Carisinyal / Tips Operator / Cara Cek Nomor Telkomsel, XL, Indosat, smartfren, 3

Cara Cek Nomor Telkomsel, XL, Indosat, smartfren, 3

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi yang (maaf) mengalami kesulitan dalam mengingat nomor ponsel baru yang jumlahnya rata-rata 12 digit, kalian tak perlu khawatir karena setiap operator menyediakan layanan cek nomor kartu yang sedang digunakan di ponsel.

Bahkan kini pelanggan dapat mengetahui nomor kartu yang digunakan secara praktis ketika membuka aplikasi seluler masing-masing operator. Namun hal ini baru bisa dilakukan setelah pelanggan mengunduh aplikasi, lalu masuk ke aplikasi tersebut menggunakan nomor operator yang digunakan.

Kedepannya, selama terhubung dengan jaringan internet operator yang digunakan, pengguna bisa langsung masuk ke aplikasi tanpa perlu memasukkan nomor telepon berulang-ulang. Selanjutnya pelanggan dapat melihat nomor telepon yang sedang digunakan di beranda aplikasi.

Berikut adalah cara cek nomor untuk operator Telkomsel, XL, Indosat, smartfren, dan 3.

Cara Cek Nomor Telkomsel

Logo Telkomsel

Pelanggan Telkomsel dapat dengan mudah mengecek nomor yang digunakan di ponsel melalui UMB. Namun, layanan ini dikenakan tarif sebesar Rp 55/permintaan untuk pengguna prabayar dan Rp 50/permintaan untuk pengguna pascabayar. Jadi, pastikan pulsa mencukupi ketika hendak menggunakan layanan ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk cek nomor Telkomsel (bisa digunakan pada semua jenis ponsel).

  • Tekan *808# lalu tekan tombol panggil
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pop-up atau SMS dari 98888 informasi nomor ponsel aktif yang sedang Anda gunakan
  • Gunakan tangkapan layar atau screenshot untuk menyimpannya agar tidak perlu berulang-ulang cek nomor

Selanjutnya jika sudah registrasi ke aplikasi MyTelkomsel, pengguna dapat langsung masuk ke aplikasi tersebut selama menggunakan jaringan internet Telkomsel. Nomor telepon bisa dilihat pada tampilan beranda aplikasi.

Jika mengalami kesulitan saat hendak mengecek nomor, silahkan untuk menghubungi CS Telkomsel di nomor 188 dengan biaya Rp 300 per panggilan.

Cara Cek Nomor XL Axiata

XL

Pelanggan XL juga dapat melakukan cek nomor kartu mereka dengan mudah melalui beberapa cara. Yang paling mudah dan praktis tentunya melalui aplikasi myXL. Jika pelanggan sebelumnya sudah registrasi, mereka selanjutnya dapat langsung membuka aplikasi myXL dan melihat nomor kartu di tampilan beranda.

Namun, jika mengalami kesulitan, pelanggan masih bisa mengecek nomor XL melalui UMB atau dengan menghubungi CS XL. Jika melalui UMB, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Tekan *123# lalu tekan tombol panggil
  • Pilih menu Info
  • Pilih menu Detail Nomor XL Anda
  • Pilih Cek Profile
  • Pilih Info Nomor atau Info Kartu XL-ku

Selanjutnya akan muncul notifikasi pop-up yang berisi informasi nomor XL. Gunakan tangkapan layar untuk menyimpan nomor pada gambar agar tidak perlu cek nomor melalui UMB berulang-ulang. Jika perlu bantuan terkait cek nomor XL, pelanggan dapat menghubungi call center XL di nomor 817 yang aktif selama 24 jam.

Sementara itu, pelanggan AXIS dapat menghubungi nomor call center 838 untuk cek nomor dengan biaya Rp 800 per panggilan. Sebenarnya AXIS juga menyediakan tiga USSD yang berbeda untuk cek nomor. Namun, setelah dicek cara tersebut tidak berfungsi lagi.

Cek nomor AXIS juga dapat dilakukan di aplikasi AXISnet. Jika sebelumnya pelanggan sudah registrasi ke AXISnet dan tetap berada di jaringan internet AXIS, mereka bisa langsung masuk login ke aplikasi. Namun jika aplikasi dibuka menggunakan jaringan internet operator lain, AXISnet biasanya akan minta login ulang dengan memasukkan nomor AXIS.

Cara Cek Nomor Indosat

Indosat

Cek nomor Indosat bisa dilakukan dengan mudah melalui kode UMB. Caranya yaitu dengan mengetik *123*30# lalu tekan tombol panggil. Selanjutnya nomor Indosat pelanggan akan ditampilkan pada layar.

Sama seperti operator lainnya, Indosat juga menyediakan aplikasi seluler myIM3 yang multifungsi. Jika sebelumnya sudah registrasi, cek nomor di myIM3 dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan satu kali sentuhan.

Jika mengalami kesulitan mengecek nomor Indosat melalui dua cara di atas, silahkan untuk menghubungi CS Indosat di nomor 185 dengan biaya per panggilan Rp 1.000.

Cara Cek Nomor smartfren

smartfren

Pelanggan smartfren dapat melakukan cek nomor dengan mudah melalui beberapa cara, seperti SMS, UMB, dan aplikasi MySmartfren.

Jika melalui SMS, caranya cukup ketik INFO lalu kirim ke nomor 995. Tunggu balasan dari operator yang berisi informasi nomor yang sedang digunakan pada ponsel.

Sedangkan jika melalui UMB, pelanggan cukup menghubungi *995# lalu pilih menu Info pada notifikasi yang muncul. Setelah menekan tombol Ok, tunggu notifikasi yang berisi informasi nomor.

Cara lainnya adalah melalui aplikasi MySmartfren. Jika sebelumnya pelanggan sudah registrasi, pelanggan dapat langsung masuk ke aplikasi dan melihat nomor smartfren mereka di beranda aplikasi.

Cara Cek Nomor Tri

Tri

Cek nomor Tri bisa dilakukan dengan kode UMB serta aplikasi bima+. Jika melalui UMB, terdapat tiga pilihan kode yang dapat dicoba untuk pengecekan nomor, yaitu *998#, *111*1#, dan *123*2*1*1#. Hubungi salah satu UMB tadi untuk mengetahui nomor Tri yang digunakan pada ponsel.


Pelanggan juga dapat mengakses aplikasi bima+ dengan mudah. Jika sebelumnya sudah registrasi, pelanggan tinggal membuka aplikasi bima+ untuk mengetahui beragam informasi mulai dari nomor ponsel, status paket, daftar paket, dan lain sebagainya. Jika ada kendala terkait cek nomor, pelanggan dapat menghubungi CS Tri di nomor 132 dengan biaya Rp 300 per panggilan (prabayar).

Itulah cara cek nomor Telkomsel, XL, Indosat, smartfren, dan 3 yang mudah dilakukan. Perlu dicatat kalau operator-operator di atas mungkin melakukan perubahan atau pembaruan pada setiap layanannya, termasuk layanan cek nomor melalui UMB. Jadi, hubungi langsung CS operator jika mengalami kendala terkait layanannya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *