carisinyal web banner retina

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Juni 2021

IMEI merupakan nomor identitas sebuah perangkat yang ada pada ponsel. Deretan nomor unik ini menjadi kode untuk yang menjadi ciri bahwa sebuah ponsel merupakan produk asli bikinan pabrik.

Produk vivo yang dipasarkan di Indonesia selalu dilengkapi dengan nomor IMEI. Jika kamu mendapati ponsel tanpa nomor IMEI, sudah pasti itu adalah produk ilegal.

Nomor IMEI pada ponsel tidak dibuat cuma-cuma. Adanya IMEI membuat kita bisa mengecek keaslian produk dan melacak keberadaannya ketika ponsel hilang.

Jadi, jangan sepelekan nomor IMEI. Terutama saat kamu berada pada situasi tak baik. Yuk, cari tahu mengapa ponsel ilegal dilarang dan cara cek IMEI vivo melalui artikel ini!

Alasan Ponsel Ilegal Dilarang Beredar

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan 1Sumber: pxhere.com

Memiliki sebuah ponsel canggih adalah idaman bagi semua orang, terutama bagi mereka yang mempunyai segudang kegiatan yang menuntut bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu.

Namun, canggih saja tidak cukup. Sebuah ponsel harus dilengkapi bukti keaslian. Pada perangkat seperti ponsel, bukti keasliannya ditunjukan dengan adanya nomor IMEI.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika di pasaran Indonesia banyak beredar ponsel black market alias ponsel ilegal. Ponsel-ponsel tersebut di jual di pasar gelap dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasaran aslinya.

Inilah yang menyebabkan ponsel black market menjadi incaran. Dengan harga yang sangat murah, pembeli bisa mendapatkan ponsel canggih yang sesuai keinginan. Namun, tentu saja ponsel tidak dilengkapi nomor IMEI.

Sebenarnya setiap orang sudah mafhum bahwa membeli barang selundupan tidak dibenarkan. Ada resiko yang mengikuti di balik pembelian tak sah itu. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Ada Garansi Resmi

Ponsel black market yang beredar di pasaran tidak melewati bea cukai. Ini berarti ponsel tersebut ilegal dan akan menyulitkan nantinya. Pada produk ilegal, kamu tidak akan menemukan garansi resmi.

Hal ini pasti beresiko sebab garansi resmi sangat penting bagi sebuah ponsel. Apabila terjadi kerusakan atau masalah pada perangkat, pembeli bisa mengajukan klaim ke pusat servis dan mendapatkan perbaikan.

2. Perangkat Cepat Rusak

Dari segi tampilan, ponsel black market dari berbagai merek tidak ada bedanya dari ponsel resmi. Namun, ponsel black market tidak dijamin mempunyai kualitas yang sama. Jika ponsel rusak atau mengalami gangguan dan membutuhkan perbaikan, kamu tidak bisa klaim servis.

Kamu harus membayar sendiri biaya servis atas kerusakan tersebut dan apabila ada kerusakan yang mengharuskan ganti spare part, ditakutkan akan sulit untuk mencari spare part-nya. Pasalnya ponsel black market umumnya diimpor dari luar negeri.

Oh ya, pemerintah sudah mengesahkan peraturan baru mengenai pemblokiran ponsel yang ditengarai ilegal karena nomor IMEI yang tidak terdeteksi. Ini akan mengakibatkan ponsel kehilangan fungsinya sebagai alat berkomunikasi.

Ketika sebuah ponsel diketahui ilegal, pemerintah akan melakukan pemblokiran sehingga ponsel tersebut tidak akan bisa menerima jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Strategi pemblokiran ponsel ilegal dirasa tepat untuk menanggulangi peredaran ponsel ilegal di masyarakat. Meskipun ada banyak pihak yang keberatan dengan peraturan tersebut.

Cara Cek IMEI vivo

Bagi sebuah ponsel seperti vivo dan perangkat lainnya, IMEI berperan sangat penting. Di dalam deretan angka tersebut terdapat informasi mengenai nomor seri, kode produksi lengkap dengan tahun produksinya, garansi dan lain-lain.

Untuk itu ketika kamu menerima sebuah ponsel baik itu dalam keadaan baru atau bekas penting sekali untuk dicek nomor IMEI-nya. Artikel selanjutnya akan membahas mengenai cara mengecek IMEI vivo. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Melalui Kotak Kemasan

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan 3Sumber: Kompas.com

Ketika kamu membeli sebuah ponsel atau produk apapun, produk tersebut selalu datang dengan dilengkapi kemasan. Produk elektronik biasanya berupa kemasan kardus, termasuk ponsel.

Di dalamnya terdapat charger dan aksesoris lainnya. Tetapi kamu pasti sering melihat stiker, biasanya berwarna putih yang tertempel pada kotak kemasan ponsel. Pada stiker tersebut terdapat deretan angka dan kode bar yang berjejer.

Itulah nomor IMEI. Cocokan nomor yang terdapat pada stiker putih tersebut apakah mengandung informasi IMEI atau malah nomor IMEI tidak terdaftar. Untuk mengeceknya nomor IMEI tersebut, kamu bisa akses situs milik Kemenperin di sini.

2. Menggunakan Kode Rahasia

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan 5Sumber: liputan6.com

Cara cek IMEI vivo selanjutnya adalah dengan menggunakan kode rahasia. Kode ini bisa dimanfaatkan oleh semua jenis perangkat berbasis Android dan iOS.

Khusus untuk ponsel merek vivo, pada umumnya ponsel vivo yang beredar di Indonesia mempunyai dua slot kartu SIM. Oleh karena itu, jangan heran jika nomor IMEI yang keluar ada dua.

Nomor IMEI kerap digunakan oleh provider untuk mengidentifikasi ponsel yang menggunakan jaringan provider tersebut. Apabila ditemukan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin, pihak provider berhak melakukan pemblokiran.

Kamu bisa melakukan pengecekan nomor IMEI dengan menekan rangkaian kode *#06# pada dial number ponsel, lalu tekan call/OK.

3. Melalui Menu Pengaturan

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan 7Sumber: vivofone.com

Cara lainnya untuk mengecek IMEI vivo adalah melalui menu pengaturan. Langkah ini terbilang mudah asal kamu sudah mengetahui terlebih dahulu lokasi nomor IMEI-nya. Untuk kamu yang belum mengetahui lokasi nomor IMEI, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka ponsel dan masuk ke menu Setelan atau Setting.
  • Pilih Pengaturan Lain.
  • Lalu, pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Pada opsi Tentang Ponsel akan muncul informasi model ponsel, tipe, tahun produksi dan nomor IMEI. Periksa kelengkapan informasi tersebut.

Setiap nomor IMEI telah didaftarkan pada situs IMEI.info. Apabila informasi nomor IMEI tidak terdapat di dalam situs tersebut kemungkinan besar ponsel itu palsu.

4. Melalui Situs Resmi vivo

Begini Cara Cek IMEI vivo Supaya Terhindar dari Pemalsuan 9

Selain mengakses situs Kemenperin, kamu juga bisa mengakses situs resmi vivo di sini. Situs tersebut akan membantumu mengecek keaslian nomor IMEI pada ponsel.

Apabila IMEI yang digunakan pada ponsel tersebut asli, maka akan muncul informasi lengkap mengenai ponsel. Namun, jika nomor IMEI tidak terbaca maka itu artinya ponsel bukanlah produk buatan pabrik alias palsu.

Silahkan buka laman situs milik vivo tersebut dan masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Lalu, klik dan tunggu hasilnya. Informasi yang muncul biasanya meliputi tipe ponsel sampai garansi.

Itulah informasi mengenai cara cek IMEI vivo. Kami tegaskan lagi bahwa nomor IMEI bukanlah sekedar deretan nomor berisi informasi ponsel saja. IMEI ini menawarkan berbagai bantuan kala pemiliknya mengalami kejadian buruk.

Bukan hanya klaim garansi perbaikan perangkat aja, melainkan dari nomor IMEI kita bisa mengecek keaslian ponsel. Jadi, selain mengecek kondisi fisik ponsel dan software di dalamnya, pastikan kamu mengecek nomor IMEI pada ponsel tersebut dengan cara-cara yang telah kami jelaskan di atas.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram