Carisinyal / Case / 10 Cara Membersihkan Softcase HP dengan Mudah dan Murah

10 Cara Membersihkan Softcase HP dengan Mudah dan Murah

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Desember 2019

Sejak kita memiliki handphone, casing handphone sangat diperlukan untuk melindungi dan mempercantik handphone kita dalam penggunaan sehari-hari. Umumnya, terdapat dua jenis casing handphone yang ada di pasaran, yaitu hardcase dan softcase. Nah, buat kamu pengguna softcase, biasanya akan lebih mudah menghadapi masalah noda yang menempel pada benda tersebut.

Softcase yang kusam atau menguning biasanya terjadi akibat radiasi ultraviolet matahari atau sering meletakkan softcase di tempat yang berdebu atau kotor. Softcase yang lebih mudah kotor juga terjadi akibat panas, gesekan, dan kelembapan. Jika sudah begitu, kamu harus segera membersihkannya.

Tetapi walaupun softcase-mu terlihat tidak kotor, kamu harus selalu menjaga softcase supaya bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri. Cara membersihkan softcase juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara yang harus kamu ketahui di bawah ini.

1. Lepas Softcase Dari Handphone

Lepas Softcase Dari Handphone

* sumber: www.howtocleanstuff.net

Sebelum membersihkan softcase, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas softcase kamu. Keluarkan softcase dari handphone dan lepas secara perlahan. Rentangkan sudut softcase kamu untuk mulai menariknya dari handphone.

Lalu angkat softcase di sekeliling handphone sampai kamu dapat melepas sepenuhnya. Hindari menarik softcase cukup keras supaya terhindar dari rusak atau sobek.

2. Cuci Dengan Sabun Cair

Cuci dengan Sabun Cair

* sumber: myriverside.sd43.bc.ca

Cara yang paling sering digunakan adalah merendam softcase di dalam wadah dengan sabun cair dan air. Teteskan sabun cair secukupnya ke dalam wadah yang berisi air, dan aduk dengan tangan hingga berbusa. Setelah itu, letakkan softcase di dalam air sabun tersebut dan diamkan selama beberapa menit.

Lalu gunakan sikat yang lembut atau sikat gigi untuk menyikat softcase secara perlahan sampai nodanya menghilang. Untuk membersihkan noda pada bagian ujung-ujungnya, gosok menggunakan sikat gigi dengan lembut.

3. Baking Soda

Baking Soda

* sumber: pixabay.com

Baking soda atau soda kue juga mampu membersihkan softcase handphone, lho! Caranya taburkan sedikit baking soda di atas kotoran atau noda yang membandel. Baking soda dapat membantu mengangkat bercak minyak, debu, atau kotoran pada softcase handphone kamu yang sulit dihilangkan. Setelah ditaburkan, lanjutkan menggosok softcase dengan sikat gigi.

Kemudian bilas softcase secara menyeluruh dengan air mengalir. Setelah selesai dibilas dengan air, kembali gosok softcase dengan lembut untuk memastikan bahwa tidak ada baking soda yang tersisa.

4. Pasta Gigi

pasta gigi

Seperti yang sudah diketahui oleh hampir semua orang, selain dapat membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat menjadi bahan pembersih yang sangat efektif. Caranya, tuangkan sedikit pasta gigi pada permukaan softcase. Kemudian gosok berulang kali dengan sikat gigi. Setelah terlihat bersih, bilas menggunakan air mengalir.

Walaupun pasta gigi dapat dengan mudah membersihkan noda teh atau noda kopi dari cangkir, dan bahkan bisa menghilangkan goresan kecil pada permukaan handphone, tetapi pasta gigi tidak bisa membersihkan noda kuning pada softcase.

5. Cairan Pemutih

pemutih

Kali ini adalah solusi untuk mengatasi masalah softcase kamu yang menguning. Untuk bisa menghilangkan noda kuning pada softcase dengan ampuh, kamu membutuhkan lebih banyak daya pembersih. Salah satunya kamu bisa menggunakan cairan pemutih pakaian untuk membersihkan softcase tersebut.

Sebelum menggunakan cairan pemutih, kamu harus menyiapkan beberapa peralatan, seperti sepasang sarung tangan plastik, celemek dan masker wajah sekali pakai. Alasan mengapa kamu memerlukan barang-barang itu adalah karena pemutih bersifat korosif. Jadi, kamu memerlukan beberapa barang pelindung.

Caranya campur cairan pemutih pakaian dan air ke dalam mangkuk. Gunakan sedikit pemutih, karena jika terlalu banyak maka dapat merusak softcase. Jika kamu hanya memiliki pemutih bubuk, kamu bisa mengencerkan satu sendok teh pemutih ke dalam air hangat. Kemudian masukkan softcase ke dalam wadah larutan pemutih selama beberapa menit. Lalu angkat dan keringkan.

6. Alkohol

cara membersihkan layar HP Gunakan Gel Alkohol

* sumber: qikihow.blogspot.co.id

Alkohol dikenal memiliki kemampuan membersihkan yang sangat baik. Itu karena alkohol memiliki karakteristik dekontaminasi dan volatilisasi yang kuat.

Jika softcase kamu menguning, kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk membersihkannya. Caranya tuang beberapa tetes alkohol ke dalam wadah air. Kemudian rendam softcase selama 10 menit. Setelah itu usap noda berulang kali.

Cara ini cukup efektif, tetapi hanya sedikit efek membersihkan nodanya. Jika kamu tertarik dengan cara ini, sebaiknya kamu membeli sebotol alkohol medis dengan kandungan 75% alkohol.

7. Penghapus

* sumber: www.deserres.ca

Ketika kita masih kecil, alat tulis yang paling sering digunakan adalah pensil, sehingga memiliki penghapus pensil sangat diperlukan. Selain berfungsi untuk menghapus tulisan pada kertas, penghapus juga mampu membersihkan noda pada benda lain termasuk softcase.

Penghapus cukup efektif untuk membersihkan softcase, terutama pada softcase yang menggunakan finishing matte. Caranya cukup mudah, gesekkan penghapus pada permukaan softcase yang terkena noda. Setelah hilang, cukup bersihkan dengan tisu basah kemudian lap dengan tisu kering.

8. Boraks

Boraks

* sumber: littlebinsforlittlehands.com

Jika kamu sudah menggunakan beberapa cara di atas namun noda masih tetap ada, kamu bisa menggunakan boraks. Caranya campur cairan pencuci piring dengan air dalam mangkuk atau wastafel. Tambahkan beberapa boraks ke dalam campuran tersebut, lalu biarkan softcase direndam hingga meresap dalam campuran selama sekitar satu jam.

Setelah itu, gosok bagian yang kotor dengan lembut menggunakan sikat berbulu halus, seperti sikat gigi bekas, lalu bilas dengan baik. Kemudian gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan softcase. Ini akan mencegah goresan dan serat tertinggal.

9. Gunakan Kain Mikrofiber

Gunakan Kain Mikrofiber

* sumber: greencleanidaho.com

Apapun cara yang kamu gunakan untuk membersihkan softcase, pastikan selalu menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya. Setelah menerapkan salah satu cara di atas, lap softcase dengan kain mikrofiber. Hindari penggunaan handuk kertas, kamu harus menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan noda dan debu dengan lembut.

Jika kamu tidak memiliki kain microfiber, kamu bisa menggunakan ujung baju dalam keadaan darurat. Dan jika softcase kamu terkena noda yang lengket atau benda lengket yang kuat di atasnya, taruh sedikit air pada kain bukan pada softcasenya. Kemudian dengan hati-hati hilangkan noda tersebut.

10. Keringkan Softcase

Keringkan Softcase

* sumber: www.bukalapak.com

Setelah melakukan pembersihan, tahap terkahir adalah mengeringkannya. Diamkan dalam beberapa jam dan biarkan handphone kamu bernafas. Jika kamu membersihkan softcase di malam hari, sebaiknya biarkan selama semalaman sebelum dipasang kembali pada pagi harinya.

Sebaiknya hindari mengeringkan softcase dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, karena dapat merusak kualitas softcase kamu.

Itulah beberapa cara memberishkan softcase handphone kesayanganmu dengan mudah dan murah. Kamu bisa memilih cara membersihkan softcase yang sesuai dengan noda yang harus dihilangkan. Supaya menjaga softcase kamu tetap bersih, sebaiknya lakukan pembersihan minimal seminggu sekali.

Pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan beberapa bahan di atas, seperti cairan pemutih, alkohol, dan boraks. Jika noda pada softcase tidak bisa dihilangkan atau bersifat permanen, jalan keluar terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *