Carisinyal / WiFi / Cara Memasang Wi-Fi Hotspot di Laptop Secara Mudah

Cara Memasang Wi-Fi Hotspot di Laptop Secara Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2018

Seiring berkembangnya zaman, banyak ditemukan free Wi-Fi hotspot di tempat-tempat umum. Koneksi internet Wi-Fi memang dirasa lebih modern dan mudah. Pasalnya, kita tidak perlu menyambungkan kabel atau perangkat apapun ke laptop atau smartphone kita karena kita bisa terhubung ke internet secara nirkabel.

Setiap perangkat, seperti laptop maupun smartphone, terkadang sudah dibekali dengan fitur Wi-Fi hotspot. Sayangnya, beberapa laptop tidak dibekali dengan fitur ini. Nah, bagaimana cara memasang Wi-Fi di laptop? Carisinyal akan membagikan beberapa aplikasi yang bisa Anda install untuk memungkinkan laptop Anda menjadi hotspot Wi-Fi.

My Wi-Fi Router

My Wi-Fi Router adalah software gratis untuk membuat hotspot Wi-Fi di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Aplikasi yang satu ini bisa diinstall di laptop yang berbasis Windows 7 atau Windows 8.

Akan tetapi, My Wi-Fi Router tidak hanya bisa mengubah laptop menjadi hotspot Wi-Fi saja, tetapi juga membatasi kecepatan untuk menghemat bandwith. Selain itu, Anda juga bisa membatasi atau memblacklist perangkat lain yang coba untuk terkoneksi ke Wi-Fi Anda ini.

My Wi-Fi Router cara memasang Wi-Fi

Aplikasi yang satu ini benar-benar bermanfaat, karena My Wi-Fi Router menawarkan kemampuan untuk berbagi video menggunakan Wi-Fi, sehingga Anda bisa langsung mengakses video tersebut melalui smartphone Anda. Jika di layar perangkat Anda menampilkan tulisan pilihan “Share Video”, Anda akan mendapat sebuah alamat IP, lalu masukkan dan cari IP tersebut untuk memutar video yang tersimpan dalam file Anda.

Pertimbangkan cara memasang Wi-Fi dengan mengandalkan My Wi-Fi Router. Pasalnya, aplikasi yang satu ini sangat produktif. Bahkan, UI yang ditawarkan oleh aplikasi ini pun mudah dipahami.

MaryFi

MaryFi

Ingin berbagi koneksi internet yang ada di laptop Anda kepada perangkat lain? Cobalah untuk menginstall MaryFi, sebuah software berbasis router yang akan membantu Anda untuk membuat hotspot Wi-Fi sehingga Anda membagikan koneksi internet ke perangkat lain.

Aplikasi yang satu ini benar-benar gratis dan mendukung laptop yang berjalan di atas sistem operasi Windows 7. MaryFi menawarkan antarmuka yang sederhana, sehingga siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Walaupun MaryFi adalah aplikasi sederhana, tetapi fitur yang tersedia dalam aplikasi cukup mumpuni, salah satunya adalah kemampuannya untuk menjadi repeater, di mana Anda dapat menggunakan alat ini untuk menerima sinyal dari modem Wi-Fi lainnya lalu menyebarkan fitur Wi-Fi di laptop untuk menyebarkan ke perangkat lain.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menginstall MaryFi, maka Anda tidak hanya memiliki satu koneksi internet saja. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang gemar bermain game multiplayer berbasis LAN.

MyPublicWiFi

Jika Anda memiliki prosesor dengan arsitektur bit 32 atau 64 dan ingin membuat laptop Anda berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi, maka Anda harus menginstall MyPublicWiFi ini.

Ya, cara memasang WiFi di laptop dengan mengandalkan aplikasi ini memang sangat mudah. Karena MyPublicWiFi mendukung semua laptop maupun laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows Server 2008. Overall, MyPublicWiFi akan berjalan dengan sangat lancar di perangkat yang berbasis Windows.

MyPublicWiFi memberikan fitur yang mungkin tidak bisa Anda temukan di aplikasi lainnya, yakni fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui perangkat mana saja yang terhubung ke hotspot Wi-Fi Anda.

Jadi, ketika Anda membuka jaringan hotspot Wi-Fi, maka Anda akan tahu siapa saja yang terkoneksi dengan hotspot Anda. Ada pula fitur Logging URL yang membantu Anda agar memiliki daftar situs web yang diakses selama sesi hotspot.

Kemampuan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah sebagai repeater untuk memperluas sinyal Wi-Fi di tempat Anda. Ya, MyPublicWiFi memang berfungsi untuk memberikan jangkauan yang lebih luas untuk menyebarkan sinyal Wi-Fi.

mHotspot

mHotspot

Smartphone memang bisa menjadi hotspot Wi-Fi otomatis karena sudah dibekali fitur hotspot built-in. Akan tetapi, laptop maupun laptop tidak bisa menjadi hotspot tanpa bantuan aplikasi. Nah, salah satu aplikasi yang bisa membuat laptop Anda menjadi hotspot adalah mHotspot.

Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, mHotspot akan memampukan Anda untuk memberi nama pada hotspot dari laptop yang Anda buat, menyertakan password, dan mengetahui jumlah perangkat yang terkoneksi pada hotspot Anda. Software ini dapat bekerja dengan baik pada laptop dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 dan 8.

Sejatinya, aplikasi ini dapat menjadi hotspot yang bisa terkoneksi pada 10 perangkat berbeda, tetapi sebagai pemilik hotspot Anda bisa membatasi jumlah perangkat yang bisa terhubung ke hotspot Anda. Adapun keunggulan mHotspot lainnya yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya adalah kemampuan mengetahui rincian koneksi sebuah perangkat serta mengetahui konsumsi sumber daya mereka.

Bila dibandingkan dengan cara memasang Wi-Fi dengan aplikasi lainnya, memasang hotspot Wi-Fi dengan mHotspot lebih mudah, karena software ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak perlu waktu lama untuk mengunduhnya. Yuk, segera install mHotspot untuk menjadikan laptop Anda sebagai router.

Connectify

Connectify

Berbeda dengan keempat aplikasi yang kami bahas sebelumnya, Connectify adalah sebuah aplikasi hotspot Wi-Fi berbayar. Meskipun aplikasi ini menyediakan versi gratis, tetapi versi gratis tersebut kurang didukung dengan fitur yang mumpuni. Lantas, apa yang membuat software ini sangat worth untuk dibeli?

Connectify adalah aplikasi hotspot Wi-Fi yang bisa bekerja dengan optimal pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Versi Pro dari aplikasi ini dapat menutup hotspot dengan sistem timer.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membagikan sinyal Wi-Fi dari perangkat 3G dan 4G. Inilah salah satu kelebihan Connectify dibanding aplikasi lainnya yang tidak memiliki kemampuan membagikan sinyal Wi-Fi dari perangkat 3G dan 4G.

Selain itu, fitur lain yang ditawarkan oleh Connectify hampir sama dengan aplikasi sejenis lainnya. Connectify dijual dalam 3 pilihan paket yang berbeda. Masing-masing paket juga menawarkan harga dan fitur yang berbeda, yakni ada Paket Hostpot PRO dengan harga USD $35.00, Hotspot MAX yang dijual seharga USD $50.00, dan terakhir ada Hotspot MAX Lifetime 3x Bundle yang dibandrol dengan harga USD $60.000.

Nah, inilah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat laptop dan laptop menjadi perangkat hotspot Wi-Fi. Kami juga sempat menyinggung beberapa manfaat mengubah laptop untuk menjadi router, di antaranya untuk memperpanjang jangkau sinyal Wi-Fi atau membuat beberapa perangkat sekaligus mampu untuk terkoneksi pada satu internet yang sama.

Lantas, adakah cara memasang Wi-Fi secara manual? Tentu saja ada. Akan tetapi, Carisinyal tidak menyarankan saran tersebut karena terlalu rumit. Nah, untuk apa Anda menggunakan cara yang rumit jika semua bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan aplikasi tambahan?

Sebagian besar aplikasi yang dibahas oleh Carisinyal bisa Anda unduh secara gratis. Jadi, tak ada alasan untuk tidak menggunakan aplikasi tambahan sebagai sarana untuk mengubah laptop menjadi hotspot Wi-Fi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar