Cara Mudah Membeli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Di 2022, harga minyak goreng kemasan melambung tinggi. Penyebabnya cukup rumit karena adanya "permainan" di bagian produksi. Namun, ada minyak goreng yang masih terjangkau yakni tipe curah. Untuk itu, pemerintah mencanangkan program pembelian Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR). 

Agar tepat sasaran, MGCR ini dapat dibeli dengan aplikasi PeduliLindungi atau menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Alasan pemerintah memberlakukan pembelian dengan aplikasi agar pasokan minyak goreng ini tersalurkan ke setiap lapisan masyarakat dan menghindari adanya kecurangan. Dilansir dari Kompas, kini, MGCR dijual dengan kisaran harga Rp14.000- Rp15.000 per liternya.

Lantas, bagaimanakah cara membeli Minyak Goreng Curah Rakyat dengan Aplikasi PeduliLindungi ini? Simak pembahasan selengkapnya di bawah.

Apa Itu PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi_

Aplikasi PeduliLindungi dirilis oleh Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) di tahun 2020. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membantu memantau persebaran virus Corona dan memastikan masyarakat tetap aman saat beraktivitas di ruang publik.

PeduliLindungi umumnya digunakan untuk pendaftaran vaksin, serta melakukan check in/out ke beberapa tempat umum agar persebaran virus Corona tetap terkontrol.

Sampai saat ini, aplikasi PeduliLindungi masih sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan, memasuki dan keluar dari pusat perbelanjaan ataupun perkantoran dan tentu mendaftar untuk vaksinasi karena sertifikat vaksin dan data masyarakat terdapat di dalam aplikasi.

Dan sesuai yang sudah kami sampaikan, kini aplikasi kesehatan ini dapat digunakan untuk membeli minyak goreng curah. 

Cara Membeli Minyak Goreng Curah Rakyat dengan PeduliLindungi

Pedulilindungi scan barcode

Nah, setelah sebelumnya kami membahas aplikasi PeduliLindungi dan fungsi utamanya, kini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara membeli Minyak Goreng Curah Rakyat atau MGCR dengan memakai aplikasi PeduliLindungi dari Kemenkes RI.  Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Silakan kunjungi toko atau pengecer minyak goreng curah terdekat di kota Anda
  • Setelah sampai di tempat, pindai atau scan barcode yang ada di toko atau di tempat pedangang tersebut berjualan. Cara memindainya tak jauh berbeda dengan biasanya. Cukup buka aplikasi PeduliLindungi, lalu tekan tombol check in. Setelahnya, pindai atau scan barcode di tempat tersebut dan tunggu sampai proses pemindaian selesai.
  • Selanjutnya, aplikasi PeduliLindungi akan memberitahu status Anda. Jika Anda dapat membeli Minyak Goreng Curah Rakyat tersebut, maka aplikasi akan menunjukkan hasil pindaian yang berwarna hijau. Akan tetapi, bila Anda mendapatkan warna merah, maka Anda tidak dapat membeli minyak gorengnya
  • Terakhir, Anda tinggal melakukan proses pembayaran seperti biasa

Perlu diingat, Anda hanya bisa membeli Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) sebanyak 10 liter perharinya. Bagaimana, caranya cukup mudah untuk dilakukan, bukan?

Membeli Minyak Goreng Curah Rakyat dengan NIK

CARA CEK NIK KTP 01 (2)

Bagi Anda yang mencoba untuk membeli Minyak Goreng Curah Rakyat dengan PeduliLindungi namun gagal, atau Anda malah tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi sama sekali di ponsel, Anda bisa memanfaatkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Cara membeli Minyak Goreng Curah Rakyat dengan menggunakan NIK ini sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan NIK yang ada di Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang Anda miliki pada penjual minyak goreng ataupun toko tempat Anda membelinya.

Nantinya, sang penjual akan mencatat NIK Anda untuk kemudian memproses pembelian Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) yang Anda pesan.

Cara Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

PEDULILINDUNGI 1_

Sebagian dari Anda yang belum memiliki aplikasi PeduliLindungi mungkin masih bingung tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Sebenarnya, cara mengunduhnya tidak berbeda dengan aplikasi lain yang ada di Google PlayStore ataupun AppStore.

Hanya saja, pengoperasian aplikasi ini masih sedikit rumit untuk dilakukan apabila Anda tidak terbiasa. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Anda bisa menggunakan PeduliLindungi untuk mendaftar vaksinasi COVID-19 dan melihat sertifikat vaksin resmi.

Anda tak perlu khawatir dan bingung, karena Carisinyal telah membahas tutorial menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan lengkap. Anda bisa membacanya melalui tautan ini.

Sampai di sini pembahasan kami mengenai cara membeli Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) dengan memakai aplikasi PeduliLindungi. 

Bagaimana, caranya cukup mudah, bukan? Bila Anda memiliki tips lain seputar pembelian minyak goreng di aplikasi PeduliLindungi, silakan sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram