Selanjutnya, pilih Status.
  • Jika ponsel Lenovo mempunyai dua slot SIM, maka kalian akan diminta untuk memilih SIM mana yang akan kamu cari tahu nomor IMEI-nya.
  • Klik SIM tersebut dan sebuah informasi akan langsung ditampilkan di layar.

4. Cek IMEI Lewat Aplikasi Situs

Selain ketiga cara yang sudah dijelaskan di atas, untuk mengecek IMEI Lenovo juga bisa dengan memanfaatkan fitur pengecekan IMEI online. Situs ini memberikan informasi yang menyeluruh yang berkaitan dengan IMEI sebuah ponsel, misalnya jaringan dan negara asal pembuat ponsel.

Selain itu, disertakan pula informasi mendetail mengenai garansi, dan spesifikasi perangkat. Untuk melakukan pengecekan IMEI, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka laman www.IMEI.info kemudian masukan nomor IMEI yang tertera pada ponsel. Kamu bisa melihat nomor tersebut pada kotak kemasan.
  • Klik kotak dialog check yang berada di bawah kolom nomor IMEI.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi IMEI dari nomor yang kamu masukan tadi.

Oh ya, meskipun saat kita memeriksa nomor IMEI pada ponsel yang menggunakan dual SIM, nomor IMEI yang muncul akan ada dua, sesuai dengan jumlah kartu SIM yang kita punya. Akan tetapi kartu SIM dan IMEI tidak berhubungan sama sekali.

Meskipun kamu sering gonta-ganti kartu SIM, nomor IMEI pada ponselmu tidak akan berubah. Bahkan ketika ponsel direset, nomor IMEI masih akan tetap sama.

5. Cek IMEI Dari Bodi Ponsel

Perangkat keras atau hardware adalah bentuk fisik dari sebuah ponsel. Hardware sebuah ponsel terdiri dari banyak komponen. Tapi kami tidak akan membahas komponen hardware pada ponsel. Yang jadi poin utama dari bagian ini adalah dari hardware ponsel kita bisa mengecek IMEI perangkatnya.

Pada ponsel Lenovo yang menggunakan baterai tanam (unibody) nomor IMEI terletak di atas baterai atau casing ponsel. Sedangkan pada ponsel yang menggunakan baterai lepas, maka nomor IMEI berada di belakang baterai. Untuk mengeceknya kamu bisa lepas casing belakang dan lihat deretan angka unik yang tertera di sana.

Nah, itulah informasi mengenai cara cek IMEI Lenovo. Dari informasi di atas bisa kita simpulkan bahwa nomor IMEI merupakan nomor yang penting dan ada keuntungan yang bisa kita manfaatkan di waktu-waktu tertentu. Oleh karenanya kita tidak boleh abai untuk mengeceknya, terutama saat kita membeli ponsel bekas yang sudah tidak ada lagi kotak kemasannya.

Kamu bisa mengecek nomor IMEI-nya dengan cara lain yang telah dijelaskan di atas agar kita mendapat informasi mendetail mengenai perangkat tersebut. Periksa pula kelengkapan ponsel lainnya ya, bahkan saat kamu membeli ponsel baru di gerai resminya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram