carisinyal web banner retina

2 Cara Mematikan Status Online di Instagram

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Sebelum berkirim pesan di Instagram, seseorang mungkin akan melihat status aktivitas akun teman yang dituju. Akun yang sedang online akan memiliki tanda lingkaran hijau di pojok kiri foto profilnya.

Tanda tersebut lalu diikuti label "Active Now". Status aktivitas juga mencantumkan kapan terakhir kali suatu akun online. Buat sebagian orang, status aktivitas dapat membantu mereka untuk menentukan kapan waktu yang pas untuk mengirim pesan.

Harapannya adalah pesan yang dikirimkan dapat segera dibaca dan dibalas. Namun, sebagian yang lain kurang nyaman dengan status aktivitas. Atas dasar alasan privasi, mereka ingin agar status online-nya di Instagram tidak diketahui orang lain.

Lantas bagaimana cara menyembunyikan atau mematikan status online di Instagram? Nah, bagi Anda yang ingin mematikan status online di Instagram, silakan silakan ikuti tutorial singkat berikut.

Via Android dan iOS

Mematikan status online di Instagram dapat Anda lakukan baik di perangkat Android ataupun iOS.Jika Anda terbiasa membuka aplikasi Instagram yang terpasang di smartphone atau tablet, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Sebagai catatan, tutorial ini menggunakan ponsel Android Samsung Galaxy M22. Langkah-langkah yang saya sajikan berikut berlaku juga untuk perangkat iOS.

1. Buka profil Instagram

mematikan status online instagram

Pertama-tama, silakan buka aplikasi Instagram Anda lalu login. Setelah itu, ketuk ikon foto profil yang ada di pojok kanan bawah.

2. Buka Settings

mematikan status online instagram
mematikan status online instagram

Ketuk ikon "Settings" berbentuk tiga garis mendatar di pojok kanan atas. Selanjutnya gulir layar ke bawah dan pilih opsi "Messages and story replies".

3. Matikan status online

mematikan status online instagram
mematikan status online instagram

Pada bagian Who can see you're online, ketuk opsi "Show activity status". Anda akan menemukan dua saklar di sebelah kanan "Show Activity Status" dan "Show When You're Active Together".

Geser dua saklar tersebut ke arah kiri untuk menonaktifkannya. Mematikan "Show Activity Status" membuat status online Anda tidak terlihat. Adapun mematikan "Show When You're Active Together" membuat status online Anda tak tampak meski sedang berkirim pesan dengan teman yang online.

Via Web Browser

Mematikan status online di Instagram bisa juga Anda lakukan saat login di browser. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda sedang berselancar internet menggunakan laptop atau PC. Berikut tata caranya:

1. Buka Instagram

Buka browser kesukaan Anda, bisa Chrome, Edge, Opera, Firefox, dan lain sebagainya. Selanjutnya buka alamat Instagram.com dan masukkan username dan password untuk login akun Instagram Anda.

2. Buka Settings

mematikan status online instagram
mematikan status online instagram

Ketuk ikon "More" yang berbentuk tiga garis mendatar di pojok kiri bawah lalu ketuk opsi "Settings" yang ada di deret paling atas.

3. Buka activity status

mematikan status online instagram
mematikan status online instagram

Gulir bilah "Settings" ke arah bawah dan temukan "Messages and story replies". Pada bagian Who can see you're online, ketuk opsi "Show activity status".

4. Matikan status online

mematikan status online instagram

Anda akan menemukan satu saklar di sebelah kanan "Show Activity Status". Geser saklar di sebelah kanan "Show Activity Status" ke arah kiri untuk menonaktifkannya. Pastikan setelah menggeser saklar ke arah kiri, layar menampilkan notifikasi bertuliskan "Settings saved".

Tips Ekstra: Matikan Read Receipts

Mematikan status online merupakan satu cara efektif agar privasi Anda terjaga. Cara ini akan menghindarkan Anda dari prasangka buruk yang mungkin datang dari orang lain, ketika Anda belum mood untuk membalas pesan.

Namun, saya pikir ada baiknya Anda juga mematikan Read Receipts untuk menjaga privasi Anda sekaligus perasaan orang lain. Dengan mematikan Read Receipts, orang lain tidak akan mengetahui ketika Anda sudah membaca pesan yang dikirimkan.

Saat artikel ini ditulis, mematikan Read Receipts hanya bisa dilakukan di perangkat Android dan iOS. Berikut langkah-langkah mematikan Read Receipts.

  1. Buka aplikasi Instagram Anda.
  2. Pastikan Anda sudah login.
  3. Ketuk ikon foto profil yang ada di pojok kanan bawah.
mematikan status online instagram
  1. Ketuk ikon "Settings" berbentuk tiga garis mendatar di pojok kanan atas.
mematikan status online instagram
  1. Gulir layar ke bawah dan temukan "Messages and story replies".
mematikan status online instagram
  1. Ketuk opsi "Messages and story replies"
  2. Pada bagian Who can see you're online, ketuk opsi "Show read receipts".
mematikan status online instagram
  1. Geser saklar di sebelah kanan "Read receipts" ke arah kiri untuk mematikannya.
mematikan status online instagram

Instagram dibuat untuk media berkomunikasi. Hanya saja, di era sekarang, privasi jadi hal yang tidak kalah penting. Tidak semua orang tahu kapan saat yang tepat untuk berkirim pesan.

Orang juga belum tentu tahu seperti apa kondisi si penerima pesan. Apakah sedang senggang dan siap untuk membalas pesan, sedang memiliki kesibukan lain di dunia nyata, atau sesederhana sedang tidak mood.

Daripada menimbulkan asumsi yang tidak-tidak saat tak segera membalas pesan, ada baiknya Anda untuk mematikan status online. Mematikan Read Receipts juga bisa dilakukan sebagai langkah ekstra untuk menjaga privasi Anda. Semoga tutorial singkat yang saya jelaskan di Atas dapat membantu Anda.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram