carisinyal web banner retina

Beginilah Cara Mematikan Power Bank Xiaomi dan Perawatannya

Penggunaan ponsel yang terlalu lama menyebabkan baterai cepat habis. Untuk mengatasi hal tersebut terciptalah perangkat yang kini dikenal sebagai power bank. Di antara brand-brand ponsel pintar populer di dunia, Xiaomi adalah salah satu yang menyediakan power bank sebagai perangkat tambahan.

Xiaomi memiliki beberapa model power bank yang cukup laris di pasaran. Salah satu alasan orang memilihnya adalah harga yang bersaing. Nah, di bawah ini akan dibahas mengenai cara mematikan power bank Xiaomi beserta perawatannya agar lebih awet digunakan.

Tentang Power Bank

Beginilah Cara Mematikan Power Bank Xiaomi dan Perawatannya 1Sumber: mi.co.id

Teknologi power bank pertama kali ditemukan oleh seorang mahasiswi berkebangsaan Amerika, Eesha Khare. Gadis kelahiran 1995 yang sangat tertarik dengan sains dan teknologi ini menemukan teknologi yang mampu mengisi daya hanya dalam waktu 20 detik.

Temuan Khare yang dipamerkan dalam acara yang bertajuk Intel International Science and Engineering Fair merupakan temuan yang sangat berguna bagi manusia di masa ini. Keberhasilannya membuat perangkat yang mampu mengisi daya tanpa harus mencari sumber listrik ini semakin popular.

Kepopuleran power bank yang semakin meningkat tak dilewatkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar di seluruh dunia, termasuk Xiaomi. Perusahaan yang tidak hanya mengkhususkan diri sebagai produsen smartphone ini ikut menciptakan power bank guna melengkapi lini produknya.

Berbicara mengenai power bank, Xiaomi memang bukan satu-satunya produsen power bank yang berkualitas. Di pasaran Indonesia, power bank dari merek Sony, Panasonic, Wellcomm, Vivan, Cooler Master, Anker, RAVPower dan masih banyak lagi adalah contoh merek power bank yang banyak dicari orang.

Bagian-bagian Power Bank Xiaomi

Beginilah Cara Mematikan Power Bank Xiaomi dan Perawatannya 3

Dengan popularitas yang dimilikinya, power bank Xiaomi mampu mensejajarkan diri sebagai produsen power bank lainnya. Nah, kita bedah desain dan fungsi tombol yang ada pada bodi power bank Xiaomi agar kamu lebih mengenalnya.

1. Tombol Power Bank

Banyak alasan mengapa power bank Xiaomi lebih menggoda dibandingkan dengan power bank lainnya. Dari segi daya tahan, Xiaomi melengkap power bank-nya dengan bahan yang solid, kuat tapi ringan. Bodi power bank Xiaomi kebanyakan dibuat berlapis-lapis sehingga bodi terlindung dari benturan.

Berbicara mengenai desain, power bank Xiaomi mempunyai desain yang sederhana dan elegan. Selain itu, pada umumnya power bank Xiaomi hanya memiliki satu tombol yang berfungsi sebagai tombol On dan Off.

Pada power bank yang lebih baru, tombol ada yang berfungsi sebagai isi ulang arus kecil dan me-reset power bank jika terjadi konsleting atau eror. Sebelum kamu pergi ke service center Xiaomi, jika suatu saat kamu mendapati power bank-mu bermasalah, sebaiknya kamu tekan tombol tersebut untuk me-reset perangkatnya untuk mengecek kondisi power bank.

2. Lampu Indikator

Lampu indikator pada power bank Xiaomi adalah lampu yang menunjukan kondisi power bank. Power bank yang masih bagus dan yang sudah soak bisa kamu perhatikan dari nyala dan matinya lampu.

Selain itu pula, lampu indikator ini merupakan petunjuk besaran daya yang tersimpan di dalam. Tekan tombol power untuk melihat berapa lampu indikator yang menyala. Lampu-lampu yang berderet tersebut menunjukkan besaran daya yang tersisa.

Satu lampu indikator yang menyala menandakan daya baterai yang tersisa tinggal 0%-25% lagi. Sedangkan jika hanya ada dua lampu indikator, menunjukan daya yang tersisa sebesar 25%-50%. Jika ada tiga lampu indikator yang menyala pertanda masih tersisa 50%-75% daya yang tersimpan.

Dan lampu indikator yang menyala semua pertanda baterai yang tersimpan masih utuh. Kamu bisa mengisi daya buat ponsel dan beberapa perangkat lainnya.

Lalu, bagaimana jika lampu indikator mati meski telah dipencet-tahan beberapa kali? Nah, jika kamu mendapati lampu indikator tidak merespon sama sekali meski kamu sudah mengisi dayanya berjam-jam, kemungkinan besar power bank sudah rusak.

3. Port


Di sebagian besar power bank Xiaomi terdapat dua port. Dua port terdiri dari port output berukuran kecil yang berfungsi sebagai konektor untuk mengisi daya ponsel. Untuk power bank keluaran terbaru, port ini sudah menggunakan port type-C.

Port lainnya berukuran lebih besar. Port berjenis A yang lebih besar ini berfungsi sebagai port input untuk mengkoneksikan arus ke power bank saat diisi ulang.

Rincian daya output pada power bank Xiaomi bermacam-macam. Untuk power bank tipe nirkabel, satu port USB A Xiaomi bisa memberikan pengisian daya sebesar 18 W atau 5V, 9V dan 12V. Tetapi jika dua port USB A terpasang, masing-masing port mampu mengisi maksimal 15W atau sebesar 5V.

Cara Mematikan Power Bank

Beginilah Cara Mematikan Power Bank Xiaomi dan Perawatannya 5

Nah, ini dia topik utama kita, bagaimana cara mematikan power bank Xiaomi. Bagi beberapa orang ini sedikit memusingkan. Sedikitnya tombol pada power bank ternyata masih menyisakan keraguan akan fungsi tombol yang ada.

Pada power bank yang baru dibeli, daya yang tersisa biasanya tidak full. Bisa hanya 70% saja, bisa pula hanya beberapa persen. Untuk memastikan daya tersebut, kamu bisa mengeceknya dengan menekan tombol power. Setelah itu lampu indikator akan menyala.

Tombol power yang ada pada power bank pun mempunyai fungsi sebagai penanda power bank masih bisa digunakan untuk men-charge ponsel atau gawai lainnya atau power bank sudah harus di-charge.

Untuk menyalakan power bank, kamu tinggal menekan sebanyak satu kali, kemudian lampu indikator akan menyala. Sedangkan untuk mematikannya, kamu tinggal tekan tombol power selama beberapa detik sampai lampu indikator mati.

Perlakuan yang Tepat Terhadap Power Bank Xiaomi

Beginilah Cara Mematikan Power Bank Xiaomi dan Perawatannya 7

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, power bank harus diperlakukan dengan baik. Jangan cuma sekedar memakai saja. Kamu perlu merawat dan memperlakukan power bank dengan baik agar masa pakainya lebih lama.

Jangan lupa bahwa power bank adalah perangkat yang mengandung komponen listrik sehingga kita tidak boleh ceroboh menyimpannya. Minimal ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan agar power bank awet dan selalu dalam performa yang bagus. Begini cara memperlakukan power bank Xiaomi yang tepat.

1. Charge dalam Keadaan Off

Ketika power bank menyala dan kemudian kamu charge itu artinya kamu memberikan kerja ganda pada power bank. Tindakan seperti ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan power bank cepat drop dan rentan konslet.

Sebaiknya, matikan power bank terlebih dahulu jika kamu ingin men-charge power bank. Power bank yang berada dalam keadaan off ketika diisi daya, proses pengisiannya akan lebih maksimal.

2. Isi Sampai Penuh

Ketika mengisi daya power bank Xiaomi, pastikan lampu indikator menyala sepenuhnya. Ini menunjukkan bahwa daya sudah terisi penuh. Jangan melepaskan kontak ketika power bank belum full. Pengisian daya yang tidak penuh hanya akan mengurangi performa power bank.

Ini pun akan berpengaruh pada kondisi power bank-nya. Power bank akan cepat soak dan tidak bisa lagi menyimpan daya semestinya.

3. Hindari Suhu Ekstrem

Pastikan kamu mengisi ulang power bank di tempat yang aman. Jauhkan dari suhu yang tinggi, misalnya di tempat yang langsung terkena terik matahari. Ingat! Power bank adalah perangkat yang mempunyai kandungan di dalamnya.

Mengisi daya di tempat terik atau terlampau dingin hanya akan merusak komponen di dalamnya. Jika kamu ingin power bank-mu awet, isi daya di tempat yang sejuk, aman dan terhindar dari air.

4. Hindari Benturan

Meskipun power bank Xiaomi dibuat berlapis-lapis dan menggunakan bahan yang solid, tapi jika terlampau sering terkena benturan power bank berpotensi rusak.

Benturan yang terlalu keras, seperti terjatuh lalu mengenai benda keras lainnya akan merusak aki dan sirkuit di dalamnya. Ini bisa menyebabkan power bank tidak bisa lagi menampung daya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara mematikan power bank Xiaomi yang benar. Ada beberapa informasi tambahan pula yang akan memperluas wawasanmu mengenai power bank ini. Jadi, sekarang kamu semakin tahu bagaimana cara memperlakukan power bank Xiaomi agar bisa digunakan lebih lama.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram