carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Punya Perangkat Smartfren? Begini Cara Mudah Cek IMEI-nya

Punya Perangkat Smartfren? Begini Cara Mudah Cek IMEI-nya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Di antara jajaran perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi yang ada di Indonesia, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan PT Smartfren Telecom Tbk lewat salah satu produknya, Smartfren. Perusahaan yang dulu bernama PT Mobile-8 Telecom Tbk ini adalah salah satu perusahaan telekomunikasi yang cukup punya nama di Indonesia.

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2002 ini menyediakan berbagai produk dari mulai modem, operator seluler, dan ponsel. Ponsel keluaran PT Smartfren Telecom Tbk termasuk yang sering diburu karena fitur dan spesifikasi ponsel yang canggih dengan harga yang ekonomis. Nah, jika kamu sudah membeli ponsel Smartfren baru coba cek IMEI-nya dengan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Cek IMEI Smartfren

Cek IMEI merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan ketika kamu membeli sebuah ponsel. Apalagi jika kamu membeli ponsel bekas. Cek IMEI ponsel tersebut sebelum kamu menyerahkan uang. Mengecek IMEI saat membeli ponsel baru merupakan sebuah tindakan preventif agar kamu tidak kena tipu.

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa nomor IMEI ibarat sebuah kartu identitas bagi manusia. Jika sebuah unit ponsel tidak mempunyai nomor IMEI yang terdaftar di Kemenperin, maka sudah dipastikan unit tersebut adalah produk black market. Agar tidak terjadi demikian ikuti cara cek IMEI Smartfren ini.

1. Menggunakan Dial Number

Nah, setiap perangkat Smartfren dibekali sederet nomor yang membedakan antara unit ponsel yang satu dengan ponsel lainnya. Jadi, meskipun tipe, warna dan spesifikasinya sama, nomor IMEI yang merupakan identitas ponsel tidaklah sama.

Kamu bisa membuktikannya dengan menekan dial number *#06#. Ikuti langkah-langkah menggunakan dial number untuk cek IMEI berikut ini:

  • Buka ponselmu dan masuk ke menu telepon.
  • Pada keyboard angka, tekan nomor *#06#.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan deretan informasi mengenai kode IMEI ponsel yang kamu gunakan.

2. Cek IMEI pada Kotak Kemasan

Nomor IMEI tidak hanya bisa diakses dengan cara virtual. Kotak kemasan ponsel Smartfren pun menyertakan nomor IMEI di dalamnya. Biasanya nomor IMEI ditulis berdekatan dengan nomor serial number dari tipe ponsel yang ada di dalamnya.

Kamu bisa cek dan cocokan nomor IMEI yang tertera pada kotak kemasan dengan nomor IMEI yang ditampilkan di ponsel. Semoga saja nomor IMEInya sama. Tapi jika kamu mendapati nomor IMEI berbeda, maka kamu wajib menolak ponsel yang kamu beli.

Pasalnya nomor IMEI yang berbeda pada kotak kemasan dan ponsel bisa jadi indikasi bahwa unit yang dijual bukanlah unit asli bikinan perusahaan Smartfren.

3. Cek Bagian dalam Bodi Ponsel

Pada beberapa ponsel, nomor IMEI atau serial number diletakan di bagian belakang sehingga kita bisa melihat deretan angka-angka menempel bagian tersebut. Bagi beberapa orang, penempatan angka di lokasi tersebut cukup mengganggu.

Sebab angka-angka tersebut dianggap mengurangi estetika desain ponsel. Tetapi bagi sebagian lagi itu bukanlah masalah. Malahan nomor-nomor tersebut merupakan tanda originalitas dari unit yang digunakan. Pada Smartfren tipe lama, nomor IMEI tidak diletakkan di bagian belakang, melainkan ditaruh di bagian dalam penyimpanan baterai. Ini untuk ponsel yang menggunakan baterai lepas.

Jika kamu kamu ingin melihat nomor IMEI ponsel Smartfren, kamu bisa lepas baterai dan cek deretan nomor di dalamnya. Namun, bagi ponsel Smartfren yang menggunakan baterai tanam, sepertinya penempatan nomor IMEI berada di luar bodi, sama seperti sebagian ponsel lainnya.

4. Cek dari Menu Setelan

Cara cek IMEI berikut ini bisa kamu lakukan jika kamu kehilangan kotak kemasan ponsel dan kamu merasa terlalu ribet jika harus melepas baterai untuk melihat nomor IMEI di belakangnya. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu, mengakses nomor IMEI dari menu setelan telepon. Begini caranya:

  • Pertama, pergi ke menu setelan telepon.
  • Gulir ke bawah sampai menemukan opsi About. Kemudian pilih Status.
  • Setelah opsi tersebut terbuka, maka akan muncul keterangan mengenai ponsel yang meliputi nomor IMEI, tahun produksi, tipe dan spesifikasi ponsel lainnya.

5. Cek IMEI Melalui Situs Kemenperin

Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa mengakses situs cek IMEI milik Kementerian Perindustrian untuk mengecek keabsahan nomor IMEI yang tertera pada unit ponselmu. Situs milik pemerintah ini mempunyai tampilan sederhana yang memudahkan kita untuk mengaksesnya.

Tidak perlu banyak langkah untuk mengecek IMEI di situs ini. Kamu hanya perlu memasukkan nomor IMEI pada situs IMEI.kemenperin, lalu ketuk ikon bergambar lup. Tak membutuhkan waktu lama, informasi mengenai nomor IMEI akan segera ditampilkan.

6. Cek Melalui IMEI.Info

Belum puas mengecek nomor IMEI dengan menggunakan cara-cara di atas? Kamu bisa cek IMEI unit ponselmu melalui situs IMEI.info. Cara cek dengan menggunakan situs ini mirip dengan cara cek melalui situs milik Kemenperin.

Tampilan situsnya sama-sama sederhana dan prosesnya pun tidak banyak. Cukup masukan nomor IMEI ponsel yang ingin kamu cek, kemudian klik Check. Tunggu sampai hasilnya ditampilkan.

Alasan Harus Cek IMEI

IMEI atau Internasional Mobile Equipment Identity adalah serangkai nomor unik yang dibuat sebagai identitas ponsel. Seperti KTP yang merupakan kartu identitas seseorang, IMEI pun kurang lebih berfungsi sebagai tanda pengenal sebuah perangkat yang menunjukkan legalitas dan keasliannya.


IMEI pada setiap perangkat tidak sama. Inilah yang menjadikannya unik. Berbicara mengenai nomor IMEI, sepertinya hal ini bukanlah hal yang umum dibahas saat kita membicarakan mengenai sebuah ponsel.

Coba perhatikan. Ketika seseorang membicarakan sebuah ponsel baru, yang dibicarakan adalah spesifikasi dan fitur yang ada di dalamnya. Masih jarang yang membahas perkara IMEI ini. Padahal rangkaian nomor ini tidak diciptakan sebagai pelengkap ponsel semata.

Lebih dari itu, nomor IMEI menyimpan informasi penting mengenai ponsel. Di dalam nomor IMEI terdapat informasi yang menjelaskan asal usul ponsel. Terlebih lagi, per tanggal 18 April 2020, pemerintah sudah menetapkan kebijakan baru mengenai pemblokiran ponsel ilegal melalui nomor IMEI.

Ponsel ilegal yang mempunyai nomor IMEI yang terdaftar di Kementrian Perindustrian tidak akan terhubung dengan jaringan operator seluler manapun yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, bagi semua pengguna ponsel jenis apapun, termasuk Smartfren, sebaiknya segera lakukan cek IMEI untuk memastikan status ponselmu.

Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Sebagai pembeli, sebaiknya kita teliti terhadap barang yang hendak kita beli. Pasalnya percuma saja jika kita membeli barang dengan harga miring tetapi ternyata tidak bisa digunakan karena terdeteksi ilegal dan tidak bisa terkoneksi dengan jaringan operator.

Benefit lain yang bisa kita rasakan dari adanya barang asli dengan nomor IMEI yang terdaftar di Kemenperin adalah kamu bisa melacak keberadaan ponsel saat ponsel hilang. Berbekal nomor IMEI, kamu bisa menelpon operator seluler dan meminta melacak ponselmu. Dengan menggunakan nomor IMEI dan dibantu polisi, kamu juga bisa melakukan penyadapan jika suatu saat kamu ponselmu digunakan oleh teroris.

Wah, banyak sekali manfaat dari nomor IMEI ini, ya? Agar kamu tidak dirugikan, lebih baik jangan bersiasat untuk mengakali prosedur pengecekan IMEI sebab manfaatnya bisa kamu rasanya sendiri sebagai pengguna ponsel. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, minimal cara mengatasinya akan lebih mudah dilakukan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram