carisinyal web banner retina

Inilah Cara Gampang Membuat Bot di Aplikasi Telegram

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 17 Februari 2021

Beberapa tahun ke belakang, mungkin kamu membutuhkan dana atau pulsa lebih untuk mengirimkan sebuah pesan pada orang terdekatmu. Namun, kini berbeda semenjak kemunculan aplikasi pesan instan yang dapat dinikmati secara percuma di ponsel pintar berbasis sistem operasi seperti Android dan iOS.

Menurut Teach-ICT, aplikasi pesan instan memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan secara cepat dan gratis pada orang yang sama memiliki perangkat lunak tersebut. Tidak hanya itu, lewat aplikasi pesan instan memudahkan pengguna untuk tetap terhubung secara real-time dengan kolega, teman atau orang terdekat yang terhubung.

Seiring banyak orang yang beralih ke aplikasi pesan instan, sekarang semakin banyak bermunculan aplikasi pesan instan salah satunya aplikasi Telegram. Aplikasi dengan logo kapal terbang kertas berbalut warna putih dan diiringi dengan latar belakang biru tersebut menawarkan kemudahan dalam mengirimkan teks, foto, video, dan berkas berbagai format.

Aplikasi yang dilahirkan pada 2013 ini, memiliki sistem cloud atau awan sehingga tidak memerlukan terlalu banyak ruang penyimpanan. Dengan demikian, semua informasi dan data otomatis tersimpan di Internet. Soal keamanan data Telegram telah menggenggam standar keamanan internasional, membuat pesan yang telah terkirim hanya bisa diakses oleh penggunanya saja.

Telegram menyuguhkan berbagai fitur yang banyak, salah satunya fitur Bot yang jarang dimiliki oleh aplikasi pesan instan pada lainnya. Bagi kamu yang belum tahu soal fitur Bot Telegram, fitur ini bak pengguna fiktif atau non-manusia yang terdiri dari garis kode, mampu mengerjakan tindakan secara otomatis, dan menerima perintah dalam bentuk permintaan HTTP.

Di aplikasi Telegram terdapat dua jenis Bot, pertama adalah Bot berdiri sendiri yang hanya dengan ditambahkan lewat link dan didukung dengan jendela obrolan sendiri di kolom pengguna bisa melakukan perintah. Kedua, Bot sebaris yang dapat diundang dari jendela obrolan lain (grup atau tunggal) lewat perintah @namebot.

Lalu apakah kita bisa membuat Bot Telegram sendiri? Tentu bisa dong! Caranya juga cukup mudah untuk diikuti. Nah, kali ini Carisinyal akan memberitahumu tutorial membuat Bot Telegram. Yuk, langsung saja simak cara-caranya berikut ini!

Membuat Bot di BotFather

BotFather adalah bapaknya para Bot di Telegram dan menjadi salah satu jalan untuk membuat bot telegram tanpa perlu coding untuk memerintahnya. Bapak Bot juga menyediakan menu dan digunakan untuk mengatur semua bot yang tersedia di Telegram. Bila kamu mempunyai suatu Bot maka untuk mengaturnya harus lewat BotFather. Cara membuat Bot-mu lewat bapak Bot sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka akun Telegram-mu, jika kamu belum memasang dan membuat akun Telegram bisa mendapatkan aplikasinya secara gratis di sini. Dilanjutkan kamu harus mengisi nomor teleponmu.

Carisinyal Bot Telegram (1)

  • Setelah memasang, masukkan nomor teleponmu. Selang beberapa detik kamu akan mendapatkan Telegram Code yang dikirimkan ke nomor teleponmu. Tak lama kamu akan masuk ke halaman aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya pergilah ke ikon Lup yang berada di kanan atas laman Telegram, lalu ketiklah BotFather atau @BotFather di kolom pencarian.

Carisinyal Bot Telegram (2)

  • Pilihlah akun BotFather yang telah terverifikasi atau sudah ditandai dengan centang biru.
  • Lalu, masuk ke kolom percakapan BotFather dan ada kolom putih berisi informasi "Apa yang dapat bot ini lakukan?", gambarannya seperti di bawah ini.

Carisinyal Bot Telegram (3)

  • Dilanjutkan dengan mengklik menu Mulai atau Start yang lokasinya ada di bawah kolom percakapan. Ini adalah langkah awal untuk memulai interaksi dengan BotFather.

Carisinyal Bot Telegram (4)

  • Kamu akan disuguhkan beberapa pilihan mulai dari Edit Bots, Bot Settings, dan Games. Setiap menu tersebut mempunyai sub-menu yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dikarenakan tujuanmu ingin membuat Bot baru maka kamu diharuskan mengetik dan mengirim /newbot.
  • Kemudian bapak Bot akan menanyakan pertanyaan mengenai nama apa yang akan kamu berikan pada Bot milikmu.
  • Selepas mengisi nama Bot, kamu dituntun untuk mengisi Username Bot dan diwajibkan menyematkan akhiran kata "bot". Sebagai contoh CarisinyalBot atau carisinyal_bot.

Carisinyal Bot Telegram (5)

  • Bila Username yang diajukan ternyata tersedia, kamu akan mendapatkan balasan "Done! Congratulations on your new bot....", dan di bawah tulisan tersebut kamu akan menemukan Token yang merupakan identifier dari bot itu sendiri.

Perlu dicatat! Bahwa Token yang kamu dapatkan dari BotFather bersifat rahasia, hanya kamu sendiri yang boleh mengetahuinya sebagai pemilik bot. Jika seseorang mengetahui Token Bot milikmu, mereka dapat sepenuhnya mengontrol Bot-mu. Namun, kamu juga bisa melakukan revoke Token Bot untuk memperbaruinya.

Mengoneksikan Bot dengan Livegrambot

Tujuan dari Livegrambot agar semua pesan yang dikirim pengguna lain ke Bot milikmu secara otomatis akan disalurkan ke obrolanmu, sehingga kamu bisa membalasnya. Kamu juga bisa menghubungkan ke grup, sehingga anggotanya bisa membalas pesan masuk juga.

Fitur dari LivegramBot mulai dari dukungan pelanggan, umpan balik, broadcast ke pelanggan, dan statistik. Yuk, langsung saja simak cara sinkronisasi Bot mu dengan Livegrambot.

  • Pergilah ke kolom pencarian dan ketik Livegrambot.

Livegram Bot (1)

  • Pilihlah logo Livegrambot yang berbentuk bubble chat, biasanya berada paling atas.

Livegram Bot (2)

  • Pilihlah menu Mulai atau Start yang berada di bagian bawah.

Livegram Bot (3)

  • Setelah itu, kamu akan disuguhkan dua opsi bahasa yaitu bahasa Inggris atau Rusia. Pilih salah satunya.
  • Selepas memilih bahasa, Livegrambot akan mengirimkan kamu pesan. Di sini kamu bisa mengetik dan mengirim /addbot.
  • Selang beberapa detik kamu diminta untuk menekan tombol izin persetujuan dan dilanjutkan dengan menekan tombol Agree and Continue.
  • Kemudian, kamu harus kembali bertandang ke BotFather untuk menyalin Token Bot milikimu.

Livegram Bot (4)

  • Berikutnya setelah menyalin Token Bot di BotFather, kirim Token Bot tadi di Livegrambot.
  • Lalu, akan muncul pesan yang berisi kalau Bot milikmu telah berhasil terkoneksi. Gampang, kan?

Mengatur Identitas Bot Telegram

Sebenarnya Bot milikmu sudah selesai tetapi akan lebih bagus jika dilengkapi dengan deskripsi lainnya, hal ini akan memperjelas maksud dibuatnya Bot untuk apa. Untuk mengatur identitas Bot Telegram, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Untuk mengisi deskripsi Bot langkahnya dengan mengetik dan mengirimkan /setdescription di BotFather.
  • Selanjutnya BotFather akan menanyakan username Bot.
  • Setelah mengisi username Bot, bapak Bot menyuruh kamu untuk mengisi deskripsi. Sebagai contoh kamu bisa memperhatikan lewat gambar di bawah ini.

Carisinyal Bot Telegram (11)

  • Berikutnya kamu bisa mengisi tentang Bot-mu, caranya ketik /setabouttext dan isi dengan username Bot milikmu.
  • Bapak bot kemudian menyuruhmu untuk mengisi About Text, kamu bisa mengisi sesuai hatimu atau disesuaikan dengan fokus kontenmu.

Carisinyal Bot Telegram (13)

  • Pada BotFather kamu bisa mengganti foto profil dari Bot, langkah untuk menggantinya yaitu dengan mengirimkan teks /setuserpic. Selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan Username Bot. Terakhir, kamu harus mengunggah gambar.

Carisinyal Bot Telegram (12)

Voila! Bot Telegram-mu sudah selesai. Untuk memastikan Bot mu bekerja, kamu bisa meminta temanmu untuk mencari username Bot kamu di kolom pencarian Telegram dan kemudian kirim pesan apapun pada Bot Telegram milikmu.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat Bot Telegram sendiri? Buat kamu yang masih pusing cara membuat Bot Telegram, coba komen di kolom komentar di mana letak kesulitannya. Terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi tentang tips aplikasi dan seputar ponsel pintar lainnya, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram