Carisinyal / Audio / 10 Cara Membersihkan Earphone yang Kotor dengan Mudah

10 Cara Membersihkan Earphone yang Kotor dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2018

Earphone adalah alat elektronik yang butuh “pasangan.” Artinya, earphone tidak bisa bekerja secara mandiri. Alat ini bekerja jika ada “pendamping” seperti smartphone, laptop, pemutar MP3, dan lain sebagainya. Bentuknya yang mungil dan praktis membuat perangkat ini tergolong populer, apalagi tipe yang memiliki bantalan headset yang tergolong nyaman di telinga.

Earphone adalah pengganti speaker untuk kebutuhan menikmati konten multimedia maupun untuk sekedar bermain game. Earphone menjadi lebih populer berkat kehadiran ponsel pintar.

Betapa tidak, dengan ponsel pintar, Anda bisa main game, nonton video atau film, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya. Tidak aneh jika Anda melihat di berbagai sudut kota ada orang yang asyik dengan earphone yang menempel di kupingnya.

Menggunakan earphone memang mengasyikan. Hanya saja perlu diingat, penggunaan earphone terlalu lama akan berdampak kurang baik. Anda yang suka memakai earphone sebaiknya mulai mengurangi intensitas penggunaan selama lebih dari 4 jam berturut-turut.

Kenapa tidak boleh menggunakan earphone terlalu lama? Selain berbahaya bagi kesehatan telinga, earphone juga rentan terkena kuman. Dan, pemakaian earphone juga bisa menyebabkan banyak kotoran menempel di earphone yang jarang disadari oleh penggunanya, barangkali termasuk Anda.

earphone dan tisu

Untuk itu, sebaiknya Anda harus menyayangi dan merawat headset atau earphone Anda. Salah satu perawatan earphone yang Carisinyal sarankan adalah dengan membersihkan earphone. Tidak hanya bagian kepala headset tapi juga kabelnya.

Tapi ingat, jangan sembarang membersihkan. Mentang-mentang kotor, earphone Anda kemudian dicuci layaknya pakaian yang dicuci di mesin cuci. Anda harus membersihkan earphone dengan cara yang tepat seperti cara-cara berikut ini.

Cara Membersihkan Earphone dengan Baik

1. Menggunakan Cairan Desinfektan

membersihkan dengan Desinfektan

* sumber: www.livestrong.com

Earphone adalah barang elektronik yang rentan terkena bakteri. Jika earphone tidak dibersihkan, berpotensi membuat infeksi pada kuping. Terlebih jika earphone digunakan oleh lebih dari satu orang.

Untuk itu, ada baiknya membersihkan earphone dari bakteri atau kotoran yang menempel. Cara membersihkannya bisa menggunakan cairan desinfektan, cairan berbahan kimia yang mencegah timbulnya infeksi.

Cairan desinfektan ini dicampur dengan air hangat dengan kombinasi 30% cairan desinfektan dan 70% air hangat, jadi tidak dibersihkan secara langsung dengan cairan desinfektan.

Setelah itu, gunakan kain microfiber pada air yang dicampur tadi. Kemudian lap pada earphone, baik pada bagian earbud maupun pada bagian kabelnya. Ketika mengelap, sebaiknya hati-hati dan jangan sampai ada air yang masuk ke lubang headset.

2. Membersihkan dengan Cotton Buds

cara membersihkan earphone membersihkan dengan cotton bud

* sumber: www.livestrong.com

Untuk pembersihan maksimal, gunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran yang menempel, terutama pada sela-sela lubang headset. Pembersihan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi. Tentunya agar lubang-lubang pada earphone bisa lebih bersih dan terbebas dari kotoran.

3. Membersihkan Bantalan Headset/Earphone

Membersihkan Secara Rutin

* sumber: rona.metrotvnews.com

Bantalan headset juga harus dibersihkan. Pasalnya, bantalan headset atau bantalan pada earphone rentan terkena keringat dan debu. Anda bisa membersihkan bantalan ini menggunakan lap basah dengan sedikit air sabun.

Selain itu, bantalan headset juga rentan menjadi bau apalagi jika digunakan terlalu sering. Untuk yang satu ini, Anda bisa membersihkan menggunakan leather lotion untuk bantalan atau pad berbahan kulit/sintetik atau Anda bisa menggunakan handbody. Khusus untuk bantalan yang berjenis kain, Anda bisa mencucinya layaknya mencuci kain biasa.

4. Membersihkan Kabel Earphone dengan Kayu Putih

kayu putih

Anda juga bisa membersihkan kabelnya, terutama kabel earphone yang berwarna putih. Kabel earphone berwarna putih biasanya gampang kotor dan tampak menguning. Nah, cara membersihkan kabel headset yang menguning ini cukup mudah. Anda bisa menggunakan kayu putih untuk membersihkannya.

Membersihkan kabel menggunakan kayu putih tergolong ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kabel. Memang tidak akan terlalu mengembalikan warna putih seperti ketika Anda beli pertama kali. Tapi setidaknya kabel earphone tidak akan tampak kuning dan kotor.

Cara membersihkan kabel dengan kayu putih bisa dilakukan secara sederhana. Anda cukup menyiapkan kapas yang sudah diberi minyak kayu putih. Setelah itu, Anda tinggal menggosok pada bagian kabel yang kotor. Anda bisa melakukan hal ini sampai kabel tampak terlihat putih kembali.

5. Membersihkan Kabel Earphone dengan Baby Oil

baby oil

Jika Anda tidak tahan dengan bau kayu putih, baby oil juga bisa jadi alternatif. Baby oil juga cukup ampuh membersihkan kotoran yang menempel di kabel earphone. Banyak yang sebenarnya mengakui kalau dengan kayu putih lebih ampuh, tapi untuk orang yang alergi dengan bau minyak kayu putih, baby oil juga bisa jadi alternatif.

6. Membersihkan dengan Pembersih Tangan

memnersihkan headset

Jika Anda punya hand sanitizer atau pembersih tangan di rumah, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan kabel earphone yang menguning. Hand sanitizer tergolong ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel di kabel earphone dan membuatnya menjadi tampak lebih putih.

7. Membersihkan Kabel Earphone dengan Penghapus

earphone

* sumber: upload.wikimedia.org

Selain untuk menghapus tulisan pensil di kertas, penghapus pensil juga memiliki banyak manfaat. Penghapus ternyata mampu membersihkan kabel earphone dengan mudah. Caranya cukup menggosokan penghapus ke bagian kabel untuk menghilangkan noda di kabel earphone. Oh yah, penghapus juga sering digunakan untuk membersihkan memori RAM komputer lho.

8. Membersihkan dengan Sikat Gigi

sikat gigi

Sikat gigit jadi alat yang tergolong ampuh membersihkan earphone Anda. Anda bisa membersihkan lubang-lubang pada kepala headset dengan menggunakan sikat gigit. Namun, untuk menyikat lubang-lubangnya, posisikan sikat gigi agak ke bawah. Saat membersihkan bagian ini, Anda juga sebaiknya menyediakan selembar kertas sebagai alas untuk menampung kotoran yang berjatuhan.

Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian kabel earphone. Anda bisa menggunakan sedikit pasta gigi untuk dioleshkan ke bagian kabel agar kabel bisa tampak lebih bersih.

9. Membersihkan dengan Pemutih

pemutih

Untuk earphone putih yang mulai menguning, Anda bisa membersihkan bagian menguning tersebut menggunakan pemutih. Hasilnya tidak akan sepenuhnya putih, tapi tentunya tidak akan kotor dan tampak lebih bersih dan putih.

Cara ini bisa Anda gunakan jika membersihkan kabel dengan menggunakan sikat gigi tidak terlalu optimal. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan pemutih yang biasa digunakan untuk pakaian. Semprotlah, kemudian sikat selama kurang lebih 180 detik. Setelah itu, Anda tinggal mengeringkan earphone dengan cara menjemurnya.

Satu hal yang perlu Anda ingat, ketika memberikan pemutih pada kabel earphone, sebaiknya tidak mengenai bagian kepala atau earbud. Dan tentunya tidak boleh mengenai bagian colokan earphone agar tidak terjadi korslet atau kerusakan.

10. Membersihkan dengan Penghilang Cat Kuku

nail paint removal

Penghilang cat kuku ternyata juga efektif dalam membersihkan earphone. Penghilang cat kuku ini bisa membuat kabel earphone tampak lebih bagus dan bebas dari kotoran.

Cara menggunakannya juga mudah, Anda tinggal gosokan penghilang cat kuku dengan menggunakan kapas. Gosok secara lembut untuk mendapatkan hasil yang baik. Menggunakan penghilang cat kuku tidak hanya untuk kabel earphone warna putih tapi juga bisa digunakan untuk kabel earphone warna lainnya.

Itulah 10 tips cara membersihkan earphone Anda agar terbebas dari kotoran dan kembali menjadi bersih. Selamat mencoba! Jika Anda tahu cara lainnya, silakan bagikan tipsnya di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment