carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / Cara Mematikan Aplikasi Antivirus Smadav dengan Mudah

Cara Mematikan Aplikasi Antivirus Smadav dengan Mudah

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 3 Februari 2021

Perangkat lunak antivirus terpasang biasanya dengan tujuan untuk melindungi PC atau Laptop dari kehadiran virus. Selain itu, Antivirus cukup memiliki peranan penting dalam mengamankan data-data dan melindungi pengguna dari proses phising (upaya untuk memperoleh informasi data seseorang dengan metode pengelabuan).

Salah satu perangkat lunak aplikasi antivirus yang mungkin tidak asing bagi para pengguna PC atau Laptop di Indonesia adalah SMADΔV (dibaca Smadav). Antivirus lokal dan terkenal ini dianggap aman untuk dipasang serta cukup ampuh mengamankan sistem komputer dari serangan virus dan malware.

Smadav pertama kali dirilis pada 2006 dan digarap oleh Zainuddin Nafarin saat dirinya masih duduk di bangku SMA. Istilah Smadav memiliki asal usul yang merupakan kombinasi dari ‘Smad’ yang merupakan singkatan dari SMA Negeri 2 Palangka Raya Kalimantan Tengah, dan ‘av’ singkatan dari antivirus.

Mampu beroperasi berdampingan dengan antivirus lain, tidak memakan ruang penyimpanan (RAM) dan memori yang banyak, serta didapatkan dengan berlangganan maupun secara gratis menjadi keunggulan dari aplikasi antivirus Smadav. Tak heran banyak pengguna khususnya warga +62 memasang perangkat lunak besutan anak bangsa ini.

Disadur dari portal resmi Smadav, perangkat lunak antivirus yang menawarkan hasil bagus ini mencangkup semua persyaratan fungsional dan memberikan keamanan tambahan. Fitur keamanan ini khusus untuk drive USB sehingga dapat mengamankan data dari semua virus.

Di sisi lain, tidak jarang ada pop-up atau kotak pemberitahuan dari perangkat lunak anti virus ini muncul tiba-tiba yang mungkin mengganggu aktivitas Anda saat menggunakan PC atau Laptop sehingga beberapa orang memutuskan untuk mematikan perangkat antivirus ini.

Mematikan antivirus adalah suatu langkah yang dilakukan pengguna PC atau Laptop untuk menonaktifkan perangkat lunak antivirus dalam jangka waktu tertentu. Bagi Anda yang ingin menonaktifkan anti virus khususnya Smadav tentunya sangat simpel dan mudah dilakukan, tidak perlu bingung atau meminta bantuan pakar komputer. Hehehe.

Dalam artikel kali ini Carisinyal akan membantu dan memberikan Anda solusi bagaimana cara-cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara waktu. Langsung saja, simak cara-caranya di bawah ini!

1. Mematikan Smadav Lewat Perangkat Lunaknya

Sebelum kita mulai untuk mematikan aplikasi antivirus Smadav, perlu dicatat bahwa cara ini dapat dilakukan untuk semua versi atau seri Smadav alias caranya sama. Jadi, keputusan Anda untuk mampir dan baca ke artikel ini sudah tepat! Yuk, langsung cek langkah-langkahnya:

  • Di tahap awal yang dapat Anda lakukan adalah mencari ikon antivirus Smadav. Jika Anda tidak menemukan icon atau shortcut di layar desktop PC atau Laptop, gunakan menu Search untuk mencarinya dengan mengetik “Smadav”. Klik dan buka perangkat lunak tersebut.

Ikon Smadav

  • Lalu, tunggu hingga semua tampilan Smadav terbuka dengan baik.
  • Kemudian, lihatlah sisi kiri dari tampilan perangkat lunak itu. Terdapat beberapa fitur di antaranya yaitu Scanner, Protect, Tools, Settings, dan Pro.

Menu di Smadav

  • Dikarenakan fokus kita menonaktifkan dan bukan melakukan peninjauan (scanning), maka kliklah icon “Protect."
  • Selanjutnya, tampilan Smadav akan muncul kotak hijau di dalamnya dengan tiga menu pilihan yaitu Disable, Exit, dan Read Me. Pilih dan klik menu Disable. Sebaliknya jika memilih opsi lain, Anda akan keluar atau tidak jadi melakukan proses penonaktifan perangkat lunak antivirus Smadav.

Klik Disable Smadav

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan maka nanti akan muncul kotak pemberitahuan berwarna putih di pojok kanan bawah yang menandakan bahwa perangkat lunak Smadav tidak aktif.

Pop Up Kotak Putih

  • Voila! Selesai sudah cara mematikan Smadav untuk sementara waktu. Dengan demikian, Smadav tidak aktif lagi menjadi tameng bagi komputer dari virus atau malware.

2. Taskbar Show Hidden sebagai Alternatif Mematikan Smadav

Sebagai opsi lain dalam mematikan atau menonaktifkan Smadav dalam waktu yang sementara, Anda bisa menggunakan cara melalui Taskbar Show Hidden seperti berikut ini:

  • Gerakan cursor Anda ke pojok kanan bawah.
  • Temukan dan klik tanda panah yang mengarah ke atas, setiap Laptop pasti memiliki ikon satu ini. Ikon ini biasanya berdampingan dan berjajar bersama dengan Icon baterai, WiFi, dan Speaker.

Hiden Smadav

  • Selanjutnya Anda akan melihat ikon Smadav, lalu klik kanan.
  • Anda akan melihat beberapa pilihan mulai dari, buka Scanner, cek Update, izinkan Windows-Script & Office-Macro (Permanen atau Sampai Restart), izinkan Program/Exe di USB Flashdisk (Permanen atau Sampai Restart), Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart), dan exit. Untuk mematikan antivirus Smadav yaitu dengan memilih opsi “Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart)”

Menu Hidden Smadav

  • Setelah itu secara otamatis, perangkat keras Smadav pada PC atau laptop Anda akan langsung berhenti beroperasi untuk sementara waktu. Sebagai tanda kalau perangkat lunak Smadav pada PC atau Laptop berhenti beroperasi, maka logo Smadav akan berganti menjadi kuning. Sementara saat PC atau Laptop melakukan restart, antivirus ini akan kembali hidup otomatis.

Jadi Kuning Smadav

3. Task Manager Jadi Cara Cepat Lain Menonaktifkan Smadav

Cara ini dapat dilakukan jika cara sebelumnya tidak dapat bekerja dengan baik. Melalui Task Manager, Anda dapat menonaktifkan Smadav pada PC atau Laptop. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama, buka Task Manager. Untuk menuju tampilan Task Manager, Anda bisa mengetiknya di menu Search yang berada di sisi kiri bawah PC atau Laptop. Bisa juga dengan menekan kombinasi keyboard: CTRL+ALT+Del
Task Manager Jadi Cara Cepat Lain Menonaktifkan Smadav

*Sumber: ttps://www.windowscentral.com/

  • Setelah itu, secara otomatis Anda akan melihat tampilan menu Task Manager. Dalam tampilan menu Task Manager, Anda dituntun untuk memilih bagian Process.

Task Manager

  • Kemudian, cari perangkat lunak antivirus yang dituju yaitu Smadav.

End Task Smadav

  • Selanjutnya Anda harus mengklik dan menekan tulisan End Taks.
  • Barulah perangkat lunak antivirus Smadav akan langsung berhenti beroperasi hingga PC/Laptop dimatikan atau sampai Anda menghidupkan kembali PC/Laptop.

Gimana, sudah ada bayangan dan paham untuk menonaktifkan atau mematikan perangkat lunak antivirus Smadav? Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara di atas, ya! Namun, jika Carisinyal rekomendasikan cara paling tercepat untuk mematikan Aplikasi Smadav dengan memilih cara kedua yaitu melalui Taskbar Show Hidden Icon yang berada di bagian kanan bawah layar PC atau Laptop.

Sedikit bonus untuk Anda karena sudah mampir di artikel ini, Carisinyal juga akan memberitahukan cara untuk mengaktifkan kembali perangkat lunak antivirus Smadav. Mungkin hal ini, biasanya terjadi sesaat setelah mematikan Smadav dan ternyata virus bermunculan tanpa disadari.

Bagaimana caranya? Anda tidak harus me-restart PC atau Laptop, cukup dengan kembali membuka Task Manager, menuju Taskbar Show Hidden Icon yang berada di kiri bawah layar, atau dengan mengklik icon perangkat lunak antivirus Smadav yang ada di layar desktop PC atau Laptop Anda.

Jika, saat Anda mematikan Smadav menggunakan cara pertama maka pilihlah cara tersebut kembali untuk mengaktifkan ulang perangkat antivirus tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan, Anda bisa menggunakan jalan berbeda untuk mengaktifkan ulang Smadav.

Buat Anda yang ingin mengetahui perangkat lunak antivirus selain Smadav, bisa berkunjung ke artikel bertajuk 10 Antivirus Lokal Terbaik yang Bisa Diunduh Gratis. Adapun alasan kenapa PC atau Laptop Anda harus memasang perangkat antivirus, bisa benget mampir di sini!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram