carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Ingin Live di TikTok? Ini Cara Mudah Melakukannya

Ingin Live di TikTok? Ini Cara Mudah Melakukannya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Mei 2021

Di awal kemunculannya, media sosial menjadi wadah bagi penggunanya untuk berbagi foto dan video yang berarti penting bagi pemilik akun. Lalu, platform media sosial menambahkan fitur edit dengan berbagai filter, efek dan stiker serta hal-hal menarik lainnya sehingga membuat pengguna media sosial menjadi semakin betah berkreasi dengan foto dan video mereka.

Seiring waktu media sosial menambahkan fitur lain di mana pengguna bisa berinteraksi dengan lebih dekat. Fitur ini dikenal dengan live streaming. Hampir semua media sosial kini mempunyai fitur live. Ini mungkin sudah menjadi fitur yang paling populer sekarang. Salah satunya adalah fitur live di TikTok. Apa sih menariknya fitur live ini dan bagaimana cara live di TikTok? Berikut penjelasannya.

Serunya Live Streaming TikTok

Live streaming adalah sebuah praktek siaran profesional yang menyuguhkan video dan audio secara real time kepada para penonton di internet. Fitur satu ini semakin terkenal dalam dunia profesional karena dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi bisnis dan organisasi dan tentu saja hiburan.

Live streaming terasa lebih personal dan lebih dekat seolah tidak ada jarak antara penonton dengan orang yang melakukan live streaming, padahal nyatanya kamu sedang berjauhan. Fitur siaran ini mempunyai pengaruh yang efektif dalam konteks yang lebih luas, seperti untuk promosi, penyiaran kelas online, dll.

Karena dampaknya yang luas dan luar biasa, fitur live streaming mulai dilirik oleh berbagai perusahaan. Ini bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan komunikasi langsung dengan pelanggan mereka dan rekan komunitas lainnya tanpa mengenal batas geografis.

Keseruan lain yang didapat dari fitur live ini adalah kemudahan dan kepraktisannya. Ini menguntungkan baik itu pihak yang menyiarkan siaran ataupun pihak penontonnya.

Bagaimana tidak? Untuk mengadakan sebuah acara dengan menggunakan fitur live, yang kamu perlu persiapkan adalah peralatan audio yang mumpuni, konsep video yang relevan, koneksi internet yang stabil dan tentu saja akun TikTok-nya. Hal lainnya adalah opsional. Bisa kamu sediakan jika dibutuhkan, kalau tidak disediakan pun tidak mengapa.

Nah, yang paling penting adalah live streaming tidak akan terganggu dengan iklan yang akan mengganggu fokus penonton dan tentu saja menyela keseruan tontonan yang disuguhkan. Nah, semua itu bisa kamu dapatkan di fitur live TikTok.

Selain konten video challenge, magic tricks dan video-video kreatif lainnya, live streaming TikTok menjadi salah satu fitur yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh pengguna.

Syarat Live TikTok

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa tidak ada tombol live di dalam akun TikTok-mu? Jangan heran. Pasalnya di TikTok memang tidak semua pengguna bisa melakukan siaran.

Tidak seperti platform lainnya seperti Instagram, Facebook atau YouTube yang mengizinkan semua pengguna melakukan siaran live, TikTok mempunyai beberapa aturan untuk mengadakan siaran live, di antaranya adalah pengguna harus mempunyai pengikut minimal 1.000.

Meskipun batas usia minimal seseorang bisa membuat akun TikTok adalah 13 tahun, namun untuk bisa melakukan siaran, pengguna haruslah berusia minimal 16 tahun.

Jadi, meskipun kamu sudah mempunyai 1.000 pengikut tapi kamu masih berusia di bawah 16 tahun, kamu tetap tidak bisa melakukan siaran live. Tapi jika kamu berusia di atas 18 tahun, penonton bisa mengirimkan hadiah yang bisa kamu tukar menjadi uang.

Cara Live TikTok

Meskipun TikTok mempunyai aturan tertentu agar seorang pengguna bisa melakukan TikTok, untungnya langkah untuk melakukan siaran live tidaklah sulit. Jika kamu sudah sesuai dengan syarat dan aturan yang dibuat oleh platform asal Tiongkok tersebut, kamu bisa langsung berinteraksi dengan pengikutmu via fitur live.

Siaran live di TikTok semudah kamu menjentikan jari. Hanya dengan beberapa ketukan di layar gawai, kamu sudah bisa mempertontonkan apapun di platform ini. Nah, ikuti petunjuk cara live di TikTok berikut ini:

  • Jalankan aplikasi TikTok di ponsel, iPad atau gawai apa pun yang nyaman menurutmu.
  • Pada halaman utama TikTok, ketuk tombol plus (+) yang terletak di bawah tengah layar.
  • Setelah itu akan muncul halaman perekaman video. Geser menu di halaman perekaman yang ada di bawah tombol Go Live TikTok.
  • Jika kamu menggeser halaman sampai ke bagian yang paling kanan, kamu akan menemukan menu Live.
  • Setelah itu, kamu bisa memberikan caption, menambahkan efek seperti penghalus wajah, filter-filter unik dan lucu dan hal-hal yang kamu butuhkan agar siaran live-mu menarik banyak penonton.
  • Kamu juga bisa gunakan tambahan pencahayaan agar menghadirkan satu penggambaran yang semakin baik. Pasalnya pencahayaan adalah hal penting dalam proses pengambilan foto dan video. Jadi, jangan sampai kamu lupakan hal ini.
  • Setelah semua persiapan selesai, kamu bisa mulai melakukan siaran di TikTok.

Saat kamu memulai live, pengikutmu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu sedang melakukan siaran live sehingga mereka bisa menonton siaranmu tanpa ketinggalan.

Namun, jika kamu tidak mendapatkan notifikasi setiap ada seorang pengguna yang melakukan live, kamu bisa mengaktifkan fitur notifikasi siaran agar kamu tidak ketinggalan siaran dari orang-orang yang kamu ikuti.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live TikTok

Oh ya, jangan heran jika kamu mendapati tombol live di TikTok masih belum muncul di akunmu meskipun kamu sudah mencapai 1.000 pengikut. Ini adalah masalah umum. Tunggu beberapa hari saja tombol live pasti akan muncul.


Tapi jika kendala tersebut masih belum selesai dalam beberapa hari, kamu bisa mencoba ubah setting di akun TikTok-mu sekaligus melaporkan kendala tersebut ke pihak TikTok. Caranya begini:

  • Login ke akun TikTok-mu.
  • Buka halaman Profil, lalu ketuk ikon Tiga Titik yang ada di sudut kanan atas aplikasi.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan. Gulir menu ke bagian bawah dan pilih Report a Problem.
  • Selanjutnya, masuk ke opsi Live/Payments/Reward.
  • Terakhir, pilih menu Live Host > I Can’t Start Live.

Tips Live TikTok

Terkait masalah tidak munculnya tombol live di akun-akun TikTok yang sudah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak TikTok, sebetulnya ada beberapa faktor yang terjadi. Misalnya, fitur Go Live pada platform TikTok sedang dalam tahap pengujian.

Oleh sebab itu, fitur ini memang tidak tersedia untuk semua pengguna. Agar bisa menggunakan fitur ini, kamu harus menggunakan aplikasi versi terbaru. Karena setiap update yang diluncurkan, selalu disertai dengan perbaikan dan penambahan fitur terbaru.

Belakangan TikTok melakukan filter terhadap penggunaan kata-kata. Ada beberapa kata yang dilarang digunakan untuk siaran langsung mereka. Kata-kata larangan tersebut meliputi follow, bff, fan, donasi, ratu drama dan duet. Usahakan hindari kata-kata tersebut ya.

Dan apabila kamu tidak melihat tombol live pada layar akun TikTok-mu, bisa jadi perangkat kamu melakukan beberapa perekaman audio karena opsi live akan menghilang jika kamu sedang melakukan perekaman.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menekan tombol plus (+) yang terletak di bagian bawah layar. Setelah itu akan muncul tombol Video. Tombol ini terletak berdampingan dengan tombol Go Live.

Kami rasa cukup informasi mengenai cara live di TikTok dan beberapa hal yang berkaitan dengan fitur live streaming-nya. Oh ya, perlu kamu ketahui bahwa aturan dan persyaratan untuk melakukan siaran langsung di TikTok tersebut tidak baku. Dalam arti setiap negara memberlakukan peraturan dan persyaratan yang berbeda di setiap negara.

Nah, kamu ingin melakukan siaran live di TikTok? Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan TikTok yang berlaku di Indonesia. Jangan lupa untuk menyiapkan konsep dan konten yang seru untuk disuguhkan kepada penonton agar meraih banyak pemirsa. Semoga bermanfaat.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram