carisinyal web banner retina

Inilah Cara Download dan Instal Aplikasi IDM di Laptop

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 8 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK

Rasanya nggak ada yang nggak kenal sama Internet Download Manager. Perangkat lunak yang dikenal juga dengan nama IDM ini seolah menjadi dewa penolong bagi saya serta banyak pengguna internet lainnya ketika mengalami kesulitan mengunduh file tertentu karena lambatnya koneksi internet yang digunakan.

Internet Download Manager jadi semakin popular di kalangan pengguna internet sejak awal kemunculannya. Dulu, tak jarang perangkat lunak ini digunakan oleh para pelanggan warnet untuk mengunduh file MP3 hingga video favorit mereka. Apalagi pada masa itu, koneksi internet di Indonesia belum secepat saat ini.

Nah, pada kesempatan kali ini Carisinyal akan membahas mengenai Cara Download dan Install aplikasi IDM atau Internet Download Manager di Laptop. Tentunya, langkah-langkah ini diperuntukkan bagi Anda yang belum pernah menggunakan perangkat lunak satu ini.

Alasan Menggunakan Internet Download Manager

Nah, setelah mengulas tentang alasan kenapa harus menggunakan Internet Download Manager atau IDM serta fitur-fitur menarik yang dimilikinya, sekarang kita bahas tentang cara download dan Instal Aplikasi IDM di Laptop Anda. Caranya terbilang mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini. 1. Buka Situs Resmi Internet Download Manager Langkah pertama, buka situs resmi dari Internet Download Manager seperti yang tertera pada gambar di atas. 2. Unduh Installer IDM Langkah selanjutnya, unduh installer IDM dengan cara mengklik tombol orange dengan tulisan Try Internet Download Manager For Free. Lalu lanjutkan proses download hingga selesai. 3. Instal IDM di Laptop Anda Jika proses download telah selesai, buka file dan lanjutkan proses instalasi dengan cara mengklik ikon bertuliskan ‘Lanjut’. Lalu, centang kotak dengan tulisan ‘I accept the terms in the license agreement dan klik kembali ikon bertuliskan ‘Lanjut’. Setelahnya, menu instalasi akan menampilkan opsi untuk memilih folder tujuan, di mana aplikasi akan terinstal di dalam foldernya. Jika Anda tidak ingin mengubah folder tujuan untuk instalasi, Anda hanya perlu melanjutkan proses install dengan cara mengklik ikon ‘Lanjut’ dan menunggu proses install aplikasi IDM hingga selesai. Ya, sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai cara download dan install aplikasi IDM di Laptop. Sangat mudah, bukan? Namun perlu diketahui bahwa ini adalah cara mengunduh perangkat lunak Internet Download Manager yang resmi. Dan versi yang Anda unduh di website resminya adalah versi trial gratis yang masa pakainya akan berakhir dalam waktu satu bulan sejak hari pertama perangkat lunak tersebut digunakan. Setelah masa percobaan tersebut berakhir, Anda dapat langsung membelinya secara legal agar tetap bisa menggunakan perangkat lunak tersebut dengan aman. Oh iya, jika Anda memiliki pengalaman seputar cara download dan install aplikasi IDM di Laptop, atau pun informasi lainnya mengenai aplikasi Internet Download Manager ini, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah, ya.

Sebelum membahas tentang cara download aplikasi IDM di Laptop, kami akan membagikan informasi mengenai alasan untuk menggunakan Internet Download Manager. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Dapat Memaksimalkan Proses Download

Salah satu alasan untuk tetap menggunakan Internet Download Manager adalah karena perangkat lunak ini memiliki kelebihan yang hampir semua penggunanya tahu, yakni memaksimalkan proses download data.

Internet Download Manager ini bekerja dengan cara membagi data yang di-download menjadi bebrapa bagian dan nantinya akan disatukan kembali saat proses unduhan atau download datanya selesai. Proses ini juga dikenal dengan istilah multipart. Nah, proses inilah yang menjadikan IDM lebih baik dari perangkat lunak lain yang serupa.

2. Mudah untuk Digunakan

Siapa bilang pakai Internet Download Manager itu ribet? Tentu tidak sama sekali. Internet Download Manager punya interface yang simpel, sehingga kita nggak bakal pusing ketika memakainya.

Bahkan, setelah selesai diinstal, Anda bisa langsung mengintegrasikan Internet Download Manager dengan mudah ke browser yang sering Anda gunakan. Nantinya, file atau data akan terunduh secara otomatis menggunakan Internet Download Manager ini.

Oh iya, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan IDM ke browser, cara update IDM dan informasi menarik lainnya tentang IDM, silakan langsung kunjungi situs https://www.thelastsurvivors.org/.

Fitur-Fitur Internet Download Manager

cara download dan instal aplikasi idm di laptop 4

Selain memudahkan proses pengunduhan dalam satu klik dan dapat diintegrasikan langsung dengan browser, Internet Download Manager juga punya fitur-fitur keren lainnya, lho. Fitur-fitur yang dimiliki Internet Download Manager tentunya bisa bikin Anda semakin tertarik untuk menggunakan perangkat lunak alias software satu ini. Apa sajakah itu?

1. Pengecekan Virus Secara Otomatis

Yap, fitur keren lainnya yang dimiliki oleh Internet Download Manager ini adalah pengecekan virus secara otomatis. Fitur ini dapat membantu Anda untuk terbebas dari beragam jenis virus yang dapat membahayakan laptop.

Nah, Internet Download Manager akan melakukan pengecekan virus secara otomatis jika Anda sudah selesai mengunduh file atau data yang Anda inginkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir laptop Anda diserang virus, ya.

Fitur Internet Download Manager yang satu ini sudah menjadi rahasia umum. Ya, dengan menggunakan Internet Download Manager, Anda dapat mengunduh video dari situs YouTube dengan mudah.

Bukan hanya itu, Anda pun dapat memilih resolusi video yang diinginkan. Tetapi biasanya pilihan kualitas video tersedia sesuai dengan koneksi internet yang Anda gunakan.

2. Mengunduh Menggunakan Link

Kalau Anda tidak ingin mengunduh file secara langsung, Anda dapat menyimpan link file unduhan tersebut untuk kemudian diunduh menggunakan Internet Download Manager nanti.

Tenang, Anda dapat mengunduh filenya kapan saja. Caranya mudah, cukup buka aplikasi Internet Download Manager, lalu pilih opsi ‘Tambahkan Alamat Download Baru Secara Manual’. Setelah itu, klik ‘Ok’. Jika sudah, menu unduhan akan tampil di layar laptop Anda. Anda tinggal memilih opsi downloadnya sesuai dengan kebutuhan saja.

3. Melanjutkan Proses Unduhan yang Gagal

Satu lagi fitur menarik yang dimiliki oleh Internet Download Manager, yakni melanjutkan proses unduhan yang telah gagal karena koneksi internet Anda terputus, misalnya. Bukan cuma itu saja, dengan Internet Download Manager, Anda juga dapat melanjutkan proses download yang telah ditunda sebelumnya.

4. Diterjemahkan ke Banyak Bahasa

For your information, Internet Download Manager tidak hanya tersedia dalam Bahasa Inggris saja, melainkan lebih dari sepuluh bahasa yang berbeda. Ya, Internet Download Manager telah diterjemahkan ke banyak bahasa. Mulai dari bahasa Arab, Slovakia, Korea, Thailand, Turki dan masih banyak lagi.

Cara Download dan Instal Aplikasi IDM di Laptop

cara download dan instal IDM di Lapop 5

Nah, setelah mengulas tentang alasan kenapa harus menggunakan Internet Download Manager atau IDM serta fitur-fitur menarik yang dimilikinya, sekarang kita bahas tentang cara download dan Instal Aplikasi IDM di Laptop Anda. Caranya terbilang mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Situs Resmi Internet Download Manager

Langkah pertama, buka situs resmi dari Internet Download Manager seperti yang tertera pada gambar di atas.

2. Unduh Installer IDM

Langkah selanjutnya, unduh installer IDM dengan cara mengklik tombol orange dengan tulisan Try Internet Download Manager For Free. Lalu lanjutkan proses download hingga selesai.

3. Instal IDM di Laptop Anda

Jika proses download telah selesai, buka file dan lanjutkan proses instalasi dengan cara mengklik ikon bertuliskan ‘Lanjut’. Lalu, centang kotak dengan tulisan ‘I accept the terms in the license agreement dan klik kembali ikon bertuliskan ‘Lanjut’. Setelahnya, menu instalasi akan menampilkan opsi untuk memilih folder tujuan, di mana aplikasi akan terinstal di dalam foldernya.

Jika Anda tidak ingin mengubah folder tujuan untuk instalasi, Anda hanya perlu melanjutkan proses install dengan cara mengklik ikon ‘Lanjut’ dan menunggu proses install aplikasi IDM hingga selesai.

Ya, sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai cara download dan install aplikasi IDM di Laptop. Sangat mudah, bukan? Namun perlu diketahui bahwa ini adalah cara mengunduh perangkat lunak Internet Download Manager yang resmi.

Dan versi yang Anda unduh di website resminya adalah versi trial gratis yang masa pakainya akan berakhir dalam waktu satu bulan sejak hari pertama perangkat lunak tersebut digunakan. Setelah masa percobaan tersebut berakhir, Anda dapat langsung membelinya secara legal agar tetap bisa menggunakan perangkat lunak tersebut dengan aman.

Oh iya, jika Anda memiliki pengalaman seputar cara download dan install aplikasi IDM di Laptop, atau pun informasi lainnya mengenai aplikasi Internet Download Manager ini, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram