Carisinyal / Inilah 6 Cara Melacak Nomor Handphone dengan Mudah

Inilah 6 Cara Melacak Nomor Handphone dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hampir setiap orang saat ini setidaknya memiliki tambahan identitas yang melekat pada dirinya, yakni nomor telepon. Karena kini umumnya hampir semua orang memiliki nomor telepon seluler. Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu nomor.

Hadirnya nomor telepon sebagai sebuah identitas membuat kini banyak penasaran ketika ada nomor yang tidak dikenal. Bisa jadi Anda adalah salah satunya.

Anda pasti penasaran ketika ada nomor tidak dikenal menelepon pasangan Anda. Atau Anda ingin cari tahu orang yang bahkan menipu atau sempat hampir tertipu memakai panggilan telepon. Atau bisa jadi Anda mendapat panggilan tidak terjawab dari orang yang tidak dikenal dan Anda penasaran siapa pemilik nomor tersebut?

Apapun alasan Anda, pasti Anda penasaran bukan dengan nomor telepon misterius atau orang yang tidak dikenal tersebut? Jika dulu, Anda pasti kebingungan. Tapi sekarang berkat kemajuan teknologi, segala informasi mudah didapatkan. Contohnya adalah situs Sabineblog.com. Situs ini merupakan situs informasi teknologi yang layak dibaca.

Balik lagi ke topik soal nomor telepon misterius. Bagaimana Anda mengetahui siapa pemilik nomor telepon misterius tersebut? Tentunya untuk mengetahuinya, Anda perlu melacak pemilik nomor tersebut. Dan setidaknya, ada 6 cara melacak nomor handphone alias HP yang bisa Anda lakukan. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Mencari Tahu Nomor di Google

GOOGLE

* sumber: searchengineland.com

Cara melacak lokasi nomor HP yang paling mudah adalah dengan melakukan pencarian di Google.com. Cara ini cukup praktis jika Anda mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal atau nomor panggilan perusahaan yang biasanya bukan nomor ponsel.

Misalnya, Anda mendapatkan panggilan dari nomor 022 8601xxxxx. Kode nomor di depan jelas mengindikasikan kalau nomor tersebut berasal dari Bandung. Anda kemudian tinggal ketik nomor tersebut di Google, dan lihat hasilnya.

Jika nomor tersebut adalah perkantoran yang sudah terdaftar lokasi di Google Maps maupun Google Bisnis, Google akan menampilkan informasi kantor dari nomor telepon tersebut. Tapi, tentu tidak semua perusahaan menuliskan nomor teleponnya di Google.

Cara ini juga bisa dilakukan jika Anda mendapat panggilan dari orang asing. Anda bisa lakukan pencarian di Google, biasanya ada situs yang memberikan informasi nomor-nomor penipu. Ada juga situs yang memberikan informasi soal nomor dari telemarketing agen asuransi atau agen kartu kredit.

2. Memakai Aplikasi TrueCaller

truecaller

Cara melacak lokasi nomor HP selanjutnya adalah memakai aplikasi TrueCaller. Aplikasi ini sangat membantu Anda dalam mengenali nomor yang tidak dikenal tetapi nomor tersebut telah menghubungi orang lain dan telah didaftarkan ke daftar kontaknya, tentu dengan catatan orang tersebut menambahkan data nomor HP ke TrueCaller.

Dengan aplikasi TrueCaller, Anda bisa melihat nama pengguna yang menelepon. Bisa jadi, misalnya suatu saat Anda menerima telepon dan ketika Anda melihat bahwa di nomor tersebut adalah “marketing asuransi”, tentu Anda bisa mengabaikan jika Anda tidak tertarik dengan produk asuransi.

Anda bisa memakai Truecaller dengan menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Anda juga bisa menggunakan situs Truecaller.com untuk melacak nomor yang tidak dikenal secara manual. Tetapi, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan data yang diinginkan.

3. Menggunakan Situs Pelacak HLR

hlr

HLR alias Home Location Register adalah sebuah sistem penomoran nomor HP alias seluler. Ini adalah sebuah sistem yang menandakan kode area dari sebuah nomor seluler tempat si pengguna mendapatkan nomor tersebut.

Hal ini berarti pelacakan HLR tidak menunjukan lokasi pengguna nomor telepon yang sebenarnya. Hanya memberikan informasi soal lokasi nomor tersebut didapatkan alias dibeli. Tetapi dengan cara ini, Anda bisa tahu kalau nomor asing yang Anda lacak bisa jadi berasal dari tempat membeli nomor tersebut.

Untuk melacar HLR ini, Anda harus menggunakan layanan situs pelacak HLR seperti Ceebydith.com. Anda tinggal masuk ke situs tersebut, kemudian masukan nomor yang ingin Anda lacak. Hasil pencarian akan menunjukan lokasi HLR dan operator yang digunakan.

4. Menggunakan HLRLookup.com

hlrlookup

HLRLookup.com merupakan situs yang juga menyediakan pencarian HLR. Anda bisa langsung menuju ke halaman hlrlookup.com/lookup/ untuk mencari tahu sebuah nomor telepon. Namun, karena situs ini adalah situs global, maka Anda perlu mengganti angka 0 di angka nomor seluler dengan kode negara.

Untuk Indonesia, kode negaranya adalah +62. Anda cukup masukan angka “62” kemudian diikuti angka lain setelah 0 dari nomor telepon yang Anda lacak. Nantinya HLRLookup.com akan memberikan informasi negara dan operator yang digunakan.

HLRLookup.com juga menawarkan informasi lebih lengkap. Hanya saja untuk menikmati informasi lebih lengkap ini, Anda perlu mendaftar dan melakukan pembayaran premium. Harga yang ditawarkan bukan langganan perbulan tetapi jumlah data dari nomor telepon yang Anda lacak.

5. Memakai Aplikasi Mobile Number Locater

Mobile Number Locater

Cara kelima untuk melacak nomor adalah menggunakan aplikasi Mobile Number Locater. Aplikasi ini bisa Anda unduh di di Google Play Store. Aplikasi ini bekerja dengan cara yang sama dengan aplikasi TrueCaller.

Yang menarik, dengan aplikasi Mobile Number Locater, Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari lokasi nomor yang tidak dikenal. Anda juga bisa mendapatkan rincian lokasi pemanggil. Aplikasi ini juga bisa menampilkan lokasi pemanggil di peta GPS. Beberapa informasi lainnya adalah kode area, provider yang digunakan, negara, zona waktu, kota, dan lainnya.

6. Memakai Aplikasi Family Locator

family locator

Family Locator pada dasarnya bukan untuk melacak nomor asing. Aplikasi ini digunakan untuk melacak nomor telepon keberadaan orang terdekat. Tentunya aplikasi ini bermanfaat untuk Anda yang peduli dengan keluarga. Dan perlu diingat, aplikasi ini harus dipasang terlebih dahulu

Dengan Family Locator, Anda bisa melacak lokasi anggota keluarga Anda. Tentunya jika keluarga Anda membawa ponselnya. Aplikasi ini juga berguna ketika ponsel Anda hilang dan Anda kebingungan mencarinya. Anda tinggal meminta anggota keluarga untuk melacak ponsel Anda memakai aplikasi ini.

Demikianlah 6 cara mudah melacak nomor handphone. Aplikasi keenam, yakni Family Locater, lebih cocok sebagai aplikasi pelacak lokasi tetapi jelas aplikasi tersebut juga bermanfaat untuk melacak keberadaan orang yang kita kenal. Bagaimana mudah bukan melacak nomor telepon?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *