carisinyal web banner retina

Begini Cara Download Jurnal di Portal Garuda dengan Mudah

Mencari buku atau sumber referensi untuk membuat makalah, artikel atau karya tulis lainnya adalah pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Pasalnya sumber-sumber buku rujukan pastilah tidak hanya satu. Untuk membuat makalah atau karya tulisan yang berkualitas baik dari segi isi dan metodologi penelitian yang dilakukannya diperlukan buku yang mampu mendukung hal tersebut.

Perpustakaan dan toko buku adalah dua sumber yang kemungkinan besar bisa menyediakan referensi yang kamu cari. Tetapi kini untuk mengakses perpustakaan, kamu tidak harus mendatangi tempatnya langsung. Di era digital ini buku-buku perpustakaan bisa diakses dengan mudah lewat internet. Banyak jurnal yang tersedia di situs-situs yang berkaitan, salah satunya Portal Garuda.

Apa Itu Portal Garuda?

Begini Cara Download Jurnal di Portal Garuda dengan Mudah 1

Portal Garuda atau Garba Rujukan Digital merupakan sebuah portal penelusuran, indeksasi dan monitoring yang dibuat untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal ini dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI).

Yang menginisiasi pembuatan portal ini adalah sebuah lembaga keilmuan yang disebut dengan Institute of Advance Engineering and Science (IAES). Lembaga ini merupakan sebuah lembaga non-profit yang dibuat untuk memajukan keilmuan Indonesia melalui beberapa kegiatan ilmiah.

Salah satu caranya adalah dengan membuat wadah untuk publikasi ilmiah seperti jurnal, seminar internasional, workshop dan lain-lain. Dan Portal Garuda adalah salah satu wadah publikasi ilmiah yang dibuat oleh IPI.

Portal Garuda mulanya bernama Referensi Ilmiah Indonesia (RII). Portal yang didirikan sejak 2 Mei 2010 ini dirancang oleh para penyedia jejaring informasi P2M-DIKTI dan menggandeng PDII-LIPI beserta perguruan tinggi di Indonesia sebagai penyedia kontennya dan juga sebagai pengguna.

Tujuan portal ilmiah ini dibangun adalah agar mahasiswa atau siapa pun yang membutuhkan jurnal sebagai sumber rujukan tidak kesulitan mencari informasinya. Jurnal dari Portal Garuda bukan sekedar jurnal biasa. Jurnal dari portal ini mempunyai nilai tersendiri di bidang ilmiah.

Mengindeks Portal Garuda akan meningkatkan sitasi di mana ini menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian kualitas jurnal yang digunakan sebagai referensi. Hal ini tersebut akan memudahkan siapa pun yang ingin mengakses referensi melalui satu portal.

Portal Garuda diciptakan dengan desain yang sederhana sehingga memudahkan untuk mencari artikel jurnal yang baru secara otomatis dan juga akan mengupdate otomatis secara berkala. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di portal ini, di antaranya adalah:

  • Portal Garuda mempunyai menu pencarian yang lengkap yang meliputi artikel pencarian penulis, termasuk di dalamnya pencarian sumber tulisan atau yang disebut dengan jurnal dan prosiding dan juga pencarian penerbit.
  • Menu penelusuran yang lengkap, misalnya sumber penerbit, sumber jurnal dan prosiding dan penelusuran artikel.
  • Menu unduhan sitasi. Menu ini disediakan untuk memudahkan para pengunjung untuk mengunduh metadata artikel (sitasi) dengan format BibTex dan RIS (EndNote atau Procite).
  • Unduhan FullText yang tersedia dalam format PDF. Pengunjung situs ini bisa mengunduh teks lengkap dengan mudah.
  • Laporan jurnal. Laporan ini meliputi jumlah paper yang telah dilihat oleh pengunjung portal, teks lengkap dalam bentuk PDF yang telah diunduh, statistik artikel yang paling banyak diunduh dan laporan pengunjung yang telah mengakses portal ini.

Laporan pengunjung situs dibuat berdasarkan kategori kota. Ini bisa kamu jadikan bahan analisis kota mana yang paling rajin mengakses situs ilmiah seperti Portal Garuda.

Jika kamu tertarik dengan artikel yang ada di Portal Garuda, kamu bisa mengunduhnya dengan mudah asal kamu sudah mengikuti langkah-langkah yang sudah diinstruksikan. Nah, berikut ini pembahasan lengkapnya.

Cara Mengakses Jurnal di Portal Garuda

Begini Cara Download Jurnal di Portal Garuda dengan Mudah 3

Sebelum kamu mengunduh jurnal yang ada di Portal Garuda, hal pertama yang kamu lakukan adalah mengaksesnya, bukan? Portal ini mengizinkan semua pengunjung untuk mengakses jurnal di dalamnya secara gratis. Kamu hanya perlu membuka laman portalnya di GARUDA Garba Rujukan Digital.

Ketika kamu mengakses portal ilmiah ini, kamu akan melihat tampilan lama beranda yang berisi menu artikel, menu penerbit, jurnal, konferensi dan subjek lengkap dengan jumlah isinya di setiap menu.

Nah, untuk mengakses jurnal kamu bisa mencari artikel jurnal tersebut di kolom pencarian yang terletak di tengah laman. Ketika memasukkan satu kata kunci di kolom pencarian, portal akan memberikan semua artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu masukan di kolom pencarian tadi.

Coba perhatikan. Setiap artikel mempunyai menu yang sama, yakni selalu dilengkapi dengan menu abstrak sebagai gambaran singkat mengenai tema artikel, menu RIS, BibTex yang merupakan jenis teks yang bisa dipilih serta menu PDF bagi pengunjung yang ingin mengunduh artikelnya.


Jika kamu mengklik abstrak, maka abstrak dari artikel yang kamu cari akan muncul lengkap dengan jenis unduhan yang bisa kamu pilih. Di bagian bawah artikel abstrak terdapat menu original source. Ketika tautan ini di-klik kamu akan diarahkan pada portal sumber asli.

Cara Mengunduh Jurnal Portal Garuda

Begini Cara Download Jurnal di Portal Garuda dengan Mudah 5

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Portal Garuda merupakan sebuah portal ilmiah yang menyediakan informasi artikel kredibel yang berhubungan dengan pengetahuan yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam membuat karya tulis ilmiah.

Kredibilitas artikel dari portal yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi ini tidak perlu diragukan lagi. Dalam setiap jurnal terdapat informasi mengenai penulis dan lembaga yang menerbitkannya.

Selain menyediakan informasi yang berhubungan dengan pengetahuan, portal ini pun menyediakan berbagai jurnal yang berkaitan dengan pendidikan. Nah, bagi pengunjung yang ingin mengunduh jurnal di dalamnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs Portal Garuda di sini.
  • Masukkan kata kunci di kolom pencarian yang ada di bawah header portal.
  • Pilih artikel yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, akan muncul hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan. Di halaman tersebut kamu akan melihat informasi mengenai judul jurnal, penulis, identitas jurnal, tanggal diterbitkannya jurnal dan penerbit.
  • Klik judul jurnal yang kamu cari. Ketika kamu mengklik salah satu judul jurnal, maka akan muncul abstrak. Di bagian bawah abstrak terdapat opsi unduhan sitasi dan jenis unduhan yang bisa kamu gunakan.
  • Pilih opsi full PDF jika kamu ingin mengunduh jurnal lengkapnya atau unduh download original untuk mendapatkan jurnal dalam bentuk file asli.
  • Klik unduh pada jurnal yang kamu cari.

Pada laman abstrak, di bagian bawah unduhan sitasi terdapat informasi mengenai jurnal yang kamu pilih. Informasi tersebut meliputi tema jurnal yang dibuat, dan penerbit (misalnya nama sekolah tinggi atau lembaga).

Ada pula deskripsi singkat mengenai kapan jurnal ini diterbitkan, dan tema apa yang diangkat di jurnal tersebut. Dengan identitas jurnal selengkap ini, pengunjung tidak perlu meragukan lagi dari mana sumber jurnal tersebut dibuat.

Itulah informasi singkat mengenai Portal Garuda, langkah untuk mengakses jurnalnya dan cara mengunduh jurnal di dalamnya. Keberadaan portal ilmiah seperti ini sangat membantu, kan? Informasi pengetahuan dan teknologi di Indonesia tersebar di mana-mana.

Namun, untuk dijadikan sebagai referensi suatu karya tulis ilmiah memerlukan sumber yang terpercaya dan lembaga yang memang berkecimpung di bidang tersebut. Portal Garuda bisa menjadi solusi pencarian referensi bagi penulisan karya ilmiah karena jurnal di dalamnya ditulis oleh lembaga dan penulis yang sejalan dengan bidang yang dipegangnya. Silahkan manfaatkan pengetahuan di dalamnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram