Carisinyal / Melacak Android / Cara Melacak Android yang Hilang Tanpa Aplikasi Khusus

Cara Melacak Android yang Hilang Tanpa Aplikasi Khusus

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kehilangan smartphone Android kesayangan karena dicuri atau tertinggal di suatu tempat merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan. Sebenarnya saat ini banyak cara melacak Android yang hilang tersebut dengan berbagai aplikasi, namun sayangnya kebanyakan dari kita belum pernah menginstal aplikasi tersebut sebelum Android-nya hilang.

Namun hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya karena kini Carisinyal akan mengulas cara untuk melacak Android yang hilang tersebut tanpa menggunakan aplikasi pelacak khusus. Ya, kita akan mencoba melacak dengan berbagai fitur dan aplikasi yang biasanya sudah terinstal di setiap perangkat Android.

1. Menggunakan Android Device Manager

cara melacak Android device manager

Syarat:

  • Perangkat Anda terhubung dengan akun Google
  • Perangkat Anda terhubung ke Internet
  • Menyeting Android Device Manager (ADM) untuk melacak perangkat Anda (sudah ON secara default)
  • Menyeting ADM untuk mengunci dan menghapus data di dalamnya (OFF secara default)

Android Device Manager merupakan fitur resmi dari Google untuk melacak smartphone dan tablet Android. Fitur ini biasanya sudah tersedia secara langsung di setiap perangkat Android sehingga Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Untuk mengaturnya Anda dapat membuka Google Settings kemudian pilih opsi Android Device Manager.

Untuk melacak Android yang hilang, Anda situs resminya melalui perangkat PC atau mobile. Anda juga bisa melacaknya dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager di perangkat Android yang lain, caranya:

  • Download aplikasi ADM di sini.
  • Sign in dengan guest mode menggunakan akun Google Anda.
  • Mulailah melacak Android Anda. Selain melacak, Anda juga bisa membunyikan ringtone ataupun menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Jika perangkat Android Anda tidak bisa dilacak, maka perangkat tersebut kemungkinan besar tidak terhubung ke internet, dimatikan, atau direset dan diganti dengan akun Google yang lain. Inilah salah satu kelemahan dari ADM, namun Anda dapat terus mencoba melacak dengan harapan perangkat tersebut dinyalakan dan terhubung kembali dengan internet.

2. Menggunakan Android Lost

cara melacak Android lost

Syarat:

  • Perangkat Anda terhubung dengan akun Google
  • Perangkat Anda terhubung dengan internet

Cara selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi Android Lost di perangkat Android yang hilang tersebut. Android Lost memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan dengan ADM sehingga akan tingkat keberhasilan melacaknya akan lebih tinggi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Install Android Lost

Bukalah Google Play Store di PC, login dengan akun Google Anda, kemudian instal aplikasi Android Lost.

Langkah 2: Aktifkan Android Lost

Setelah aplikasi tersebut terinstal, kirimkan SMS dengan isi “androidlost register” ke nomor Android yang hilang tersebut untuk melakukan aktivasi secara otomatis. Anda dapat mengirimkan SMS tersebut dari nomor dan perangkat mana saja.

Jika Android yang hilang tersebut adalah tablet yang hanya mendukung jaringan WiFi, maka Anda harus menginstal aplikasi AndroidLost Jumpstart terlebih dahulu sebelum menginstal aplikasi Android Lost.

Langkah 3: Login di situs Android Lost

Bukalah situs Android Lost kemudian login menggunakan akun Google Anda. Setelah itu Anda akan dapat mengakses dan mengontrol aktivitas perangkat Android yang hilang tersebut seperti:

  • Membaca SMS yang masuk
  • Menyalakan alarm dengan layar yang berkedip
  • Menunjukan lokasi perangkat
  • Mengunci dan membuka kunci
  • Menghapus semua data yang ada di dalamnya
  • Menghapus SD card
  • Memotret dengan kamera depan atau belakang

Semua fitur dan fungsi tersebut tentunya hanya akan dapat berjalan jika perangkat Android yang hilang tersebut terhubung ke Internet dan masih menggunakan akun Google Anda. Jika si pencuri sudah merubahnya, maka secara otomatis aplikasi ini tidak akan berguna.

Selain itu aplikasi ini juga cukup rentan untuk diketahui oleh si pencuri karena akan ada notifikasi mengenai aplikasi yang baru saja diinstal di perangkat tersebut. Meskipun aplikasi ini akan terinstal dengan nama “Personal Notes”, namun si pencuri akan langsung mengetahui aplikasi yang sebenarnya ketika membukanya.

3. Menggunakan Plan B

cara melacak Android plan b

Syarat:

  • Perangkat Anda terhubung dengan akun Google
  • Perangkat Anda terhubung dengan internet

Jika perangkat Android yang hilang tersebut masih berjalan pada sistem operasi Android 2.0 sampai 2.3, maka gunakanlah aplikasi Plan B. Cara mengisntalnya sama seperti menginstal aplikasi Android Lost, namun Anda tidak perlu melakukan aktivasi.

Setelah terinstal aplikasi ini akan memberikan informasi lokasi melalui Gmail secara otomatis setiap 10 menit. Anda juga bisa mengetahuinya secara manual dengan cara mengirim SMS dengan isi “locate” ke perangkat Android yang hilang tersebut.

4. Menggunakan Google Maps

cara melacak Android google maps

Syarat:

  • Perangkat Anda terhubung dengan akun Google
  • Perangkat Anda terhubung dengan internet
  • Location Reporting dan Location History di Google Settings dalam keadaan ON

Tidak seperti Android Device Manager, fitur Location History yang terdapat di Google Maps tidak dibuat untuk melacak smartphone yang hilang, namun hanya untuk merekam lokasi perjalanan Anda. Akan tetapi Anda tetap dapat mengakalinya untuk melacak Android yang hilang tersebut.

Caranya, bukalah Google Maps Location History kemudian klik “Show timestamps” di bawah kalender untuk melihat daftar waktu di mana lokasi Android Anda tercatat. Bukalah satu persatu daftar tersebut untuk melihat di mana saja perangkat tersebut pernah berada.

Tidak seperti Android Device Manager yang menggunakan GPS untuk melakukan tracking, Location History hanya menggunakan laporan lokasi dari Wi-Fi ataupun tower BTS. Dengan begitu tingkat keakurasian dari fitur ini mungkin agak kurang tepat.

Salah satu keuntungan dari Location History adalah kemampuannya untuk melacak lokasi Android secara otomatis pada setiap periode waktu tertentu. Jika smartphone Anda dicuri, maka Anda dapat memantau tempat mana saja yang sering dikunjungi untuk dicurigai sebagai rumah dari si pelaku.

5. Menggunakan Dropbox

layanan cloud storage dropbox

Syarat:

  • Perangkat Anda terhubung dengan internet
  • Fitur “Camera Upload” di Dropbox sudah diaktifkan

Jika di perangkat Android yang hilang tersebut sudah terinstal aplikasi Dropbox dan Anda sudah mengaktifkan fitur “Camera Upload”, maka Anda bisa mengakalinya untuk melacak Android yang hilang tersebut.


Ya dengan fitur tersebut aplikasi Dropbox akan langsung mengupload semua foto yang diambil oleh perangkat Android tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahui siapa yang sedang menggunakannya atau melacak keberadaannya jika Anda mengetahui tempat diambilnya foto tersebut.

Itulah beberapa cara melacak Android yang dapat Anda lakukan jika di perangkat tersebut belum ada aplikasi pelacaknya. Anda dapat membaca artikel ini jika ingin mengetahui aplikasi apa saja yang handal untuk melacak Android yang hilang. Sedangkan untuk melacak iPhone atau iPad yang hilang, Anda dapat membaca tips dan triknya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Kan hpnya seh hilang kek mw man instal gaje

  2. Hape saya ilang dari semalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *