carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Mudah dan Praktis, Begini Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Mudah dan Praktis, Begini Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Para pelanggan Perusahaan Listrik Negara atau PLN tidak perlu repot datang langsung ke kantor PLN untuk memeriksa tagihan listrik. Pasalnya, seiring perkembangan zaman, untuk memeriksa tagihan listrik bisa dilakukan secara online.

Saat ini banyak platform yang menyediakan layanan cek tagihan listrik sehingga pelanggan dapat menyiapkan besaran tagihan yang harus dibayarkan. Perusahaan milik pemerintah ini sendiri melengkapi pelayanannya dengan membuat fitur cek tagihan listrik online yang bisa diakses dari situs resminya.

Berikut ini akan kami ulas mengenai cara cek tagihan listrik di dalam artikel ini. Namun, sebelum itu ada baiknya kamu mengetahui status listrik yang kamu gunakan, serta kelebihan dan kekurangannya. Mari simak ulasannya.

Jenis Status Langganan Listrik

Di Indonesia terdapat dua jenis status langganan listrik. Ada listrik pascabayar dan prabayar. Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yuk, cari tahu apa itu listrik pascabayar dan listrik prabayar sehingga ketika kamu ingin memasang listrik untuk rumah atau gedung baru ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

1. Listrik Prabayar

Sumber: Flickr

Listrik prabayar adalah salah satu produk listrik yang disediakan oleh PLN. Listrik ini menggunakan meteran elektronik pencatat besaran listrik yang dipakai oleh konsumen. Pembayaran listrik ini dilakukan di muka dengan cara membeli pulsa listrik di berbagai tempat dan platform yang menyediakan pulsa listrik.

Jika konsumen adalah pelaku rumah tangga yang ingin menyesuaikan dana dan pemakaian yang teratur dan seimbang, maka berlangganan listrik prabayar adalah solusi terbaik. Pembayaran status langganan listrik ini pun mudah dan bisa dilakukan di mana saja termasuk via ATM.

Kelebihan listrik prabayar:

  • Tidak ada sanksi atau denda jika ada keterlambatan pembayaran listrik.
  • Kalkulasi dan prediksi yang apik untuk pemakaian selama satu bulan.
  • Minim terjadinya resiko kesalahan pencatatan meteran.
  • Jaringan pembelian pulsa yang luas. Pulsa listrik isi ulang bisa dibeli di berbagai tempat penyedia jasa pulsa baik itu online maupun offline.
  • Cocok bagi pelanggan yang punya usaha kost-kostan atau kontrakan.

Kekurangan listrik prabayar:

  • Harus menyediakan pulsa cadangan untuk antisipasi pulsa habis di jam-jam tertentu.
  • Token listrik akan cepat berbunyi sebagai indikasi listrik akan habis jika digunakan pada pemakaian listrik daya tinggi.
  • Perlu waktu cukup lama jika pembelian online server sedang mengalami gangguan.
  • Token listrik pulsa PLN tidak bisa diisi saat tengah malam.
  • Meteran listrik lebih sensitif sehingga rentan rusak.

2. Listrik Pascabayar

Sumber: www.pesopower.com

Produk listrik lain yang ditawarkan oleh PLN adalah listrik pascabayar. Listrik ini memberikan akses pemakaian yang penuh bagi pelanggannya dengan tagihan setiap bulan. Berbeda dengan listrik prabayar, pelanggan akan mendapatkan tagihan pemakaian listrik tanpa prediksi sebelumnya.

Oleh karena itu, cara cek tagihan listrik adalah sebuah layanan yang sangat bagi pelanggan listrik ini. Pasalnya pelanggan bisa memantau dan mengontrol pemakaian listrik dan mengetahui perkiraan besaran tagihan listrik yang nanti harus dibayarkan.

Pembayaran tagihan listrik pascabayar bisa dilakukan di kantor PLN langsung, bisa juga melalui Kantor Pos atau membayar online melalui aplikasi yang dibuat PLN serta marketplace online yang mendukung.

Kelebihan Listrik Pascabayar:

  • Tidak ada rasa khawatir listrik akan kehabisan pulsa.
  • Tidak perlu repot melakukan isi pulsa listrik sendiri.

Kekurangan listrik pascabayar:

  • Tidak bisa mengontrol penggunaan listrik pribadi.
  • Ada sanksi dan denda yang dikenakan kepada pelanggan yang telat membayar listrik.
  • Ada resiko terjadi kesalahan pencatatan jumlah kWh oleh petugas PLN.

Cara Cek Tagihan Listrik

Di masa ini untuk mengecek dan membayar tagihan listrik tidak perlu mendatangi langsung kantor PLN seperti dulu. Pelanggan dapat melakukan cek tagihan listrik melalui berbagai media dan platform. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Cek Tagihan Listrik Melalui Situs PLN

PT PLN memanjakan pelanggan dengan kemudahan membayar tagihan listrik yang lengkap dengan fitur pengecekannya. Caranya mudah. Kamu bisa mengakses situs resmi milik PLN baik itu melalui ponsel maupun melalui PC. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka mesin pencarian dan ketik "PLN" dan buka laman resminya.
  • Klik menu informasi Tagihan Listrik atau Pembelian Token pada submenu informasi yang ada di sebelah kiri.
  • Login dengan mengisi email, membuat kata sandi dan captcha, kemudian klik Masuk.
  • Jika ini adalah pertama kali kamu mengakses situs ini, maka kamu harus melakukan registrasi dengan mengklik opsi Daftar Akun.
  • Lengkapi form isian yang terdiri dari nama pemohon, IDPEL, nomor kontak dan kata sandi. Selanjutnya, klik Daftar.
  • Setelah form berhasil diisi, maka tinggal pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik untuk mencari informasi tagihan bulanan pelanggan.

2. Cek Tagihan Listrik Via Telepon

Sumber: Pixabay

Selain lewat situs resmi PLN, kamu juga bisa cek tagihan listrik melalui telepon dengan cara menghubungi call center PLN dengan menekan nomor 123. Namun, jika kamu menggunakan ponsel, formatnya adalah (kode area telepon) 123. Misalnya, jika kamu tinggal di Bandung maka tekan angka 022123.

Biaya per panggilan akan dibebankan kepada pelanggan dengan biaya panggilan telepon normal. Pastikan pulsa mencukupi ketika kamu akan melakukan panggilan ini. Sehingga telpon tidak akan terputus di tengah percakapan telepon.

3. Cek Tagihan Listrik Via SMS

Sumber: Pixabay

Pengecekan tagihan listrik selanjutnya bisa kamu lakukan melalui SMS. Layanan ini hanya tersedia bagi kamu pengguna operator jaringan seluler seperti XL, Indosat, Telkomsel dan T-Flexi. Ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan dari layanan SMS ini.

ang pertama yaitu cek tagihan satu bulan. Yang kedua cek tagihan listrik secara kontinyu. Opsi yang kedua membuat pelanggan menerima SMS yang berisi informasi tagihan listrik setiap bulannya. Selain itu, pelanggan akan dibebankan biaya sebesar Rp500/SMS.

Format SMS untuk mengecek tagihan listrik adalah sebagai berikut:

  • Format tagihan listrik per bulan: REK(spasi) No ID Pelanggan listrik, kirim ke 8123.
  • Format berlangganan informasi tagihan listrik: PLN(spasi)ON(spasi)12 nomor ID pelanggan listrik, kirim ke 8123.
  • Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik: PLN(spasi)OFF(spasi) 12 nomor ID pelanggan listrik, kirim ke 8123.

4. Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi

Sumber: Play Store

Yang terbaru adalah lewat aplikasi yang dibuat oleh PT PLN. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna ponsel berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dan dibuat untuk mempermudah akses para pelanggan listrik.

Tidak hanya menyediakan fitur tagihan listrik saja, kamu juga bisa mengecek riwayat pemakaian listrik, transaksi token, info lokasi pembayaran dan info status listrik. Fitur lain yang tidak kalah penting adalah menu yang menyediakan informasi progres permohonan dan menu keluhan pelanggan.

Untuk mengecek tagihan listrik PLN melalui aplikasi yang dibuat PLN ini kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh dan pasang aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian masuk ke menu utama.
  • Pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik pada tab menu.
  • Bagi pelanggan listrik pascabayar, untuk mengecek tagihan listriknya kamu bisa masukan nomor meteran. Sedangkan bagi pelanggan listrik prabayar, cukup masukan ID Pelanggan, kemudian klik Cari.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi menampilkan status listrik yang kamu langgan. Informasi yang ditampilkan lengkap dengan jumlah nominal tagihan listrik.

Bagi pengguna ponsel berbasis iOS, cara-cara cek tagihan listrik menggunakan aplikasi resmi PLN tersebut masih sama. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Demikian informasi mengenai cara cek tagihan listrik. Cukup banyak ya caranya. Cara-cara tersebut terbilang mudah. Kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu butuh notifikasi rutin untuk memantau pemakaian listrik atau tidak.

Hal ini bisa jadi bahan evaluasi agar listrik bisa digunakan dengan lebih bijak. Selain itu kamu bisa mengetahui apakah meteran listrik yang kamu gunakan mengalami kerusakan ketika tagihan listrik tinggi padahal pemakaian irit.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram