carisinyal web banner retina

Cara Melihat dan Membagikan Kenangan di Instagram

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Instagram memang menjadi salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah Instastory (Instagram Story). Fitur ini biasanya digunakan untuk membagikan momen-momen yang menarik.

Saya sendiri menggunakannya agar bisa dilihat kembali satu atau dua tahun ke depan sebagai kenangan dan bernostalgia.

Menariknya, Instagram menawarkan fitur untuk membagikan kembali unggahan-unggahan lama tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melihat-lihat sambil membagikannya untuk bernostalgia bersama teman atau followers.

Nah, berikut adalah cara untuk melihat dan membagikan kenangan di Instagram. Silakan simak langkah-langkahnya sampai habis, ya.

Cara Melihat Kenangan di Instagram

Jika Anda sering menggunakan fitur Instastory, pasti penasaran bukan tentang momen atau kenangan apa yang pernah dibagikan hari ini di tahun sebelumnya?

Nah, Instagram memiliki fitur bernama archive yang menyimpan semua unggahan Instastory yang pernah Anda buat. Tidak hanya bisa dilihat, Anda juga bisa membagikan atau membagikannya kembali, loh. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silkaan buka aplikasi Instagram Anda terlebih dahulu, kemudian masuk ke profil.
  2. Setelah itu, silakan tekan tanda garis tiga di bagian kanan atas untuk membuka Settings and activity.
    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram
    1. Untuk melihat kenangan yang pernah Anda buat, pilih menu “Archive”.
    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram
    1. Di bagian paling bawah, Instagram akan menampilkan kenangan atau Memories dari Instastory yang pernah Anda unggah tepat satu tahun sebelumnya.

    Cara Membagikan Kenangan di Instagram

    Selain melihatnya, Anda juga bisa membagikan berbagai kenangan tersebut ke story terbaru di akun Instagram Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

    1. Pilih dan tekan salah satu memories tersebut atau tombol “Share” berwarna biru.
    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram
    1. Setelah itu, edit dan unggah dengan menekan tombol “Your story” untuk membagikannya.
    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram

    Tidak hanya unggahan tepat satu tahun lalu, Anda juga bisa membagikan unggahan Instastory lainnya yang pernah dibagikan.

    Anda hanya perlu menekan unggahan tersebut, kemudian tekan ikon “Share” yang ada di bagian bawah. Selanjutnya, edit dan unggah dengan menekan tombol “Your story” untuk membagikannya.

    Agar lebih mudah dalam melihat-lihat kenangan, Anda juga bisa mengubah tampilannya menjadi seperti sebuah kalender dengan menekan ikon kalender. Dengan begitu, Anda bisa melihat Instastory yang pernah diunggah sesuai tanggalnya.

    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram

    Selain itu, Anda juga bisa melihatnya dalam bentuk peta dengan menekan ikon pin di sampingnya. Namun, tidak semua unggahan Instastory akan muncul di sini, hanya beberapa instastory yang diberikan stiker lokasi saja yang akan muncul.

    cara melihat dan membagikan kenangan di instagram

    Nah, itulah cara yang bisa dilakukan untuk melihat dan membagikan kenangan di Instagram. Kenangan berupa Instastory ini akan tersimpan secara otomatis setelah 24 jam tayang di akun Anda. Jadi, jika Anda menghapus Instastory sebelum 24 jam, Instastory tersebut tidak akan masuk ke dalam arsip.

    Fitur membagikan kenangan ini cocok untuk Anda yang ingin bernostalgia. Atau hanya sekadar penasaran dengan apa yang dilakukan pada hari ini untuk satu atau dua tahun sebelumnya. Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

    cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram