carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Inilah Cara Melekatkan Tempered Glass yang Tidak Nempel

Inilah Cara Melekatkan Tempered Glass yang Tidak Nempel

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Gawai yang canggih dengan layar lebar kadang membuat kita khawatir, khawatir akan tergores atau bahkan pecah. Karena layar rata-rata terbuat dari material kaca yang tentu saja tidak tahan banting, layar berpotensi rusak apabila terkena benda tajam. Oleh sebab itu diciptakanlah pelapis layar yang biasa disebut dengan tempered glass.

Pada dasarnya pengaplikasian tempered glass tidaklah sulit. Tapi terkadang permukaan dan bentuk ponsel membuat tempered glass tidak bisa melekat dengan erat. Ada saja bagian lapisan yang mengangkat atau bergelembung. Nah dalam tulisan ini kami akan membahas mengenai fungsi tempered glass dan cara melekatkan bagian yang tidak menempel.

Tentang Tempered Glass dan Fungsinya

Tempered glass adalah lapisan yang empat kali lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa atau kaca anil (kaca yang cara pemanasan dan pendinginannya dilakukan perlahan). Tempered glass tidak seperti kaca anil yang dapat pecah menjadi bergerigi, akan tetapi ia akan pecah menjadi potongan kecil yang tidak berbahaya.

Hal inilah yang menyebabkan tempered glass menjadi pelindung layar terbaik agar layar tidak pecah atau tergores ketika terkena benturan dan goresan benda tajam. Karena kemampuannya melindungi layar menjadikan tempered glass merupakan sebuah item yang penting saat ini.

Sayangnya, pemasangan tempered glass pada layar beberapa ponsel terkadang tidak melekat erat. Hal ini membuat tempered glass terkelupas pada ujungnya dan ada gelembung udara yang terperangkap di dalamnya.

Cara Merekatkan Tempered Glass

Sebenarnya sangat mudah untuk merekatkan kembali tempered glass yang tidak menempel. Berikut kami memaparkan cara dan penjelasannya. Ini bisa dicoba di rumah, kok!

1. Melekatkan Tempered Glass yang Tak Menempel karena Bergelembung

*Sumber: www.saharacase.com

Ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk mengatasi tempered glass yang tidak menempel, di antaranya adalah minyak goreng atau baby oil, cotton bud dan kain microfiber. Jika semua bahan sudah tersedia, sekarang kita bisa memulai langkah mengatasi tempered glass yang tidak melekat dengan beberapa bahan berikut ini.

  • Siapkan Minyak

Siapkan cairan kental seperti minyak goreng. Gunakan minyak goreng yang masih baru. Jika kamu kesulitan mendapatkan minyak goreng, sebagai gantinya kamu dapat menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Yang pasti gunakan cairan yang sedikit lengket tapi tidak terlalu pekat.

Hindari menggunakan cairan yang terlalu encer guna mencegah cairan minyaknya merembes masuk ke celah-celah ponselmu. Dikhawatirkan cairan akan merusak perangkat ponselmu.

  • Matikan Ponsel

Perlu kamu ketahui bahwa melakukan proses pembersihan atau proses perawatan ponsel, usahakan ponsel berada dalam keadaan mati. Ini dapat mencegah kerusakan pada perangkat ponselmu. Apalagi ketika kamu hendak memperbaiki tempered glass yang tidak melekat.

Akan sangat beresiko jika ponsel dalam keadaan nyala. Terutama pada sensitivitas ponselmu nantinya. Yang paling beresiko adalah terjadinya kerusakan pada sensitivitas layar sentuhnya.

  • Celupkan Cotton Bud pada Minyak

Gunakan wadah kecil untuk menampung minyak atau baby oil yang akan kamu gunakan. Setelah itu, celupkan cotton bud ke dalam minyak tersebut. Oleskan sedikit demi sedikit pada pinggiran tempered glass yang mengangkat.

Kamu bisa sedikit mengangkat tempered glass lebih lebar agar minyak masuk pada celah tersebut. Biarkan minyak mengisi celah dan tidak ada lagi bagian yang bergelembung. Usahakan cairan minyak tidak meleber ke mana-mana. Oleskah hanya pada bagian yang bergelembung saja.

  • Lap dengan Menggunakan Kain Halus

Pastikan seluruh celah terisi dengan minyak. Ambil kain lap berserat halus atau kain microfiber untuk membersihkan bagian sisa-sisa minyak. Jika kain tidak ada kamu bisa gunakan kertas tisu yang lembut. Lap seluruh bagian sampai celah atau bagian tempered glass tersebut telah rata dan lapisan lemnya merekat kembali.

2. Cara Melekatkan Kembali Tempered Glass yang Tidak Menempel dengan Lem

*Sumber: www.aliexpress.com

Pada dasarnya tempered glass dijual dalam kemasan siap pakai. Dalam arti kamu tidak perlu menambahkan lem atau perekat lagi untuk menempelkan tempered glass. Namun, kadang kamu mengalami bagian tempered glass terkelupas atau mengangkat karena ada lem yang tidak melekat.

Oleh sebab itu kamu perlu menambahkan lem tempered glass lagi agar lapisan pelindung tersebut rata dan melekat erat pada layar gawai. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Lem Tempered Glass

Sering kali terjadi tempered glass tidak melekat erat pada ponsel yang memiliki layar 2,5D di mana bagian pinggirnya melengkung sehingga tempered glass tidak bisa melekat erat.


Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menambahkan lem tempered glass. Cukup oleskan lem pada bagian pinggir yang tempered glass. Lem seperti ini bisa kamu dapatkan di toko-toko yang menjual aksesoris ponsel.

  • Gunakan Tusuk Gigi

Lem tempered glass punya aplikator di bagian ujungnya sehingga mempermudah pengaplikasian lem. Ratakan lem pada seluruh bagian pinggir tempered glass. Lap permukaan layar dan tekan-tekan perlahan permukaan layar sampai kamu yakin lem melekat dengan baik.

Untuk bagian yang sedikit sulit dijangkau aplikator lem, kamu bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengangkat tempered glass. Awali dari ujung yang lebar, perlahan angkat tempered glass dengan lembut. Jika kamu memulai dari bagian depan, tempered glass bisa pecah.

  • Bersihkan Layar

Lap permukaan layar yang telah diberi lem sambil tekan secara perlahan bagian-bagian yang diberi lem tempered glass tadi. Pastikan tempered glass melekat erat. Jangan sampai terjadi lagi ada gelembung udara yang terjebak atau ada kotoran yang ikut menempel pada bagian yang lengket dari tempered glass.

Agar layar lebih bersih maksimal kamu bisa menggunakan minyak kayu putih. Cairan minyak kayu putih dapat membersihkan minyak yang menempel dari jari tangan kita. Oleskan minyak kayu putih pada layar. Setelah itu lap dengan kain halus atau dengan tisu.

3. Cara Melekatkan Kembali Tempered Glass dengan Lem UV Full Cover

*Sumber: www.ebay.com

Untuk mengatasi tempered glass yang tidak melekat kamu bisa gunakan lem UV full cover. Lem ini mempunyai daya rekat yang kuat dan tahan lama. Lem ini mampu melindungi dari bekas sidik jari, retak, benturan, debu dan kotoran serta minyak yang mungkin menempel pada layar ponsel.

Untuk tempered glass yang mengangkat kamu harus melepaskan tempered glass terlebih dahulu semuanya dan melekatkannya kembali. Setelah tempered glass terlepas bersihkan permukaan layar terlebih dahulu baru ikuti langkah merekatkan kembali tempered glass menggunakan UV tempered glass.

  • Bersihkan Debu dan Tutup Lubang Speaker

Untuk membersihkan layar dari debu dan minyak kamu bisa gunakan alkohol atau minyak kayu putih. Setelah itu tutup lubang speaker dengan menggunakan stiker atau lakban atau bisa juga dengan menggunakan dust remover. Hal ini dilakukan agar cairan lem tidak merembes dan masuk pada lubang speaker sehingga merusak perangkat di dalamnya.

  • Tuangkan Lem

Buka tutup lem dan tuangkan lem ke bagian tengah layar. Jangan sampai ada gelembung kecil yang terbentuk ketika kamu menuangkan lem ke bagian tengah layar ponsel. Setelah itu letakan tempered glass dengan lurus seperti semula.

Biarkan lem menyebar ke seluruh layar. Kamu tidak perlu menekan tempered glass agar lem menyebar secara merata sebab ia akan menyebar dengan sendirinya. Jika lem luber sampai ke pinggiran tempered glass kamu bisa membersihkannya dengan tisu.

  • Keringkan dengan Sinar UV

Tes lampu UV sebelum digunakan. Pastikan ia menyala dengan baik. Jangan sinari tempered glass ketika lem meluber ke bagian pinggir tempered glass. Hindari paparan sinar UV pada kulit dan mata secara langsung.

Setelah semuanya selesai kamu bisa mulai keringkan lem tempered glass di bawah sinar UV bawaan tempered glass tadi. Sinari kurang lebih 4 menit secara bolak-balik dari atas ke bawah layar. Biarkan layar tersinari sempurna. Kamu tidak perlu menekan atau menyentuh layar selama proses ini berlangsung.

Setelah semua proses perbaikan tempered glass yang tidak menempel selesai, kamu dapat uji sensitifitas layarnya. Pemasangan yang tepat tidak akan membuat sensitivitas layar berkurang. Sebaliknya, layar ponselmu akan semakin aman dengan adanya lapisan pelindung yang melekat erat.

Demikian informasi mengenai cara melekatkan tempered glass yang tidak menempel pada layar. Kamu tidak perlu khawatir layar akan tergores atau retak karena sekarang ponselmu sudah dilengkapi dengan tempered glass baru dengan kekuatan yang lebih baik.

Jangan lupa untuk rutin membersihkan layar yang dilindungi tempered glass agar ia dapat bekerja sempurna. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan layar. Ikutin terus informasi yang kami sajikan pada artikel selanjutnya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram