carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / 3 Cara Memasang TV Tuner yang Sangat Mudah dan Praktis

3 Cara Memasang TV Tuner yang Sangat Mudah dan Praktis

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Menonton TV sekarang tidak hanya dilakukan ketika ada perangkat televisi saja. Di masa sekarang di mana teknologi sudah semakin maju, menonton TV bisa kamu lakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop dan perangkat keras untuk menonton acara-acara TV favoritmu tanpa harus mengandalkan koneksi internet untuk streaming. Orang menamai alat ini sebagai TV tuner.

Perangkat ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati sajian hiburan TV tanpa menambah dana lebih untuk membeli perangkat TV. Pasalnya TV tuner jauh lebih ekonomis dibanding harga TV. Sebenarnya apa sih TV tuner dan kelebihan serta cara memasangnya? Melalui artikel ini kamu akan menemukan penjelasan-penjelasannya. Mari simak sama-sama.

Penjelasan Singkat Tentang TV Tuner

*Sumber: www.commons.wikimedia.org

Kamu tentu masih ingat jika dulu, sewaktu kita ingin menonton TV kita harus menyiapkan sebuah perangkat TV dengan alat penangkap sinyal dan antena yang dipasang di rumah. Jika alat-alat tersebut tersedia, baru kamu dapat menikmati aneka sajian TV yang disiarkan oleh TV nasional.

Sebenarnya, untuk bisa menikmati hiburan TV kita masih bisa menikmati acara TV di laptop dengan mengandalkan koneksi internet. Akan tetapi itu sedikit kurang nyaman. Pasalnya koneksi internet tidak bisa kita gunakan setiap waktu. Apalagi bagi kamu pengguna internet dengan kuota terbatas.

Dengan adanya TV tuner kita tidak perlu mengandalkan jaringan internet untuk streaming nonton acara favorit kalian di TV. Asalkan laptop atau PC terhubung pada sebuah alat yang disebut dengan TV tuner.

Jadi, singkatnya TV tuner adalah sebuah perangkat keras yang terhubung dengan komputer atau PC yang berfungsi untuk menampilkan siaran TV dari beragam stasiun TV. Perangkat ini dilengkapi dengan macam-macam tools yang menyajikan aneka fitur berbeda yang seru.

Jenis TV Tuner Berdasarkan Cara Memasangnya

Di pasaran, kini sudah banyak beredar TV tuner berbagai merk dengan harga bervariasi dengan kelebihan masing-masing. Ukuran, harga dan spesifikasi dari alat ini pun tak kalah beragam.

Setiap unit menawarkan kelebihan masing-masing yang harus kamu pertimbangkan saat kamu berniat untuk membeli TV tuner. Dilihat dari cara pemasangannya, TV tuner terbagi menjadi dua jenis, yakni TV tuner internal dan eksternal.

1. TV Tuner Internal

TV tuner internal terdiri dari dua jenis, yaitu TV Tuner Combo Box dan TV Tuner Card. Untuk menggunakan perangkat TV tuner internal, kamu membutuhkan satu unit komputer dengan spesifikasi tertentu. Di antaranya adalah gunakan komputer dengan RAM minimal 128 MB yang masih dalam kondisi bagus.

Pastikan komputermu menggunakan prosesor di atas 500 Mhz dan sound card VGA. Jangan lupa memastikan pula komputermu masih dalam keadaan bagus dan sudah terinstal driver dan sotware tertentu.

Kelebihan dari TV tuner internal adalah kamu bisa menyimpan siaran TV yang sedang berlangsung untuk diputar ulang di lain waktu. Siaran TV tersebut akan tersimpan dalam format video.

2. TV Tuner Eksternal

Dilihat dari perangkatnya, TV tuner eksternal lebih praktis. Pasalnya kamu hanya memerlukan monitor, tidak harus monitor laptop atau PC, monitor apa pun bisa kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan monitor yang sudah tidak terpakai asalkan terpasang dengan konektor USB untuk menampilkan siaran TV. Kelebihan TV tuner eksternal adalah karena bentuknya yang portable, maka ia bisa dibawa dan dipindah-pindah sesuai keinginan.

Jenis TV Tuner Berdasarkan Perangkatnya

Sebelum kita membahas cara memasang TV tuner, kamu perlu mengetahui jenis TV tuner berdasarkan perangkatnya. Sebab ini akan mempengaruhi pada cara memasang setiap jenis TV tuner. Karena seperti yang kamu ketahui bahwa setiap tipe atau jenis TV tuner punya memiliki perbedaan cara instalasi dan alat tambahan yang diperlukannya.

1. TV Tuner Combo

Jenis yang pertama adalah TV Tuner Combo. Bentuk fisik TV tuner ini adalah seperti kotak yang terdiri dari port output VGA dan RCA. Secara tidak langsung TV tuner ini dapat kita masukan ke dalam tipe TV tuner eksternal.

Jika kamu cocok dengan TV tuner tipe ini kamu perlu antena sebagai penangkap sinyal analog yang bersumber dari saluran TV yang tersedia. Kualitas antena dan posisinya sangat berpengaruh pada gambar yang dihasilkan nantinya.

Penempatan antena yang tepat selain bisa menghasilkan gambar yang bagus juga memungkinkan membuat saluran TV lebih banyak.

2. TV Tuner Card

*Sumber: www.commons.wikimedia.org

Jenis yang kedua adalah TV Tuner Card. TV tuner jenis ini bergantung pada kualitas komputer sehingga saat kita menginstal software tidak akan terjadi kesalahan pada sistem atau lag.


Untuk menggunakan TV tuner jenis ini kamu perlu memasang TV Tuner Card pada motherboard lalu menginstal driver dan software khusus pada komputer yang akan kita gunakan untuk menonton.

3. tMini atau TV Tuner Mini

TV tuner ini dinamakan demikian karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang sederhana. Dan, tv tuner ini bisa dibawa ke mana-mana dan cocok dipasangkan pada notebookmu.

Proses memasangkan TV tuner jenis ini sedikit rumit karena harus melewati proses instalasi. Selain itu kamu harus jeli dengan kualitas TV tuner ini pasalnya hanya TV tuner mini dengan harga tertentu yang menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus.

Cara Memasang TV Tuner

*Sumber: www.youtube.com/c/JuruReview/

Saat ini orang mungkin masing belum familiar dengan keberadaan TV tuner. Karena mungkin saja kalah populer dengan menonton TV streaming dengan siaran-siarannya yang lebih bervariatif. Namun, TV tuner punya kelebihan tersendiri yang membuatnya bisa menjadi cara alternatif menikmati hiburan.

Mungkin pula kamu masih bingung dengan cara menggunakan dan memasang alatnya. Biar tidak bingung mari kita lanjutkan pembahasan cara memasang TV tuner selanjutnya.

1. Memasang Antena TV Tuner Memakai CPU

Cara pertama untuk menggunakan TV tuner adalah dengan memasangkannya pada CPU. Langkah-langkahnya tidak sulit dan kamu perlu beberapa macam alat agar sinyal TV dapat ditangkap dengan baik dan hasil gambarnya jernih.

Alat-alat yang diperlukan adalah, charger TV tuner yang gunanya untuk mengisi daya elektrik, kabel VGA yang akan menghubungkan TV tuner ke komputer, antena , kabel VGA untuk output ke layar dari TV tuner dan kabel aliran arus listrik ke layar dari stop kontak. Setelah alatnya siap, kamu bisa mulai memasangkan.

  • Colokan semua kabel dengan fungsi masing-masing.
  • Hidupkan komputer dan TV tuner.
  • Atur menu setting saluran TV. Ini bisa kamu lakukan baik melalui remote control TV tuner atau langsung dari TV tuner tanpa menggunakan remote control.
  • Periksa hasil gambar yang didapat. Jika gambarnya kurang jernih kamu bisa gunakan antena TV tuner untuk memperkuat sinyal.

2. Cara Memasang TV Tuner Tanpa Memakai CPU

Sama seperti dengan cara memasang TV tuner memakai CPU, cara kedua ini pun perlu beberapa alat yang harus kamu siapkan. Alat-alat tersebut adalah, charger TV tuner sebagai pengisi daya, kabel power dan kabel VGA.

  • Colokan semua kabel pada fungsinya masing-masing.
  • Atur saluran pada menu pengaturan. Cara pengaturan saluran ini sama dengan cara pengaturan saluran pada TV analog.
  • Jika terjadi kesalahan pada proses pemasangan dan tidak ada sinyal yang tertangkap oleh perangkat TV tuner, ini bisa jadi disebabkan terjadi masalah pada kabel VGA.

Kamu bisa atasi dengan cara mengganti kabel VGA baru supaya input TV tuner bisa dibaca dengan baik dan menghasilkan gambar yang bagus.

3. Cara Memasang TV Tuner Ke Proyektor

TV tuner yang bisa dipasangkan ke proyektor adalah TV Tuner Combo dan TV Tuner Mini. TV Tuner ini punya dua port output yang bisa kita gunakan, yaitu port VGA dan port RCA. Yuk kita mulai langkah-langkah memasangkannya.

  • Siapkan TV tuner dan proyektor.
  • Siapkan antena yang gunanya untuk menangkap sinyal analog.
  • Siapkan stop kontak minimal mempunyai dua output arus AC untuk power proyektor dan power TV tuner.
  • Nyalakan TV tuner dan proyektor.
  • Pasang antena pada TV tuner dan taruh pada tempat yang bisa menangkap sinyal dengan baik.
  • Siapkan kabel pembawa sinyal dari TV tuner ke proyektor. Kamu bisa gunakan kabel VGA atau kabel RCA.
  • Pasangkan salah satu kabel tersebut.
  • Masukan VGA ke port VGA out di TV tuner. Kencangkan dengan sekrup di VGA.
  • Sambungkan pada proyektor.
  • Jika sambungan berhasil beberapa saluran kabel VGA ke port kabel VGA ini akan muncul pada layar proyektor.

Memasang TV tuner pada proyektor seperti ini akan berguna jika kamu ingin mengadakan acara nonton bareng event-event besar seperti nonton bareng final sepak bola dan event lainnya. Cakupan layarnya yang besar membuat acara menonton jadi nyaman.

Demikian ulasan mengenai cara memasang TV tuner dan pengenalan jenis TV tuner yang bisa kamu beli untuk melengkapi kebutuhan hiburan di kost-an atau kamarmu. Pilih jenis dan merk TV tuner yang spesifikasinya benar-benar kamu butuhkan.

Kamu jadi bisa menikmati tayangan siaran TV di laptop tanpa koneksi internet atau menggunakan layar lebar nonton bareng teman-temanmu. Pastikan pula perangkat monitormu kompatibel dengan TV tuner yang kamu pasang.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram