carisinyal web banner retina

Cara Melihat Penggunaan Data di HP vivo dan iQOO

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Zaman makin canggih dengan internet, penggunaan HP pintar di masyarakat jadi kian meningkat semenjak mudahnya orang mengakses berbagai informasi, seperti meliaht berita, menonton video, berbelanja, atau ngobrol via aplikasi chat.

Aktivitas tersebut membuat penggunaan kuota juga jadi lebih besar setiap harinya alias boros. Nah, jika Anda merasa jadi salah satunya, tidak perlu khawatir. Saya akan membahas mengenai cara melihat penggunaan data, terkhusus di HP vivo, atau iQOO, baik itu seluler atau WiFi.

Sebagai catatan, ponsel yang dipakai untuk tutorial kali ini adalah iQOO Z9x 5G dengan OS Android 14. Karena iQOO bagian dari vivo, tampilan antarmuka dan pengaturannya cenderung mirip. Sehingga tutorial kali ini juga bisa diterapkan bagi Anda pemakai ponsel merek vivo

Cara Melihat Penggunaan Data Seluler

Untuk melihat penggunaan data seluler di ponsel vivo, tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka “Settings”

cara melihat penggunaan data hp vivo

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu Settings. Menu ini bisa diakses melalui laman beranda, atau dengan membuka Status Bar dengan men-swipe ke bawah dari tepi atas layar dua kali, lalu klik ikon gerigi untuk membuka menu settings.

2. Akses Menu “Data Usage”

cara melihat penggunaan data hp vivo

Setelah berhasil masuk ke menu Settings, Anda perlu cari menu “Data Usage”. Silakan buka menu “Network & internet” terlebih dahulu, kemudian “SIM Card & mobile network”, dan pilih SIM yang akan dicek penggunaan datanya.

Setelah itu Anda akan menemukan menu “Data usage” untuk melihat penggunaan datanya.

3. Akses “Data Usage” Melalui iManager

cara melihat penggunaan data hp vivo

Selain mengaksesnya melalui menu settings, Anda juga bisa dengan mudah menemukan menu Data usage di aplikasi iManager. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah membuka aplikasi iManager, pilih menu “Data management” yang ada di kolom “Phone management”. Setelah itu, Anda akan langsung menemukan menu “Data Usage”.

4. Ketahui Sajian Informasi Penggunaan Data Seluler yang Ditampilkan

cara melihat penggunaan data hp vivo

Di dalam menu “Data usage”, Anda bisa langsung melihat jumlah penggunaan data seluler, baik per hari atau per bulan. Misalnya dalam foto terlihat pemakaian data seluler per hari ini (saat pengecekan) sudah menghabiskan sekitar 4.50 GB. Anda juga bisa melihat waktu penggunaannya yaitu mulai naik sejak pukul 13.00 WIB.

Lebih detail lagi, Anda juga bisa melihat aktivitas atau aplikasi yang menggunakan data seluler per hari ini (saat pengecekan). Dalam foto terlihat bahwa data seluler paling banyak digunakan untuk penggunaan Hotspot and tethering, kemudian di bawahnya digunakan untuk bermain atau mengunduh data dari Call of Duty.

Tampilan detail tersebut berfungsi agar Anda melihat aplikasi atau aktivitas apa yang paling banyak menghabiskan data seluler atau kuota. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperhatikan dan mengurangi penggunaannya.

5. Tampilkan di Status Bar dan Aktifkan “Data warning and limit”

cara melihat penggunaan data hp vivo

Salah satu cara yang saya rekomendasikan agar penggunaan data bisa tetap terpantau dan tidak boros adalah dengan menampilkannya di status bar, serta menyetel peringatan atau limit.

Caranya, di menu Data management yang ada di aplikasi iManager, tekan toggle pada menu “Show data information”. Dengan begitu, Anda bisa melihat informasi penggunaan data harian dan bulanan saat membuka status bar di bagian atas.

Sedangkan untuk menyetel peringatan, pilih menu “Data warning and limit” yang ada di menu Data management tadi. Setelah itu, aktifkan toggle yang ada di samping “Set data warning” dan atur jumlah penggunaan data maksimal agar peringatannya aktif.

Anda juga bisa mengaktifkan toggle di “Set data limit”, hanya saja HP akan secara otomatis mematikan data seluler setelah limit data maksimalnya tercapai. Tenang saja, Anda juga masih bisa mengatur berapapun limit data tersebut, serta bisa mengaktifkan data seluler kembali meski sudah mencapai limitnya.

Cara Melihat Penggunaan Data WiFi

Selain melihat penggunaan data seluler, Anda juga bisa melihat penggunaan data WiFi di HP vivo dan iQOO. Caranya juga cukup mudah, silakan simak pembahasannya berikut.

1. Buka menu “Non-operator data usage” Melalui Settings

cara melihat penggunaan data hp vivo

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah membuka menu Settings dan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling cepat adalah dengan membuka Status Bar dengan men-swipe ke bawah dari tepi atas layar dua kali, lalu klik ikon gerigi untuk membuka menu settings.

Sama seperti sebelumnya, silakan pilih menu “Network & internet”, setelah itu pilih menu “Wi-Fi”. Anda akan melihat menu “Non-operator data usage” untuk melihat penggunaan data WiFi Anda.

2. Buka menu “Wi-Fi data usage” Melalui aplikasi iManager

cara melihat penggunaan data hp vivo

Selain melalui settings, Anda juga bisa melihat penggunaan data WiFi melalui aplikasi iManager. Masih mirip seperti sebelumnya, di dalam aplikasi iManager silakan buka menu “Data management”, Anda akan langsung melihat menu “Wi-Fi data usage” di bagian paling bawah.

3. Sajian Informasi Penggunaan Data WiFi

cara melihat penggunaan data hp vivo

Selesai! Anda sudah berada di laman yang menyajikan informasi penggunaan data menggunakan Wi-Fi. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan sajian informasi penggunaan data seluler.

Anda bisa melihat penggunaan data WiFi baik itu per hari atau per bulan, waktu penggunaan, hingga aktivitas atau aplikasi yang paling banyak menggunakan data WiFi tersebut.

Nah, itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat penggunaan data internet, baik data seluler atau WiFi di HP vivo maupun iQOO. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir boros kuota lagi lantaran sudah tahu cara melihat dan memantau penggunaannya. Bahkan Anda juga bisa menentukan limit agar benar-benar aman.

Kategori: ,
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram