carisinyal web banner retina

Cara Membuat Email Di Gmail dan Yahoo Mail

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Di jaman sekarang ini email sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar orang. Tidak hanya untuk mengirim dan menerima surat elektronik, email juga digunakan untuk berbagai macam aktivitas lainnya di dunia maya seperti mendaftar Facebook, Twitter, dan lainnya. Oleh karena itu jika Anda belum memiliki akun email, berikut Carisinyal akan mengulas cara membuat email di Gmail dan juga Yahoo Mail.

Membuat Email di Gmail

Gmail merupakan salah satu layanan email yang paling banyak diminati saat ini. Selain dapat digunakan untuk keperluan berkirim surat elektronik seperti biasa, Gmail juga dapat digunakan untuk mengakses semua layanan milik Google seperti Youtube, Google Plus, Google Play Store, dan lainnya. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat di Gmail:

  • Kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB.
  • Tabbed Inbox untuk mengelompokkan email berdasarkan kategorinya seperti Primary, Social, Promotions, Updates, dan Forums.
  • Integrasi dengan Google Plus dan Google Drive.
  • Mendukung lebih dari 75 bahasa.
  • Mendukung pengiriman uang melalui Google Wallet.

Langkah 1

Untuk melakukan pendaftaran, buka situs Gmail, klik tombol “Buat Akun” berwarna biru yang ada di bawah kotak login. Setelah itu Anda akan dibawa menuju halaman “Buat Akun Google Anda”.

cara membuat email 1

Langkah 2

Isilah nama depan serta nama belakang Anda. Setelah itu tentukan nama pengguna yang ingin digunakan sebagai alamat email Anda. Jika ternyata nama pengguna yang Anda masukkan sudah ada yang memiliki, maka Anda harus menggunakan nama pengguna yang lain. Selain itu Anda juga akan diberikan pilihan nama pengguna yang mungkin Anda sukai.

cara membuat email 2

Langkah 3

Masukkan kata sandi yang ingin Anda gunakan untuk membuka email. Pastikan kata sandi tersebut tidak mudah diketahui orang dengan membuat kombinasi dari huruf, angka, dan juga simbol. Setelah itu masukkan kembali kata sandi yang Anda pilih tersebut di kolom konfirmasi.

Langkah 4

Isilah semua kolom informasi yang lainnya seperti tanggal lahir, jenis kelamin, dan negara tempat Anda tinggal. Walaupun tidak wajib, namun Anda juga disarankan untuk memasukkan nomor telepon sebagai persiapan jika suatu saat Anda lupa kata sandi dan yang lainnya. Jika sudah memiliki akun email yang lain, Anda juga dapat memasukkannya di bawah kolom telepon tersebut.

Langkah 5

Masukkan dua kode CAPTCHA yang terdapat pada gambar. Kode ini bertujuan untuk memastikan jika Anda bukanlah mesin robot komputer. Jika Anda tidak bisa membaca kodenya, klik tombol refresh untuk menggantinya atau klik tombol speaker untuk mendiktekan kode tersebut kepada Anda.

Jika Anda tidak mau mengisi kode CAPTCHA tersebut, Anda bisa menceklis “Lewati verifikasi ini” yang terletak di atas gambar kode tersebut. Jika Anda melakukannya, maka pihak Google akan melakukan verifikasi melalui panggilan telepon.

Langkah 6

Ceklis pernyataan persetujuan terhadap layanan Google dan kebijakan privasinya. Sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu dua kebijakan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Langkah 7

Klik tombol “Langkah berikutnya”. Setelah itu Anda akan dibawa menuju halaman untuk membuat akun Google Plus, karena setiap akun Gmail akan secara otomatis memiliki akun Google Plus. Di sini Anda dapat memasukkan foto atau langsung klik “Langkah berikutnya”.

cara membuat email 3

Langkah 8

Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk menyelesaikan proses cara membuat email ini. Anda akan langsung dibawa menuju kotak masuk email Anda. Sekarang Anda sudah bisa mengirim email atau menerima email yang dikirimkan oleh orang lain.

cara membuat email 4

Seperti disinggung di atas, akun Gmail ini juga dapat Anda gunakan untuk mengakses layanan Google lainnya seperti:

  • Layanan video streaming YouTube.
  • Layanan penyimpanan awan Google Drive.
  • Media sosial Google Plus.
  • Layanan blog gratis Blogger.
  • Layanan Play Store di Android, dan masih banyak lagi.

Membuat Email di Yahoo Mail

Selain layanan Gmail dari Google, layanan email lainnya yang cukup populer saat ini adalah Yahoo Mail. Layanan email dari Yahoo ini memang terkenal dengan fiturnya yang melimpah dan keamanannya yang cukup baik. Anda dapat mendaftar secara gratis tanpa mengeluarkan biaya. Berikut adalah beberapa fitur pada Yahoo Mail:

  • Kapasitas penyimpanan email hingga 1 TB.
  • Mendukung pengiriman lampiran file hingga 100 MB.
  • 100 macam filter untuk menyortir email yang masuk secara otomatis.

Langkah 1

Buka situs Yahoo Mail, kemudian klik tombol “Buat Account Baru”. Jika Anda sudah memiliki akun Google atau akun Facebook, maka Anda dapat langsung menggunakan salah satu di antaranya dengan mengklik pilihan yang ada di bawahnya.

Cara Buat Email

Langkah 2

Isilah nama depan serta nama belakang Anda, kemudian isi nama pengguna yang ingin digunakan sebagai alamat email Anda. Yahoo akan memberikan rekomendasi jika ternyata nama tersebut sudah ada yang menggunakan. Anda juga dapat memilih domain yang Anda inginkan untuk alamat tersebut, yaitu yahoo.co.id atau yahoo.com.

Cara Buat Email 2

Langkah 3

Masukkan kata sandi (password) yang ingin Anda gunakan. Kata sandi yang Anda gunakan tersebut harus terdiri dari huruf besar dan kecil, 8 hingga 32 karakter, serta angka. Setelah itu isilah berbagai kolom informasi lainnya seperti tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor telepon.

Anda juga disarankan untuk memasukkan nomor telepon pemulihan jika sewaktu-waktu Anda lupa kata sandi atau ada permasalahan lainnya. Setelah selesai, klik tombol “Buat Account”.

Langkah 4

Anda kemudian akan dibawa ke halam konfirmasi yang menyatakan jika akun Anda berhasil dibuat. Di bagian bawah halaman tersebut Anda juga bisa mencontreng opsi dari Yahoo yang akan memberikan penawaran, promosi, fitur khusus, dan lainnya. Setelah itu klik tombol “Persiapan Awal”.

Langkah 5

Anda akan ditawarkan berbagai macam pilihan tema menarik yang cocok untuk tampilan akun Anda. Pilihlah salah satunya kemudian klik tombol “Simpan Tema”. Jika Anda tidak menginginkannya maka cukup klik tombol “Jangan Sekarang”.

Cara Buat Email 3

Langkah 6

Setelah itu Anda akan langsung melihat kotak masuk sekaligus mengakhiri langkah-langkah cara buat email Yahoo ini. Kini Anda dapat langsung menggunakannya untuk mengirim email ataupun menerima email dari orang lain. Untuk cara mengirim email, Anda dapat membaca tutorialnya di sini.

Cara Buat Email 4

Itulah langkah-langkah mudah cara membuat email di dua situs layanan email terbaik saat ini. Sebenarnya masih banyak situs lain yang menyediakan layanan serupa, namun Gmail dan Yahoo Mail dianggap memiliki fitur yang paling lengkap. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar di bawah ini. Selamat Mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram