carisinyal web banner retina

Tutorial Cara Freeze Kolom di Microsoft Excel

Ditulis oleh Linda

Dalam bekerja dengan data yang luas menggunakan Microsoft Excel, seringkali kita perlu mempertahankan visibilitas baris atau kolom tertentu saat menggulir melalui lembaran yang besar. Fitur "freeze panes" di Excel memungkinkan kita untuk melakukan hal ini, sehingga meningkatkan efisiensi saat menganalisis atau membandingkan data yang kompleks.

Nah, di artikel ini Carisinyal akan membahas cara mengaktifkan freeze panes di Excel untuk PC dan juga di aplikasi Excel untuk Android.

Aplikasi Excel untuk PC

Microsoft Excel pada PC menyediakan beberapa opsi untuk mem-freeze kolom atau baris, yang semuanya dapat diakses melalui tab "View" pada Ribbon.

1. Freeze Panes

Cara yang pertama adalah menggunakan fitur freeze panes. Silakan buka dokumen Excel yang ingin Anda kerjakan lalu klik pada sel di mana Anda ingin memulai freeze. Misalnya, jika Anda ingin freeze baris di atas dan kolom di kiri sel C2, klik pada C2.

Selanjutnya pergi ke tab "View" di Ribbon, lalu klik "Freeze Panes" dalam kelompok "Window". Pilih "Freeze Panes" dari menu dropdown. Sekarang, baris di atas dan kolom di kiri sel yang dipilih akan tetap terlihat saat Anda menggulir.

2. Freeze Top Row

Jika Anda hanya ingin memastikan baris paling atas tetap terlihat saat menggulir ke bawah, silakan buka lembar kerja Anda, lalu klik "View" > "Freeze Panes" > "Freeze Top Row".

3. Freeze First Column

Untuk mem-freeze kolom pertama sehingga selalu terlihat saat Anda menggulir ke kanan, silakan buka lembar kerja Anda lalu klik "View" > "Freeze Panes" > "Freeze First Column".

Setelah diaktifkan, Anda akan melihat garis tebal yang menandakan batas kolom atau baris yang telah di-freeze. Ini akan membantu Anda untuk tetap melihat bagian penting dari data Anda sambil menggulir melalui informasi lainnya.

Aplikasi Excel Android

Menggunakan Excel di perangkat Android juga memungkinkan Anda untuk mem-freeze kolom atau baris, meskipun pilihan tersebut lebih terbatas dibandingkan dengan versi desktop.

Caranya, buka aplikasi Excel di perangkat Android Anda dan pilih lembar kerja yang ingin Anda edit. Selanjutnya ketuk sel di mana Anda ingin memulai freeze.

Cari menu "View" di bagian menu “Home”, lalu pilih "Freeze Panes". Dari sini, Anda dapat memilih untuk freeze baris dan kolom berdasarkan posisi sel yang saat ini aktif.

Meskipun tidak semenyeluruh fitur di versi desktop, freeze panes di Excel untuk Android tetap berguna dalam banyak situasi, terutama saat bekerja di perjalanan atau saat menggunakan perangkat yang lebih kecil.

Fitur freeze panes di Excel sangat berguna untuk menjaga sebagian data tetap terlihat saat Anda menggulir melalui lembaran data yang besar. Baik menggunakan Excel di PC maupun di aplikasi Android, prosesnya intuitif dan dapat meningkatkan efisiensi kerja Anda secara signifikan.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat lebih mudah menganalisis data besar tanpa kehilangan konteks dari baris atau kolom yang penting.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram